-->

iklan banner

Fungsi-Fungsi Dan Tujuan Sosialisasi

Sosialisasi merupakan sebagai sebuah proses seumur hidup yang berkaitan dengan bagaimana individu mempelajari cara-cara hidup, norma, dan nilai sosial yang terdapat dalam kelompoknya biar sanggup berkembang menjdi pribadi yang bisa diterima oleh masyarakat.

Fungsi umum dari sosialisasi tersebut sanggup dilihat dari dua sudut pandang, yaitu sudut pandang individu dan kepentingan masyarakt.







Fungsi Sosialisasi 


1. Individu 

Sosialiisasi berfungsi sebagai sarana pengenalan, pengakuan, dan penyesuaian diri terhadap nilai-nilai, norma-norma, dan struktur sosial yang ada didalam masyarakat sehingga sanggup berprilaku tertib dan disiplin. Dengan demikian, seseorang menjadi warga masyarakat yang baik. Pengertian warga masyarakat yang baik yaitu warga yang bisa memenuhi segala kewajiban dan mendapatkan semua haknya sebagai warga masyarakat.



2. Kepentingan Masyarakat  

Sosialisasi berfungsi sebagai sarana pelestarian, penyebar luasan, dan pewarisan nilai-nilai serta norma-norma sosial. Dengan demikian nilai dan norma tetap terpelihara dari generasi ke generasi dalam masyarakat yang bersangkutan. Apabila fungsi sosialisasi menyerupai yang dijelaskan diatas berjalan dengan baik, maka dibutuhkan sanggup memenuhi tujuan sosialisasi.


Tujuan Sosialisasi



  • Agar setiap orang sanggup hidup dengan baik ditengah-tengah masyarakat nya. seseorang sanggup hidup dengan baik dalam masyarakat apabila menghayati nilai dan norma dalam kehidupan.

  • Agar setiap orang sanggup menyesuaikan tingkah lakunya dengan impian masyarakat. setiap masyarakat mempunyai budaya-budaya masing-masing. Budaya ini bersifat mengikat warga nya. oleh alasannya yaitu itu setiap individu hendakanya sanggup beradaptasi dengan budaya itu.

  • Agar setiap orang sanggup menyadari keberadaan nya dalam masyarakat. Warga masyarakat yang menyadari keberadaan nya senantiasa bisa berperan aktif dan nyata dalam kehidupan sehari-hari.

  • Agar setiap orang bisa menjadi anggota masyarakat yang baik. ciri anggota masyarkat yang baik yaitu bahwa diri nya berguna. 

  • Agar masyarakat tetap utuh. Keutuhan masyarkat sanggup terjadi apabila diantara warga nya saling berinteraksi dengan baik.

  • Memberikan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan seseorang untuk melangsungkan kehidupan ditengah-tengah masyarakat.

  • Mnegembangkan kemampuan seseorang untuk berkomunikasi secara efekif dan membuatkan kemampuan membaca, menulis dnan bercerita. 

  • Membantu seseorang mengendaliakan fungsi-fungsi organik melalui latihan-latihan mawas diri  yang tepat.


Terima kasih sudah membuka artikel ihwal fungsi fungsi dan Tujuan Sosialisasi, semoga ilmu nya bermanfaat buat pembaca 🙂



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Fungsi-Fungsi Dan Tujuan Sosialisasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel