√ Inspiratif, Perjuangan Minuman Teh Celup Ini Unik Broo!
Bangkit Dari Finansial Minus, Pria Ini Sukses Berbisnis Kreasi Teh Celup Unik
Sebuah rumah di Perumahan Bolon Baru, Dusun Gonggangan, Bolon, Colomadu, Karanganyar, setiap hari nampak ramai oleh acara belasan wanita. Tangan para perempuan ini selalu terlihat cekatan dikala bermain dengan benang dan bungkusan teh celup. Meski terlihat sama menyerupai kegiatan di pabrik teh celup, ternyata ada yang unik dari yang mereka buat.
Para ibu itu bukan menciptakan teh celup biasa, melainkan teh celup unik dengan sentuhan kreasi bergambar pada pegangannya. Ada aneka macam aksara yang disematkan pada gagang teh celup, menyerupai aksara suku di Indonesia hingga aksara paslon pilkada serentak 2018.
Produk bisnis tersebut merupakan inspirasi Luh Sukmo Kuncoro dan sahabatnya yang tercetus sekitar enam tahun lalu. Tak tanggung-tanggung, dengan kreasi tersebut Kuncoro sekarang bisa menghasilkan omzet 200 – 250 juta per bulan. Lebih gembira lagi, Kuncoro mengaku memulai bisnis tersebut dari nol.
“Ide pertama teh ini sekitar 5-6 tahun yang lalu. Bersama Mas Krisna sama-sama dulu dari nol bahkan minus. Kita ingin bikin sesuatu yang beda. Akhirnya gres kemarin kesampaian kita bikin aksara sesuai inspirasi kita yang dulu,” kenang Kuncoro.
data-ad-client="ca-pub-6037247388376359"
data-ad-slot="5485024081"
data-ad-format="link">
Produk teh celup kreatif milik Kuncoro tersebut biasa dibandrol harga 4.500 – 8.000 rupiah per kotak isi delapan teh celup. Pemasarannya pun hingga aneka macam kawasan di Pulau Jawa, bahkan hingga Sulawesi dan Pulau Kalimantan.
Obat Kerinduan
Salah satu kreasi teh celup Kuncoro ialah aksara suku di Indonesia. Ada 12 aksara suku yang ia sematkan pada gagang teh celup produksinya. Selain memperkenalkan ragam suku di Indonesia, kreasi tersebut juga membawa pesan sebagai penawar rindu.
Ide awal Kuncoro melihat salah satu produk mie instan dikala berkunjung di Arab Saudi. Sejurus itu terbesit rindu Kuncoro akan Indonesia. Ia pun menerima ‘wangsit’ untuk membangun bisnis produk yang bisa menggugah rasa rindu akan kampung halaman.
“Pengembangan edisi kedua, saya teringat dikala di Arab ada produk mie instan ada di setiap swalayan di sana. Makanya kita bikin Nusantara series untuk mengobati rasa rindu orang-orang. Harapan kita produk itu bisa terpajang di setiap supermarket di aneka macam negara,” kata laki-laki kelahiran Ngawi, 3 Desember 1976.
Selain Nusantara series, Kuncoro juga mencetak seri lainnya menyerupai Family series berisi aksara anggota keluarga. Setiap aksara didesain Kuncoro secara khusus. Ia menggaet tim desain sendiri untuk memvisualisasikan ide-ide di kepalanya. Sementara untuk membantu teknis merangkai teh celup, Kuncoro dibantu belasan ibu-ibu tetangga.
Ramai Pilkada
Tahun pemilihan umum tak luput dari perhatian Kuncoro. Dengan sigap ia memanfaatkan momen ini untuk membuatkan bisnisnya. Menurut Kuncoro tujuannya bukan politik mudah atau memihak salah satu kandidat pemimpin daerah. Kuncoro hanya ingin mengatakan cara berkampanye yang lebih kreatif.
Kampanye kreatif yang dimaksud Kuncoro ialah menyematkan pasangan calon pada gagang teh celup produksinya. Tak hanya foto, paslon juga sanggup menyematkan visi misi dan kesepakatan kampanye pada kemasannya.
“Kalau untuk teh pilkada series, kita ingin mengajak orang berkampanye secara kreatif, bukan sabung fitnah. Makara kita buat aksara kandidatnya, dan disitu juga tercetak kesepakatan kampanye, profil, visi – misi, dan program, jikalau perlu kandidat menandatangani kontrak politik,” ungkapnya.
Selain sanggup menjadi media kampanye para kandidat, Kuncoro menegaskan masyarakat juga sanggup mengingat kesepakatan dan kontrak politik. Dan bila paslon tersebut terpilih, masyarakat sanggup menagihnya sewaktu-waktu.
data-ad-layout="in-article"
data-ad-format="fluid"
data-ad-client="ca-pub-6037247388376359"
data-ad-slot="7037953167">
Saat ini pemesan kebanyakan kandidat dari luar Pulau Jawa. Untuk meredam nuansa panas politik, Kuncoro memberi syarat untuk satu kawasan ia hanya mendapatkan pesanan dari satu pasangan calon. Bagi Kuncoro, siapa cepat ia yang dapat.
Rizky B. P
Kontributor BisnisUKM.com Solo Raya
Sumber aciknadzirah.blogspot.com
0 Response to "√ Inspiratif, Perjuangan Minuman Teh Celup Ini Unik Broo!"
Posting Komentar