-->

iklan banner

Pengertian, Pembagian Terstruktur Mengenai Dan Karakteristik Jasa

Pengertian Manajemen Pemesaran Jasa - Jasa merupakan aktivitas, manfaat, atau kepuasan yang ditawarkan untuk dijual. Contohnya bengkel, salon, kursus, hotel, rumah sakit, cafe dan sebagainya. Jasa sering dipandang sebagai suatu fenomena yang rumit. Kata ‘jasa’ (service) itu sendiri mempunyai banyak arti, mulai dari pelayanan eksklusif hingga jasa sebagai suatu produk. Sejauh ini sudah banyak pakar pemasaran jasa yang berusaha mendifinisikan pengertian jasa.


Berikut diantaranya:
Setiap tindakan atau kegiatan yang sanggup ditawarkan oleh satu pihak kepada pihak lain, intinya tidak berwujud dan tidak mengakibatkan kepemilikan apa pun. Produksi jasa sanggup berkaitan dengan produk fisik atau sebaliknya. ( Kotler,1994 )
A service is an activity or a series of activities which take place in interactions with a contact person or physical machine and which provides consumer satisfaction ( Lehtinen, 1983 )
Sementara perusahaan yang memperlihatkan operasi jasa yaitu perusahaan yang memperlihatkan konsumen produk jasa baik yang berwujud atau tidak, menyerupai transportasi, hiburan, restoran dan pendidikan.
Dari definisi di atas, tampak bahwa di dalam jasa selalu ada interaksi antara pihak konsumen dan pihak produsen, meskipun pihak-pihak yang terlibat tidak selalu menyadari. Jasa bukan suatu barang, melainkan suatu proses atau acara yang tidak berwujud.
 atau kepuasan yang ditawarkan untuk dijual Pengertian, Klasifikasi Dan Karakteristik Jasa
Pengertian, Klasifikasi Dan Karakteristik Jasa

 Dalam membangun sebuah perjuangan dibidang jasa perlu pertimbangan antara jasa hingga ke kepuasan konsumen sebagai tujuan dari usaha. Dalam sebuah perjuangan jasa, keunikan yaitu salah satu modal dalam sebuah perjuangan jasa mempunyai identitas untuk eksis dalam dunia usaha. Tidak jarang konsumen mencari nilai unik yang ada sebagai pemenuhan rasa ingin tau dan kepuasannya. Apa lagi pada bidang jasa makanan. Fenomena yang ada misalnya dikota malang sendiri, banyak berkembang masakan kuliner unik dari bentuk kreatifitas. Keunikan dan penemuan yang dilakukan mengarahkan konsumen untuk ingin tau kepada masakan tersebut. maka kami menghandirkan masakan yang unik yaitu MartabakKaget. MartabakKaget ini sebagai sebuah perjuangan kami dalam menghadirkan keunikan dalam kasanah masakan yang ada dikota malang dalam bentuk martabak yang penuh penemuan dan keunikan didalamnya. Kami juga membuat suasana unik yang akan dinikmati nantinya oleh para konsumen MartabakKaget itu sendiri.

Klasifikasi Pemasaran Jasa
A.    Produk fisik dengan jasa pendukung
Pada kategori ini penawaran terdiri atas suatu produk fisik yang disertai dengan satu atau beberapa jasa untuk meningkatkan daya tarik pada konsumenya. Misalnya produsen kendaraan beroda empat harus memperlihatkan penawaran yang jauh lebih banyak daripada hanya sekedar kendaraan beroda empat saja, yaitu sanggup mencakup jasa pengantaran, reparasi, pemasangan suku cadang, dan sebagainya. Dalam kategori ini, jasa sanggup didefinisikan sebagai kegiatan yang dilakukan perusahaan kepada pelanggan yang telah membeli produknya.semakin canggih teknologi suatu produk generic maka penjualannya semakin tergantung pada kualitas dan ketersediaan layanan pelanggan yang menyertainya, menyerupai ruang pajangan, kemudahan pengantaran, dukungan aplikasi, training operator, konsultasi intalasi dan pemenuhan garansi.

B.     Hybrid
Penawaran terdiri dari barang dan jasa yang sama besar porsinya. Contoh, Restoran, Warung makan, warnet, dll.

C.     Jasa utama yang didukung dengan barang minor
Penawaran terdiri atas suatu jasa pokok bantu-membantu dengan jasa tambahan
( embel-embel ) dan / atau barang-barang pendukung. Contohnya penumpang pesawat yang membeli jasa transportasi. Selama menempuh perjalanan menuju kawasan tujuannya, ada beberapa unsure produk fisik yang terlibat, menyerupai kuliner dan minuman, majalah atau surat kabar yang disediakan, dan lain-lain. Jasa menyerupai ini memerlukan barang bersifat capital intensif untuk realisasinya, tetapi penawaran utamanya yaitu jasa.


D.    Jasa murni
Penawaran hampir seluruhnya berupa jasa, miosalnya fisioterapi, konsultasi psikologi, pemijatan, dan lain-lain.

                Bedasarkan Klasifikasi diatas, perjuangan kami ini termasuk dalam poin B.  Jasa Hybrid, penawaran terdiri dari barang dan jasa yang sama besar porsinya.

3.      Karakteristik Jasa

Produk jasa mempunyai karakteristik yang berbeda dengan barang, karakteristiknya sebagai berikut:
A.   Intangibility ( tidak berwujud )
Jasa tidak sanggup dilihat atau dicium sebelum jasa itu dibeli. Nilai penting dari hal ini yaitu nilai tidak berwujud yang dialami konsumen dalam bentuk kenikmatan, kepuasan, atau rasa aman.

B.     Inseparability,
umumnya pada acara jasa proses produksi dan konsumsi terjadi secara bersamaan, dalam arti  konsumen terlibat dalam produksi implikasinya kontak dan interaksi menjadi sangat penting.

C.     Heterogeinity,
standarisasi sulit dilakukan alasannya sangat tergantung kepada sumberdaya insan yang terlibat, sehingga kualitas sulit dikendalikan. Masalah yang berkaitam dengan karakteristik heterogeneity, yaitu sangat sulit melaksanakan standarisasi dan pengendalian kualitas jasa.

D.    Perishabillity, jasa tidak mengenal persediaan atau penyimpanan dari produk yang telah dihasilkan.

E.     Lack of ownership, pelanggan tidak mempunyai jasa pada pembelian jasa pelanggan hanya mempunyai susukan personal atas suatu jasa untuk jangka waktu yang terbatas.

            Menurut karakteristikdiatas, karakteritik perjuangan yang kami dalami yaitu karakteristik inseparability, alasannya dalam perjuangan kami, kami melaksanakan pemuasan terhadap konsumen dalam hal produksi yang akan dinikmati berupa hidangan menu yang kami hadirkan dan menikmati hal unik berupa permainan permainan kecil yang menyenangkan di meja masing masing pengunjung nantinya.

Sumber http://ilmumanajemenakuntansi.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian, Pembagian Terstruktur Mengenai Dan Karakteristik Jasa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel