Pengertian Dan Bentuk-Bentuk Pasar Persaingan Tidak Tepat
Pengertian dan Bentuk-Bentuk Pasar Persaingan Tidak Sempurna - Usaha seseorang untuk selaulu memenuhi kebthan hidupnya selalu dilakukan semenjak jaman dahulu kala. Sebelum adanya jual beli seseorang memenuhi kebutuhan hidupnya dengan bertukar barang dengan orang lain yang mempunyai barang yang ia butuhkan (barter). Namun, tukar barang bukanlah hal yang efesien bagi seseorang untuk sanggup memenuhi kebutuhan hidupnya. Karena terkadang barang yang ditukar tidak seimbang nilainya dengan barang yang didapat. Seiring berkembangnya jaman kesannya didapat satuan pengukur nilai suatu barang yaitu uang. Setelah orang-orang mengenal uang maka system tukar barang tidak lagi berlaku, akan tetapi yang ada ialah system jual beli. Dalam system jual beli ada yang namanya produsen dan konsumen, kawasan ditemukannya produsen dan konsumen ialah pasar. Seiring dengan perkembangan jaman pasarpun ada bermacam-macam ada pasar persaingan tepat ada pasar persaingan tidak sempurna.
Pada Kesempatakn kali ini kami akan mengatakan materi perihal :
2.1.1 Apa pengertian pasar persaingan tidak sempurna?
2.1.2 Apa pengertian pasar monopoli?
2.1.3 Apa ciri-ciri pasar monopoli ?
2.1.4 Factor-faktor apa saja yang mengakibatkan pasar monopoli?
2.1.5 Apa saja macam-macam pasar monopoli ?
2.1.6 Apa sajakah kelebihan dan kelemahan pasar monopoli ?
2.1.7 Apa pengertian pasar monopolistik?
2.1.8 Apa sajakah ciri-ciri pasar monopolistik?
2.1.9 Apa sajakah kelebihan dan kelemahan pasar monopolistik?
2.1.10 Apa pengertian pasar oligopoli ?
2.1.11 Apa cirri-ciri pasar oligopoli?
2.1.12 Factor-faktor apa saja yang mengakibatkan pasar oligopoli?
2.1.13 Apa saja macam-macam pasar oligopoli ?
2.1.14 Apa sajakah kelebihan dan kelemahan pasar oligopoli ?
Pengertian dan Bentuk-Bentuk Pasar Persaingan Tidak Sempurna |
2.1 Pengertian Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Pasar persaingan tidak tepat ialah pasar dengan banyak penjual dan pembeli sehingga harga sanggup ditentukan sendiri,baik oleh penjual maupun pembeli.
2.2 Bentuk-Bentuk Pasar Persaingan Tidak Sempurna
2.2.1 Pasar Monopoli
2.2.1.1 Pengertian Pasar Monopoli
Pasar monopoli berasal dari bahasa yunani monos: satu dan polist: penjual. Pasar monopoli ialah suatu keadaan pasar di mana hanya ada satu kekuatan atau satu penjual yang sanggup menguasai seluruh penawaran, sehingga tidak ada pihak lain yang menyainginya atau terdapat pure monopoly (monopoli murni). Dan perusahaan ini menghasilkan barang yang tidak mempunyai barang pengganti yang sangat dekat. Contoh pasar monopoli ibarat : Perusahaan Listrik Negara (PLN) ,Perusahaan Kereta Api (PERUMKA)
2.2.1.2 Macam-Macam Pasar Monopoli
- Alamiah : Muncul lantaran keadaan alam yang khas.
- Undang-undang : muncul karna pemberlakuan kebijakan / undang-undang, terdiri dari : monopoli Negara, hak cipta, hak paten, hak merk.
- Masyarakat : Muncul lantaran kepercayaan masyarakat.
- Penguasaan teknologi dan tenaga jago : Muncul lantaran menguasai teknologi dan tenaga ahli.
- Kemampuan efisiensi : Muncul lantaran bisa menghemat/biaya produksi.
- Penguasaan materi baku : Muncul lantaran menguasai bahaan baku.
2.2.1.3 Ciri-Ciri pasar monopoli:
1. Pasar monopoli ialah industry satu perusahaan
Hanya ada satu saja perusahaan dalam industry tersebut. Dengan demikian barang atau jasa yang dihasilkan tidak sanggup dibeli dari kawasan lain.
2. Tidak mempunyai barang pengganti yang mirip
Barang yang dihasilkan perusahaan tidak sanggup digantikan oleh barang lain yang ada dalam pasar. Barang tersebut merupakan satu-satunya jenis yang barang yang ibarat itu dan tidak terdapat barang ibarat yang sanggup menggantikan barang tersebut. Aliran listrik ialah pola dari barang yang tIdak mempunyai barang pengganti yang mirip.
3. Tidak terdapat kemungkinan untuk masuk ke dalam industry.
Sifat ini merupakan alasannya utama yang mengakibatkan perusahaan yang mempunyai kekuasaan monopoli. Ada beberapa bentuk kendala kemasukan ke dalam pasar monopoli.ada yang bersifat legal,yang dibatasi oleh undng-undang.Ada yang bersifat teknologi ,yaitu teknologi yang dipakai sangat canggih dan tidak gampang dicontoh .dan ada pula yang bersifat keuangan ,yaitu modal yang diharapkan sangat besar.
4. Dapat mempengaruhi penentuan harga
Oleh lantaran perusahan monopoli merupakan satu-satunya penjual didalam pasar ,maka penentruan harga sanggup dikuasainya .oleh alasannya itu perusahaan monopoli dipandang sebagai penentu harga atau price setter .
5. Promosi iklan kurang diperlukan
Oleh lantaran perusahaan monopoli ialah satu-satunya perusahan di dalam industry ,ia tidak perlu mempromosikan barangnya dengan memakai iklan.pembeli yang memerlukan barang diproduksinya terpaksa membeli daripadanya .
2.2.1.4 Faktor yang mengakibatkan pasar monopoli
- Perusahaan monopoli mempunyai suatu sumber daya tertentu yang unik dan tidak dimiliki oleh perusahaan lain
- Perusahaan monopoli pada umunya sanggup menikmati skala ekonomi (economies of scale) sampai ke tingkat produksi yang sangat tinggi.
- Monopoli wujud dan berkembang melalui undang-undang,yaitu pemerintah memberi hak monopoli kepada perusaan tersebut.
2.2.1.5 Kelebihan dan kelemahan pasar monopoli
1. Kelebihan :
- Mendorong untuk adanya penemuan gres semoga tetap terjaga monopolinya.
- Tidak akan mungkin timbul perusahaan-perusahaan yang kecil sehingga perusahaan monopoli akan semakin besar.
- Mampu melaksanakan penelitian dan pengembangan produk
- Dapat meningkatkan daya saing bilamonopoli diperoleh lantaran kemampuan efisiensi
- Mudah mengontrol kepentingan orang banyak bila monopoli dilakukan Negara
- Dapat meningkatkan inovasi(penemuan baru)bila monopoli terbentuk lantaran tunjangan hak cipta dan hak paten.
2. Kelemahan :
- Timbul ketidakadilan lantaran keuntungan banyak dinikmati oleh produsen.
- Tidak efisiensinya biaya produksi, lantaran perusahaan monopoli tidak memanfaatkan secara penuh penghematan ongkos produksi atau sering disebut timbulnya pemborosan.
- Konsumen merasa berat lantaran harus membeli barang dengan harga sangat tinggi oleh perusahaan monopoli.
- Adanya unsur eksploitasi terhadap konsumen dan pemilik faktor-faktor produksi
2.2.2 Pasar Monopolistik
2.2.2.1 Pengertian Pasar Monopolistik
Pasar persaingan monopolistik ialah pasar yang terjadi bila dalam suatu pasar terdapat banyak produsen, tetapi ada diferensiasi produk (perbedaan merk, bungkus, dan sebagainya) di antara produk-produk yang dihasilkan oleh masing-masing produsen.
Jadi, model pasar persaingan monopolistik intinya sama dengan model pasar persaingan sempurna, hanya saja dalam pasar monopolistik diperkenalkan adanya diferensiasi produk, sehingga produk yang dijual bersifat heterogen (beragam). Istilah diferensiasi produk di sini ditentukan secara riil dua barang yang tidak berbeda, namun sanggup dianggap berbeda oleh konsumen. Pasar ini juga mengakui adanya kekuasaan monopoli tertentu yang timbul dari penggunaan brand dan tanda dagang yang berbeda. Contoh produknya adalah:makanan ringan (snack), pulpen,buku.
2.2.2.2 Ciri-Ciri pasar monopolistik
1. Terdapat banyak penjual.
Terdapat banyak penjual tetapi tidak sebanyak pada pasar persaingan sempurna. Perusahaan-perusahaan dalam pasar persaingan monopolistic mempunyai ukuran yang relatif sama.
2. Produknya tidak homogen (berbeda corak).
Produk perusahaan persaingan monopolistic berbeda coraknya dan secara fisik gampang untuk membedakan antara produk perusahaan yang satu dengan produk perusahaan lainnya. Sifat ini ialah sifat yang penting untuk membedakannya dengan sifat pada pasar persaingan sempurna.
3. Perusahaan mempunyai sedikit kekuatan mempengaruhi harga.
Kekuatan mempengaruhi harga tidak sebesar pada pasar monopoli dan oligopoly. Kekuatan mempengaruhi harga bersumber dari perbedaan corak produk. Perbedaan ini menjadikan para pembeli akan memilih. Pembeli sanggup lebih menyukai produk suatu perusahaan tertentu dan kurang menyukai produk perusahaan lainnya. Sehingga kalau suatu perusahaan menaikkan harga, ia masih sanggup menarik pembeli walaupun tidak sebanyak sebelum kenaikan harga. Sebaliknya kalau suatu perusahaan menurunkan harga, belum tentu diikuti oleh kenaikan usul produk yang dihasilkan.
4. Produsen sanggup keluar masuk pasar.
Hal ini dipengaruhi oleh keuntungan ekonomis, ketika produsen hanya sedikit di pasar maka keuntungan ekonomisnya cukup tinggi. Ketika produsen semakin banyak dan keuntungan hemat semakin kecil, maka pasar menjadi tidak menarik dan produsen sanggup meninggalkan pasar.
5. Persaingan promosi penjualan sangat aktif.
Dalam pasar persaingan monopolistik harga bukan penentu utama besarnya pasar. Suatu perusahaan mungkin menjual produknya dengan harga cukup tinggi tetapi masih sanggup menarik banyak pelanggan. Sebaliknya mungkin suatu perusahaan menjual produknya dengan harga yang cukup murah tetapi tidak banyak menarik pelanggan. Oleh lantaran itu untuk menarik para pelanggan, perusahaan harus aktif melaksanakan promosi, memperbaiki pelayanan, berbagi desain produk, meningkatkan mutu produk, dan sebagainya.
2.2.2.3 Kelebihan dan kelemahan pasar monopolistik
1. Kelabihan
- Banyaknya produsen di pasar mengatakan keuntungan bagi konsumen untuk sanggup menentukan produk yang terbaik baginya.
- Kebebasan keluar masuk bagi produsen, mendorong produsen untuk selalu melaksanakan penemuan dalam menghasilkan produknya
- Diferensiasi produk mendorong konsumen untuk selektif dalam menentukan produk yang akan dibelinya, dan sanggup menciptakan konsumen loyal terhadap produk yang dipilihnya.
- Pasar ini relatif gampang dijumpai oleh konsumen, lantaran sebagian besar kebutuhan sehari-hari tersedia dalam pasar monopolistik.
2. Kelemahan
- Pasar monopolistik mempunyai tingkat persaingan yang tinggi, baik dari segi harga, kualitas maupun pelayanan. Sehingga produsen yang tidak mempunyai modal dan pengalaman yang cukup akan cepat keluar dari pasar
- Dibutuhkan modal yang cukup besar untuk masuk ke dalam pasar monopolistik, lantaran pemain pasar di dalamnya mempunyai skala hemat yang cukup tinggi.
- Pasar ini mendorong produsen untuk selalu berinovasi, sehingga akan meningkatkan biaya produksi yang akan berimbas pada harga produk yang harus dibayar oleh konsumen.
2.2.3 Pasar Monopsoni
2.2.3.1 Pengertian Pasar Monopsoni
Pasar monopsoni ialah pasar yang dikuasai satu pembeli,apabila perusahaan itu bukan sebagai penjual tetapi sebagai bpembeli tunggal. Contoh: Pabrik susu Nestle.
2.2.3.2 Ciri-Ciri pasar monopsoni
- Hanya ada satu pembeli
- Pembeli bukan konsumen tapi pedagang/produsen
- Barang yang dijual merupakan materi mentah
- Harga sangat ditentukan pembeli
2.2.3.3 Kebaikan dan keburukan pasar monopsoni
1. Kebaikan
- Kualitas produk lebih terpelihara
- Penjual akan hemat dalam biaya produksi
2. Keburukan
- Pembeli bisa seenaknya menekan penjual
- Produk yang tidak sesuai impian pembeli tidak akan dibeli dan bisa terbuang.
2.2.4 Pasar Oligopoli
2.2.4.1 Pengertian Oligopoli
Istilah Oligopoli berasal dari bahasa Yunani, yaitu: Oligos Polein yang berarti: yang menjual sedikit atau beberapa penjual.Pasar oligopoli ialah suatu bentuk pasar yang terdapat beberapa penjual dimana salah satu atau beberapa penjual bertindak sebagai pemilik pangsa pasar terbesar(price leader).Contoh pasar oligopoli antara lain pasar bagi perusahaan industri motor, industri baja, industri rokok,industry air mineral
2.2.4.2 Ciri-ciri pasar oligopoli
1. Menghasilkan barang standar(homogen) maupun barang berbeda corak.
Barang yang diproduksi pada pasar ini ada kalanya merupakan barang yang standar (homogen) contohnya pada industry penghasil barang mentah (baja dan aluminium) dan industry materi baku (semen dan materi bangunan). Selain itu pada pasar oligopoly juga memproduksi barang yang berbeda corak. Barang yang diproduksi ialah barang simpulan ibarat industry mobil, industry motor,industry rokok, industry pesawat terbang, dan lain-lain.
2. Pada umumnya perusahaan oligopoly perlu melaksanakan promosi secara iklan.
Iklan sangat diharapkan oleh perusahaan oligopoly yang menghasilkan barang yang berbeda corak. Kegiatan promosi secara iklan yang sangat aktif tersebut ialah untuk dua tujuan, yaitu menarik pembeli gres dan mempertahankan pembeli lama.
3. Hanya sedikit perusahaan dalam industry (few number of firms)
Secara teoritis sulit sekali untuk menetapkan berapa jumlah perusahaan didalam pasar,agar sanggup dikatakan oligopoly.Namun untuk dasar analisis ,biasanya jumlah perusahaan diasumsikan kurang dari sepuluh.
4. Kompetisi non harga (non pricing competition)
Dalam upayanya mencapai kondisi optimal ,perusahaan tidak hanya bersaing dalam harga ,namun juga non harga .bentuk-bentuk kompetensi non harga antara lain ialah pelayanan purna jual serta iklan untuk mengatakan isu ,membentuk gambaran yang baik terhadap perusahaan dan merk,serta memengaruhi sikap konsumen.
5. Harga Jual Tidak Praktis Berubah
Dalam pasar oligopoli ini harga yang keluar tidak cepat naik atau turun, bisa dikatakan harga selalu stabil dan tidak gampang berubah, mungkin saja lantaran penjualan yang stabil terhadap suatu produk yang diluncurkan oleh suatu perusahaan sudah cukup menghasilkan keuntungan, namun apa bila tiba-tiba harga naik otomatis pembeli akan berfikir kembali untuk membeli produk ini dan bisa jadi pembeli beralih pada produk perusahaan lainya yang menjual varian yang sama namu harga lebih murah dengan kualitas yang hampir sama.
6. Sulit Dimasuki Perusahaan Baru
Dalam pasar oligopoli ini mengapa dikatakan sulit dimasuki oleh perusahaan baru, lantaran image dari perusahaan yang sudah usang terbangun lebih berpengaruh dengan pembeli di banding perusahaan yang gres muncul yang memperlihatkan barang yang sama namun pembeli atau konsumen tidak tau kualitas dari barang-barang yang dijual perusahaan gres tersebut.
2.2.4.3 Faktor-faktor penyebab terjadinya pasar oligopoly
1. Efisiensi Skala Besar
Efisiensi skala besar di dalam efisiensi teknis (teknologi) dan efisiensi ekonomi (biaya produksi). Profit hanya bisa tercipta apabila perusahaan bisa mencapai tingkat efisiensi. Efisiensi teknis menyangkut pada penggunaan teknologi dalam proses produksi. Kemampuan produsen dalam menempatkan sumber daya secara optimal. Efisiensi ekonomi menyangkut pada biaya produksi. Bagaimana mengatur biaya pada komposisi yang tepat sehingga harga yang dipasarkan merupakan harga yang bisa diterima pasar dan produsen.
2. Kompleksitas Manajemen
Perusahaan harus mempunyai kemampuan administrasi yang sangat baik semoga bisa bertahan dalam struktur industry yang persaingannya lebih kompleks. Tidak banyak perusahaan yang memilki kemampuan tersebut, sehingga dalam pasar oligopoli kesannya hanya terdapat sedikit produsen
2.2.4.4 Macam-macam pasar oligopoli
1. Oligopoli Murni (pure oligopoly)
Menjual barang yang homogen. Biasanya banyak dijumpai dalam industri yang menghasilkan materi mentah atau merupakan praktek oligopoli dimana barang yang diperdagangkan merupakan barang yang bersifat identik.
Contoh : Pasar semen
2. Oligopoli Diferensial / Oligopoli dengan pembedaan (differentiated oligopoly).
Menjual barang berbeda corak. Barang ibarat itu umumnya ialah barang simpulan atau merupakan suatu bentuk praktek oligopoli dimana barang yang diperdagangkan sanggup dibedakan
Contoh : Pasar mobil,pasar sepeda motor
2.2.4.5 Kelebihan dan kelemahan pasar oligopoly
1. Kelebihan
- Memberi kebebasan menentukan bagi pembeli
- Mampu melaksanakan penelitian dan pengembangan produk
- Lebih memperhatikan kepuasan konsumen lantaran adanya persaingan penjual
- Adanya penerapan teknologi baru
- Adanya efisiensi dalam menjalankan acara produksi
- Persaingan di antara perusahaan akan mengatakan keuntungan bagi konsumen dalam hal harga dan kualitas barang.
- Jumlah penjual yang sedikit menciptakan penjual sanggup mengendalikan harga dalam tingkat tertentu
2. Kelemahan
- Dibutuhkan investasi dan modal yang besar untuk memasuki pasar, lantaran adanya skala hemat yang telah diciptakan perusahaan sehingga sulit bagi pesaing gres untuk masuk ke dalam pasar
- Apabila terdapat perusahaan yang mempunyai hak paten atas sebuah produk, maka tidak memungkinkan bagi perusahaan lain untuk memproduksi barang sejenis
- Perusahaan yang telah mempunyai pelanggan setia akan menyulitkan perusahaan lain untuk menyainginya
- Bisa timbul eksploitasi terhadap pembeli dan pemilik faktor produksi
- Menciptakan ketimpangan distribusi pendapatan
2.2.5 Pasar Oligopsoni
2.2.5.1 Pengertian Oligopsoni
Pasar oligopsoni ialah kondisi pasar dimana terdapat beberapa pembeli,Masing-masing pembeli mempunyai peranan cukup besar untuk mempengaruhi harga Atau dikatakan pasar yang dikuasai oleh beberapa pembeli
2.2.5.2 Ciri-ciri pasar oligopsoni
- Terdapat beberapa pembeli
- Pembeli bukan konsumen tapi pedagang/produsen
- Barang yang dijual merupakan materi mentah
- Harga cenderung stabil
2.2.5.3 Kelebihan dan kelemahan pasar oligopsoni
1. Kelebihan
- Penjual lebih beruntung lantaran bisa pindah ke pembeli lain
- Pembeli tidak bisa seenaknya menekan penjual
2. Kelemahan
- Bisa berubah menjadi pasar monopsoni bila antar pembeli bekerja sama
- Kualitas barang kurang terpelihara
Kesimpulan
Pasar persaingan tidak tepat ialah pasar yang tidak terorganisasi secara sempurna, atau bentuk pasar di mana salah satu ciri dari pasar persaingan tepat tidak terpenuhi. Terdapat tiga bentuk model umum di pasar persaingan tidak sempura yaitu;Pasar monopoli,Pasar oligopoli ,Pasar monopolistic.
Pasar monopoli ialah suatu keadaan pasar di mana hanya ada satu kekuatan atau satu penjual yang sanggup menguasai seluruh penawaran, sehingga tidak ada pihak lain yang menyainginya atau terdapat pure monopoly (monopoli murni). Dan perusahaan ini menghasilkan barang yang tidak mempunyai barang pengganti yang sangat dekat. Contoh pasar monopoli ibarat : Perusahaan Listrik Negara (PLN) ,Perusahaan Kereta Api (PERUMKA).
Pasar persaingan monopolistik ialah pasar yang terjadi bila dalam suatu pasar terdapat banyak produsen, tetapi ada diferensiasi produk (perbedaan merk, bungkus, dan sebagainya) di antara produk-produk yang dihasilkan oleh masing-masing produsen. Contoh produknya adalah:makanan ringan (snack), pulpen,buku.
Pasar oligopoli ialah suatu bentuk pasar yang terdapat beberapa penjual dimana salah satu atau beberapa penjual bertindak sebagai pemilik pangsa pasar terbesar(price leader).Contoh pasar oligopoli antara lain pasar bagi perusahaan industri motor, industri baja, industri rokok,industry air mineral.
0 Response to "Pengertian Dan Bentuk-Bentuk Pasar Persaingan Tidak Tepat"
Posting Komentar