-->

iklan banner

Perbandingan Psak Dengan Ifrs

Perbandingan PSAK dengan IFRS - Jika kita bandingkan antara semua standar yang dimiliki Indonesia dengan IFRS, dengan terang kita temukan perbedaan kuantitas sebagai berikut:
PSAK
IFRS
43 Standart (PSAK)
37 Standart
8 Syari’ah Standart
8 IFRS
11 Interpretation (ISAK)
29 IAS
4 Tecnical Bulletins
27 Interpretations
1 SAK ETAP (Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik/UKM)
16 IFRIC Interpretation
11 SIC

Di Indonesia juga masih terdapat Standar Akuntansi Pemerintah (SAP) yang masih mengacu pada PSAK lama. Kemungkinan besar sesudah konvergensi PSAK ke IFRS akan menyusul perubahan pada SAP.
 Jika kita bandingkan antara semua standar  yang dimiliki Indonesia dengan IFRS Perbandingan PSAK dengan IFRS
Perbandingan PSAK dengan IFRS
Tidak semua standar IFRS tersebut diatas dicontek habis dan dirubah menjadi PSAK, itulah mengapa IAI menentukan konvergensi dari para adaption dan adoption. Sedikit citra saja untuk membedakan ketiga istilah tersebut saya jelaskan dalam tabel berikut:
Perbedaan
Adaption
Convergence
Full Adoption
Arti harafiah
Adaptasi/Penyelarasan
Pertemuan pada suatu titik
Adopsi/pemakaian
Standart
Membuat standar yang benar benar baru
Membuat standar gres dengan mempertimbangkan keadaan yang berlaku
Mentranslet standar usang menjadi standar baru
Contoh negara
Indonesia sebelum IFRS
Indonesia sesudah 2012
Australia, Hongkong

IFRS Convergence telah membawa dunia accounting ke level baru, Saya mencatat tiga perbedaan mendasar, yaitu:

1. PSAK yang semula menurut Historical Cost mengubah paradigmanya menjadi Fair Value based.
Terdapat kewajiban dalam pencatatan pembukuan mengenai evaluasi kembali keakuratan menurut nilai sekarang atas suatu aset, liabilitas dan ekuitas. Fair Value based mendominasi perubahan-perubahan di PSAK untuk konvergensi ke IFRS selain hal-hal lainnya. Sebagai contoh perlunya di lakukan evaluasi kembali suatu aset, apakah terdapat penurunan nilai atas suatu aset pada suatu tanggal pelaporan. Hal ini untuk menawarkan keakuratan atas suatuatas suatu laporan keuangan.

2. PSAK yang semula lebih menurut Rule Based (sebagaimana USGAAP) bermetamorfosis Prinsiple Based.

Apa itu Rule Based?
Rule based yaitu manakala segala sesuatu menjadi terang diatur batasan batasannya. Sebagai contoh yaitu manakala sesuatu materiality ditentukan misalkan diatas 75% dianggap material dan ketentuan-ketentuan terang lainnya.

Apa itu Prinsiple Based?
IFRS menganut prinsip prinsiple based dimana yang diatur dalam PSAK update untuk mengadopsi IFRS yaitu prinsip-prinsip yang sanggup dijadikan materi pertimbagan Akuntan / Management perusahaan sebagai dasar contoh untuk kebijakan perusahaan.

3. Pemutakhiran (Update) PSAK untuk memunculkan transparansi dimana laporan yang dikeluarkan untuk eksternal harus cukup mempunyai kedekatan fakta dengan laporan internal. 
Pihak perusahaan harus mengeluarkan pengungkapan pengungkapan (disclosures) penting dan signifikan sehingga para pihak pembaca laporan yang dikeluarkan ke eksternal benar-benar sanggup menganalisa perusahaan dengan fakta yang lebih baik.

Demikianlah materi tentang Perbandingan PSAK dengan IFRS yang sempat kami berikan dan jangan lupa juga untuk menyimak materi seputar Pengertian, Struktur, Kerangka dan Ruang Lingkup IFRS yang telah kami posting sebelumnya. biar materi yang kami berikan sanggup membantu menambah wawasan anda semikian dan terimah kasih.

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar…!!!

Sumber http://ilmumanajemenakuntansi.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perbandingan Psak Dengan Ifrs"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel