-->

iklan banner

√ Integritas : Pengertian, Fungsi, Manfaat, Dan Cirinya Terlengkap

√ Integritas : Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Cirinya Terlengkap Apa yang dimaksud dengan suatu integritas ? Apakah anda mengetahui integritas yang ada pada diri anda? Kalau anda masih galau mengenai apa itu integritas, mari lihat penjelasannya secara lengkap perihal integritas. Dan seberapa penting integritas untuk diri kita sendiri.


 


 Apa yang dimaksud dengan suatu integritas  √ Integritas : Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Cirinya Terlengkap
√ Integritas : Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Cirinya Terlengkap

 


Pengertian Integritas


Secara umum, arti integritas ialah suatu kualitas kejujuran dan prinsip moral di dalam diri seseorang yang dilakukan secara konsisten dalam kehidupannya secara menyeluruh.


Pengertian integritas ialah suatu kepribadian seseorang yang sanggup bertindak secara konsisten dan utuh, baik dalam perkataan maupun perbuatan, sesuai dengan nilai-nilai dan instruksi etik.


Seseorang yang dianggap berintegritas dikala ia mempunyai kepribadian dan huruf sebagai berikut :



  • Jujur dan sanggup dipercaya

  • Memiliki komitmen

  • Bertanggung jawab

  • Menepati ucapannya

  • Setia

  • Menghargai waktu

  • Memiliki prinsip dan nilai-nilai hidup


Kata “integritas” berasal dari Bahasa Latin, yakni “integer” yang mengandung arti sebagai :


Keteguhan perilaku dalam hal mempertahankan prinsip yang menjadi landasan hidup dan menempel pada diri seseorang sebagai nilai-nilai moral.


Mutu, sifat, atau keadaan yang mengatakan satu kesatuan yang utuh sehingga mempunyai potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan dan kejujuran.


Dari klarifikasi tersebut maka sanggup disimpulkan bahwa integritas ialah suatu jati diri seseorang dan merupakan lawan pribadi dari kemunafikan.


 


 


Ciri – Ciri Integritas


Adapun ciri-ciri integritas yang diantaranya yaitu sebagai berikut :



  • Selalu menepati janji.

  • Taat asa, tidak plin-plan.

  • Komitmen sanggup dipegang teguh dan bertanggungh jawab.

  • Satu kata, satu perbuatan.

  • Jujur dan terbuka.

  • Menghargai waktu.

  • Menjaga prinsip dan nilai-nilai yang diyakini, dsb.


 


 


Pengertian Integritas Menurut Para Ahli


Agar lebih memahami apa pengertian integritas, maka kita sanggup merujuk pada pendapat beberapa jago sebagai  berikut ini :


1. Andreas Harefa


Integritas ialah suatu kunci kehidupan yang sanggup diamati secara langsung, yaitu sanggup mengatakan kejujuran, berkomitemen, dan melaksanakan sesuatu dengan konsisten.


 


2. Henry Cloud


Integritas ialah sesuatu yang sangat bekerjasama dengan suatu keutuhan dan kefektifan seseorang sebagai insan insan dalam menjalankan fungsinya sesuai dengan yang telah dirancang sebelumnya.


 


3. Ippho Santoso


Integritas ialah suatu keadaan menyatunya sebuah pikiran, perkataan, dan berbuatan sehingga melahirkan reputasai dan kepercayaan.


 


4. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)


Integritas ialah suatu mutu, sifat, dan keadaan yang menggambarkan kesatuan yang utuh, sehingga mempunyai potensi dan kemampuan memancarkan kewibawaan dan kejujuran.


 


 


Manfaat Integritas


Dari klarifikasi sebelumnya disebutkan bahwa terdapat dua fungsi integritas, yaitu suatu fungsi kognitif dan afektif. Lalu, apa manfaat integritas bagi seseorang yaitu antara lain :



  1. Manfaat secara fisik, individu yang mempunyai suatu integritas cenderung mencicipi manfaat pada fisiknya. Misalnya ia merasa lebih sehat dan bugar dalam melaksanakan kegiatannya.

  2. Manfaat secara intelektual, individu yang berintegritas pada umumnya lebih bisa mengoptimalkan kemampuannya ketimbang individu yang munafik.

  3. Manfaat secara emosional, umumnya seseorang yang mempunyai suatu integritas juga mempunyai motivasi, sadar diri, solidaritas tinggi, empati, simpati, dan emosi yang stabil.

  4. Manfaat secara spiritual, integritas ini mengakibatkan seseorang lebih bijaksana dalam memaknai segala pengalaman hidupnya.

  5. Manfaat secara sosial, integritas dalam diri seseorang sanggup membuatnya lebih gampang dalam menjalin korelasi baik dengan orang lain dan dalam melaksanakan kolaborasi di masyarakat.


 


 


Fungsi Integritas


Setelah memahami apa arti integritas, mungkin kita bertanya-tanya, apa fungsi dari integritas itu? Secara garis besar, ada dua fungsi utama integritas, yaitu sebagai berikut :


 


1. Fungsi Kognitif


Dalam hal ini fungsi kognitif integritas ini meliputi kecerdasan moral dan wawasan diri (self insight). Dan wawasan diri itu meliputi suatu pengetahuan diri dan refleksi diri.


Dari klarifikasi tersebut maka sanggup dijelaskan bahwa fungsi kognitif integritas ialah untuk sanggup memelihara moral seseorang dan mendorong orang tersebut untuk mempunyai pengetahuan yang lebih luas.


 


2. Fungsi Afektif


Fungsi afektif yaitu meliputi hati nurani dan harga diri. Sehingga fungsi afektif integritas ialah untuk dapat  menjaga nurani insan supaya tetap mempunyai ‘hati’ dan perasaan sebagai manusia.


 


 


Pentingnya Integritas


“Tanpa integritas, motivasi itu akan berbahaya; tanpa motivasi, kapasitas tidak akan berdaya; tanpa kapasitas, pemahaman akan terbatas, tanpa pemahaman, pengetahuan tidak akan ada artinya tanpa pengetahuan, pengalaman itu akan buta. Pengalaman gampang diberikan dan dipakai dengan cepat oleh orang-orang dengan semua kualitas lain dalam hidupnya.” (Anonim)


Dari kutipan di atas dijelaskan bahwa integritas ialah sesuatu hal terpenting dalam kehidupan seseorang secara menyeluruh. Ketika kita mencari karakteristik perihal bagaimana cara untuk membangun kehidupan pribadi, maka urutannya dimulai dari :



  • Integritas

  • Motivasi

  • Kapasitas

  • Pengetahuan

  • Pengalaman


 


Berikut ini ialah penjelasang mengapa integritas begitu penting dalam kehidupan setiap orang yaitu :



  1. Integritas ialah salah satu kunci kesuksesan setiap orang alasannya individu yang berintegritas ini merupakan pribadi yang konsisten dalam menjalankan nilai-nilai dan norma yang berlaku.

  2. Integritas seseorang akan sanggup memilih dirinya bisa dipimpin dan bisa menjadi pemimpin alasannya hanya individu berintegritas yang mempunyai kepribadian berkualitas dan bisa berguru dari orang lain.

  3. Integritas seseorang akan memilih seberapa besar dirinya layak dipercaya oleh orang lain alasannya tindakannya yang sangat konsisten.

  4. Integritas ini akan menghasilkan reputasi dan prestasi bagi seseorang alasannya mereka berpikir, berkata, dan bertindak secara konsisten.


 


 


Tujuan Integritas


Adapun tujuan integritas yaitu sebagai berikut :



  • Integritas merupakan salah satu kunci untuk sanggup meraih keberhasilan atau kesuksesan.

  • Integritas ini menciptakan insan bisa untuk memimpin dan dipimpin.

  • Integritas melahirkan suatu kepercayaan.

  • Integritas sanggup melahirkan suatu prestasi.


 


 


Demikianlah klarifikasi mengenai √ Integritas : Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Cirinya Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan untuk para pembaca. Terima Kasih.


 


Baca Juga Artikel :


Baca Juga :  Karakteristik Ideologi Pancasila


Baca Juga :  pengertian dan Tujuan Sosiologi Lengkap


Baca Juga :  Pengertian Ideologi Dan Macam-Macam Ideologi Yang Ada Di Dunia


Baca Juga :  Fungsi-Fungsi dan Tujuan Sosialisasi



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Integritas : Pengertian, Fungsi, Manfaat, Dan Cirinya Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel