-->

iklan banner

Jenis-Jenis Insan Purba Di Indonesia

Manusia yang ada pada zaman kini telah mngalami proses perkembangan yang sangat panjang. Dari proses itu muncullah insan ibarat ketika ini yang telah mempunyai kecerdasaan tinggi sehingga bisa membuat teknologi maju. Manusia yang hidup pada zaman prasejarah sanggup dilihat pada zaman kini dalam berbentuk fosil. Fosil insan yang ditemukan di indoneisa dalm perkembangan terdiri dari beberapa jenis. Masing-masing jenis mewakili zaman dimana ia hidup.




Jenis-Jenis Manusia Purba di Indonesia


1. Meganthropus Paleoj4vanicus

Meganthropus paleoj4vanicus berarti insan purba dari jawa yang bertubuh besar. Manusia purba ini diyakini merupakan makhluk tertua yang pernah hidup dipulau Jawa. Manusia Purba ini diperkirakan hidup sekitar 1-2 juta tahun yang lalu. Fosil rahang bawah dan rahang atas insan purba ini ditemukan oleh Von Koenigswald  di Sangiran pada tahun 1936 dan 1941. Von koenigswald menemukan bahwa Meganthropus ini mempunyai rahang bawah yang tegap dan geraham yang besar, tulang pipi tebal, tonjolan kening yang mencolok dan tonjolan belakang kepala yang tajam serta sendi-sendi yang besar, melihat kondisi fisik nya disimpulkan bahwa meganthropus ini pemakan tumbuh-tumbuhan.



2. Pithecanthropus

Pithecanthropus berarti insan kera. seorang peneliti bernam Eugene Dubois yang pertama kali yang menemukan fosil insan purba jenis ini. Pada tahun 1891, ia menemukan bab rahang, gigi, dan sebagian tulang tengkorak. insan monyet ini berjalan tegak dengan dua kaki dan diperkiraan hidup pada 700.000 tahun yang lalu. Dubois menemukan fosil Pithecanthropus di trinil kawasan ngawi pada ketika sungai bengawan solo sedang kering , kemudian fosil tersebut dinamai pithecanthropus erectus dikenal dengan nama homo erectus. Pithecanthropus memilik ciri-ciri tinggi tubuh antara 750-1300 cc dan berat tubuh 80-100 kg.

dari sumber penelitian diperkirakan pithecanthropus ialah insan purba yang pertama kalinya mengenal  api sehingga terjadi beberapa perubahaan teladan yang tadi nya makan kuliner dari alam ibarat tumbuh”an, menjadi berburu hewan untuk makanan.

Jenis-Jenis Pithecanthropus yang ditemukan di Indonesia  :


  • Pithecanthropus Mojokertensis = Memiliki arti insan dari mojokerto. fosil ini ditemukan Von Koenigswald didaerah perning Mojokerto pada tahun 1936-941

  • Pithecanthropus Soloensis = Berarti insan monyet dari solo, Fosil yang ditemukan berupa 11 buah fosil tengkorak, tulang rahang, dan gigi. Fosil-fosil ini ditemukan oleh Von Koenigswald dan Weidenreich antara tahun 1931-1934 di lebah Bengawan Solo. 


3. Homo Sapiens

Homo Sapiens mempunyai arti  insan cerdas. Manusia purba jenis ini mempunyai bentuk tubuh yang sama dengan bentuk tubuh insan sekarang. Homo sapiens lebih banyak meninggalkan benda-benda berbudaya, mereka ini lah yang menjadi nenek moyang yang ada didunia. Fosil homo sapiens di Indonesia ditemukan di wajak, deket tulang agung, Jawa Timur oleh Von Rietschoten pada tahun 1889. Fosil ini pertama ditemukan di Indonesia, yang diberi nama homo wajakensis atau insan dari wajak. Fosil ini diteliti ulang oleh Eugene Dubois Mnausia purba ini mempunyai tinggi tubuh 130-210 cm, berat tubuh 30-150kg, dan volume otak 1350-1450 cc. Homo Wajakensis diperkirakan hidup antara 25.000-40.000 tahun yang lalu. 



Ini lah klarifikasi wacana jenis-jenis insan purba di Indonesia, sekian dan terima kasih 🙂


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jenis-Jenis Insan Purba Di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel