-->

iklan banner

Pantai Buntu Bima

Pantai Buntu Bima merupakan pantai yang berada di sebelah utara kota Bima adalah sekitar 13 km. Pantai ini mencakup hamparan pasir putih yang landai dengan ditanami pepohonan kelapa dalam jumlah yang banyak sehingga udaranya menjadi sejuk meski di siang hari.


 merupakan pantai yang berada di sebelah utara kota Bima adalah sekitar  Pantai Buntu Bima

Pantai Buntu Bima


Pantai Buntu terletak di Kelurahan Kolo, Kecamatan Asakota, Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pantai ini berada di akrab ujung teluk bima yang merupakan pintu masuk bagi setiap kapal yang akan berlabuh di pelabuhan Bima. Kapal-kapal berukuran sedang sampai besar ibarat kapal kontainer akan membawa barang-barang dari Jawa, Bali, Mataram dan Makassar (Baca juga: Kebun Buah Mangunan ).


 merupakan pantai yang berada di sebelah utara kota Bima adalah sekitar  Pantai Buntu Bima

Kapal berukuran besar dan kecil keluar masuk di teluk Bima


Perjalanan untuk menuju Pantai Buntu memakan waktu sekitar 20 menit jika kita berjalan dari Kota Bima. Dari Kota Bima kita akan melewati Kampung Melayu yang merupakan kampung dominan masyarakat nelayan tradisional. Setelah dari Kampung Melayu, kita akan disuguhi kondisi jalan sudah beraspal halus dengan demografi menanjak, menurun serta berliku-liku khas lintasan pegunungan.


 merupakan pantai yang berada di sebelah utara kota Bima adalah sekitar  Pantai Buntu Bima

Dataran tinggi Donggo dilihat dari Pantai Buntu


Di sepanjang perjalanan kita akan melewati PLTU Bima dan perkampungan nelayan Kolo beserta pelabuhan kecil yang dipakai oleh nelayan tradisional untuk mensandarkan kapal. Dari sini kita sanggup melihat Pelabuhan Bima, Pulau Kambing serta dataran tinggi Donggo yang ada di seberang barat.


Di sisi timur jalan kita akan melihat pegunungan sabana yang ditumbuhi rerumputan hijau ketika ekspresi dominan hujan dan bewarna cokelat ketika ekspresi dominan kemarau. Sesekali area sabana ini ditumbuhi oleh tumbuhan besar ibarat tumbuhan asem, beringin dsb. Di sisi timur jalan akan berbatasan pribadi dengan maritim yang merupakan Teluk Bima.


 merupakan pantai yang berada di sebelah utara kota Bima adalah sekitar  Pantai Buntu Bima

Panorama di sepanjang jalan


Fasilitas Pantai Buntu masih sangat sederhana dikelola oleh masyarakat sekitar berhubungan dengan dinas pariwisata. Adapun akomodasi yang ada antara lain musholla, kawasan parkir, gazebo, kamar mandi dan penjaja aneka masakan dan minuman ringan. Tidak ada tiket masuk untuk berkunjung ke kawasan ini, hanya saja bagi para pengunjung dikenakan tarif parkir sebesar Rp 2000,-/motor dan Rp 5000,-/mobil.


Pantai Buntu mempunyai gelombang yang sangat kecil sehingga kondusif jika dipakai untuk berenang namun dalam jarak sekitar 13 meter dari bibir pantai kondisi dasar lautnya yang tadinya agak datar akan pribadi menjorok kedalam (seperti palung) sehingga bagi para pengunjung yang sedang berenang tetap dituntut untuk berhati-hati. Perhitungan sekitar 13 meter ini dihitung ketika siang sampai sore hari dimana kondisi air maritim sedang pasang. Namun jika sedang surut, maka jaraknya akan semakin kecil (Baca juga: Puncak Becici Hutan Pinus Dlingo ).


Peta Lokasi Pantai Buntu Bima


Peta lokasi Pantai Buntu Bima sanggup kita lihat pada peta di bawah ini.




Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pantai Buntu Bima"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel