-->

iklan banner

Protista Seolah-Olah Jamur

Protista mirip jamur ini mempunyai struktur badan dan cara reproduksi yang sama dengan keluarga jamur. Bedanya gerakan pada fase asecualnya lebih mirip amoeba ketimbang jamur pada umumnya sehingga tidak sanggup dimasukan ke dalam Kingdom Fungi. Yang termasuk jenis protista jenis ini yaitu oomycota (jamur air) dan myxomycota (jamur lendir).


A. Filum Oomycota (Jamur Air)


Pada struktur molekulnya, jamur air ini lebih mirip dengan ganggang, tapi bedanya tidak mempunyai klorofil. Jamur air sanggup hidup di tempat-tempat yang lembab atau mengandung banyak air serta mempunyai oospora sebagai penghasil spora dimana pada kondisi tertentu, spora ini akan bermetamorfosis hifa baru.


Dalam bukunya halaman 98, Ari Sulistyorini menjelaskan adapun ciri-ciri jamur air yaitu sebagai berikut.


1. Jamur air mempunyai banyak inti yang terdapat di dalam benang-benang hifa yang tidak bersekat.


2. Jamur air mempunyai dinding sel yang berupa selulosa.


3. Jamur air sanggup berkembang biak secara asecual dan secual. Secara asecual yakni dengan membentuk zoospora. Nah, zoospora ini dilengkapi dengan dua buah flagel yang mempunyai kegunaan untuk berenang di air.


Sedangkan secara secual yakni dengan membentuk gamet jantang dan betina yang kalau terjadi pembuahan, maka akan menghasilkan zigot yang kemudian akan tumbuh menjadi oomycota yang mempunyai dinding tebal. Oomycota mempunyai oospora yang akan menjadi benang-benang gres atau hifa baru, begitu seterusnya.


Yang termasuk jamur air antara lain Pythium, Saphrolegnia dan Phytophthora. Jamur Phytophthora merupakan jamur karat putih yang sanggup hidup secara saprofit atau parasit.


Adapun jamur Phytophthora yang hidup sebagai benalu antara lain P. nicotinae benalu pada tembakau, P. palmifera pada kelapa dan P. infestans pada kentang.


Saphrolegnia merupakan jamur yang hidup saprofit pada bangkai binatang yang mati di dalam air. Hal ini menciptakan air menjadi lebih higienis dari bangkai dan sampah-sampah (Baca juga: Ciri-ciri jamur).


B. Filum Myxomycota (Jamur Lendir)


Dinamakan sebagai jamur lendir alasannya bentuk tubuhnya mirip lendir atau plasmodium yaitu massa protoplasma tidak berdinding. Lendir ini mempunyai warna dan ukuran yang sangat bermacam-macam serta bentuknya yang sangat gampang sekali berubah-ubah dikala merayap di atas medium yang ia tempati. Plasmodium sanggup segera bergerak untuk menangkap masakan dengan sangat cepat mirip amoeba.


Apabila jamur ini berada dalam keadaan kekeringan atau kondisi tidak ada makanan, maka jamur ini akan membisu tidak aktif kemudian membentuk tangkai-tangkai untuk menghasilkan spora.


Pola sikap ini mirip dengan jamur. Nah, spora tersebut kalau telah matang akan pecah dan menyebar dengan proteksi angin. Bila jatuh di daerah yang cocok, maka spora ini akan berkecambah dan membentuk sel-sel tunggal yang mempunyai flagela dan pseudopodia yang berfungsi sebagai alat gerak.


Adapun materi masakan jamur ini sangat bervariasi tergantung daerah dimana ia tinggal. Jamur ini sanggup memakan bakteri, bahan-bahan organik, daun atau kayu-kayu sisa dari flora yang telah mati. Dalam bukunya halaman 99, Ari Sulistyorini menjelaskan bahwa jamur jenis ini mempunyai ciri antara lain.


1. Bersel satu atau bersel banyak.

2. Memiliki banyak inti sel.

3. Struktur vegetatifnya mirip amoeba, tapi cara berkembangbiakannya mirip fungi.

4. Jamur lendir sanggup berkembang biak secara asecual dan secual.


Jamur lendir sanggup dibagi menjadi dua jenis yakni:


a. Acrasiomycota (Jamur Lendir Bersekat) merupakan jamur lendir yang mempunyai sekat sehingga kumpulan sel-selnya sanggup dipisahkan. Misalnya Dictyostelium discoideum.


b. Myxomycota (Jamur Lendir Tidak Bersekat) merupakan jamur lendir yang tidak mempunyai sekat sehingga kumpulan sel-selnya tidak sanggup dipisahkan serta mempunyai banyak inti sel. Misalnya: Physarum.


Agar lebih jelasnya ihwal Protista mirip jamur sanggup dilihat gambar di bawah ini.


 ini mempunyai struktur badan dan cara reproduksi yang sama dengan keluarga jamur Protista Mirip Jamur

Protista mirip jamur


Nah, untuk jamur lendir bersekat dan tidak bersekat akan kita bahas pada halaman tersendiri. Anda sanggup cek di daftar isi Bab 5 Protista.


Daftar Pustaka:


Kistinah, Indun dkk.2009. Biologi 1 : Makhluk Hidup dan Lingkungannya Untuk SMA/MA Kelas X.Surakarta:CV. Putra Nugraha.


Sumber gambar diambil dari situs www.sciencebooth.com diakses tanggal 7 Agustus 2015.


Sulistyorini, Ari.2009.Biologi 1 : Untuk Sekolah menengah Atas/Madrasah Aliyah Kelas X.Jakarta:PT. Balai Pustaka.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Protista Seolah-Olah Jamur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel