-->

iklan banner

Ruang Lingkup Geografi

Ruang lingkup geografi mencakup seluruh fenomena geosfer. Dalam ruang lingkup geografi akan diketahui objek-objek kajian dan ilmu bantu serta cabang ilmu yang dipakai dalam study geografi.

untuk mengetahui ruang lingkup geografi dibedakan menjadi 3, yaitu objek geografi, ilmu penunjang geografi, dan cabang ilmu geografi.

 






Ruang Lingkup Geografi


1. Objek Geografi

Objek geografi ialah bumi dengan segala isi dan kegiatan nya. jikalau dikaji lebih mendalam, objek geografi dibedakan sebagai berikut :


  • Objek matrial, ialah fenomena geosfer yang mencakup biosfer, atmosfer, litosfer, hidrosfer, dan antroposfer. dalam kajian ini insan merupakan distributor yang mempunyai tugas penting dalam menjaga kelangsungan kehidupan dilapisan biosfer. 

  • Objek formal, yaitu cara pandang dan cara fikir terhadap tanda-tanda yang ada dimuka bumi. Cara pandang dan pikir tersebut dilihat segi keruangan, kelingkungan, kompleks wilayah, dan waktu. Tema paling fundamental dalam kajian objek formal ialah wilayah (region), yaitu kesatuan tempat yang mengambarkan karakteristik tertentu atau ciri khas yang sanggup dibedakan dengan tempat lain.


2. Ilmu Penunjang Geografi

Geografi sebagai salah satu disiplin ilmu tidak sanggup dipisahkan dengan disiplin ilmu lain. Geografi sanggup dikatakan sebagai jembatan ilmu pengetahuan alasannya ialah menghubungkan ilmu-ilmu alam dan ilmu-ilmu sosial dan budaya. Ilmu geografi mempelajari hal-hal yang bersifat eksak, dan sosial, yaitu sebagai berikut :


  • Dilihat dari kajian secara eksak, yaitu banjir dan tanah longsor dipengaruhi oleh bentuk topografi suatu wilayah serta kondisi cuaca dan iklim nya. 

  • Dilihat dari kajian sosial dan budaya, kegiatan pengolahan tanah oleh penduduk pada lahan miring tanpa terasering menjadikan tanah gampang longsor, pada ketika animo hujan.


3. Cabang Ilmu Geografi

Integrasi geografi dan ilmu penunjang nya mendasari pembagian geografi menjadi 3 cabang ilmu, yaitu sebagai berikut :


  • Geografi fisik mempelajari kenampakan fisik, yang mencakup atmosfer, litosfer, hidrosfer, dan biosfer dengan segala proses dan perubahannya. Cabang ilmu geografi sebagai berikut, geologi, geomorfologi, biogeografi, hidrologi, oseanografi, dan meteorlogi.

  • Geografi Manusia, mempelajari insan dan kegiatan nya dalam suatu ruang. cabang ilmu geografi insan adalah, geografi ekonomi, geografi politik, dan geografi penduduk.

  • Geografi teknik, mempelajari cara memvisualisasikan dan menganalisis informasi geografis dalam bentuk peta, diagram, dan gambaran pengindreaan jauh. Cabang ilmu geografi tekni sebagai berikut, Kartografi, pengindreaan jauh, dan sistem informasi geografis.


Itulah klarifikasi perihal ruang lingkup geografi, sekian dan terimakasih 🙂 

 


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ruang Lingkup Geografi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel