-->

iklan banner

Zooflagellata, Ciliata Dan Sporozoa

Pada halaman ini kita akan membahas ihwal pembagian terstruktur mengenai Protozoa menurut alat geraknya (bagian kedua) dimana yang akan kita bahas mencakup Zooflagellata, Ciliata dan Sporozoa sedangkan untuk Rhizopoda dan Actinopoda sudah kita bahas disini.


C. Zooflagellata


Zooflagellata tergolong dalam Protista ibarat hewan yakni salah satu jenis Protista yang mempunyai bulu cambuk atau flagel. Bulu cambuk ini selain berfungsi sebagai alat gerak sanggup juga berfungsi sebagai alat untuk menangkap mangsa. Makhluk hidup yang satu ini sanggup hidup di air tawar, air asin atau tanah lembap atau sebagai benalu di badan binatang atau tumbuhan.


Zooflagellata dinamakan juga sebagai zoomastigophora. Salah satu jenis Protozoa ini sanggup berkembangbiak secara secual maupun secara asecual yakni melalui pembelahan biner. Adapun ciri-cirinya ialah sebagai berikut:


1. Hidup berkelompok,

2. Bersifat mikroskopis (tidak bisa dilihat dengan mata telanjang),

3. Sebagian Zooflagellata mempunyai mitokondria,

4. Sebagian besar hidup sebagai parasit,

5. Dapat hidup di air tawar dan air asin,

6. Reproduksi asecualnya dilakukan dengan cara pembelahan biner.


Contoh Zooflagellata antara lain:


1. Trypansoma gambiense yang sanggup mengakibatkan penyakit tidur,

2. Leishmania donovani yang sanggup mengakibatkan penyakit hitam atau kala azar,

3. Trichomonas v@gin@lis yang sanggup mengakibatkan penyakit keputihan pada v@gin@ wanita.


D. Ciliata (Filum Ciliophora)


Mungkin dalam benak Anda bertanya-tanya, ibarat apa sih Ciliata itu?. Nah, macam-macam Ciliata sanggup kita lihat pada gambar di bawah ini.


Pada halaman ini kita akan membahas ihwal pembagian terstruktur mengenai Protozoa menurut alat geraknya Zooflagellata, Ciliata dan Sporozoa

macam-macam Ciliata


Coba cermati gambar di atas, anggota Ciliata mempunyai rambut getar yang dinamakan “silia”. Beberapa Ciliata mempunyai rambut getar yang tumbuh di seluruh tubuh, tapi beberapa dari yang lainnya hanya mempunyai rambut getar yang tumbuh di sebagian badan saja. Lalu apa fungsi dari rambut getar ini?.


Nah, rambut getar ini berfungsi sebagai alat gerak bagi Ciliata. Selain itu, rambut getar yang tumbuh di sekitar ekspresi Ciliata sanggup juga dipakai untuk memutar air semoga membentuk ibarat pusaran yang kemudian bisa menyedot makanan menuju rongga ekspresi Ciliata.


Anggota Ciliata pada umumnya hidup bebas di daerah lembap ibarat sawah, sungai, rawa atau tanah yang becek namun adapula yang hidup sebagai parasit. Contoh anggota Ciliata yang hidup bebas antara lain Paramaecium caudatum, Didinium, Stentor dan Vorticella sedangkan yang hidup sebagai benalu misalnya Balantidium yang hidup pada usus besar ternak atau manusia.


Ciliata mempunyai dua inti sel (nukleus) yakni makronukleus dan mikronukleus. Makronukleus berfungsi untuk mengatur metabolisme di dalam badan sedangkan mikronukleus berfungsi mengatur acara reproduksi. Ciliata berkembang biak secara

asecual dan secual. Perkembangbiakan secara asecual dilakukannya dengan pembelahan biner membujur sedangkan reproduksi secualnya dilakukan dengan konjugasi.


E. Sporozoa


Sporozoa merupakan kelompok Protozoa yang tidak mempunyai alat gerak sehingga untuk sanggup bergerak mereka harus melenturkan tubuhnya di dalam medium daerah mereka hidup. Sporozoa hidup sebagai benalu pada binatang dan insan yakni dengan cara menyerap nutrisi inangnya. Contoh yang paling populer yakni Plasmodium yang sanggup mengakibatkan penyakit malaria pada manusia.


Berbeda dengan anggota lainnya dalam kelompok Protozoa, Sporozoa mempunyai ciri khas yakni membentuk spora pada salah satu tahapan siklus hidupnya. Tubuh Sporozoa berbentuk lingkaran atau oval dan mempunyai nukleus. Akan tetapi Sporozoa tidak mempunyai vakuola kontraktil sehingga makanan akan diserap pribadi dari hospesnya melalui permukaan tubuh. Demikian pula respirasi dan ekskresinya, semuanya dilakukan melalui permukaan tubuhnya.


Selain Plasmodium, pola lainnya yaitu Babesia dan Theileria. Babesia bigemina mengakibatkan penyakit demam Texas dan Theileria parva mengakibatkan penyakit demam Pantai Timur (Afrika).


[color-box]Kistinah, Indun dkk.2009. Biologi 1 : Makhluk Hidup dan Lingkungannya Untuk SMA/MA Kelas X.Surakarta:CV. Putra Nugraha.

Sulistyorini, Ari.2009.Biologi 1 : Untuk Sekolah menengah Atas/Madrasah Aliyah Kelas X.Jakarta:PT. Balai Pustaka.[/color-box]



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Zooflagellata, Ciliata Dan Sporozoa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel