-->

iklan banner

Jenis-Jenis Batuan Pembentuk Kerak Bumi Lengkap

Jenis-Jenis Batuan Pembentuk Kerak Bumi


1.Batuan Beku

Magma  yang mendingin dan mengeras akan membentuk batuan beku. Batuan beku terbentuk disepanjang tepi lempeng tektonik daerah magma keluar dari dalam bumi. magma sanggup keluar dipermukaan bumi melalui kawah gunung api. Batuan beku dibedakan menjadi 3 yaitu :







  • Batuan beku dalam (plutonik), Terbentuk dari pembekuan magam secara perlahan saat magma masih berada dalam bumi. Pembekuan magma yang lambat menghasilkan kristal-kristal mineral batuan berukuran besar. pola nya granit, diorit, dan gabro.

  • Batuan Beku Gang (Korok), Terbentuk dari pembekuan magma dilorong antara dapur magma permukaan bumi. Pembekuan magma berlangsung lebih cepat sehingga kristal-kristal mineral batuan besar dan kecil. pola batuan nya granit porfir.

  • Batuan Beku Luar (Lelehan), Yaitu terbentuk dari pembekuan dari magma secara cepat sesudah magma hingga dipermukaan bumi. Akibatnya, Kristal-kristal mineral yang terbentuk berukuran kecil, besar, pola nya batuan baslat, andesit, zeolit, obsidian, riolit, dan watu apung.


2. Batuan Endapan (Sedimen) 

Pengendapan material hasil abrasi menghasilkan batun sedimen atau batuan endapan. Material hasil abrasi terangkut dan terendapan oleh tenaga angin, air, atau gletser. Batuan sedimen tersebar luas dipermukaan bumi. Sekira 70% batuan dipermukaan daratan berupa batuan sedimen. Batuan Sedimen  sanggup dijumpai sebagai endapan sungai atau danau.



3. Batu Malihan (Metamorf)

Tekanan dan suhu yang tinggi dari dalam bumi sanggup membentuk batuan malihan. Tekanan dan suhu yang tinggi bisa menempatkan dan meremukan batuan beku dan batun endapan. Tempratur dan tekanan mengakibatkan tekstur dan struktur batuan berubah sehingga membentuk batuan baru. pola batuan malihan yaitu batuan marmer berasal dari watu kapur, antrsit berasal dari watu bara muda (lignit), Batu sabak (Slate) berasal dari watu lempung, watu kuarsit berasal dari watu pasir.



Itulah ulasan dari jenis jenis batuan pembentuk kerak bumi. Semoga bermanfaat sekian dan terima kasih 🙂




Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jenis-Jenis Batuan Pembentuk Kerak Bumi Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel