-->

iklan banner

Pengertian Dan Macam-Macam Tenaga Endogen Lengkap

Pengertian dan Macam-Macam Tenaga Endogen


Pengertian Tenaga Endogen


Tenaga Endogen merupakan tenaga yang berasal dari dalam bumi. Tenaga endogen bisa menggerakan kerak bumi, baik kerak benua maupun kerak samudra. Tenaga endogen bersifat membangun karna bisa membentuk lipatan dan patahan pada kerak bumi sehingga muncul pegunungan dan perbukitan. Tenaga endogen disebabkan dari energi panas dari mantel dan kerak bumi. Energi panas ini berasal dari pembusukan dan disintegrasi unsur radioaktif dan dari diferensiasi gravitasi dalam mantel. Beberapa proses endogen penting dan berperan dalam evolusi bentuk tanah. Tenaga Endogen ini meliputi, tektonisme, vulkanisme, dan gempa bumi.







Macam-Macam Tenaga Endogen


1. Tektonisme

Tektonisme merupakan tenaga dari dalam bumi yang menjadikan patahan (fault), dislokasi (perubahan letak), dan lipatan (fold) batuan kerak bumi. patahan/sesar dan dislokasi kerak bumi menimbulkan terbentuk nya graben/sleng dan horst. Lipatan batuan kerka bumi menimbulkan terbentuk punggung lipatan (antiklinal), lembah lipatan (sinklinal), depresi, dan elevasi. Tektonisme sangat berkaitan dengan diatorpisme, yaitu proses perubahan bentuk muka bumi ibarat terbntuknya gunung, plato, serta lipatan dan retakan batuan. Tenaga tektonisme yang menimbulkan gerak naik dan turun lapisan batuan kerak bumi dibedakan menjadi 2, yaitu :


  • Gerak Epirogenesa, merupakan gerakan tenaga tektonik yang sangat lambat dan mencakup wilayah sangat luas. gerak epirogenesa dibedakan menjadi gerak epirogenesa konkret dan epirogenesa negatif. 

  • Gerak Orogenesa, Merupakan gerak tenaga tektonik yang relatif cepat dan mencakup wilayah relatif sempit. Gerak orogenesa membentuk pegunungan, ibarat pegunungan, Gerak orogenesa menjadikan lipatan, patahan, dan retakan batuan.


2. Vulkanisme

Vulaknisme berarti tanda-tanda kegunung apian. Vulkanisme merupakan tanda-tanda alam yang berkaitan dengan penyusupan magma pada kerak bumi (litosfer). Magma yakni batuan cair pijar dan bertempratur tinggi dalam bumi. Aktivitas magma disebabkan suhu dan tekanan magma yang tinggi didalam bumi serta sanggup menjadikan retakan dan pergeseran kerak bumi. 


3. Gempa Bumi

Gempa Bumi merupakan getaran atau guncangan dipermukaan bumi yang disebabkan oleh gelombang seismik dari sentra gempa. gempa sering terjadi akhir tumpukan antar lempeng tektonik yang disebabkan acara magma didalam bumi. 



Itulah klarifikasi perihal pengertian dan macam-macam tenaga endogen, sekian dan terimakasih 🙂


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Dan Macam-Macam Tenaga Endogen Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel