Meningkatkan Prestasi Dan Motivasi Berguru Ipa Dengan Menerapkan Pengajaran Berbasis Inkuiri Pada Siswa Kelas V Sd
A. Latar Belakang Masalah
Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia yakni rendahnya mutu pendidikan, khususnya pendidikan dasar dan menengah. Berbagai perjuangan telah dilakukan untuk menigkatkan mutu pendidikan nasional, antara lain melalui banyak sekali pembinaan dan peningkatan kualitas guru, penyempurnaan kurikulum, pengadaan buku dan alat pelajaran, perbaikan sarana dan prasarana pendidikanlain, dan peningkatan mutu administrasi sekolah, namun demikian, banyak sekali indikator mutu pendidikan belum memperlihatkan peningkatan yang memadai.
Mengajar bukan semata masalah menceritakan. Belajar bukanlah konsekuensi otomatis dari perenungan isu ke dalam benak siswa. Belajar memerlukan keterlibatan mental dan kerja siswa sendiri. Penjelasan dan pemeragaan semata tidak akan membuahkan hasil berguru yang langgeng. Yang sanggup membuahkan hasil berguru yang langgeng hanyalah aktivitas pengajaran berbasis inkuiri.
Apa yang menimbulkan pengajaran menjadi aktif? Agar berguru menjadi aktif siswa harus mengerjakan banyak sekali tugas. Mereka harus memakai otak, mengkaji gagasan, memecahkan masalah, dan menerapkan apa yang mereka pelajari. Pengajaran berbasis inkuiri harus gesit, menyenangkan, bersemangat dan penuh gairah. Siswa bahkan sering meninggalkan daerah duduk mereka, bergerak leluasa dan berfikir keras (moving about dan thinking aloud)
Untuk sanggup mempelajari sesuatu dengan baik, kita perlu mendengar, melihat, mengajukan pertanyaan tentangnya, dan membahasnya dengan orang lain. Bukan Cuma itu, siswa perlu “mengerjakannya”, yakni menggambarkan sesuatu dengan cara mereka sendiri, memperlihatkan contohnya, mencoba mempraktekkan keterampilan, dan mengerjakan kiprah yang menuntut pengetahuan yang telah atau harus mereka dapatkan.
Berdasarkan uraian tersebut di atas penulis mencoba menerapkan salah satu metode pembelajaran, yaitu metode pembelajaran berbasis inkuiri untuk mengungkapkan apakah dengan model berbasis inkuiri sanggup meningkatkan motivasi berguru dan prestasi sains. Dalam metode pembelajaran berbasis inkuiri siswa lebih aktif dalam memecahkan untuk menemukan sedang guru berperan sebagai pembimbing atau memperlihatkan petunjuk cara memecahkan masalah itu.
Dengan menyadari gejala-gejala atau kenyataan tersebut diatas, maka dalam penelitian ini penulis penulis mengambil judul “Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar IPA Dengan Menerapkan Pengajaran Berbasis Inkuiri Pada Siswa Kelas ……………………………………..Tahun Pelajaran .....”
"Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar IPA Dengan Menerapkan Pengajaran Berbasis Inkuiri Pada Siswa Kelas V SD"
Sumber http://pustakaaslikan.blogspot.com
Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia yakni rendahnya mutu pendidikan, khususnya pendidikan dasar dan menengah. Berbagai perjuangan telah dilakukan untuk menigkatkan mutu pendidikan nasional, antara lain melalui banyak sekali pembinaan dan peningkatan kualitas guru, penyempurnaan kurikulum, pengadaan buku dan alat pelajaran, perbaikan sarana dan prasarana pendidikanlain, dan peningkatan mutu administrasi sekolah, namun demikian, banyak sekali indikator mutu pendidikan belum memperlihatkan peningkatan yang memadai.
Mengajar bukan semata masalah menceritakan. Belajar bukanlah konsekuensi otomatis dari perenungan isu ke dalam benak siswa. Belajar memerlukan keterlibatan mental dan kerja siswa sendiri. Penjelasan dan pemeragaan semata tidak akan membuahkan hasil berguru yang langgeng. Yang sanggup membuahkan hasil berguru yang langgeng hanyalah aktivitas pengajaran berbasis inkuiri.
Apa yang menimbulkan pengajaran menjadi aktif? Agar berguru menjadi aktif siswa harus mengerjakan banyak sekali tugas. Mereka harus memakai otak, mengkaji gagasan, memecahkan masalah, dan menerapkan apa yang mereka pelajari. Pengajaran berbasis inkuiri harus gesit, menyenangkan, bersemangat dan penuh gairah. Siswa bahkan sering meninggalkan daerah duduk mereka, bergerak leluasa dan berfikir keras (moving about dan thinking aloud)
Untuk sanggup mempelajari sesuatu dengan baik, kita perlu mendengar, melihat, mengajukan pertanyaan tentangnya, dan membahasnya dengan orang lain. Bukan Cuma itu, siswa perlu “mengerjakannya”, yakni menggambarkan sesuatu dengan cara mereka sendiri, memperlihatkan contohnya, mencoba mempraktekkan keterampilan, dan mengerjakan kiprah yang menuntut pengetahuan yang telah atau harus mereka dapatkan.
Berdasarkan uraian tersebut di atas penulis mencoba menerapkan salah satu metode pembelajaran, yaitu metode pembelajaran berbasis inkuiri untuk mengungkapkan apakah dengan model berbasis inkuiri sanggup meningkatkan motivasi berguru dan prestasi sains. Dalam metode pembelajaran berbasis inkuiri siswa lebih aktif dalam memecahkan untuk menemukan sedang guru berperan sebagai pembimbing atau memperlihatkan petunjuk cara memecahkan masalah itu.
Dengan menyadari gejala-gejala atau kenyataan tersebut diatas, maka dalam penelitian ini penulis penulis mengambil judul “Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar IPA Dengan Menerapkan Pengajaran Berbasis Inkuiri Pada Siswa Kelas ……………………………………..Tahun Pelajaran .....”
Untuk mendapat file lengkap Skripsi :
"Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar IPA Dengan Menerapkan Pengajaran Berbasis Inkuiri Pada Siswa Kelas V SD"
silahkan klik DI SINI...!!!
0 Response to "Meningkatkan Prestasi Dan Motivasi Berguru Ipa Dengan Menerapkan Pengajaran Berbasis Inkuiri Pada Siswa Kelas V Sd"
Posting Komentar