Peningkatan Kualitas Sumber Daya Insan Melalui Pendidikan
Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Melalui Pendidikan : Prioritas pembangunan nasional diletakkan pada bidang ekonomi seiring dengan peningkatan kualitas sumber daya insan (SDM), terlebih dalam menghadapi era globalisasi, khususnya perdagangan bebas di tempat ASEAN 2003 dan di tempat Asia-Pasifik 2020, yang diwarnai dengan persaingan yang ketat dan memilih jati diri suatu bangsa di antara bangsa-bangsa maju lainnya di dunia. Dalam mengisi otonomi daerah, peningkatan kualitas SDM mutlak diperlukan. Hal ini terbukti dengan banyaknya dibuka program-program pendidikan lanjutan ibarat Pascasarjana (S2/S3) dalam aneka macam bidang studi yang pada tahun 1990-an hanya ada di ibu kota (Jakarta) dan kota-kota besar di pulau Jawa.
Era globalisasi membuka mata kita untuk melihat ke masa depan yang penuh tantangan dan persaingan. Era kesejagatan yang tidak dibatasi waktu dan tempat menciptakan SDM yang ada selalu ingin meningkatkan kualitas dirinya biar tidak tertinggal dari yang lain.
Kebijakan pembangunan nasional dengan berpegang pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 perihal Otonomi Daerah membawa perubahan strategik pada kualitas SDM yang dibutuhkan setiap daerah untuk sanggup bersaing secara positif dengan daerah lain di Indonesia. Berbagai upaya perlu dilakukan untuk mewujudkan kualitas SDM. Pendidikan merupakan salah satu upaya utama untuk mengimplikasikan keinginan tersebut, namun juga memerlukan waktu yang cukup usang dan biaya yang besar. Berbagai jenis dan jenjang pendidikan ditawarkan oleh pemerintah. Peningkatan kualitas SDM merupakan tanggung jawab semua pihak. Dengan demikian, pembangunan di bidang pendidikan merupakan salah satu keberhasilan suatu negara/daerah.
Pemerintah, khususnya Depdiknas, semenjak PJP I telah mengatur taktik dasar dalam pengembangan SDM melalui pemerataan, relevansi, dan kualitas serta administrasi pendidikan. Ditambah dengan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2001 perihal Otonomi Daerah bagi Propinsi Daerah spesial Aceh sebagai Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), diatur setiap lini dengan kurikulum yang bernuansa Islami, mulai dari jenjang pendidikan dasar hingga ke jenjang pendidikan tinggi. Dengan demikian, diharapkan kualitas SDM akan meningkat, baik segi intelektual, moral, maupun spiritual.
Beberapa argumentasi di atas, dalam menghadapi kesejagatan liberalisasi ekonomi pada awal kurun ke-21, khususnya tempat ASEAN 2003 dan Asia-Pasifik 2020, menyambut Otonomi Daerah 1999 dan Otonomi Khusus 2001, memberi indikasi bahwa sudah saatnya kualitas pendidikan memperoleh pengutamaan yang lebih serius dalam rangka peningkatan kualitas SDM.
Artikel ini mencoba mengungkapkan fatwa yang mengatakan konsep-konsep peningkatan kualitas SDM dalam memasuki era globalisasi dan mengisi era otonomi daerah. Pemikiran konseptual ini akan sanggup diimplikasikan secara kontekstual sehabis diadakan penelitian yang mendalam dan objektif.
Kajian Teori
Pendidikan yaitu salah satu sarana untuk meningkatkan kualias SDM. Untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan pendidikan, perlu ditingkatkan kualitas administrasi pendidikan. Berkaitan dengan masalah ini, Engkoswara (2001:5) menyebutkan bahwa “Manajemen Pendidikan yang diharapkan menghasilkan pendidikan yang produktif, yaitu efektif dan efisien, memerlukan analisis kebudayaan atau nilai-nilai dan gagasan vital dalam aneka macam dimensi kehidupan yang berlaku untuk kurun waktu yang cukup di mana insan hidup.”
Kualitas pendidikan sanggup dilihat dari nilai tambah yang dihasilkan oleh forum pendidikan, baik produk dan jasa maupun pelayanan yang bisa bersaing di lapangan kerja yang ada dan yang diperlukan. Peningkatan kualitas SDM sanggup dilakukan melalui peningkatan kualitas pendidikan. Sehubungan dengan masalah ini, Supriadi (1996:54) mengemukakan bahwa “Agar pendidikan sanggup memainkan kiprahnya maka harus terkait dengan dunia kerja, artinya lulusan pendidikan semestinya mempunyai kemampuan dan keterampilan yang relevan dengan tuntutan dunia kerja. Hanya dengan cara ini, pendidikan mempunyai bantuan terhadap ekonomi.”
Mengenai relevansi pendidikan dalam arti adanya kesepadanan sebagaimana ditawarkan Djoyonegoro (1995:5) dalam bentuk link and match, pada kenyataannya pendidikan telah sesuai dengan keperluan masyarakat yang sedang membangun. Pendidikan hingga ketika ini dianggap sebagai unsur utama dalam pengembangan SDM. SDM lebih bernilai jikalau mempunyai sikap, perilaku, wawasan, kemampuan, keahlian serta keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan aneka macam bidang dan sektor. Pendidikan merupakan salah satu alat untuk menghasilkan perubahan pada diri manusia. Manusia akan sanggup mengetahui segala sesuatu yang tidak atau belum diketahui sebelumnya. Pendidikan merupakan hak seluruh umat manusia. Hak untuk memperoleh pendidikan harus diikuti oleh kesempatan dan kemampuan serta kemauannya. Dengan demikian, sanggup dilihat dengan terperinci betapa pentingnya peranan pendidikan dalam meningkatkan kualitas SDM biar sejajar dengan insan lain, baik secara regional (otonomi daerah), nasional, maupun internasional (global).
Berbagai fenomena kehidupan dalam segala dimensi, baik sosial, budaya, ekonomi, maupun politik yang terjadi di sekitar kita memperlihatkan citra yang semakin terperinci bahwa bekerjsama apa yang kita miliki karenanya akan menjadi tidak berarti apabila kita tidak bisa memanfaatkannya. Hal ini bermula dari masalah rendahnya kualitas SDM.
Tinggi rendahnya kualitas SDM antara lain ditandai dengan adanya unsur kreativitas dan produktivitas yang direalisasikan dengan hasil kerja atau kinerja yang baik secara perorangan atau kelompok. Permasalahan ini akan sanggup diatasi apabila SDM bisa menampilkan hasil kerja produktif secara rasional dan mempunyai pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan yang umumnya sanggup diperoleh melalui pendidikan. Dengan demikian, pendidikan merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan kualitas SDM.
Sanusi (1998:7) mengemukakan ”Jika kurun silam disebut kurun kualitas produk/jasa, maka masa yang akan tiba merupakan kurun kualitas SDM. SDM yang berkualitas dan pengembangan kualitas SDM bukan lagi merupakan warta atau tema-tema retorik, melainkan merupakan taruhan atau andalan serta ujian setiap individu, kelompok, golongan masyarakat, dan bahkan setiap bangsa.”
Pengembangan SDM yaitu proses sepanjang hayat yang meliputi aneka macam bidang kehidupan, terutama dilakukan melalui pendidikan. Jika dilihat dari sudut pandang ekonomi, peningkatan kualitas SDM lebih ditekankan pada penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan teknologi yang dibutuhkan oleh dunia kerja dalam upaya peningkatan efisiensi dan efektivitas proses produksi dan mempertahankan keseimbangan ekonomi.
Sehubungan dengan pengembangan SDM untuk peningkatan kualitas, Kartadinata (1997:6) mengemukakan bahwa “Pengembangan SDM berkualitas yaitu proses kontekstual, sehingga pengembangan SDM melalui upaya pendidikan bukanlah sebatas menyiapkan insan yang menguasai pengetahuan dan keterampilan yang cocok dengan dunia kerja pada ketika ini, melainkan juga insan yang mampu, mau, dan siap berguru sepanjang hayat.”
Program peningkatan kualitas SDM melalui pendidikan akan memberi manfaat pada organisasi berupa produktivitas, moral, efisiensi, efektivitas, dan stabilitas organisasi dalam mengantisipasi lingkungan, baik dari dalam maupun ke luar organisasi yang selalu berubah mengikuti perkembangan zaman. Perencanaan SDM yang berkualitas, dalam Malaysia’s 2020 (1995), sebagaimana yang dikutip Kartadinata (1997:7) merumuskan beberapa kecenderungan yang terjadi dalam masyarakat global yang perlu menjadi materi pertimbangan dalam pengembangan kualitas SDM. Kecenderungan tersebut adalah: (1) Dibandingkan dengan dasawarsa 1970-an dan 1980-an, tiga dasawarsa mendatang diperkirakan akan terjadi eksplosi yang hebat, terutama yang menyangkut teknologi informasi dan bioteknologi. Dalam konteks peningkatan kualitas SDM, implikasi yang sanggup diangkat yaitu para ilmuwan harus bekerja dalam pendekatan multidisipliner dan adanya jadwal pendidikan berkelanjutan (S2/S3), dan (2) Eksplosi teknologi komunikasi yang semakin canggih sanggup mempersingkat jarak dan mempercepat perjalanan. Hal ini akan menciptakan bangsa yang mempunyai kemampuan dan pengetahuan yang relevan dan menguasai teknologi gres secara substantif bisa meningkatkan produktivitasnya.
Hasil pemikitan di atas menghadapkan kita pada arah, tantangan, dan tuntutan umum pendidikan dalam kehidupan kurun ke-21 sebagai masa depan suatu lembaga. Sehubungan dengan masalah ini, UPI (dulu IKIP Bandung 1997:9) menciptakan kajian perihal arah, tantangan, dan tuntutan kurun ke-21 dalam peningkatan kualitas SDM. Hasil dari kajian tersebut yaitu sebagai berikut: (1) Pendidikan yaitu modal dasar pembangunan bangsa yang terarah pada upaya memberdayakan seluruh potensi insan Indonesia, baik yang menyangkut nilai-nilai intrinsik, instrumental maupun transedental; (2) Pendidikan meliputi sasaran khalayak yang amat luas yang mengandung sasaran, tujuan, dan kepentingan yang berbeda-beda dan menuntut suasana yang bervariasi serta multymethods dan multymedia; (3) Fungsi pendidikan akan terarah pada upaya mendorong orang untuk berguru aktif dan memberdayakan semua potensi yang ada pada dirinya; (4) Produk pendidikan yang berwujud SDM harus menampilkan kualitas yang berdikari dan mengandung keunggulan, baik komparatif maupun kompetitif, baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional; (5) Kualitas organisasi (lembaga), kualitas manajemen, dan kualitas kepemimpinan menjadi tuntutan yang semakin luas, terbuka, dan menghendaki ketertiban pada semua unsur yang terarah untuk mencapai pendidikan yang berkualitas pada gilirannya akan mencapai kualitas SDM yang makin baik dan merata; dan (6) Pengembangan sikap sadar teknologi dan sains dan peningkatan kualitas diri para pendidik dan staf yaitu hal yang mutlak perlu ditanamkan dan akan dipakai sebagai sarana dalam menyiapkan SDM yang berwawasan teknologi dan mempunyai kesiapan berguru sepanjang hayat.
Program peningkatan kualitas SDM melalui pendidikan akan mengatakan manfaat pada forum berupa produktivitas, moral, efisiensi kerja, stabilitas, serta fleksibilitas forum dalam mengantisipasi lingkungan, baik dari dalam maupun ke luar forum yang bersangkutan. Fungsi dan orientasi pendidikan dalam peningkatan kualitas SDM telah dibentuk dalam suatu kebijakan Depdiknas (2001:5) dalam tiga taktik pokok pembangunan pendidikan nasional, yaitu: (1) pemerataan kesempatan pendidikan, (2) peningkatan relevansi dan kualitas pendidikan, dan (3) peningkatan kualitas administrasi pendidikan. Untuk melaksanakan ketiga taktik pokok pembangunan pendidikan tersebut di atas, seyogianya dilihat bagian-bagian sistem pendidikan nasional dalam kaitannya dengan orientasi masing-masing dan dijabarkan dalam planning dan prioritas pembangunan pendidikan.
Titik tolak fatwa mengenai orientasi pendidikan nasional adalah: (1) mencerdaskan kehidupan bangsa, (2) mempersiapkan SDM yang berkualitas, terampil, dan andal yang dibutuhkan dalam proses memasuki era globalisasi dan otonomi daerah, dan (3) membina dan menyebarkan penguasaan aneka macam cabang keahlian ilmu pengetahuan dan teknologi.
Dalam membicarakan peningkatan kualitas SDM cukup umur ini, ada dua sisi yang perlu dilihat secara lebih spesifik, yaitu peningkatan kualitas SDM di era globalisasi dan peningkatan kualitas SDM di era otonomi daerah.
Peningkatan Kualitas SDM Era Globalisasi
Dalam masyarakat modern ibarat kini ini, terlebih lagi dalam menuju era globalisasi, kita dituntut biar bisa menghadapi persaingan yang makin kompetitif, baik di dalam maupun di luar negeri. Salah satu cara untuk mengantisipasi persaingan yang makin kompetitif tersebut yaitu melalui peningkatan kualitas SDM yang komprehensif.
Pemerintah Republik Indonesia dalam menghadapi era globalisasi telah merencanakan peningkatan kualitas SDM secara konseptual. Hal ini dituangkan dalam GBHN 1998 yang berbunyi “Peningkatan kualitas SDM sebagai pelaku utama pembangunan yang mempunyai kemampuan memanfaatkan, mengembangkan, serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dan tetap dilandasi oleh motivasi serta kendali keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Globalisasi makin mendorong peluang terbukanya pasar internasional; bagi produk barang dan jasa (pendidikan).”
Selanjutnya, Siagian (1998:96) mengemukakan bahwa SDM kurun ke-21 ditandai oleh “Salah satu segi kehidupan yang timbul ke permukaan cukup umur ini dengan gaung yang lebih besar lengan berkuasa dibandingkan masa kemudian yaitu peningkatan kualitas hidup umat manusia. Kualitas hidup intinya bermuara pada pengukuhan atas harkat dan martabat manusia.”
Setelah menelaah beberapa uraian di atas, jelaslah bahwa untuk melaksanakan kiprah di masa depan dibutuhkan SDM yang berkualitas. Hal ini sesuai dengan ungkapan Kartadinata (1997:4) berikut ini, yaitu “SDM berkualitas yang harus disiapkan untuk memasuki kurun ke-21 yaitu SDM yang bisa melaksanakan life long learning.” Hal ini tampak dengan terperinci pada sebagian SDM kita yang terus-menerus menimba ilmu dengan tidak memikirkan usia. Makin bau tanah usia SDM tersebut, makin matang pula cara berpikirnya, ini dibantu oleh pengalaman yang banyak, baik di dalam maupun di luar dinas.
Peningkatan Kualitas SDM Era Otonomi Daerah
Otonomi daerah merupakan dambaan masyarakat Indonesia cukup umur ini di setiap daerah. Masyarakat NAD memperoleh anugerah dalam rangka otonomi daerah dengan otonomi khusus, yang berarti agak berbeda dengan daerah lain di Indonesia. Perbedaan (kekhususan) ini bukanlah suatu hal yang gampang lantaran memerlukan penanganan yang profesional dari SDM yang ada di daerah. Timbul pertanyaan, apakah daerah yang diberi otonomi khusus ini sudah siap dalam pengertian yang luas, terutama SDM-nya?
Otonomi khusus untuk NAD diatur dalam Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2001 yang disebut dengan Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD). Sebelumnya, Aceh disebut dengan Daerah Istimewa, yang tidak ada bedanya dengan daerah lain di Indonesia. Dalam otonomi khusus ini, hal yang berbeda yaitu perihal biaya pendidikan. Hal ini dimuat dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2000 pasal 7 ayat (2) yaitu: “Sekurang-kurangnya 30 persen pendapatan sebagaimana dimaksud dalam pasal 4 ayat (3) karakter (a), ayat (4) dan ayat (5) dialokasikan untuk biaya pendidikan di NAD”. Dengan adanya peningkatan/kenaikan biaya pendidikan yang mencukupi kebutuhan, maka diharapkan peningkatan kualitas sanggup dilaksanakan dengan mudah. Hal ini masih merupakan impian semua pihak, tetapi kenyataannya belum sanggup diketahui (memerlukan penelitian yang akurat dan berlanjut).
Fattah (2000:6) menyebutkan bahwa “SDM terdiri dari dua dimensi, yaitu dimensi kualitatif dan dimensi kuantitatif.” Dimensi kualitatif yaitu terdiri atas prestasi tenaga kerja yang memasuki dunia kerja dalam jumlah waktu belajar, sedangkan dimensi kuantitatif meliputi aneka macam potensi yang terkandung pada setiap manusia, antara lain pikiran (ide), pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang memberi dampak terhadap kapasitas kemampuan insan untuk melaksanakan pekerjaan yang produktif. Jika pengeluaran untuk meningkatkan kualitas SDM ditingkatkan, nilai produktivitas dari SDM tersebut akan menghasilkan nilai balik (rate of return) yang positif.
Dalam upaya peningkatan kualitas SDM melalui pendidikan perlu diadakan beberapa pendekatan, yaitu:
(1) Pendekatan Religius. Dalam mengisi otonomi khusus NAD, telah disusun kurikulum dari jenjang pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi dengan kurikulum yang bernuansa Islami yang diatur dalam Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2000 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan. Bergerak dari kurikulum sekolah yang bernuansa Islami, dengan proses pendidikan yang Islami, akan dihasilkan output yang Islami pula. Output pendidikan yang Islami akan melahirkan SDM yang Islami dan sanggup mengisi setiap lowongan kerja/jabatan yang ada di NAD, sehingga diharapkan setiap lini akan menghasilkan pekerjaan yang Islami, yaitu pekerjaan yang sesuai dengan firman Allah swt dalam Al Qur’an yang artinya “Wahai orang-orang yang beriman, masuklah kau ke dalam Islam keseluruhannya, dan jangan kau mengikuti langkah-langkah syaitan, bekerjsama syaitan itu musuh yang positif bagimu.” (Al Qur’an Surat Al Baqarah 208). Dari ayat di atas jelaslah bahwa SDM Islam harus melaksanakan segala segi kehidupan dengan pekerjaan yang Islami, tidak boleh sepotong-potong (masuklah ke dalam Islam secara kaffah/keseluruhan) lantaran segala segi kehidupan itu saling berkaitan antara satu dengan lainnya. Dalam ayat lain Allah swt berfirman, yang artinya “Kamu yaitu sebaik-baik umat yang diturunkan untuk manusia. Kamu mengajak yang makruf dan melarang yang mungkar serta beriman kepada Allah” (Al Qur’anulkarim Surat Ali Imran 110). Dalam ayat di atas ditegaskan bahwa umat Islam (SDM Islam) yaitu sebaik-baik umat dalam menjalankan misinya sebagai khalifah di muka bumi. Dalam ayat itu ditegaskan pula SDM wajib mengerjakan yang disuruh dan meninggalkan yang dihentikan oleh agama jikalau ingin menerima Rahmat Allah swt. Siapakah yang tidak ingin memperoleh rahmat Alllah swt? Jika ingin memperoleh rahmat Allah swt bekerjalah sesuai dengan aturan yang berlaku. Adalah kewajiban bagi umat muslim (SDM muslim) untuk menanggapi pengukuhan Allah swt, apakah akan disambut dengan sikap tidak peduli atau ditanggapi dengan rasa tanggung jawab yang tinggi atas rahmat Allah swt. Selanjutnya, hadis Nabi Besar Muhammad saw dari Abdullah yang meriwayatkan bahwa Nabi saw bersabda “Sesungguhnya kebenaran membawa kebaikan dan bekerjsama kebaikan membawa kepada syurga. Dan bekerjsama seseorang yang berkata benar hingga ia menjadi orang yang sanggup dipercaya. Dan bekerjsama kebohongan membawa kejahatan dan kejahatan membawa kepada neraka. Dan bekerjsama seseorang yang berdusta hingga ia ditetapkan di sisi Allah sebagai seorang pendusta,” Hadis Shahih Bukhari (Hussein Bahreisy, 1980:348). Dari hadis di atas jelaslah kepada kita bahwa seseorang (SDM) yang bekerja secara Islami akan selalu jujur dalam pekerjaan, lantaran resiko seseorang (SDM) berdusta dalam kehidupannya yaitu neraka. Setiap umat Islam akan sangat takut kepada neraka. Untuk melahirkan SDM yang Islami, harus dididik oleh pendidik yang Islami pula. Timbul pertanyaan, sudah siapkan SDM yang Islami untuk mengisi setiap lini? Dalam pendekatan religius ini, GBHN 1998 menekankan pada “kendali keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.” Bergerak dari pendekatan ini, SDM akan berkiprah di bidangnya dalam bentuk kualitas yang tinggi untuk melaksanakan tanggung jawabnya yang besar.
(2) Pendekatan Politik. Telah umum diketahui bahwa terlepas dari sistem politik yang dianut oleh suatu negara, salah satu tujuan negara yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan rakyatnya. Dalam konteks kehidupan kenegaraan, kesejahteraan masyarakat tidak lagi dibatasi pada kesejahteraan fisik yang terwujud pada kemakmuran ekonomi yang semakin merata, tetapi juga kesejahteraan mental spiritual. Bahkan, kesejahteraan dimaksud cukup umur ini sering dikaitkan dengan kualitas hidup umat insan sesuai dengan harkat dan martabatnya yang tidak hanya diikuti, akan tetapi juga dijunjung tinggi.
(3) Pendekatan Ekonomi. Krisis ekonomi yang berkepanjangan dan seolah-olah tak kunjung reda di negara kita berdampak sangat jelek bagi peningkatan kualitas SDM. Banyak anggota masyarakat (SDM) yang merupakan aset suatu negara tidak sanggup melanjutkan studi (pendidikan) ke jenjang lebih tinggi lantaran ketidakmampuan ekonominya. Hal ini akan sanggup diatasi apabila pengambil kebijakan dalam mengelola pembiayaan pendidikan lebih bakir dan bijaksana dalam mengelola biaya pendidikan yang tersedia. Mereka hendaknya membantu SDM yang betul-betul membutuhkan, sehingga dukungan itu sangat bermanfaat. Pada kenyataannya, SDM yang tidak membutuhkan dukungan (SDM yang mempunyai kemampuan ekonomi tinggi) juga memperoleh atau bahkan menginginkan dukungan tersebut. Ironis sekali bukan?
(4) Pendekatan Hukum. Salah satu indikator kehidupan masyarakat modern yaitu makin tingginya kesadaran anggota masyarakat akan pentingnya keseimbangan antara kewajiban dan hak masing-masing. Instrumen utama untuk menjamin keseimbangan tersebut yaitu kepastian hukum. Kualitas SDM sanggup ditingkatkan dengan mematuhi hukum-hukum yang berlaku di negaranya. Dengan mematuhi aturan termasuk peraturan-peraturan di tempat ia bekerja, sehingga pelanggaran jarang terjadi atau bahkan tidak terjadi, kualitas SDM akan meningkat.
(5) Pendekatan Sosio-Kultural. Nilai-nilai budaya memilih baik atau tidak baik dan benar atau salah. Dalam peningkatan kualitas SDM, nilai sosio-kultural merupakan suatu faktor yang sangat penting untuk diperhatikan. Seseorang (SDM) akan aib berbuat tidak baik lantaran masyarakat akan menilainya dan bahkan mengucilkannya jikalau seseorang terbukti berbuat hal-hal yang berbenturan dengan budbahasa istiadat (budaya) suatu kelompok. Oleh alasannya yaitu itu, budaya aib itu perlu dipupuk. Peningkatan kualitas tidak sanggup dilakukan jikalau tidak ada yang mengikutinya.
(6) Pendekatan Administratif/Manajerial. Salah satu ciri yang menonjol di kurun ini yaitu terciptanya aneka macam jenis organisasi. Oleh alasannya yaitu itu, insan modern sering disebut insan organisasional yang menjadi fokus administratif/manajerial. Apabila suatu pekerjaan dilaksanakan secara administratif/manajerial, maka efektivitas, efisiensi, dan produktivitas akan sanggup dicapai dengan mudah. Dengan demikian, kualitas pun akan meningkat. Di dalam proses administrasi dibutuhkan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan. Apabila ketiga proses ini diikuti dengan benar, peningkatan kualitas akan sanggup dicapai. Salah satu filsafat administrasi yaitu mengurangi ketidakpastian. Jika memang itu benar, kualitas akan sanggup ditingkatkan. Manajemen pendidikan yaitu suatu ilmu yang mempelajari bagaimana menata sumber daya, baik SDM maupun sumber daya lain untuk mencapai tujuan pendidikan. Untuk itu, penataan administrasi pendidikan sangat dibutuhkan dalam mencapai kualitas pendidikan yang akan berdampak positif pada peningkatan kualitas SDM.
Sumber http://sharingilmupajak.blogspot.com
0 Response to "Peningkatan Kualitas Sumber Daya Insan Melalui Pendidikan"
Posting Komentar