Area Baca Sekolah
Area Baca Sekolah
Karya: Rizki Siddiq Nugraha
Pada hakikatnya, semua bab dari lingkungan sekolah sanggup dijadikan kawasan membaca. Beberapa bab sekolah perlu ditata secara khusus sebagai area baca yang menyenangkan. Area baca sekolah ialah suatu tempat/area di lingkungan sekolah atau di luar kelas yang ditata sedemikian rupa untuk mewadahi kegiatan membaca guna menumbuhkan minat baca.
Sekolah sanggup menciptakan area baca di serambi/koridor kelas, taman, kantin, halaman sekolah, ruang tunggu, atau ruang lainnya, yang nyaman untuk membaca. Bentuk dan desain area baca diadaptasi dengan kebutuhan dan kondisi setiap sekolah. Faktor keamanan dan kenyamanan berperan penting dalam membuat area baca sekolah.
Area baca dilengkapi dengan sarana-prasarana menyerupai tempat/rak buku, meja, kawasan duduk, dan koleksi materi bacaan. Jumlah serta jenis buku/bahan bacaan yang dipajang tidak dibatasi. Bahan bacaan perlu dirotasi secara terencana dan diadaptasi dengan pembaca.
Langkah-langkah yang sanggup dilakukan oleh sekolah dalam menyiapkan area baca sekolah, antara lain:
1. Menentukan lokasi yang akan dimanfaatkan sebagai area baca sekolah.
2. Merancang model area baca sekolah dengan memperhatikan faktor keamanan sekaligus kenyamanan di area baca, menyerupai memasang perabot yang lebih tahan cuaca, tidak ada ujung atau bab perabot yang tajam/runcing, terdapat atap biar terlindung dari hujan dan panas, serta materi baku perabot tidak gampang lapuk atau gampang patah.
3. Menyiapkan tempat/rak buku dan kawasan duduk yang nyaman, aman, dan memadai.
4. Menentukan, memilah, dan menyediakan jenis materi bacaan yang akan ditempatkan di area baca sekolah, sesuai kebutuhan pembaca.
5. Menentukan agenda piket dan pengelola area baca sekolah.
6. Tugas dan tanggung jawab pengelola ialah secara bergantian mengawasi kebersihan dan ketertiban pemanfaatan area baca sekolah.
7. Ketentuan peminjaman koleksi materi pustaka di area baca sekolah menginduk kepada perpustakaan sekolah.
Indikator pengembangan dan pemanfaatan area baca sekolah, di antaranya:
1. Terdapat area baca sekolah dengan koleksi materi pustaka yang memadai.
2. Tersedianya buku/bahan bacaan sesuai dengan kebutuhan pembaca di area baca sekolah dan diperbaharui secara berkala.
3. Termanfaatkannya area baca sekolah dalam agenda literasi sekolah.
4. Terdapat agenda dan terselanggaranya acara penerima bimbing atau guru mendongeng dan membaca buku dengan nyaring, dikala jam istirahat atau waktu tertentu yang disepakati oleh sekolah.
5. Area baca sekolah terawat dan terkelola dengan baik.
Bentuk-bentuk acara pemanfaatan dan pengembangan area baca sekolah, antara lain:
1. Melibatkan orang renta penerima bimbing untuk membantu membuatkan koleksi di area baca sekolah.
2. Memberikan penghargaan bagi pendongeng dan pembaca terbaik pilihan warga sekolah.
3. Merancang acara yang melibatkan orang renta untuk mengisi waktu menunggu penerima bimbing pulang. Seperti acara menyulam/merajut bersama, merawat kebun sekolah, dan sebagainya.
Berikut sejumlah pola desain area baca sekolah:



0 Response to "Area Baca Sekolah"
Posting Komentar