Kumpulan Soal Dan Jawabn Metode Etnografi Kelas 11 Antropologi
Metode Etnografi
1. . Etnografer merupakan pengertian yang mendeskripsikan suatu kebudayaan. Tujuan utama acara ini ialah untuk memahami suatu pandangan hidup dari sudut pandang...
a. Peneliti etnografi d. Evolusi masyarakat
b. Para partispan e. Teori terdahulu
c. Penduduk asli
2. Penelitian ilmu sosial diarahkan pada kiprah untuk menguji teori teori formal. Salah satu alternatif bagi teori formal dan seni administrasi untuk menghilangkan etnosentrisme ialah dengan megembangkan teori yang didasarkan pada data empiris wacana deskripsi kebudayaan.
Dari kalimat diatas, ciri teori apakah yang dimaksudkan ?
a. Folk Taxonomy d. Teori ikatan budaya
b. Grounded Theory e. Orietansi teoritis
c. Teori terdahulu
3. Siapakah tokoh utama dibalik lahirnya Antropologi, pada paruh kedua kurun 20 ?
a. Bronislaw Malinoski dan L.H Morgan
b. Lincoln dan Guba
c. Kuper dan James Frazer
d. Spradley dan E.B Teylor
e. E.B Tetlor dan L.H Morgan
4. Salah satu cara untuk mensinkronkan kebutuhan masyarakat dengan tujuan Etnografi adalah....
a. melakukan konsultasi dengan informan untuk menentukan topik penelitian yang penting.
b. mengembangkan suatu acara penelitian untuk menghubungkan topik tersebut dengan problem yang selalu ada dalam ilmu sosial
c. membuat interpretasi wacana pola yang terlihat maupun di dengar.
d. Memahami cara - cara kehidupan lain dari sudut pandang masyarakat
e. memahami manusia, sekaligus untuk memenuhi kebutuhan makhluk hidup.
5. Pada tahun berapakah munculnya etnografi modern ?
a. 1915-1965 d. 1915-1916
b. 1945-1965 e. 1925-1965
c. 1915-1925
6. Penelitian etnografi mempunyai bermacam-macam bentuk, diantaranya adalah...
a. Etnografi surealis, studi kuantitatif, etnografi kritis
b. Etnografi realis, studi kasus, etnografi kritis
c. Etnografi penduduk asli, studi kasus, etnografi para partisipasi
d. Etnografi realis, studi kasus,, etnografi para partisipan
e. Etnografi surealis, studi kualilatif, etnografi kritis
7. Menurut Creswell (2008:478) ciri khas etnografi kritis pada bab keenam adalah...
a. Laporan penelitian memuat data yang variatif, berjenjang, dan kontradiktif yang diperoleh dengan beragam metode.
b. Etnografer kritis mempelajari informasi – informasi sosial wacana kekuasaan , perberdayaan, ketidakadilan, dominasi, represi, hegemony, dan penindasan.
c. Posisi etnografer kristis yang tidak netral memungkinkan baginya untuk menyarankan perubahan dalam masyarakat biar kelompok yang selama ini terpinggirkan tidak lagi dimaginalkan
d. Etnografer kritis menempatkan dirinya sebagai pemberdaya para partisipan sehingga laporan penelitiannya memuat orientasi pada nilai – nilai.
e. Penelitian diarahkan untuk menghetikan marginalinasasi terhadap individu yang diteliti dengan cara bersajama, berpatipasi aktif.
8. Etnografi kritis merupakan pendekatan penelitian yang digunkan untuk..
a. mempelajari informasi isu sosial
b. memberikan pemberdayaan para partisipan
c. meneliti lebih dalam untuk etnografer
d. membantu dan memberdayakan kelompok masyarakat yang termajinalisasi.
e. Memberi pengakuan istimewa terkait pemberdayaan, ketidakadilan terhadap hukum
9. Menurut siapakah, setiap studi masalah merupakan suatu konstruksi tersendiri sebagai suatu produk interaksi antara responden. ?
a. Bronislaw
b. L.H Morgan
c. Lincoln dan Guba
d. Creswell dan James Frantein
e. Kuper dan Bronislaw
10. Ada berapakah ciri khas etnografi berdasarkan Creswell ?
a. 5 c. 7 e. 6
b. 10 d. 3
11. Untuk membedakan penelitian Etnografi dengan penelitian kuantitatif lainnya terdapat beberapa karakteristik. Dibawah ini yang tidak termasuk karakteristik pokok Etnografi adalah.....
a. Penelitian lapangan d. Sejarah kehidupan
b. Konteks atau latar e. Tema – tema kultural
c. Refleksivitas peneliti
12. Dalam tema kultural didefinisikan sebagai sebuah padangan umum yang didukung oleh sebuah masyarakat, baik secara pribadi ataupun tersirat. Siapakah yang mengemukakan. Hal tersebut ?....
a. Creswell d. Buku metode Etnografi
b. Lincoln dan Guba e. Bronislow
c. Kuper
13. Dibawah ini yang merupakan pergetian dari Data Negoisasi dalam penelitian lapangan...
a. Informasi yang diberikan pribadi oleh para partisipan
b. Kelompok yang diteliti sama - sama mengadopsi setiap tingkah laku
c. Informasi berbentuk interpretasi peneliti yang dibuat sesuai dengan prespektif para partisipan.
d. Informasi yang disetujui bersama oleh para partisipan dan peneliti untuk dipakai dalam penelitian.
e. Menggambarkan dan menganalisis budaya yang dimiliki bersama oleh sekelompok individu.
14. Di dalam Etnografer pada umumnya meneliti suatu unsur budaya yang secara bersama – sama dimiliki sekelompok individu pada sebuah lapangan penelitian. Salah satu misalnya ialah...
a. Guru bahasa Inggris sekolah dasar di kecamatan, siswa disebuah kelas
b. Menari dengan irama musik pop bersama – sama
c. Membantu orang yang barusaja mengalami kecelakaan
d. Mempelajari ilmu-ilmu pendidikan hingga ke pendidikan yang lebih tinggi
e. Seorang anak bermain dengan anak – anak dari luar negeri
15. 1). Data Etik 4). Data Emik
2). Data Negoisasi 5). Data Transaksi
3). Data Etnik 6). Data Entris
Diatas ada beberapa yang termasuk dengan data – data yang dijaring Etnografer. Pada nomor berapakah yang termasuk dalam data tersebut...
a. 2),4),5) d. 2),3),5)
b. 1),3),4) e. 1),2),4)
c. 1),4),6)
16. Ada enam tipe deskripsi menggambarkan dan merefleksikan sudut pandang penduduk asli. Deskripsi yang hampir-hampir tidak memakai bahasa yang dipakai oleh penduduk asli. Deskripsi yang dimaksud adalah..
a. etnografi standar
b. deskripsi etnosentris
c. novel etnografis
d. deskripsi ilmu soasial
e. deskripsi monolingual
17. Tulisan yang berisi deskripsi atau citra mengenai kehidupan dan kebudayaan suatu suku bangsa disebut dengan ….
a. Antropologi
b. Etnografi
c. Bahasa
d. Arkeologi
e. Kebudayaan
18. Apa yang dimaksud Etnografi Monolingual...
a. Deskripsi yang tidak memakai bahasa yang dipakai oleh penduduk asli
b. Penggunaan bahasa penduduk asli
c. Deskripsi suatu kebudayaan yang memakai isilah-isilah sendiri
d. Deskripsi mengungkapkan secara detail kehidupan seseorag
e. Novel etnografis kaya akan deskripsi
19. Deskripsi ilmu sosial memfokuskan pengujian hipotesis dari suatu teori. Berdasarkan pada...
a. Pengamatan, wawancara, dan tes psikologi
b. Penelitian, kusioner, dan tes lapangan
c. Membahas konsep, tes psikologi
d. Tes lapangan, pengamatan
e. Wawancara, kusioner, dan informasi
20. Menurut spradley (2007: 25), bahasa lebih dari...
a. Penyusun bahasa
b. Mempelajari budaya
c. Sekedar alat mengomunikasi realitas
d. Mengategorikan pengalaman para partisipan
e. Memfokuskan pengujian teori
21.Perhatikan langkah-langkah penelitian etnografi berikut ini!
a. Memilih khalayak
b. Memilih tesis
c. Analisis data
d. Pengumpulan data
e. Menulis naskah akhir
Dari langkah-langkah penelitian diatas, yang termasuk dalam langkah-langkah menulis etnografi adalah...
a. a-b-c
b. b-c-e
c. a-c-d
d. c-d-e
e. a-b-e
22. mekanisme yang sistematis dan standar untuk memperoleh data yang diharapkan dalam suatu penelitian disebut...
a. pengumpulan data
b. analisis data
c. pengeditan data
d. pengolahan data
e. penulisan data
23. urutan yang benar dalam langkah siklus penelitian geografi adalah...
a. pemilihan proyek etnografi-pengumpulan data-perekaman data-analisis data-pengajuan pertanyaan-penulisan laporan
b. penulisan laporan-analisis data-perekeman data-pengumpulan data-pengajuan pertanyaan-pemilihan proyek etnografi
c. pemilihan proyek etnografi-pengajuan pertanyaan-pengumpulan data-perekaman data-analisis data-penulisan laporan
d. perekaman data-pengumpulan data-analisis data-pengajuan pertanyaan-pemilihan proyek etnografi-penulisan laporan
e. pemilihan proyek etnografi-analisis data-pengumpulan data-perekaman dat-pengajuan pertanyaan-penulisan data
24. Dilihat dari tahapannya, data dianalisis melalui beberapa bentuk. Analisis yang dipakai untuk memperoleh citra umum wacana objek penelitian disebur dengan analisis...
a. Analisis taksonomi d. Analisis kompenensional
b. Analisis tema kultural e. Analisis deskripsi
c. Analisis domain
25. Hal yang dilakukan dikala melaksanakan pengajuan pertanyaan adalah...
a. Penulisan laporan
b. Pengumpulan data
c. Perekaman data
d. Wawancara
e. Analisi data
uraian
1. Dalam melaksanakan kerja lapangan, etnografer menciptakan kesimpulan budaya dari tiga sumber. Apa sajakah itu ?
2. Sebutkan dan jelaskan ciri khas yang dimiliki oleh etnografi realis !
3. Bahasa dalam Etnografi merujuk pada bagaimana individu berbicara dengan orang lain dalam sebuah latar kultural. Tujuan untuk menemukan pola – pola tingkah laku, keyakinan dan bahasa yang dimilki bersama ini mengimplikasikan dua poin penting. Sebutkan dan jelaskan dua poin penting tersebut !
4. Etnogarfi ini bercirikan 1). Anggota masyarakat yang benar benar pandai menuliskan etnografi dalam bahasa penduduk asli. 2). Etnografer menerjemahkan etnografi ke dalam bahasa Inggris . Etnografi apa yang dimaksud kan ini ?
5. Sebutkan fungsi dari analisis taksonomi !
PEMBAHASAN SOAL
1. C. Penduduk asli
: Etnografi sanggup berperan sebagai penuntun untuk memperlihatkan sifat dasar ikatan budaya dari teori teori ilmu sosial. Etnografi sanggup mendeskripsikan secara detail teori teori penduduk asli yang telah diuji dalam situasi kehidupan konkret selama beberapa generasi.
2. B. Grounded Theory
:Penelitian ilmu sosial diarahkan pada kiprah untuk menguji teori teori formal. Salah satu alternatif bagi teori formal dan seni administrasi untuk menghilangkan etnosentrisme ialah dengan megembangkan teori
yang didasarkan pada data empiris wacana deskripsi kebudayaan. Teori ini disebut dengan Grounded Theory.
3. E. E.B Tetlor dan L.H Morgan
: Antropologi, gres lahir pada paruh kedua kurun 20, dengan tokoh tokoh utama menyerupai E.B Teylor, James Frazer, dan L.H Morgan. Dengan bahasan terhadap
tulisan tersebut, mereka berusaha untuk membangun tingkat evolusi budaya insan dari masa insan mulai muncul di muka bumi hingga ke masa terkini.
4. A. melaksanakan konsultasi dengan informan untuk menentukan topik penelitian yang penting.
: Salah satu cara untuk mensinkronkan kebutuhan masyarakat dengan tujuan Etnografi adalah melaksanakan konsultasi dengan informan untuk menentukan topik penelitian yang penting. Etnografer tidak hanya memulai dari problem teoritis, tetapi juga pula memulai dengan kebutuhan informan yang mendesak, kemudian menyebarkan suatu acara penelitian untuk menghubungkan topik tersebut dengan
masalah yang selalu ada dalam ilmu sosial.
5.C.1915-1925
: Metode Etnografi yang diikuti oleh banyak orang pada masa sekarang disebut dengan Etnografi modern, gres muncul pada tahun 1915 – 1925. Dan dipelopori oleh dua jago antropologi sosial Inggris, A.R. Radcliffe – Brown dan Bronislaw Malinow – Ski.
6. . B. Etnografi realis, studi kasus, etnografi kritis
: Penelitian etnografi mempunyai bermacam-macam bentuk, diantaranya ialah etnografi realis, studi kasus, dan etnografi kritis.
7. A. a. Laporan penelitian memuat data yang variatif, berjenjang, dan kontradiktif yang diperoleh dengan beragam metode.
: Pada bagian keenam adalah Laporan penelitian memuat data yang variatif, berjenjang, dan kontradiktif yang diperoleh dengan beragam metode.
8. D.Membantu dan memberdayakan kelompok masyarakat yang termajinalisasi.
:Etnografi kritis merupakan pendekatan penelitian yang dipakai untuk membantu dan memberdayakan kelompok kelompok masyarakat yang termajinalisasi.
9 C.Lincoln dan Guba
: Menurut Lincoln dan Guba (dalam Kuper, 2008:97) setiap studi masalah merupakan suatu konstruksi tersendiri sebagai suatu produk interaksi antara responden, lapangan penelitian dan para penelitiitu sendiri.
10 E. 6
: Memang berdasarkan Creswell (2008:478) ciri khas etnografi kritis dibagi menjadi 6
11 D. Sejarah kehidupan
: Dalam karakteristik pokok etnografi. Karakternya mempunyai 7 bab yaitu
a.Tema-Tema Kultural
b. Sebuah Kelompok Kultural
c. Kepemilikan Bersama atas Pola-Pola Tingkah laku, Keyakinan, dan Bahasa
d. Penelitian Lapangan
e. Deskripsi, Tema-Tema, Dan Interprestasi
f. Konteks Atau Latar
g. Refleksifitas Peneliti. Diantaranya tidak terdapat Sejarah hidup
12 A. Creswell
:Menurut Creswell dalam etnografi tema kultural di definisikan sebagai sebuah pandangan umum yang di dukung oleh masyarakat ,baik secara pribadi ataupun tersirat.
13 D. Informasi yang disetujui bersama oleh para partisipan dan peneliti untuk dipakai dalam penelitian.
:A.Data Emik merupakan informasi yang diberikan secara pribadi oleh para partisipan
A. Data Etik merupakan informasi terbentuk interprestasi penelitian yang dibuat sesuai dengan prespektif partisipan.
B. Data Negoisasi merupakan informasi yang disetujui bersama oleh partisipan dan penelitian untuk dipakai dalam penelitian
14 A. Guru bahasa Inggris di SD di Kecamatan, siswa sebuah kelas
: Di dalam sebuah kelompok kultural, Etnografer meneliti suatu unsur budaya yang secara bersama sama dimiliki sekelompok individu pada sebuah lapangan penelitian. Seperti guru bahasa Inggris di SD Kecamatan, siswa sebuah kelas, sekelompok mahasiswa yang sedang melaksanakan PPL.
15 E. 1),2) dan 4)
: Data-data yang dijaring etnografer dibedakan ke dalam 3 jenis :
A.Data Emik merupakan informasi yang diberikan secara pribadi oleh para partisipan.Data ini sering disebut sebagai konsep tingkat pertama, yang berbentuk bahasa lokal, pemikiran, cara berekspresi yang dimiliki secara bersama oleh para partisipan
B. Data Etik merupakan informasi terbentuk interprestasi penelitian yang dibuat sesuai dengan prespektif partisipan.Data ini disebut sebagai konsep tingkat 2 yaitu ungkapan atau terminologi yang dibuat peneliti untuk menyatakan fenomena yang di ungkapkan oleh para partisipan
C.Data Negoisasi merupakan informasi yang disetujui bersama oleh partisipan dan penelitian untuk dipakai dalam penelitian.
16. B. Deskripsi etnosentris
:Deskripsi etnosentris. deskripsi menggambarkan dan merefleksikan sudut pandang penduduk asli. Deskripsi yang hampir-hampir tidak memakai bahasa yang dipakai oleh penduduk asli.
17.B. Etnografi
: Etnografi adalah Tulisan yang berisi deskripsi atau citra mengenai kehidupan dan kebudayaan suatu suku bangsa.
18. C. Deskripsi suatu kebudayaan yang memakai istilah – istilah sendiri.
:Etnografi Monolingual ialah Deskripsi suatu kebudayaan yang menggunakan isilah-isilah sendiri.
19. A. Pengamatan, wawancara, dan tes psikologi
: Deskripsi ilmu sosial memfokuskan pengujian hipotesis dari suatu teori. Berdasarkan pada Pengamatan, wawancara, dan tes psikologi.
20. C. Sekedar alat mengomunikasikan realitas
: Menurut Spradley (2007: 25), bahasa lebih dari Sekedar alat mengomunikasi realitas.
21. E. a-b-e
:yaitu memilih khalayak, menentukan tesis, menulis naskah selesai sedangkan analisis data dan pengumpulan data ialah siklus langkah penelitian etnografi.
22. B. Pengumpulan data
: alasannya ialah langkah pengumpulan data ialah langkah yang paling dibutuhkan atau diharapkan dalam suatu penelitian.
23. C. pemilihan proyek etnografi-pengajuan pertanyaan-pengumpulan data-perekaman data-analisis data-penulisan laporan
: Dalam participant Observation (Spradley, 1980:22-35) diungkap bahwa siklus penelitian etnografi mencangkup enam langkah, yaitu pemilihan proyek etnografi, pengajuan pertanyaan, pengumpulan data, perekaman data, analisis data, dan penulisan laporan.
24. C. Analisis Domain
: Dilihat dari tahapnya, data analisis dibuat melalui 4 analisis, diantaranya = analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponesial dan analisis tema kultural. Berikut ialah pengertian dari analisis domain.
Analisis Domain dipakai untuk memperoleh citra umum atau pengertian menyeluruh wacana objek penelitian atau situasi sosial.
25. D. Wawancara
: Perkerjaan lapangan etnografi dimulai dengan pengajuan pertanyaan etnografi. Walaupun pengajuan dilaksanakan secara intensif pada dikala wawancara, aktifitas ini intinya sudah dilakukan pada dikala observasi.
URAIAN
1. Dalam melaksanakan kerja lapangan, Etnografer menciptakan kesimpulan budaya dari tiga sumber, yaitu :
a. Dari yang dikatakan orang
b. Dari cara orang bertindak
c. Dari banyak sekali artefak yang dipakai orang.
2. a. Peneliti mengungkapkan laporan dari sudut pandang orang ketiga berdsarkan data yang mereka peroleh melalui pengamatan atas partisipan dan pandangan pandangan mereka.
b. Peneliti memaparkan data – data obyektif dalam bentuk informasi yang terukur dan bebas dari bias, afilisasi politik, dan evaluasi personal.
Ic. Peneliti mengungkapkan pandangan para partisipan melalui kutipan - kutipan penuturan mereka yang diedit tanpa merubah makna.
3. A. Pertama, kelompok yang diteliti harus memiliki/menganut pola pola bersama yang sanggup didteksi oleh peneliti.
B. Kedua, setiap anggota kelompok yang diteliti sama sama mengadopsi setiap tingkah laku, keyakinan dan bahasa maupun kombinasi ketiga unsur itu.
4. : Etnografi Monolingual. Etnografi monolingual lebih akrab pada deskripsi suatu kebudayaan yang memakai istilah-istilah sendiri. Dalam studi tipe ini, anggota masyarakat yang benar-benar pandai menuliskan etnografi dalam bahasa penduduk asli. Kemudian sehabis mempelajari dengan cermat sistem semantik bahasanya, etnografer menerjemahkan etnografi tersebut kedalam Bahasa Inggris (atau bahasa peneliti).
5. Analisis taksonomi digunakan untuk menjabarkan domain domain yang dipilih menjadi lebih rinci untuk mengetahui struktur internalnya.
Sumber http://partunto.blogspot.com/
0 Response to "Kumpulan Soal Dan Jawabn Metode Etnografi Kelas 11 Antropologi"
Posting Komentar