Sudut Baca Kelas
Sudut Baca Kelas
Karya: Rizki Siddiq Nugraha
Sudut baca kelas ialah suatu sudut atau daerah yang berada di dalam kelas, yang dipakai untuk menata buku atau sumber berguru lainnya dalam rangka meningkatkan minat baca dan berguru penerima didik melalui aktivitas membaca menyenangkan.
Sudut baca kelas bertujuan untuk mengenalkan penerima didik kepada bermacam-macam sumber bacaan untuk dimanfaatkan sebagai media, sumber belajar, dan memperlihatkan pengalaman membaca yang menyenangkan. Sudut baca kelas juga merupakan upaya mendekatkan perpustakaan ke penerima didik. Sudut baca kelas dimanfaatkan secara optimal untuk mendukung keberhasilan proses pembelajaran.
Membuat sudut baca kelas dengan memanfaatkan sudut ataupun daerah lain yang strategis di dalam kelas. Jenis materi bacaan yang ditempatkan di sudut baca kelas sanggup berupa buku teks pelajaran, buku cerita, hasil karya penerima didik dan guru, komik, koran, majalah anak, kliping, dan sumber berguru lainnya. Tahapan dalam menciptakan sudut baca kelas, sebagai berikut:
1. Menyediakan sebagian area di kelas untuk menyimpan koleksi materi pustaka.
2. Merancang sketsa penempatan dengan memperhatikan pencahayaan, sirkulasi udara, keamanan, dan kenyamanan penerima didik.
3. Merancang model penataan koleksi materi pustaka.
4. Menyediakan tempat/rak koleksi yang cukup, kuat, dan aman.
5. Menentukan, memilah, dan menyediakan jenis koleksi materi pustaka yang akan ditempatkan di sudut baca kelas, sesuai dengan minat dan jenjang/kemampuan baca penerima didik.
6. Menyiapkan koleksi materi pustaka dari perpustakaan minimal sejumlah penerima didik di kelas tersebut.
7. Melengkapi koleksi materi pustaka di sudut baca kelas.
8. Menata koleksi materi pustaka pada tempat/rak yang telah disediakan.
9. Menyiapkan buku rekap baca.
10. Koleksi sudut baca kelas sebaiknya selalu diperbaharui untuk mempertahankan minat baca penerima didik, minimal satu bulan sekali.
11. Tanggung jawab pengelolaan sudut baca kelas melibatkan guru kelas dan penerima didik.
Cara merawat sudut baca kelas dan koleksi materi pustaka dilakukan sebagai berikut:
1. Membersihkan rak buku dan koleksi materi pustaka secara berkala.
2. Menyampul buku-buku koleksi sudut baca kelas dengan sampul plastik transparan.
3. Memeriksa kondisi koleksi materi pustaka secara berkala.
4. Memperbaiki buku koleksi yang rusak.
Peraturan sudut baca kelas sanggup berupa:
1. Merawat dan memperlakukan buku dengan baik.
2. Prosedur penggunaan buku.
3. Koleksi sudut baca kelas hanya dimanfaatkan di kelas/lingkungan sekolah.
Adapun sejumlah alternatif aktivitas pengembangan sudut baca kelas, di antaranya:
1. Mengembangkan materi karya teks ibarat poster, slogan, produk tercetak yang sanggup dibaca penerima didik untuk dimanfaatkan sebagai sumber dan media belajar.
2. Mengadakan lomba pengelolaan dan pemanfaatan sudut baca antar kelas.
3. Melibatkan orang renta penerima didik untuk membantu mengembangkan koleksi sudut baca.
4. Mengundang orang tua/kakak kelas/anggota masyarakat lain untuk membaca bersama penerima didik dan mengembangkan pengalaman.
5. Peserta didik mendiskusikan isi bacaan dengan teman.
6. Peserta didik menceritakan isi bacaan dengan kata-kata sendiri.
Berikut sejumlah pola desain sudut baca kelas:



0 Response to "Sudut Baca Kelas"
Posting Komentar