-->

iklan banner

4 Manfaat Biji Kelor Yang Menakjubkan Untuk Kesehatan Tubuh

Biji Kelor yang Menakjubkan untuk Kesehatan Tubuh

   Pohon kelor ialah tanaman orisinil Indonesia yang juga dikenal sebagai pohon obat, berkat banyak sekali kandungan zat aktifnya yang mujarab untuk mengatasi banyak sekali dilema kesehatan. Hampir setiap kepingan dari pohon kelor sanggup dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh, mulai dari bunganya, daun kelor, sampai bijinya. Apa saja manfaat biji kelor yang baik untuk tubuh?


Cara memakai atau mengonsumsi biji kelor

Untuk mendapat manfaat biji kelor, Anda sanggup mengolah atau mendapat hasil olahan biji kelor dengan beberapa cara di bawah ini.

  1. Biji kelor sanggup dikonsumsi layaknya kacang. Sangrai biji kelor dalam panggangan (sama menyerupai memasak popcorn), atau Anda sanggup menambahkan biji kelor dengan adonan granola dan buah kering lainnya.
  2. Anda sanggup merebusnya menyerupai kacang polong dan menggunakannya sebagai lauk untuk masakan apa pun.
  3. Biji kelor sanggup Anda rebus selama 15 menit, lalu saring airnya untuk diminum sebagai teh herbal.
  4. Ingat, biji kelor bukan pengganti obat-obatan medis dan terapi dokter


Mengonsumsi biji kelor sebagai obat herbal bahwasanya sah-sah saja. Tapi, biji kelor bukanlah pengganti obat-obatan atau terapi medis dari dokter, melainkan hanya sebagai pengobatan pelengkap. Obat herbal dan jamu-jamuan sebaiknya hanya dikonsumsi untuk menjaga kesehatan, pemulihan penyakit, atau menurunkan risiko dari penyakit  bukan untuk menyembuhkan. Untuk menyembuhkan penyakit tetap diharapkan obat resep dokter.

Selain itu, untuk mencegah risiko penyakit dan menjaga kesehatan badan secara keseluruhan, penting untuk menjalani gaya hidup sehat dengan berolahraga, makan teratur, dan rajin cek tensi dan/atau gula darah.

Manfaat biji kelor untuk kesehatan

Pohon kelor yang punya nama latin Moringa oleifera diperkaya dengan kandungan nutrisi menyerupai kalsium, zat besi, vitamin, dan asam amino esensial yang juga ditemukan pada quinoa dan daging hewani. Selain itu, biji kelor juga kaya akan kandungan vitamin C, antioksidan, dan biro antiperadangan. Berikut ialah manfaat biji kelor yang sayang untuk dilewatkan.

1. Menurunkan tekanan darah

Tensi darah tinggi yang tidak terkendali sanggup berujung pada dilema jantung serius, menyerupai stroke dan serangan jantung. Menurunkan tekanan darah ialah salah satu manfaat biji kelor yang paling dikenal. Anda sanggup merebus biji kelor dan minum airnya secara rutin.

2. Membuat tidur lebih nyenyak dan meningkatkan energi

Untuk Anda yang tak bisa tidur nyenyak, tak ada salahnya untuk minum air rebusan biji kelor 1 jam sebelum waktunya Anda tidur. Selain sanggup membantu Anda tidur nyenyak, rebusan kelor ini sanggup menciptakan badan lebih berenergi keesokan paginya.

Pasalnya, segenggam biji kelor mengandung tiga kali lipat kadar zat besi dari daun bayam. Ini jugalah yang menciptakan manfaat biji kelor baik untuk orang-orang yang mempunyai anemia defisiensi besi. Tubuh membutuhkan asupan cukup zat besi untuk memproduksi dan membawa sel darah merah beroksigen ke otot, organ, dan jaringan badan lainnya.

3. Menurunkan gula darah

Sebuah penelitian tahun 2014 yang diterbitkan di Acta Histochemica melaporkan bahwa penurunan kadar gula darah sanggup dipertimbangkan sebagai manfaat biji kelor, yang terutama baik bagi orang-orang diabetes.

Namun, penelitian ini hanya dilakukan sebatas pada tikus lab dan belum dibuktikan khasiatnya pada manusia. Akan tetapi, sejauh ini jadinya menjanjikan. Baiknya Anda konsultasikan dulu ke dokter sebelum memakai biji kelor untuk mengendalikan tanda-tanda diabetes Anda.

4. Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit

Biji kelor diperkaya oleh antioksidan yang sanggup melawan radikal bebas penyebab penuaan dini pada kulit. Minyak yang diekstrak dari biji kelor sanggup Anda jadikan pelembap alami untuk menjaga kulit tetap senantiasa halus, lembut dan bercahaya.

Sumber http://kabaralamkita.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4 Manfaat Biji Kelor Yang Menakjubkan Untuk Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel