-->

iklan banner

Bocoran Soal Pedagogik Ukg 2015 Dan Kunci Jawaban


SOAL PEDAGOGIK  UKG 2015 SD, SMP, Sekolah Menengan Atas dan SMK



1. Serangkaian kegiatan untuk memutuskan ukuran terhadap suatu tanda-tanda berdasarkan aturan

Baca Juga

tertentu adalah:
a. pengukuranb. pensekoranc. penilaiand. pengujiane. evaluasi

2. Serangkaian kegiatan yang sistematik untuk sanggup menentukan manfaat ataukegunaan suatu obyek atau program adalah:
a. pengukuranb. pensekoranc. penilaiand. pengujiane. evaluasi

3. Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan assesmenhasil berguru peserta didik, kecuali:
a. ditujukan untuk mengukur pencapaian kompetensi;
b. menggunakan pola kriteria berdasarkan pencapaian kompetensi;
c. ditindaklanjuti dengan acara remedial dan pengayaan;
d. dilakukan pengulangan kalau ternyata kesannya banyak yang jelek.
e. dilakukan sesuai dengan kegiatan pembelajaran;

4. Assesmen hasil berguru siswa harus memperhatikan prinsip-prinsipsebagai berikut, kecuali:
a. sahih (valid)b. objektip,c. adil,d. kooperatip;e. terpadu.

5. Kemampuan yang berafiliasi dengan minat dan sikap yang sanggup berbentuktanggung jawab, kerjasama, disiplin, komitmen, percaya diri, jujur, menghargaipendapat orang lain, dan kemampuan mengendalikan diri yakni kemampuan:
a. kognitifb. afektifc. psikomotord. psikologise. kepribadian

6. Di bawah ini merupakan beberapa kelebihan tes lisan, kecuali:
a. sanggup menilai kemampuan dan tingkat pengetahuan yang dimiliki pesertadidik, sikap, serta kepribadiannya lantaran dilakukan secara berhadapanlangsung;
b. bagi peserta didik yang kemampuan berpikirnya relatif lambat seringmengalami kesukaran dalam memahami pernyataan soal,
c. sanggup dilakukan sesuai dengan kesepatakan antara pendidik dan pesertadidik dalam menentukan waktu dan tempat tes.
d. lebih obyektif bagi pendidik dalam menawarkan penilaian.
e. hasil tes sanggup eksklusif diketahui peserta didik;

7. Tes simulasi merupakan salah satu bentuk dari teknik penilaian:
a. lisanb. prakatik/kinerjac. penugasand. portofolioe. penilaian diri

8. Di bawah ini langkah-langkah penting dalam melaksanakan assesmen, kecuali:
a. menentukan tujuan penilaian
b. memperhatikan standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD).
c. menentukan jenis alat ukurnya, yaitu tes atau non-tes atau keduanya
d. menyusun kisi-kisi tes dan pedoman penskorannya
e. menentukan kriteria ketuntasan minimal

9. Di bawah ini beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam penentuanmateri terkait dengan assesmen, kecuali:
a. urgensi, yaitu materi secara teoritis mutlak harus dikuasai oleh peserta didik,
b. kontinuitas, yaitu materi lanjutan yang merupakan pendalaman dari satu ataulebih materi yang sudah dipelajari sebelumnya,
c. relevansi, yaitu materi yang dibutuhkan untuk mempelajari atau memahami,mata pel lain,
d. keterpakaian, yaitu rnateri yang mempunyai nilai terapan tinggi dalam kehidupansehari-hari.
e. ketuntasan, yaitu batas minimal kompetensi yang harus dimiliki peserta didik

10. Di bawah ini merupakan beberapa langkah-langkah dalam penyusunan butirsoal, kecuali:
a. menentukan tujuan tes;b. menentukan kompetensi yang akan diujikan;

c. menentukan materi yg diujikan;d. menentukan batas ketuntasan/lulus.e.menyusun kisi-kisi;


11. Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
a. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
b. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis, dan evaluasi
c. ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
d. ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan, síntesis.
e. ingatan, pemahaman, aplikasi síntesis, analisis, dan evaluasi

12. Norman E. Gronlund dan R.W. de Maclay mengembangkan domainpsicomotor dengan urutan berikut.
a. persepsi, respon terpimpin, mekanisme; kesiapan, respon yang kompleks,organisasi, dan karakterisasi dari nilai.
b. persepsi, kesiapan, respon terpimpin, mekanisme; respon yang kompleks,organisasi, dan karakterisasi dari nilai
c. persepsi, kesiapan, mekanisme, respon terpimpin respon yang kompleks,organisasi, dan karakterisasi dari nilai
d. persepsi, kesiapan, respon yang kompleks respon terpimpin, mekanisme;organisasi, dan karakterisasi dari nilai
e. persepsi, kesiapan, respon terpimpin, mekanisme, respon yang kompleks,organisasi, dan karakterisasi dari nilai

13. Di bawah ini merupakan beberapa keterampilan berpikir yang dikembangkanLinn dan Gronlund, kecuali:a. membandingkanb. Menjelaskanc. korelasi sebab-akibat

d. memberi alasan..e. meringkas


14. Di bawah ini yakni jenis sikap yang dikembangkan Quellmalz, kecuali:
a. ingatanb. analisisc. perbandingand. penyimpulane. mencipta

15. Di bawah ini merupakan kaídah-kaidah dalam penulisan soal dilihat dari materi,kecuali:
a. soal harus sesuai dengan indikator.
b. setiap pertanyaan harus diberikan batasan tanggapan yang diharapkan.
c. materi yang ditanyakan harus sesuai dengan tujuan pengukuran.
d.ada petunjuk yang terang wacana cara mengerjakan soal
e. materi yang ditanyakan harus sesuai dengan jenjang jenis sekolah atautingkat kelas.

16. Penilaian yang meminta peserta didik untuk mendemonstrasikan danmengaplikasikan pengetahuan ke dalam konteks yang sesuai dengan criteria yang ditetapkan adalahpenilaian:
a. projekb. kinerjac. produkd. portofolioe. non tes

17. Validitas dalam penyusunan instrumen non tes yang mengacu berdasarkan teoriadalah:
a. validitas isib. validitas prediktifc. validitas konstruktif       d. Validitas soal. e. Validitas kunci.


18. Pada tingkat mata pelajaran, kompetensi yang harus dicapai berupa:

a. stándar kompetensib. kompetensi dasarc. standar kompetensi kelulusan
d. indikator-indikator kompetensi dasare. kompetensi komperhensip


19. Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yangdiukur, hal tersebut merupakan prinsip penilian yang:

a. adilb. obyektifc. validd. sistematise. akuntabel

20. Penilaian yang sanggup dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur,maupun hasilnya, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang:
a. adilb. obyektifc. validd. sistematise. akuntabel

21. Penilaian yang dilakukan secara berencana dan sedikit demi sedikit dengan mengikutilangkah-langkah yang baku, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang:
a. adilb. obyektifc. validd. sistematise. akuntabel


22. Daftar pertanyaan merupakan bentuk instrumen untuk teknik penilaian:

a. tes tertulisb. tes lisanc. tes kinerjad. jurnale. portofolio

23. Penilaian yang sanggup menilai kemampuan dan tingkat pengetahuan yang dimilikipeserta didik, sikap, serta kepribadiannya lantaran dilakukan secara langsungadalah salah satu kelebihan dari teknik penilaian;
a. tes tertulisb. tes lisanc. tes perbuatand. wawancarae. portofolio

24. Materi yang dibutuhkan untuk mempelajari atau memahami, mata pelajaran lainadalah hal penting dalam menciptakan soal berdasarkan kriteria:

a. SK KD   b. Indikator    c. Tujuan pembelajaran    d. Materi pelajaran   e. Sumber belajar.


25. Materi secara teoritis mutlak harus dikuasai oleh peserta didik adalahpertimbangan untuk dimuat dalam butir-butir soal berdasarkan kriteria:
a. urgensib. kontinuitasc. relevansid. keterpakaiane. kompleksitas

26. Rumusan pokok soal tidak menggunakan ungkapan atau kata yang bermaknatidak niscaya seperti: sebaiknya, umumnya, kadang-kadang, kaidah penulisan soalpilihan ganda berdasarkan kaidah:a. materib. konstruksic. bahasad. etikae. kejelasan

27. Aspek yang dinilai di antaranya meliputi: (1) tahap persiapan: pemilihan dan cara
penggunaan alat, (2) tahap proses/produksi: mekanisme kerja, dan (3) tahapakhir/hasil: kualitas serta estetika hasil karya, langkah-langkah tersebut adalahpenilaian dengan menggunakan teknik penilaian:
a. kinerjab. produkc. penugasand. lisane. wawancara

28. kecenderungan bertindak dalam perubahan tingkah laris melalui latihan danpengalaman dari keadaan tidak tahu menjadi tahu yang sanggup diukur melalui:toleransi, kebersamaan dan gotong-royong, rasa kesetiakawanan, dan kejujuranadalah definisi operasional dari:
a. minat belajarb. sikap belajarc. motivasi berprestasid. stress belajare. acara belajar

29. Hal-hal yang berafiliasi dengan emosi atau perasaan dalam mengukur sikaptermasuk dalam dimensii:
a. kognisi    b. kognitif    c. psikomotorik   d. afektif    e. evaluative.

30. KKM sebagai pola bagi pendidik dalam menilai kompetensi peserta didik sesuai
kompetensi dasar mata pelajaran yang diikuti. Pernyataan tersebut merupakan:
a. fungsi KKMb. prinsip KKMc. tujuan KKMd. manfaat KKMe. kiprah KKM


31.Ada beberapa teknik dan alat penilaian yang sanggup dipakai pendidik sebagaisarana untuk memperoleh informasi wacana keadaan berguru peserta didik.Berikut ini yang merupakan teknik penilaian melalui tes adalah...

a. tes perbuatanb. teknik wawancarac. observasid. tes simulasie. penilaian fortofolio

32. Kisi-kisi yang baik harus memenuhi persyaratan berikut ini, kecuali...
a. kisi-kisi harus sanggup mewakili isi kurikulum
b. menggunakan kata kerja operasional
c. komponennya diuraikan secara terang dan gampang dipahami
d. materi yang hendak ditanyakan sanggup dibuatkan soalnya
e. kisi-kisi harus sanggup mewakili materi yang telah diajarkan secara sempurna danproposional

33. Menggunakan kata kerja operasional yang tepat, serta sanggup dibuatkan soal atau
pengecohnya merupakan syarat dari...
a. penyusunan kisi-kisib. penentuan dan penyebaran soal
c. penulisan soal bentuk penilaian kinerjad. penyusunan butir soal tes tertulis
e. perumusan indikator soal

34. Dalam penulisan soal bentuk uraian hal yg sulit dlm menyusun pedomanpenskorannya.Berdasarkanmetodepenskorannya, bentukuraiandiklasifikasikan menjadi 2 yaitu....
a. uraian objektif dan uraian non-objektifb. komunikatif dan inovatif
c. penilaian dan analisisd. kesimpulan dan pendapate. justifying dan inferring

35. Sebuah penilaian yg meminta peserta didik untuk mendemonstrasikan danmengaplikasikan pengetahuan ke dalam konteks yang sesuai dengan criteria yang ditetapkan adalah:

a. pilihan ganda     b. essay   c. tes kinerja   d. tes wawancara   e. merangkum


36. Minat yakni kesadaran yang timbul bahwa objek tertentu sangat disenangi danmelahirkan perhatian yang tinggi bagi individu terhadap objek tersebut. Pendapatini dikemukakan oleh...
a. Cror and Crowb. Grondlundc. Critesd. Thrustonee. Donal Cambell

37. Bentuk instrumen berupa daftar pertanyaan untuk teknik penilaian berikut iniadalah...
a. tes tertulisb. tes lisanc. tes kinerjad. jurnale. portofolio


38. Yang merupakan tes kreativitas adalah...

a. tes verbalb. tes lisanc. tes analisisd. tes mengelompokkane. evaluasi

39. Tahap persiapan, tahap proses/produksi dan tahap akhir/hasil, merupakanbeberapa aspek yang dinilai dalam penilaian...
a. projectb. productc. performance    e Assessmentd. verbale. kinerja

40. Fungsi KKM yakni sebagai berikut, kecuali....
a.sebagai pola peserta didik dalam menyiapkan diri mengikutipenilaian mata pelajaran
b. merupakan sasaran satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap matapelajaran
c. sebagai kontrak pedagogik guru dgn siswaatau satuan pendidikan dgn masyarakat
d. sanggup dipakai sebagai evaluasiprogram pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.
e. Sebagai materi pengambilan keputusan melaluimetode kualitatif atau kuantitatif.
SOAL LATIHAN SOAL PTK
1. Apabila dikaitkan dengan tanggung jawab guru terhadap pembelajaran, PTK sanggup membantu guru untuk………………….
a.  Mengatasi problem siswa                                 b. Berkolaborasi dengan guru lain
c.  Berkembang secara professional                      d. Memperbaiki pembelajaran
e. Mengembangkan kurikulum
2. Pengertian kelas dalam PTK yakni sekelompok peserta didik yang sedang belajar. Adapun komponen dalam sebuah kelas yang sanggup dikaji melalui penelitian tindakan antara lain sbb, kecuali:a.  siswa            b. guru        c.  Materi pelajaran          d. Hasil pembelajaran       e. Sekolah
3. PTK mempunyai ciri khusus yaitu sikap reflektif berkelanjutan, artinya bahwa…………
  1. PTK lebih menekankan pada proses refleksi terhadap proses dan hasil penelitian guna memperbaiki proses tindakan pada siklus berikutnya
  2. PTK merupakan upaya perbaikan proses dan hasil pembelajaran secara kolaboratif
  3. PTK berangkat dari permasalahan pembelajaran riil sehari-hari yang dialami oleh guru
  4. PTK yakni penelitian eksperimen
  5. PTK merupakan jenis penelitian yang paling sempurna untuk perbaikan proses pembelajaran
4. Berikut ini yang merupakan judul PTK adalah………..
a.    Analisis Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 30 Surakarta dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linier.
b.    Pengaruh pembelajaran Berbasis Konstruktivistik dan Kontekstual pada Materi Pecahan Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas V SD Jaten II.
c.    Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle  pada Materi Trigonometri di SMA
d.   Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan  Masalah Materi Perbandingan pada Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Karanganyar.
e.    Optimalisasi Pembelajaran Matematika  dengan Pengorganisasian Tugas Terstruktur dan Kuis pada Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 12 Solo Tahun Pelajaran 2009 / 2010
5. Berikut ini yang bukan merupakan rumusan problem PTK adalah………..
  1. Apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction  dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran materi pokok permutasi dan kombinasi di Sekolah Menengan Atas ?
  2. Bagaimanakah penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction yang sanggup meningkatkan kualitas proses pembelajaran materi permutasi dan kombinasi di Sekolah Menengan Atas ?
  3. Bagaimanakah pengorganisasian kiprah terstruktur dan kuis yang sanggup mengoptimalisasikan pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama ?
  4. Apakah terdapat imbas pendekatan pembelajaran Open Ended  ditinjau dari kreativitas berguru siswa terhadap prestasi berguru matematika pada materi pokok statistika  di Sekolah Menengan Atas Negeri 5 Cimahi ?
  5. Apakah pengorganisasian kiprah terstruktur dan kuis sanggup mengoptimalisasikan pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama ?
6. Masalah yang diangkat sebagai problem dalam PTK yakni problem tersebut harus feasible  yang artinya………………..
  1. Bersifat nyata terjadi di kelas
  2. Masalah tersebut sanggup dipecahkan
  3. Masalah tersebut perlu  untuk dipecahkan
  4. Mempunyai urgensi jangka pendek yang jelas
  5. Dapat membawa keuntungan
7. Cara pemecahan problem pada PTK ditentukan berdasarkan………..
  1. Perumusan hipotesis
  2. Identifikasi  problem penelitian
  3. Akar penyebab permasalahan dalam bentuk tindakan yang terang dan terarah
  4. Kerangka berpikir penelitian
  5. Rumusan masalah
8. Latar belakang problem merupakan factor penting yang perlu diuraikan pada cuilan pendahuluan. Berikut ini yang bukan merupakan isi dari latar belakang problem yakni :
  1. Identifikasi alternative tindakan untuk pemecahan masalah
  2. Argumentasi logis terhadap pilihan tindakan
  3. Menulis kenyataan yang ada (kondisi awal)
  4. Adanya problem yaitu kesenjangan antara kenyataan dan harapan
  5. Perumusan dan pemecahan problem PTK
9. Empat tahapan utama dalam melaksanakan kegiatan PTK adalah…………….
  1. Perencanaan – refleksi – tindakan – observasi
  2. Perencanaan – tindakan – refleksi – observasi
  3. Perencanaan – tindakan – observasi – refleksi
  4. Perencanaan – observasi – tindakan – refleksi
  5. Perencanaan – observasi – refleksi – interpretasi
10. Tindakan yang dipilih dalam melaksanakan PTK harus applicable, artinya………..
  1. Dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola kelas
  2. Dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami pelajaran
  3. Dapat dan mungkin dilaksanakan
  4. Mudah dan sanggup diukur
  5. Dapat menjanjikan hasil yang optimal
11. Keberhasilan pelaksanaan penelitian tindakan kelas sanggup diukur dari………….
  1. Perkembangan intelegensi siswa yang cukup berarti
  2. Adanya perubahan dalam taktik berguru siswa
  3. Adanya perbaikan dalam pembelajaran
  4. Kemampuan siswa mengatasi masalahnya sendiri
  5. Kemampuan guru dalam mengatasi problem pembelajaran
12. Tahap perencanaan pada siklus I pada dasarnya yakni identifikasi problem dan penetapan alternative pemecahan masalah. Berikut ini yang bukan merupakan kegiatan pada tahap tersebut adalah……………………..
  1. Menyusun dan mengembangkan scenario pembelajaran
  2. Melakukan observasi dengan menggunakan format observasi
  3. Merencanakan pembelajaran yang akan diterapkan dalam PBM
  4. Menyiapkan sumber belajar
  5. Mengembangkan format penilaian dan observasi
13. Pentingnya merumuskan indicator kinerja pada ajuan PTK adalah………….
  1. Sebagai tolok ukur dalam menentukan keberhasilan/keefektifan PTK yg dilakukan
  2. Untuk mengetahui jumlah siklus yang perlu dilakukan pada suatu PTK
  3. Agar PTK yang dilakukan lebih berkualitas
  4. Untuk melihat kinerja guru dalam  mengelola kelas
  5. Untuk melihat kinerja siswa dalam pembelajaran
14. Kerangka berpikir yang baik antara lain memuat……………..
  1. Identifikasi problem PTK
  2. Pertautan antar variable yang diteliti dan teori yang mendasarinya
  3. Analisis problem penelitian
  4. Analisis alternative tindakan
  5. Uraian sistematis wacana kajian teori dan hasil penelitian yang relevan
15. Yang merupakan salah satu kegiatan PTK pada tahap refleksi  antara lain :
  1. Menentukan pokok materi matematika sebagai focus materi PTK
  2. Menyiapkan media pembelajaran
  3. Melakukan penilaian tindakan pada tiap siklus
  4. Menyiapkan sumber belajar
  5. Menerapkan tindakan mengacu pada scenario pembelajaran pada RPP
II. Bagian II (Bentuk Essay)
Agar anda lebih menguasai wacana PTK khususnya Proposal PTK sebagai output dari workshop PTK ini, kerjakanlah latihan berikut sesuai dengan problem pembelajaran matematika yang real anda alami di kelas.
A. Cobalah identifikasi masalah-masalah pembelajaran matematika yang paling merisaukan di kelas anda
  1. …………………………………………..
  2. …………………………………………..
  3. …………………………………………..
  4. …………………………………………..
B. Fokus permasalahan  PTK
  1. …………………………………………..
  2. …………………………………………..
  3. …………………………………………..
  4. …………………………………………..
C. Diagnosis penyebab permasalahan
  1. …………………………………………..
  2. …………………………………………..
  3. …………………………………………..
D. Alternative tindakan perbaikan pembelajaran
  1. …………………………………………..
  2. …………………………………………..
  3. …………………………………………..
E. Susunlah topic PTK dengan mengingat tiga unsur yang harus dipenuhi suatu judul PTK
  • ……………………………………………….
F. Susunlah suatu Proposal PTK yang bersesuaian dengan problem yang anda menetapkan di atas dengan mengacu pada sistematika yang ditentukan !

Untuk No. Soal 1 hingga dengan Soal No. 50 Pilih satu tanggapan yang tepat!
1.  PTK yakni suatu bentuk inkuiri yang didahului dengan refleksi. Pendapat ini dikemukakan oleh......  a. McTaggard    b. Carr dan Kemmis    c. Rochman    d. Schmuck    

2.Maksud dari self-reflective inquiry yakni penelitian yang ....
  a. berbasis refleksi diri    b. metode yang longgar dan fleksibel c. berbasis hasil pengamatan dan renungan guru    d. disesuaikan dengan kemampuan guru

3.Dibandingkan dengan penelitian formal, sampel yang dipakai dalam PTK termasuk jenis ..
     a. sampel representatif    b. sampel purposif    c. sampel acak    d. kasus khusus yaitu kelas  

4.Perbedaan antara PTK dengan non-PTK ditinjau dari hasil selesai yang ingin dicapai terletak pada ....
a.  teori berguru yang akan diuji    b.  temuan penelitian yang sanggup digeneralisasikan
c.  perbaikan hasil berguru siswa   d.  meningkatnya kemampuan guru dlm melaksanakan penelitian

5.Manfaat PTK bagi sekolah yakni untuk meningkatkan ....
a. kemampuan guru di bidang instruksional    b. kualitas pendidikan di sekolah yg bersangkutan
 c. daya penemuan pada diri guru   d. kualitas pembelajaran di kelas

6.Berikut yakni keterbatasan PTK dibandingkan dengan penelitian formal, kecuali ....
  a. peneliti    b. validitas     c.metodologi   d. instrumen
    
7.Berikut yakni beberapa persyaratan yang harus dipenuhi biar PTK sanggup diterapkan secara kelembagaan,kecuali ....
 a. dukungan dari pihak sekolah    b. kebebasan bagi guru utk melaksanakan penelitian di kelasnya 
.c. pengawasan dari Kepala Sekolah    d. kerjasama antar personil sekolah

8. Langkah awal PTK oleh guru dimulai dengan melaksanakan ....
  a. perumusan masalah   b.identifikasi masalah  c. analisis masalah   d.pembatasan problem     

9.Berikut yakni beberapa langkah yang sanggup ditempuh dalam melaksanakan analisis masalah, kecuali ....
    a.   melakukan refleksi      b. mengkaji dokumen-dokumen kelas wacana siswa
    c.   berdiskusi dengan sahabat sejawat    d.  melakukan studi banding ke sekolah lain

10Hipotesis tindakan yakni ....
   a.  tindakan perbaikan yang dirancang pada dikala menyusun Rencana Perbaikan
   b. alternatif tindakan perbaikan yangakan diujicobakan
   c. dugaan-dugaan wacana upaya perbaikan pembelajaran yang rasional dan perlu dibuktikan
   d. kajian teori yang relevan dengan problem penelitian

11. Langkah awal dalam pelaksanaan PTK yakni ....
   a.  menentukan metode pengolahan data yang tepat
   b. mempersiapkan diri sebagai peneliti
   c. menyusun Rencana Pembelajaran (RP) dan Skenario Tindakan (ST)
   d. mempersiapkan sarana pendukung penelitian
    
12Yang dimaksud dengan high inference observation yakni model pengamatan ....
   a.  tanpa penafsiran
   b. langsung sebagaimana yang teramati oleh peneliti
   c. tidak langsung, yaitu tanpa sepengatahuan subyek penelitian (candid camera)
   d. mempersiapkan sarana pendukung      

13. Jika seorang guru ingin mengetahui suasana verbal dan nonverbal sekaligus, maka ia akan melaksanakan observasi ....
   a.  terfokus   b.  sistematis    c. terstruktur    d. terbuka    

14. Berikut yakni teknik-teknik lain di samping observasi yang sanggup dipakai guru sebagai peneliti PTK untuk mengumpulkan data, kecuali ....
     a. wawancara   b. studi dokumen kelas   c.  pengisian kuesioner   d. surve  

15Refleksi paling sempurna dilakukan oleh peneliti PTK pada dikala ....
   a. sebelum menyusun proposal       b.   setelah mengidentifikasi masalah
   c. sesudah menentukan upaya tindakan perbaikan  d. sesudah melaksanakan upaya perbaikan

16Yang dimaksud dengan perencanaan tindak lanjut dalam PTK yakni ....
   a. menyusun tindakan perbaikan untuk siklus berikutnya       b.   merevisi pedoman observasi
   c. menyusun ajuan PTK  d. menentukan metode yang akan digunakan
     
17Apabila sebagian besar siswa Anda malas mengerjakan tugas-tugas yang Anda berikan, maka PTK yang akan Anda laksanakan sanggup dikategorikan ke dalam domein ....
     a.kenakalan sampaumur b. disiplin berguru  c.  interaksi berguru d. prestasi belajar    

18Berikut yakni kriteria yang perlu dipertimbangkan sebelum menentukan apakah problem yang muncul di kelas layak diteliti atau tidak, kecuali ....
a. masalah pembelajaran bersifat spesifik dan bermanfaat bagi siswa   b.   guru bisa untuk melaksanakannya   c. relevan dengan pengembangan sekolah d. mendapat persetujuan dari Kepala Sekolah    

19. Bagi guru yang peneliti PTK, langkah awal dalam analisis problem yakni ....
a.  melakukan kajian dokumen kelas   b. melakukan introspeksi diri wacana pembelajaran di kelas   c. mewawancarai siswa    d. memberikan tes formatif

20. Hasil analisis problem memperlihatkan (1) siswa tidak mau menyimak pelajaran, (2) guru menjelaskan dengan metode ceramah, dan (3) siswa tidak ada yang bertanya kepada guru wacana pelajaran yang barusaja disajikan guru. Permasalahan yang sanggup dirumuskan berdasarkan kasus-kasus di atas adalah, kecuali....
a. metode apa yang sebaiknya dipakai biar siswa mau menyimak pelajaran?
b. strategi apa yang sebaiknya dipakai biar siswa mau menyimak?
c. bagaimana cara saya menuntaskan problem ini?
d. bagaimana cara saya memotivasi siswa biar mau mau bertanya?   

21. Berikut yakni beberapa alternatif cara mengembangkan alternatif tindakan, kecuali ....
a.  mengkaji teori-teori pembelajaran yg relevan  b. mempelajari hasil penelitian yg relevan
c.  melakukan refleksi atas pengalaman mengajar selama ini  d. mengkopi hasil PTK rekan sejawat     

22Cakupan Rencana Pembelajaran dan Rencana Perbaikan Pembelajaran nyaris sama, kecuali pada butir ....
 a. tujuan perbaikan   b.  TIU    c. TIK     d.   Kegiatan pembelajaran  

23. Agar bisa mengembangkan RPP dengan efektif dan menawarkan hasil yang signifikan, hal yang paling penting dilakukan sebelum menawarkan tindakan perbaikan yakni ....
  a.mempelajari ajuan PTK   b.  melakukan simulasi perbaikan
  c. berdiskusi dengan rekan sejawat     d.    memvalidasi RPP  

24.Yang dimaksud dengan ajuan PTK pada dasarnya yakni ....
  a. penelitian yangdilakukan guru di sekolah
  b.prosedur penelitian yangharus dipatuhi guru pada dikala melaksanakan penelitian
  c. rencana penelitian yang diusulkan guru untuk memperbaiki pembelajaran dikelasnya
  d.rencana kegiatan penelitian yang diusulkan guru     

25Kolaborasi dalam PTK dimaksudkan untuk membangun....
   a.relasi antar-guru kelas   b. kerjasama antar pihak-pihak terkait
   c. persamaan persepsi         d. citra guru sebagai peneliti    

26Tindakan perbaikan dilanjutkan ke Siklus 2 apabila Siklus 1 ....
   a.proses pelaksanaan tindakan 1 belum selesai dilakukan     b. sudah berhasil
   c.belum memperlihatkan perbaikan    d. tidak memperlihatkan dampak yang signifikan    

27Hasil pengamatan yang dilakukan Pak Siswa di kelasnya berbentuk catatan-catatan wacana sikap siswa dalam membaca sebuah teks di depan kelas. Hal ini dilakukan setelah Pak Siswo menjelaskan bagaimana cara membaca teks yang baik. Setiap anak diberi waktu 2 menit untuk membaca dan Pak Siswo mencatat sikap siswa, menyerupai teknik membaca, sikap badan, ucapan/ejaan dan lain-lain. Data yang dikumpulkan Pak Siswo yakni data ....
   a. ordinal    b. kuantitatif     c. kualitatif    d. numerik 

28.Berikut yakni beberapa cara penyajian hasil analisis data hasil PTK, kecuali ....
 a.penyajian seluruh hasil pengukuran yang dilakukan selama penelitian   b.  grafik histogram
 c. narasi wacana sikap siswa   d. matriks-matriks sesuai variabel-variabel yang dipakai     

29.Kesimpulan hasil PTK sebaiknya merupakan penjelasan-penjelasan yangdisusun sesuai dengan ....
a. urutan identifikasi masalah  b. pertanyaan penelitian  c. temuan penelitian d.hasil analisis data

30.Mengapa PTK harus dilakukan per daur? Untuk ....
   a.  mempertinggi akurasi  b.memperoleh hasil yang valid
c.memperoleh perbaikan yg optimal  d.  memperoleh presisi yg tinggi sesuai tujuan penelitian

31. Secara spesifik laporan PTK memuat wacana ....
a.temuan penelitian b.temuan penelitian c. rekomendasi  d. saran 2 perbaikan pembelajaran    

32.Judul PTK harus menggambarkan ....
a.  upaya perbaikan pembelajaran   b .  masalah pembelajaran   c. problem pendidikan  d. perbaikan sistem persekolahan    

33.Sistematika PTK sebagaimana ditetapkan Ditjen DIKTI (2004) harus memuat ajaib penelitian. Berikutrambu-rambu penulisan ajaib penelitian, kecuali ....
a.difokuskan pada saripasi penelitian    b. menggambarkan aspek terpenting dari temuan penelitian  c. disajikan secararuntut, singkatdan padat   d. merupakan ringkasan penelitian      

34.Dalam menyusun laporan PTK, problem penelitian ditulis/disajikan di cuilan ....
a.  identifikasi masalah    b. perumusan masalah    c. pendahuluan  d.Kesimpulan      

35.Karena mau cepat selesai, pada dikala penelitiannya masih harus dilanjutkan ke Daur 3, Pak Irsan sudah menghentikannya hanya hingga Daur 2. Ia kemudian menyusun laporan PTK dan melaporkan bahwa tindakan perbaikannya sudah memperlihatkan hasil positif. Sesuai sopan santun penulisan laporan, Pak Irsan telah mengabaikan ....
a. estetika   b. logika   c. kejujuran   d.  ke-konsistenan (keajegan)      

36.Tulisan wacana sebuah topik biasanya disusun berdasarkan paragraf-paragraf. yang dimaksud dengan paragraf dalam laporan PTK yakni .....
akumpulan gagasan yang ditulis peneliti    b. ungkapan penulis yangmemiliki kesatuan ilham dan pikiran    c. kumpulan kalimat kuranglebihsebanyak setengah halaman yangdimulai dengan barisbaru   d. buah pikiran parapakar yang dikutip penulis

37.Berikut yakni aspek dibahas dalam cuilan kajian pustaka. Salah satu hal yang tidak sesuai sebagai aspek kajian pustaka yakni ....
a.  teori-teori yang eleven   b. kerangka berpikir   c. metodologi   d. pertanyaan penelitian atau hipotesis    

38.Diseminasi laporan PTK dilakukan untuk tujuan ....
a. proses sosialisasi laporan ilmiah  b.  penyebarluasan hasil penelitian    c. publikasi temuan ilmiah   d.   dimanfaatkan orang banyak terutama guru    
39. Manfaat diseminasi laporan PTK bagi sekolah yakni ....
a.  dihasilkannya laporan ilmiah bagi sekolah   b. dihasilkannya metode perbaikan pembelajaran di kelas   c. meningkatnya dapat dipercaya sekolah   d.  meningkatnya intelektualitas staf guru     

40.  Karena mau cepat selesai maka pada dikala penelitiannya masih harus dilanjutkan ke daur 3 pak yusril sudah menghentikannya hingga daur 2. ia kemudian menyusun laporan PTK dan melaporkan bahwa tindakan perbaikannya sudah memperlihatkan hasil positif. sesuai keetika penulisan laporan pak Yusri telah mengabaikan unsur ....
a. estetika    b.  logika     c. kejujuran    d.   keajegan    

41.Dari hasil analisis problem yang dilakukan di kelasnya, Pak Bambang melihat bahwa dalam 3 kali ulangan aritmatika yang diberikan, rata-rata hanya 2 orang dari 30 siswanya yangmendapatnilai di atas 60. Sebagian besarsiswa tidak bisa menuntaskan soal-soal wacana perkalian. Selain itu, pada setiap pelajaran matematika, suasana kelas menjadi tegang lantaran isiwa merasa matematika sebagai pelajaran kematian alias sulit. Sehubungan dengan problem tersebut, Pak Bambang kemudian merumuskan problem pembelajaran sebagai berikut: "Metode apa yang sanggup saya gunakan biar siswa sanggup mengerjakan soal-soal wacana perkalian serta dalam suasana yang lebih rileks?". Selanjutnya, permasalahan tersebut sanggup dirinci secara operasional sebagai berikut:
  1. Apakah pemberian kiprah tugas atau PR akan sanggup meningkatkan hasil berguru siswa?
  2. Bagaimana bentuk materi kiprah yang sanggup membangkitkan motivasi siswa terhadap pelajaran aritmatika?
  3. Apakah saya perlu berkonsultasi dengan Kepala Sekolah?
       
42. Salah satu prinsip observasi berdasarkan Hopkins yakni perencanaan bersama. Perencanaan bersama yang bertujuan untuk membangun ....
(1) kesamaan persepsi antara guru dan sahabat sejawat
(2) membangun rasa saling percaya antar pihak-pihak yang terlibat
(3) membangun aturan main antar pihak-pihak yang terlibat
      
43.Dalam upaya mencapai tujuan dan sasaran observasi, maka peneliti PTK hendaknya mengarahkan sasaran pokok dan fokus utama selama proses observasi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:
  1. apakah sudah terjadi perubahan di kelas saya?
  2. apakah tindakan perbaikan sudah berhasil?
  3. apakah dampak dari tindakan perbaikan yang sudah saya berikan?
       
44. Observasi yang dilakukan oleh pengamat luar (teman sejawat) dalam PTK difokuskan pada ..
  1. perilaku mengajar guru dalam melaksanakan tindakan perbaikan
  2. suasana dan sikap berguru siswa selama berlangsung tindakan perbaikan
  3. intensitas catatan penelitian yang dibuat/ditulis oleh pengamat
       
45. Hasil analisis data sanggup dijadikan materi untuk ....
  1. membuat kesimpulan dan tindak lanjut penelitian
  2. melakukan refleksi untuk menciptakan perencanaan tindak lanjut
  3. mengidentifikasi temuan penelitian
       
46. Pengumpulan dalam PTK melalui cara observasi terutama ditujukan untuk ....
  1. memperoleh masukan wacana sikap berguru siswa
  2. mempelajari dampak tindakan perbaikan yang diberikan
  3. mempelajari dokumen hasil berguru
47. Dalam tahapan pelaksanaan tindakan perbaikan di kelas, sebagai peneliti guru akan ....
  1. mengidentifikasi dampak tindakan perbaikan yang diberikan dengan mengamati sikap siswa
  2. mengidentifikasi penyebab problem pembelajaran melalui wawancara dengan siswa
  3. mengajar sebagaimana biasa sesuai jadwal berguru siswa
       
48. Refleksi pada dasarnya yakni .....
  1. mempertanyakan kepada diri sendiri mengapa problem ini hingga terjadi dikelasnya
  2. merencanakan banyak sekali alternatif tindakan yang mungkin sanggup dilakukan
  3. merenungkan dampak dari tindakan-tindakan yang sudah dilakukan selama ini
       
49.. Yang dimaksud dengan interpretasi hasil analisis data yakni ....
  1. menemukan makna dari hasil analisis datauntuk menjawab pertanyaan penelitian.
  2. menterjemahkan hasil analisis data dan menghubungkannya dengan problem penelitian.
  3. mengolah data hasil penelitian dengan menggunakan analisis statistik.
       
50. Saran tindak lanjut hasil PTK yakni ....
  1. saran-saran perbaikan ditujukan untuk banyak sekali pihak
  2. alternatif perbaikan dibentuk sesuai kesimpulan penelitian
  3. usulan perbaikan sanggup dipertimbangkan melalui refleksi
       
Butir Soal dan Kunci Jawaban

1.      Pak Ali ingin melihat keseriusan siswanya dalam mata pelajaran IPS dengan cara mendiskusikan suatu topik kasus kesenjangan sosial di masyarakat. Kegiatan diskusi tersebut menciptakan Riri semangat lantaran dilingkungannya banyak orang miskin, dan yang beliau lihat ada balita kekurangan gizi. Pada contoh tersebut Pak Ali sedang menerapkan prinsip berguru …

A.  perhatian
B.  motivasi
C.  aktivitas
D.  perbedaan individual
Jawab :A.  Benar, lantaran perhatian sanggup memusatkan pikiran dan perasaan


2.      Berbagai cara kerja yang bersifat relatif umum yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran disebut ….

A.  metode mengajar
B.  strategi pembelajaran
C.  teknik pembelajaran
D.  pendekatan pembelajaran
Jawab : A.  Benar, lantaran sesuai dengan definisinya


3.      Proses internal yg dipakai seseorang untk menentukan dan mengubah cara-cara menawarkan perhatian, belajar, mengingat, dan berpikir sebagai suatu proses kontrol pada komponen tujuan pembelajaran berdasarkan Gagne, Briggs, dan Wagner termasuk dalam kemampuan …

A.  keterampilan intelektualB.  strategi kognitifC.  informasi verbalD.  sikap
Jawab :B.  Benar, lantaran sangat mempengaruhi keterampilan intelektual seseorang


4.      Strategi pembelajaran yang didasarkan atas kegiatan siswa sebagai pengolah pesan dan guru sebagai fasilitator termasuk taktik pembelajaran ….

A.  ekspositoriB.  deduktifC.  heuristic   D.  induktif
Jawab :C.  Benar, lantaran siswa yang aktif mencari dan mengolah materi pelajaran

5                  Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam berguru yakni lingkungan keluarga, yaitu ….

A.  teman di rumah
B.  pembantu yang suka mengajarkan siswa
C.  perhatian orang renta terhadap berguru siswa
D.  paman yang adakala bisa mengajarkan siswa
Jawab :C.  Benar, lantaran perhatian orang renta sangat memperngaruhi keberhasilan anak

6.  Seorang anak dipandang mempunyai kecerdasan intrapribadi yang tinggi apabila ....
A.  mampu mempersepsi dunia ruang visual secara akurat
B.  mampu merespons suasana hati
C.  mampu memotivasi orang lain
D.  mampu mengimajinasikan keinginan dan gagasan diri sendiri
Jawab :D.  Benar, lantaran keinginan dan gagasan diri sendiri merupakan salah satu bentuk kecerdasan intrapribadi

7.  Pembelajaran faktual yang berkenaan dengan fakta dan kejadian di sekitar lingkungan siswa lebih sesuai diberikan pada siswa kelas …
A.  5B.  6C.  3D.  4
Jawab :C.  Benar, lantaran kelas 3 memang cocok untuk pembelajaran konkret

8.  Penerapan membelajarkan konsep dan generalisasi pada pembelajaran kelas tinggi sanggup dilaksanakan secara …
A.  logis dan sistematik
B.  konkret dan interaktif
C.  produktif dan inisiatif
D.  formal dan informal
Jawab :A.  Benar, lantaran esensi proses pembelajaran kelas tinggi yakni suatu pembelajaran yang dilaksanakan secara logis dan sistematik untuk membelajarkan konsep dan generalisasi

9.  Pengalaman merupakan proses berguru yang paling baik ketika siswa pernah memperoleh label untuk sesuatu yang dipelajari. Pengalaman tersebut merupakan prinsip berguru …
A.  kolaboratifB.  kuantumC.  kooperatifD.  tematik
Jawab :B.  Benar, lantaran merupakan salah satu prinsip utama dari prinsip-prinsip kuantum

10. Strategi untuk mengingat dan mengasimilasi informasi merupakan salah satu rumpun model pemerosesan informasi ....
A.  sinetikB.  mnemonic    C.  berpikir induktifD.  inkuiri ilmiah
Jawab :B.  Benar, lantaran siswa sanggup dengan gampang menyerap informasi

11. Memberitahukan tujuan yang diharapkan atau garis besar materi yang akan dipelajari dirancang untuk menentukan kegiatan awal pembelajaran dalam hal …
A.  menimbulkan motivasi siswaB.  membuat kaitanC.  melaksanakan tes awal
D.  memberi acuan
Jawab :D.  Benar, lantaran merupakan salah satu kegiatan dari memberi acuan

12. Dalam pembelajaran individual hendaknya guru harus memperhatikan prinsip ....
A.  sistematisB.  kerjasamaC.  belajar tuntasD.  perhatian
Jawab :C.  Benar, lantaran sanggup membantu proses pembelajaran yang mengarah pada optimalisasi kemampuan siswa secara individu

13. Yang harus dilakukan guru dalam kegiatan selesai pembelajaran yakni …
A.  memberikan kiprah dan latihan-latihan
B.  meninjau kembali penguasaan siswa
C.  memberikan motivasi
D.  memberikan bimbingan belajar
Jawab :B.  Benar, lantaran meninjau kembali penguasaan siswa merupakan salah satu kegiatan selesai pembelajaran

14. Pada karakteristik materi pelajaran/materi pelajaran, substansi isi materi pelajaran yang berafiliasi dengan aturan, dalil, hukum, ketentuan, dan mekanisme yang harus ditempuh merupakan termasuk dalam aspek …
A.  konsepB.  faktaC.  nilaiD.  prinsip
Jawab :D.  Benar, lantaran aspek prinsip merupakan substansi isi materi pelajaran yang berafiliasi dengan aturan, dalil, hukum, ketentuan, dan mekanisme yang harus ditempuh


15. Kemampuan dasar berkomunikasi dan berperan merupakan kemampuan siswa sebagai prasyarat untuk mengoptimalkan metode ....

A.  diskusiB.  demonstrasiC.  simulasiD.  eksperimen
Jawab :C.  Benar, lantaran siswa bisa berkomunikasi dan berperan

16. Pada mata pelajaran IPA, Pak Ali memberi kiprah kepada siswanya untuk membawa lampu senter, baterai, kabel, cutter, isolasi untuk menciptakan penerangan ruangan melalui percobaan serta mengamati secara proses. Contoh di atas mengisyaratkan bahwa Pak Ali sedang memberi pengalaman kepada siswanya dengan menggunakan metode …
A.  demonstrasiB.  eksperimenC.  diskusiD.  simulasi
Jawab :B.  Benar, lantaran metode eksperimen yakni materi yang disajikan atau dibahas melalui percobaan serta diamati secara proses

17. Salah satu fungsi media pembelajaran yakni ….
A.  sebagai alat hiburan
B.  peralatan dan pesan yang disampaikan dalam satu kesatuan yang utuh
C.  membuat faktual konsep-konsep yang abstrak
D.  meningkatkan kualitas proses berguru mengajar
Jawab :D.  Benar, lantaran merupakan salah satu fungsi media pembelajaran

18. Salah satu faktor dalam menentukan media pembelajaran yang sempurna yakni objektivitas, maksudnya pemilihan media…
A.  jangan didasari oleh kesenangan pribadi semata
B.  sudah memenuhi syarat-syarat teknis
C.  disesuaikan dengan planning pembelajaran
D.  melihat situasi dan kondisi tempat dan ruangan belajar
Jawab :A.  Benar, lantaran faktor objektivitas harus terhindar dari pemilihan media yang didasari oleh kesenangan pribadi
19. Dalam mempelajari kebudayaan dan kesenian daerah, pemilihan lingkungan yang sempurna sebagai sumber berguru yakni ....
A.  TMIIB.  Karang TarunaC.  MuseumD.  Kantor Gubernur
Jawab :A.  Benar, lantaran TMII merupakan lingkungan sosial yang berkenaan dengan interaksi siswa dalam kehidupan bermasyarakat

20. Mengungkapkan kembali pertanyaan dengan cara lain yang lebih gampang dan sederhana sehingga sanggup dipahami oleh siswa (memparafrase) dalam keterampilan bertanya dasar merupakan komponen …
A.  pengungkapan pertanyaan secara terang dan singkat
B.  pemberian tuntunan
C.  penyebaran
D.  pemberian acuan
Jawab :B.  Benar, lantaran pertanyaan yang tidak sanggup dijawab siswa guru dihentikan tinggal diam, guru harus memberi tuntunan yang memungkinkan siswa bisa membri tanggapan yang diharapkan

21. Menghindari atau mengurangi pertanyaan yang hanya dijawab oleh seorang siswa, sebagai gantinya siswa diminta mendiskusikan tanggapan pertanyaan tersebut dalam pasangan atau kelompok kecil. Cara tersebut merupakan salah satu cara dalam keterampilan bertanya lanjut pada komponen …
A.  pengubahan tuntutan kognitif dalam menjawab pertanyaan
B.  pengaturan urutan pertanyaan
C.  penggunaan pertanyaan pelacak
D.  peningkatan terjadinya interaksi
Jawab :D.  Benar, lantaran merupakan salah satu cara dalam peningkatan terjadinya interaksi

22. Dalam kegiatan pembelajaran, tujuan menawarkan penguatan terdiri dari, kecuali ….
A.  meningkatkan perhatian siswa
B.  memudahkan siswa belajar
C.  menumbuhkan rasa percaya diri pada siswa
D.  mendorong munculnya sikap yang negatif
Jawab :D.  Salah, lantaran tujuan memberi penguatan mendorong munculnya sikap yg positif

23. Pak Ali menawarkan pertanyaan kepada salah seorang siswanya bagaimana proses terjadinya hujan, siswa tersebut menjawab dengan sempurna sehingga Pak Ali puas. Lalu pak Ali mengacungkan jempol kepada siswa yang menjawab dengan tepat. Tindakan pak Ali tersebut merupakan memberi penguatan non verbal dengan cara …
A.  mimik dan gerakan badan
B.  gerak mendekati
C.  sentuhan
D.  kegiatan yang menyenangkan
Jawab :A.  Benar, lantaran mengacungkan jempol menunjukan kepuasan guru sebagai penguatan dengan cara gerakan badan

24. Dalam kegiatan pembelajaran, tujuan mengadakan variasi terdiri dari, kecuali ….
A.  melayani gaya berguru siswa yang beraneka ragam
B.  meningkatkan keaktifan atau keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran
C.  memelihara iklim kelas yang kondusif
D.  menghilangkan kebosanan siswa dalam belajar
Jawab :C.  Salah, lantaran merupakan salah satu tujuan memberi penguatan


25. Pak Ali mengajukan pertanyaan kepada salah seorang siswa yang sedang sibuk sendiri, setelah berdiam sejenak sambil memandang siswa yang sibuk sendiri pak Ali kemudian menunjuk siswa yang sibuk sendiri. Contoh tersebut dilakukan pak Ali untuk mengadakan variasi dalam bentuk …

A.  variasi suara
B.  pemusatan perhatian
C.  kesenyapan
D.  mengadakan kontak pandang
Jawab :C.  Benar, lantaran variasi dari keadaan ada bunyi ke kesenyapan yang tiba-tiba akan memberi imbas kepada siswa

26. Kegiatan menjelaskan pada keterampilan menjelaskan bertujuan untuk ....
A.  meningkatkan keterlibatan siswa dalam memecahkan banyak sekali problem melalui cara berfikir yang lebih sistematis
B.  membimbing siswa menjawab pertanyaan “apa” yang muncul dalam proses pembelajaran
C.  mengatasi kekurangan banyak sekali sumber belajar
D.  memperkirakan tingkat pemahaman siswa terhadap klarifikasi yang diberikan guru
Jawab :A.  Benar, lantaran merupakan salah satu tujuan keterampilan menjelaskan

27. Pada mata pelajaran Matematika, Pak Ali memberi kiprah kepada siswanya untuk mengerjakan soal menghitung luas suatu bidang. Lalu Pak Ali menawarkan rumus wacana menghitung luas suatu bidang. Dalam contoh tersebut Pak Ali sedang menawarkan keterampilan merencanakan klarifikasi dalam bentuk …
A.  menganalisis karakteristik peserta pesan
B.  merencanakan isi pesan
C.  pemberian tekanan
D.  penggunaan contoh dan ilustrasi
Jawab :B.  Benar, lantaran merupakan salah satu merencanakan isi pesan dalam hal menelaah hukum, rumus, dan prinsip atau generalisasi

28. Tujuan keterampilan membuka pelajaran yakni menawarkan gambaran yang terang wacana batas-batas kiprah yang harus dikerjakan siswa, sedangkan tujuan keterampilan menutup pelajaran yakni ....
A.  menyiapkan mental siswa untuk memasuki kegiatan inti
B.  mengetahui nilai siswa dalam kegiatan pembelajaran
C.  mengetahui keberhasilan siswa dan guru dalam kegiatan pembelajaran
D.  mengetahui keberhasilan guru dalam menawarkan evaluasi
Jawab :C.  Benar, lantaran merupakan salah satu tujuan keterampilan menutup pelajaran

29. Pada mata pelajaran Sains, Pak Ali membawa alat bantu mengajar berupa model “Rangka tubuh manusia”. Pada kegiatan tersebut Pak Ali sudah menerapkan keterampilan membuka pelajaran dengan cara …
A.  menimbulkan motivasi
B.  menarik perhatian
C.  memberi acuan
D.  membuat kaitan
Jawab :B.  Benar, lantaran menggunakan alat bantu mengajar merupakan salah satu cara menarik perhataian pada komponen membuka pelajaran

30. Pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Ibu Ani membacakan kisah wacana “Udi Berusaha Jujur”. Pada selesai kisah Ibu Ani memberi kiprah untuk menciptakan ringkasan dari kisah tersebut. Ringkasan kisah tersebut merupakan penerapan komponen keterampilan menutup pelajaran dalam hal …
A.  menilaiB.  memberi tindak lanjutC.  meninjau kembali

D.  membuat kaitan

Jawab :C.  Benar, lantaran dalam meninjau kembali ada dua cara, yaitu; merangkum inti pelajaran dan menciptakan ringkasan pada keterampilan menutup pelajaran

31. Kegiatan yang dilakukan guru dalam membuka dan menutup pelajaran harus relevan dengan materi yang akan dibahas dan sesuai dengan karakteristik siswa sehingga bisa mencapai tujuan yang diharapkan. Kegiatan yang dilakukan guru tersebut sesuai dengan prinsip ….
A.  berurutan
B.  berkesinambungan
C.  keterkaitan
D.  bermakna
Jawab :D.  Benar, lantaran sesuai dengan definisi prinsip bermakna

32. Dalam sebuah diskusi Pak Ali melihat Budi terlalu aktif dengan mendominasi seluruh pertanyaan dan pandangannya wacana terjadinya banjir. Dengan bijaksana kemudian Pak Ali mencegah monopoli yang dilakukan Budi. Pencegahan yang dilakukan Pak Ali sesuai dengan keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil pada komponen ....
A.  memperjelas masalah
B.  menganalisis pandangan
C.  menyebarkan kesempatan berpartisipasi
D.  menguraikan pendapat
Jawab :C.  Benar, lantaran merupakan salah satu cara berbagi kesempatan berpartisipasi

33. Pada mata pelajaran KTK terjadi kegaduhan dengan adanya gangguan di luar kelas, melihat hal ini kemudian Pak Ali melihat setiap siswa dengan seksama untuk melaksanakan interaksi dengan seluruh siswanya, baik secara individu maupun secara kelompok. Dalam keterampilan mengelola kelas, hal yang dilakukan Pak Ali yakni ....
A.  menunjukkan sikap tanggap
B.  membagi perhatian
C.  memberi penguatan
D.  memberikan petunjuk yang jelas
Jawab :A.  Benar,  karena sikap tanggap guru sanggup ditunjukkan dengan cara memandang secara seksama

34. Dalam keterampilan mengelola kelas yang harus diperhatikan guru biar efektif yakni ....
A.  menekankan hal-hal yang positif
B.  tindakan dan kata-kata guru sanggup menggugah siswa untuk belajar
C.  penggunaan variasi dalam mengajar
D.  mengulangi klarifikasi yang tidak perlu
Jawab :D.  Salah, lantaran merupakan hal-hal yang harus dihindari oleh guru

35. Sebelum memberi kiprah Pak Ali terlebih dahulu menjelaskan kiprah yang harus dikerjakan. Hal ini merupakan sikap tanggap Pak Ali terhadap proses kerja siswa pada awal dimulainya kiprah tersebut, dengan cara mendekati setiap siswa yang berguru secara perorangan, apakah semua sudah berjalan lancar dan memadai. Kegiatan yang dilakukan Pak Ali merupakan komponen keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan dalam hal ....
A.  mengadakan pendekatan secara pribadi
B.  membimbing dan memudahkan belajar
C.  mengorganisasikan kegiatan pembelajaran
D.  merencanakan dan melaksanakan kegiatan pembelajaran
Jawab :B.  Benar, lantaran mengembangkan supervisi proses awal merupakan salah satu komponen dalam keterampilan membimbing dan memudahkan belajar

36.  Fungsi akselerasi dalam kegiatan remedial yakni ....
A.  guru sanggup mengatasi kesulitan siswa yang berkaitan dengan aspek sosial-pribadi
B.  guru sanggup mempercepat penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran
C.  kegiatan remedial diubahsuaikan dengan kesulitan dan karakteristik siswa
D.  memperbaiki cara mengajar dan cara belajar
Jawab :B.  Benar, lantaran sesuai dengan definisi fungsi akselerasi

37. Dalam suatu diskusi, ada satu kelompok yang mengalami kesulitan pada konsep dasar wacana terjadinya banjir. Lalu guru menjelaskan kembali terjadinya banjir. Kegiatan yang dilaksanakan guru tersebut merupakan bentuk kegiatan remedial ....
A.  tutorial
B.  sumber yang relevan
C.  kegiatan kelompok
D.  mengajarkan kembali
Jawab :A.  Benar, lantaran tutorial merupakan kegiatan guru meminta dukungan kepada siswa yang pandai

38. Adi dalam kegiatan pengayaan membantu menjelaskan kepada siswa lain dalam memahami proses terjadinya gerhana bulan. Jenis kegiatan pengayaan yang dilakukan melalui Adi terhadap teman-temannya yakni mengembangkan ....
A.  media pembelajaran
B.  latihan
C.  sumber pembelajaran
D.  tutor sebaya
Jawab :D.  Benar, lantaran tutor sebaya membantu siswa lain memahami materi pelajaran dalam menambah wawasan pengetahuan siswa

39.  Dalam melaksanakan kegiatan pengayaan, berdasarkan Arikunto faktor yang harus diperhatikan guru pada siswa yakni ....
A.  kegiatan di luar kelas lebih disukai oleh siswa
B.  kegiatan yang disukai siswa hanya di belakang meja
C.  kegiatan yang sifatnya penjelasan
D.  kegiatan yang menuntut waktu lama
Jawab :A.  Benar, lantaran kegiatan di luar kelas lebih disukai oleh siswa daripada kegiatan di dalam kelas
40. Pak Ali memberi kiprah kepada siswa kelas V untuk meringkas kisah wacana terjadinya gerhana. Setelah ringkasan dikumpulkan, Pak Ali menilik ringkasan Budi, kesannya sangat bagus, dan memuji ringkasan Budi. Ketika menilik ringkasan Adi, Pak Ali merasa ringkasan Adi kurang baik dan tidak lengkap. Lalu Pak Ali meminta Adi untuk memperbaiki ringkasannya. Kegiatan Pak Ali dalam memberi kiprah kepada Adi merupakan kegiatan pengelolaan kelas didasarkan pada pendekatan ....
A.  iklim sosio-ekonomi
B.  iklim sosio-emosional
C.  proses kelompok
D.  modifikasi tingkah laku
Jawab :
D.  Benar, lantaran contoh kegiatan tersebut membantu siswa mempelajari tingkah laris yang diharapkan melalui penerapan prinsip- prinsip yang berasal dari teori penguatan

41. Di tengah-tengah inti pembelajaran, Pak Ali memberi pertanyaan “Bagaimana proses terjadinya hujan” kepada Susi, sejenak Susi berpikir, kemudian sahabat yang lain mencemoohkan biar Susi cepat menjawab. Padahal pertanyaan itu sering dialami oleh Susi. Lalu Pak Ali memberi rambu-rambu wacana terjadinya hujan. Contoh tersebut merupakan problem ....
A.  pengelolaan kelas
B.  pengelolaan pembelajaran
C.  mengembangkan latihan
D.  mengembangkan media
Jawab :B.  Benar, lantaran dalam pengelolaan pembelajaran ketidaktahuan menjadi masalah

42. Pada mata pelajaran IPS, Pak Ali ingin para siswa untuk berdiskusi secara kelompok, sebelum dimulai siswa diharuskan menata kursi setengah bulat biar seluruh peserta diskusi sanggup saling memandang, dan semua klarifikasi Pak Ali sebelum diskusi dimulai sanggup didengar dengan baik oleh seluruh siswa. Kegiatan penataan lingkungan fisik kelas tersebut sesuai dengan prinsip ....
A.  visibility
B.  accessibility
C.  flexibility
D.  comfortableness
Jawab :C.  Benar, lantaran flexibility artinya barang-barang yang ada di dalam kelas gampang ditata dan dipindah-pindahkan

43. Pak Ali memberi kiprah kepada siswa kelas VI untuk mendiskusikan problem terjadinya kesenjangan sosial di masyarakat. Lalu Pak Ali membagi 5 kelompok dengan jumlah siswa 6 orang per kelompok. Pada dikala memanas Ani merasa lebih pandai kemudian mendominasi kegiatan diskusi tersebut. Adi kemudian mengambil alih keadaan tersebut dengan menawarkan kesempatan yang lain untuk memberi masukan. Pengambilalihan oleh Adi merupakan imbas psiko-sosial antarsiswa di kelas dalam hal ....
A.  norma
B.  kebersamaan
C.  persahabatan
D.  kepemimpinan
Jawab :D.  Benar,karena pengambilalihan yg dilakukan Adi merupakan kiprah seorang pemimpin

44. Pada penerimaan siswa gres di SD Darma Karya, salah satu yang harus diperhatikan yakni mengambil formulir pendaftaran, dengan peminat yang banyak, kemudian para orang renta mengantri dengan sabar pengambilan formulir tersebut. Contoh proses penerimaan siswa gres tersebut memperlihatkan suatu ....
A.  disiplin
B.  kesabaran
C.  kebudayaan
D.  kebiasaan
Jawab :A.  Benar, lantaran disiplin merupakan suatu aturan dan ketaatan

45. Pada pelajaran IPS di kelas V, Budi dan Hasan yang duduk di belakang berbicara berdua hingga mengganggu proses pembelajaran. Untuk menangani kejadian tersebut kemudian Pak Ali memindahkan Hasan duduk di paling depan. Tindakan Pak Ali tersebut telah melaksanakan taktik penanganan disiplin kelas dalam hal ....
A.  menangani gangguan ringan
B.  menangani prilaku agresif
C.  menangani gangguan berat
D.  menangani gangguan sedang
Jawab :B.  Benar, lantaran termasuk dalamperilaku agresif



46. Budi sebagai ketua kelas diberikan kiprah oleh gurunya untuk menciptakan aturan kelas. Salah satunya yakni siswa diharuskan sebelum pelajaran dimulai menciptakan kisah sesuai dengan topik yang akan dipelajari. Tugas yang diberikan guru tersebut merupakan penanaman disiplin kelas dalam hal ....

A.  aturan secara fleksibel
B.  meningkatkan partisipasi siswa
C.  menyesuaikan aturan sesuai dengan tingkat perkembangan anak
D.  melibatkan guru
Jawab :B.  Benar, lantaran siswa eksklusif dilibatkan untuk menanamkan disiplin kelas

47. Arah dari suatu acara pembelajaran berupa standar kompetensi, hal tersebut merupakan komponen perencanaan pembelajaran dalam hal ....
A.  tujuan
B.  materi
C.  strategi
D.  penilaian
Jawab :A.  Benar, lantaran merupakan komponen tujuan

48. Dalam penyusunan silabus prinsip yang harus diperhatikan yakni ....
A.  bersifat fleksibel
B.  berdasarkan kondisi siswa
C.  memenuhi kebenaran ilmiah
D.  berdasarkan kurikulum yang berlaku
Jawab :C.  Benar, lantaran merupakan salah satu prinsip silabus

49. Sebelum pelajaran dimulai guru mengulang materi yang kemudian dan mengadakan pretes. Kegiatan yang dilakukan guru yang efektif yakni ....
A.  menyiapkan materi baru
B.  menyediakan balikan
C.  melakukan review harian
D.  menyediakan koreksi
Jawab :C.  Benar, lantaran guru yg efektif memulai pembelajaran dengan mereviu materi yg lalu

50. Salah satu ciri kelompok berguru berbasis problem yang efektif yakni ....
A.  belajar secara aktif
B.  kerjasama antardisiplin
C.  peranan pengajar
D.  belajar mandiri
Jawab :A.  Benar, lantaran berguru secara aktif merupakan salah satu ciri kelompok berguru berbasis masalah


Sumber http://biohikmah.blogspot.com

Related Posts

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bocoran Soal Pedagogik Ukg 2015 Dan Kunci Jawaban"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel