Pembahasan Lisan No. 11 - 15 Tkpa Sbmptn 2017 Instruksi Naskah 226
Pembahasan soal Verbal Tes Kemampuan Potensi Akademik (TKPA) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2017 instruksi naskah 226 nomor 11 hingga dengan nomor 15 perihal logika cerita.
Soal Verbal No. 11
Qori, Satya, dan Tina yakni tiga juara kelas di kelas masing-masing. Parta, Qori, dan Reza mendapat medali dalam lomba olahraga tahun ini. Parta, Reza, dan Tina mendapat penghargaan alasannya aktif di organisasi siswa.
Jika predikat “Siswa Berprestasi” diberikan kepada siswa yang menjadi juara kelas serta berprestasi dalam olahraga atau organisasi, siapakah yang berhak atas predikat tersebut?
A. Parta dan Qori.
B. Qori dan Reza.
C. Parta dan Reza.
D. Qori dan Tina.
E. Reza dan Tina.
Jika predikat “Siswa Berprestasi” diberikan kepada siswa yang menjadi juara kelas serta berprestasi dalam olahraga atau organisasi, siapakah yang berhak atas predikat tersebut?
A. Parta dan Qori.
B. Qori dan Reza.
C. Parta dan Reza.
D. Qori dan Tina.
E. Reza dan Tina.
Pembahasan
Perhatikan tabel berikut!Nama Siswa | Prestasi | ||
Juara Kelas | Olahraga | Organisasi | |
Qori | ✓ | ✓ | |
Satya | ✓ | ||
Tina | ✓ | ✓ | |
Parta | ✓ | ✓ | |
Reza | ✓ | ✓ |
Pada tabel di atas, tampak bahwa Qori yakni juara kelas dan berprestasi dalam bidang olahraga. Sedangkan Tina yakni juara kelas dan berprestasi dalam bidang organisasi.
Jadi, yang berhak mendapat predikat “Siswa Berprestasi” yakni Qori dan Tina (D).
Soal Verbal No. 12
Di sebuah asrama terdapat dua lajur kamar yang saling berhadapan. Setiap lajur terdapat empat kamar dengan urutan kamar nomor 1, 2, 3, 4 dan 5, 6, 7, 8. Dua di antara delapan kamar tersebut kosong.
Ardi, Budi, dan Ruli berturut-turut menempati kamar nomor 1, 2, 3. Ruli di depan Bima yang menempati kamar nomor 7. Kamar Bima berada di antara kamar Abdi dan kamar kosong. Sementara itu, di depan kamar Ardi ditempati oleh Dedi dan di depan kamar Abdi yakni kamar kosong.
Kamar nomor berapakah yang kosong?
A. 4 dan 8.
B. 5 dan 6.
C. 6 dan 7.
D. 4 dan 7.
E. 4 dan 6.
Ardi, Budi, dan Ruli berturut-turut menempati kamar nomor 1, 2, 3. Ruli di depan Bima yang menempati kamar nomor 7. Kamar Bima berada di antara kamar Abdi dan kamar kosong. Sementara itu, di depan kamar Ardi ditempati oleh Dedi dan di depan kamar Abdi yakni kamar kosong.
Kamar nomor berapakah yang kosong?
A. 4 dan 8.
B. 5 dan 6.
C. 6 dan 7.
D. 4 dan 7.
E. 4 dan 6.
Pembahasan
Ilustrasi dari kisah di atas sanggup digambarkan sebagai berikut:Jadi, kamar yang kosong yakni kamar nomor 4 dan 6 (E).
Soal Verbal No. 13
Pada suatu perlombaan balap kuda, diketahui lima posisi kuda ketika finis balapan yakni sebagai berikut. Posisi kuda Cleo berada di depan kuda Ero. Akan tetapi, kuda Cleo menyentuh garis finis sesudah kuda Atom. Kuda Delta berhasil mengalahkan kuda Atom, tetapi mencapai garis finis sesudah kuda Barni.
Kuda yang finis pada urutan ke-2 dan ke-4 yakni ….
A. Atom dan Delta
B. Barni dan Cleo
C. Delta dan Atom
D. Delta dan Cleo
E. Delta dan Ero
Kuda yang finis pada urutan ke-2 dan ke-4 yakni ….
A. Atom dan Delta
B. Barni dan Cleo
C. Delta dan Atom
D. Delta dan Cleo
E. Delta dan Ero
Pembahasan
Gambaran untuk soal kisah di atas adalah:Jadi, kuda yang finis pada urutan ke-2 dan ke-4 yakni kuda Delta dan Cleo (D).
Soal Verbal No. 14
Bu guru menunjukkan kebebasan kepada para siswa untuk menciptakan empat makalah dari topik yang berbeda. Di bawah ini persyaratan yang diberikan. (1) Siswa menentukan empat topik antara J, K, L, M, N, O, P, Q, dan R. (2) Antara topik L, M, dan O harus dipilih satu. (3) Topik N dan J harus dipilih bersamaan. (4) Topik P dan K harus bersama O. (5) Topik Q harus bersama L.
Jika seorang siswa tidak ingin menentukan topik K dan R, topik makalah yang sanggup dia kerjakan yakni ….
A. J, L, N, Q
B. L, M, N, Q
C. J, M, P, Q
D. J, L, P, Q
E. J, M, N, Q
Jika seorang siswa tidak ingin menentukan topik K dan R, topik makalah yang sanggup dia kerjakan yakni ….
A. J, L, N, Q
B. L, M, N, Q
C. J, M, P, Q
D. J, L, P, Q
E. J, M, N, Q
Pembahasan
Mari kita perhatikan persyaratan pembuatan makalah sambil kita amati setiap opsi jawaban.- Siswa menentukan empat topik
- Antara topik L, M, dan O harus dipilih satu [opsi B salah alasannya ada topik L dan M]
- Topik N dan J harus dipilih bersamaan. Artinya kalau menentukan topik J maka harus menentukan topik N [opsi A dan E yang benar]
- Topik P dan K harus bersama O
- Topik Q harus bersama L [hanya opsi A yang benar]
Soal Verbal No. 15
Seorang kolektor kendaraan beroda empat akan menentukan empat kendaraan beroda empat terdiri dari tiga jenis yang berbeda. Tiga kendaraan beroda empat E, F, dan G termasuk jenis sedan. Empat kendaraan beroda empat jenis truk yaitu H, I, J, dan K. Tiga kendaraan beroda empat jenis minibus yaitu L, M, dan N. Mobil E, I, K, dan M yakni produk impor, sedangkan sisanya produk lokal. Ketentuan menentukan yakni sebagai berikut. (1) Hanya ada 1 produk impor yang dipilih. (2) Jika sedan lokal dipilih, sedan impor dilarang dipilih. (3) Jika minibus impor dipilih, truk lokal harus dipilih. (4) Truk lokal hanya sanggup dipilih bersamaan sedan lokal.
Jika kolektor ingin menentukan truk lokal dan sedan impor, keempat jenis kendaraan beroda empat yang mungkin dipilih yakni ….
A. E, H, M, N
B. E, J, L, N
C. F, G, H, N
D. F, H, J, M
E. G, J, M, N
Jika kolektor ingin menentukan truk lokal dan sedan impor, keempat jenis kendaraan beroda empat yang mungkin dipilih yakni ….
A. E, H, M, N
B. E, J, L, N
C. F, G, H, N
D. F, H, J, M
E. G, J, M, N
Pembahasan
Tiga jenis kendaraan beroda empat tersebut adalah:- Sedan : E, F, G
- Truk : H, I, J, K
- Minibus : L, M, N
Huruf bercetak merah yakni kendaraan beroda empat impor
Nah, mari kita perhatikan ketentuan kolektor menentukan mobil!
- Kolektor ingin menentukan truk lokal dan sedan impor [opsi C, D, dan E salah]
- Hanya ada 1 produk impor yang dipilih [opsi A salah alasannya ada 2 kendaraan beroda empat impor, opsi C salah alasannya semua produk lokal]
Jadi, keempat jenis kendaraan beroda empat yang mungkin dipilih oleh kolektor kendaraan beroda empat tersebut yakni E, J, L, N (B).
Pembahasan Verbal No. 6 - 10 TKPA SBMPTN 2017
Pembahasan Numerikal No. 16 - 20 TKPA SBMPTN 2017
Simak juga:
Pembahasan Verbal No. 1 - 5 TKPA SBMPTN 2015
Pembahasan Verbal No. 1 - 5 TKPA SBMPTN 2016
Dapatkan pembahasan soal dalam file pdf di sini.
Demikian, membuatkan pengetahuan bersama . Silakan bertanya di kolom komentar apabila ada pembahasan yang kurang jelas. Semoga berkah. Sumber http://kakajaz.blogspot.com
0 Response to "Pembahasan Lisan No. 11 - 15 Tkpa Sbmptn 2017 Instruksi Naskah 226"
Posting Komentar