Pembahasan Matematika Ipa Un 2017 No. 11 - 15

Pembahasan soal-soal Ujian Nasional (UN) tahun 2017 bidang studi Matematika SMA-IPA nomor 11 hingga dengan nomor 15 tentang:
- operasi matriks,
- invers matriks,
- sistem persamaan linear,
- program linear (nilai maksimum),
- program linear (prosentase maksimum).
Soal No. 11 ihwal Operasi Matriks
Diketahui matriks:
Jika A + B = CD maka a + b + c = ….
A. −6
B. −2
C. 0
D. 6
E. 8

Jika A + B = CD maka a + b + c = ….
A. −6
B. −2
C. 0
D. 6
E. 8
Pembahasan
Matriks termasuk bahan yang gampang tetapi membutuhkan ketelitian. Mari kita kerjakan pelan-pelan!
Nah, sudah terbentuk kesamaan matriks. Berarti komponen yang bersesuaian memiliki nilai yang sama.
4 − a = 8
−a = 4
a = −4
b + 5 = 6
b = 1
−2c − 4 = −10
−2c = −6
c = 3
Dengan demikian,
a + b + c = −4 + 1 + 3
= 0
Jadi, nilai dari a + b + c ialah 0 (C).
Perdalam bahan ini di Pembahasan Matematika IPA UN: Matriks.
Soal No. 12 ihwal Invers Matriks
Diketahui matriks
dan matriks AB = C. Matriks C−1 ialah invers matriks C, maka matriks C−1 = ….

dan matriks AB = C. Matriks C−1 ialah invers matriks C, maka matriks C−1 = ….


Pembahasan
Kita operasikan matriks A kali matriks B untuk mendapat matriks C.
Selanjutnya kita tentukan invers matriks C dengan memakai rumus:

Sehingga,

Jadi, invers dari matriks C ialah opsi (A).
Perdalam bahan ini di Pembahasan Matematika IPA UN: Matriks.
Soal No. 13 ihwal Sistem Persamaan Linear
Di toko yang sama, Dira, Anita, dan Sita membeli alat-alat tulis. Dira membeli 2 buku tulis, 1 pensil, dan 1 penggaris dengan harga Rp19.000,00. Anita membeli 1 buku tulis, 2 pensil, dan 2 penggaris dengan harga Rp20.000,00. Sedangkan Sita membeli 3 buku tulis, 2 pensil, dan 1 penggaris dengan harga Rp28.000. harga yang harus dibayar untuk membeli 1 buku tulis, 3 pensil, dan 2 penggaris ialah ….
A. Rp23.000,00
B. Rp24.000,00
C. Rp25.000,00
D. Rp27.000,00
E. Rp33.000,00
A. Rp23.000,00
B. Rp24.000,00
C. Rp25.000,00
D. Rp27.000,00
E. Rp33.000,00
Pembahasan
Misalkan x, y, dan z secara berurutan mewakili buku tulis, pensil, dan penggaris maka model matematikanya adalah:Dira : 2x + y + z = 19.000 … (1)
Anita : x + 2y + 2z = 20.000 … (2)
Sita : 3x + 2y + z = 28.000 … (3)
Eliminasi persamaan (1) dan (2) dengan mengalikan 2 pada persamaan (1) terlebih dahulu.
4x + 2y + 2z = 38.000
x + 2y + 2z = 20.000
⎯⎯⎯⎯⎯⎯⎯⎯⎯⎯⎯⎯⎯⎯ −
3x = 18.000
x = 6.000
Selanjutnya, eliminasi persamaan (3) dan (1)
3x + 2y + z = 28.000
2x + y + z = 19.000
⎯⎯⎯⎯⎯⎯⎯⎯⎯⎯⎯⎯⎯⎯ −
x + y = 9.000
6.000 + y = 9.000
y = 3.000
Kemudian kita substitusikan nilai x dan y pada persamaan (1).
2x + y + z = 19.000
2×6.000 + 3.000 + z = 19.000
z = 4.000
Dengan demikian, harga 1 buku tulis, 3 pensil, dan 2 penggaris adalah:
x + 3y + 2z = 6.000 + 3×3.000 + 2×4.000
= 6.000 + 9.000 + 8.000
= 23.000
Jadi, harga 1 buku tulis, 3 pensil, dan 2 penggaris ialah Rp23.000,00 (A).
Perdalam bahan ini di Pembahasan Matematika IPA UN: Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linear.
Soal No. 14 ihwal Program linear (Nilai Maksimum)
Perusahaan mebel memproduksi dua model meja makan. Biaya untuk menciptakan tiap meja makan model A ialah Rp1.200.000,00 sedangkan untuk meja makan model B ialah Rp1.600.000,00. Waktu yang diharapkan untuk menciptakan setiap meja makan model A ialah 2 hari dan tiap meja makan model B ialah 5 hari. Modal yang tersedia sebesar Rp22.000.000,00 dan waktu yang tersedia ialah 60 hari. Keuntungan tiap meja makan model A ialah Rp1.000.000,00 sedangkan tiap meja makan model B ialah Rp1.500.000,00. Keuntungan maksimum yang sanggup diperoleh ialah ….
A. Rp22.500.000,00
B. Rp21.000.000,00
C. Rp20.000.000,00
D. Rp15.000.000,00
E. Rp9.000.000,00
A. Rp22.500.000,00
B. Rp21.000.000,00
C. Rp20.000.000,00
D. Rp15.000.000,00
E. Rp9.000.000,00
Pembahasan
Berikut ini tabel proteksi untuk soal di atas.| Model A (x) | Model B (y) | ||
| Biaya | 3 | 4 | 55 |
| Waktu | 2 | 5 | 60 |
| Untung | 1.000.000 | 1.500.000 |
Berdasarkan tabel proteksi di atas, kita sanggup menciptakan model matematika sebagai berikut:
3x + 4y = 55 … (1)
2x + 5y = 60 … (2)
Fungsi sasaran: U(x, y) = 1.000.000x + 1.500.000y
Sekarang kita eliminasi persamaan (1) dan (2). Sebelumnya persamaan (1) kita kalikan 2 sedangkan persamaan (2) kita kalikan 3. Diperoleh:
6x + 8y = 110
6x + 15y = 180
⎯⎯⎯⎯⎯⎯⎯⎯⎯⎯ − (bawah dikurangi atas)
7y = 70
y = 10
Kemudian y = 10 kita substitusikan ke persamaan (1) untuk mendapat nilai x.
3x + 4y = 55
3x + 40 = 55
3x = 15
x = 5
Dengan demikian, laba maksimum tercapai ketika x = 5 dan y = 10.
U(x, y) = 1.000.000x + 1.500.000y
U(5, 10) = 1.000.000×5 + 1.500.000×10
= 5.000.000 + 15.000.000
= 20.000.000
Jadi, laba maksimum yang sanggup diperoleh ialah Rp20.000.000,00 (C).
Perdalam bahan ini di Pembahasan Matematika IPA UN: Program Linear.
Soal No. 15 ihwal Program Linear (Persentase Maksimum)
Setiap hari seorang pengrajin tas memproduksi dua jenis tas. Modal untuk tas model I ialah Rp20.000,00 dengan laba 40%. Modal untuk tas model II ialah Rp30.000,00 dengan laba 30%. Jika modal yang tersedia setiap harinya ialah Rp1.000.000,00 dan paling banyak hanya sanggup memproduksi 40 tas, laba terbesar yang sanggup dicapai pengrajin tas tersebut ialah ….
A. 30%
B. 34%
C. 36%
D. 38%
E. 40%
A. 30%
B. 34%
C. 36%
D. 38%
E. 40%
Pembahasan
Tabel proteksi untuk soal di atas ialah sebagai berikut:| Model I (x) | Model II (y) | 40 | |
| Biaya | 2 | 3 | 100 |
| Untung | 40% × 20.000 = 8.000 | 30% × 30.000 = 9.000 |
Berdasarkan tabel proteksi di atas, diperoleh model matematika:
x + y = 40 … (1)
2x + 3y = 100 … (2)
Fungsi objektif: U(x, y) = 8.000x + 9.000y
Eliminasi persamaan (1) dan (2) dengan mengalikan persamaan (1) dengan 2 terlebih dahulu.
2x + 2y = 80
2x + 3y = 100
⎯⎯⎯⎯⎯⎯⎯⎯⎯ − (bawah dikurangi atas)
y = 20 → x = 20
Dengan demikian, pengrajin tersebut akan memperoleh laba maksimum ketika x = y = 20.
U(x, y) = 8.000x + 9.000y
U(20, 20) = 8.000×20 + 9.000×20
= 160.000 + 180.000
= 340.000
Persentase laba terhadap modal adalah:

Jadi, persentase laba terbesar yang sanggup dicapai pengrajin tas tersebut ialah 34% (B).
Perdalam bahan ini di Pembahasan Matematika IPA UN: Program Linear.
Pembahasan Matematika IPA UN 2017 No. 6 - 10
Pembahasan Matematika IPA UN 2017 No. 16 - 20
Dapatkan pembahasan soal dalam file pdf di sini.
Demikian, membuatkan pengetahuan bersama . Silakan bertanya di kolom komentar apabila ada pembahasan yang kurang jelas. Semoga berkah. Sumber http://kakajaz.blogspot.com
0 Response to "Pembahasan Matematika Ipa Un 2017 No. 11 - 15"
Posting Komentar