Pembahasan Matematika No. 6 - 10 Tkd Saintek Sbmptn 2018 Arahan Naskah 466

Pembahasan soal Matematika Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2018 Kode Naskah 466 nomor 6 hingga dengan nomor 10 tentang:
- aplikasi integral,
- kaidah pencacahan,
- lingkaran,
- suku banyak, dan
- persamaan garis.
Soal No. 6 perihal Aplikasi Integral
Daerah R dibatasi oleh y = a√x , y = ax2, untuk x ∈ [0, 2]. Jika volume benda padat yang didapat dengan memutar R terhadap sumbu x yaitu 5π maka a = ….
A. −5
B. −4
C. −3
D. −2
E. −1
A. −5
B. −4
C. −3
D. −2
E. −1
Pembahasan
Grafik fungsi y1 = a√x yaitu parabola terbuka ke kanan, sedangkan grafik fungsi y2 = ax2 yaitu parabola terbuka ke atas.Titik potong kedua parabola tersebut adalah:
y1 = y2
a√x = ax2
√x = ax2 [a dari kedua ruas dicoret]
x = x4 [dikuadratkan]
x4 − x = 0
x(x3 − 1) = 0
x = 0 atau x = 1
Dengan demikian, tempat R yang dimaksud adalah:

Daerah R terbagi dua daerah, yaitu tempat I dan II. Pada tempat I, y1 berada di atas y2 sedangkan pada tempat II, y2 berada di atas y1.
Dengan demikian, volume benda padat yang didapat dengan memutar R terhadap sumbu x yaitu sanggup dirumuskan:

Nah, kini masing-masing suku kita kalikan dengan 10 kemudian kita selesaikan.
50 = 5a2 − 2a2 + 64a2 − 20a2 − 2a2 + 5a2
50 = 50a2
a2 = 1
a = ±1
Jadi, sesuai opsi tanggapan yang ada, nilai a pada fungsi kuadrat tersebut yaitu −1 (E).
Soal No. 7 perihal Kaidah Pencacahan
Ari dan Ira merupakan anggota dari suatu kelompok yang terdiri dari 9 orang. Banyaknya cara menciptakan barisan dengan syarat Ari dan Ira tidak berdampingan yaitu ….
A. 7×8!
B. 6×8!
C. 5×8!
D. 7×7!
E. 6×7!
A. 7×8!
B. 6×8!
C. 5×8!
D. 7×7!
E. 6×7!

Pembahasan
Barisan yang dimaksud yaitu barisan memanjang yang terdiri dari 9 orang. Banyak barisan yang mungkin sanggup dibentuk adalah:
Bila Ari dan Ira selalu berdampingan maka banyak barisan yang terbentuk adalah:

Dengan demikian, banyaknya cara menciptakan barisan dengan syarat Ari dan Ira TIDAK berdampingan adalah:
9! − 2×8!
= 9×8! − 2×8!
= (9 − 2) × 8!
= 7×8!
Jadi, banyaknya cara menciptakan barisan dengan syarat Ari dan Ira tidak berdampingan yaitu 7 × 8! (A).
Soal No. 8 perihal Lingkaran
Jika bulat x2 + y2 − ax − ay + a = 0 memiliki panjang jari-jari 1/2 a maka nilai a yaitu ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
Pembahasan
Bentuk umum persamaan bulat adalah:x2 + y2 + Ax + By + C = 0
Mari kita banding persamaan bulat pada soal dengan bentuk umumnya.
x2 + y2 − ax − ay + a = 0
x2 + y2 + Ax + By + C = 0
Diperoleh:
A = −a
B = −a
C = a
Adapun rumus jari-jari bulat menurut bentuk umumnya adalah:

Masing-masing suku kita kalikan 4, diperoleh:
a2 = 2a2 − 4a
a2 − 4a = 0
a(a − 4) = 0
a = 0 atau a = 4
Jadi, nilai a pada persamaan bulat tersebut yaitu 4 (D).
Soal No. 9 perihal Suku Banyak
Sisa pembagian p(x) = 2x3 + x2 + 2a2x + 2b + 1 oleh x2 + a2 yaitu 4. Jika pembagian p(x) oleh x − 1 bersisa 10 maka a2 + b = ….
A. 0
B. √3
C. 3
D. 6
E. 2√3
A. 0
B. √3
C. 3
D. 6
E. 2√3
Pembahasan
Menurut teorema sisa, jikalau suku banyak f(x) dibagi x − a maka sisanya yaitu f(a).Dengan demikian, suku banyak p(x) dibagi x − 1 sisanya yaitu p(1). Sisa pembagian tersebut yaitu 10 sehingga p(1) = 10.
p(x) = 2x3 + x2 + 2a2x + 2b + 1
p(1) = 10
2 ∙ 13 + 12 + 2a2 ∙ 1 + 2b + 1 = 10
2a2 + 2b + 4 = 10
2a2 + 2b = 6
a2 + b = 3
Jadi, nilai dari a2 + b yaitu 3 (C).
Soal No. 10 perihal Persamaan Garis
Garis yang melalui titik O(0, 0) dan P(a, b) berpotongan tegak lurus dengan garis singgung kurva y = x2 − 9/2 di P(a, b). Jika titik P berada di kuadran III maka a + b yaitu ….
A. −9/2
B. −5/2
C. ½(−6 − √6)
D. ¼(−15 − 2√3)
E. ½(−8 − √2)
A. −9/2
B. −5/2
C. ½(−6 − √6)
D. ¼(−15 − 2√3)
E. ½(−8 − √2)
Pembahasan
Gradien garis yang melalui titik O(0, 0) dan P(a, b) adalah:
Sedangkan gradien garis singgung kurva y = x2 − 9/2 di titik P(a, b) adalah:
m2 = y'
= 2x
Substitusi x = a diperoleh:
m2 = 2a
Karena garis OP dan garis singgung kurva saling tegak lurus maka perkalian kedua gradiennya yaitu −1.
m1 ∙ m2 = −1
b/a ∙ 2a = −1
2b = −1
b = −1/2
Untuk mendapat nilai a, kita substitusikan titik P(a, b) pada persamaan kurva.
(a, b) → y = x2 − 9/2
b = a2 − 9/2
Selanjutnya kita substitusikan nilai b = −1/2.
−1/2 = a2 − 9/2
a2 = 9/2 − 1/2
= 8/2 = 4
a = ±2
Karena titik P berada pada kuadran III, maka nilai a yaitu negatif.
a = −2
Dengan demikian, nilai dari
a + b = −2 + (−1/2)
= −4/2 − 1/2
= −5/2
Jadi, nilai a + b yaitu −5/2 (B).
Pembahasan Matematika No. 1 - 6 TKD Saintek SBMPTN 2018 Kode Naskah 466
Pembahasan Matematika No. 11 - 15 TKD Saintek SBMPTN 2018 Kode Naskah 466
Dapatkan pembahasan soal dalam file pdf di sini.
Demikian, membuatkan pengetahuan bersama . Silakan bertanya di kolom komentar apabila ada pembahasan yang kurang jelas. Semoga berkah. Sumber http://kakajaz.blogspot.com
0 Response to "Pembahasan Matematika No. 6 - 10 Tkd Saintek Sbmptn 2018 Arahan Naskah 466"
Posting Komentar