Proses Penemuan Dan Jenis-Jenis Inovasi
Bagaimana tahapan dari sebuah proses penemuan dan jenis-jenis penemuan itu?
Untuk menjawab pertanyaan wacana proses penemuan dan jenis-jenis penemuan akan kita bahas pada halaman ini kemudian kita tambah dengan pola kreativitas dan penemuan dalam acara ekonomi sehingga kita bagi menjadi tiga pembahasan pokok.
A. Bagaimana tahapan sebuah proses penemuan itu berjalan
Merujuk pada goresan pena sebelumnya wacana pengertian kreativitas dan inovatif, berbicara terkait penemuan niscaya bekerjasama dengan penemuan atau pembuatan yang gres terkait teknologi.
Suatu penemuan yang gres niscaya melewati sebuah proses baik itu proses yang singkat (bahkan ada yang terkesan kebetulan) maupun sebuah proses yang panjang dimana melibatkan sebuah penelitian yang dilakukan dengan matang baik itu dilakukan oleh seseorang individu atau melibatkan serangkaian individu.
Akan tetapi setidaknya ada dua tahapan khusus yang dilewati, adalah discovery dan invention :
1. Discovery dimaknai sebagai penemuan unsur-unsur kebudayaan gres yang sebetulnya unsur yang ditemukan itu sudah ada, baik itu berupa inspirasi yang gres atau alat yang gres yang dihasilkan oleh seseorang atau rangkaian beberapa orang dari suatu masyarakat.
Misalnya penemuan Benua Australia, Benua Amerika, jenis binatang baru, planet gres dsb. Semuanya sebetulnya sudah ada namun gres ditemukan oleh si penemu.
2. Invention dimaknai sebagai penciptaan sesuatu yang gres (benar-banar gres atau belum ada sebelumnya). Penciptaan ini bisa berasal dari proses perbaikan dan penyempurnaan terhadap sesuatu yang sudah ada. Penemuan gres dalam tahap invention betul-betul sudah bisa dipakai oleh masyarakat.
Misalnya jual-beli online. Pada jual-beli online, proses jual belinya sudah ada dari dulu namun alat mediator adalah berupa koneksi internet, website dan perangkat pendukungnya merupakan sesuatu yang benar-benar baru.
B. Jenis-jenis penemuan atau macam-macam inovasi
Dikutib dari buku Ilmu Pengetahuan Sosial karya Budi Sanjaya dkk, bahwa Robertson menggolongkan penemuan dalam tiga macam dimana penggolongan ini didasarkan atas imbas penemuan terhadap sikap dalam struktur sosial yang dipakai dalam pemasaran, yaitu:
1. Inovasi terus menerus berupa modifikasi terhadap sesuatu yang sudah ada. Inovasi ini tak jarang justru membingungkan konsumen. Misalnya motor matic Honda, ada keluaran model Beat terus keluar lagi Vario. Itupun ada vario dan vario new injeksi, beat dan beat new. Belum lagi muncul Scoopy (Scoopy sporty, scoopy stylish, scoopy playful). Ada juga Honda matic SH150i, Honda matic Gracia. Bingung kan?
2. Inovasi terus menerus berupa pembuatan produk yang gres atau merubah produk yang sudah ada namun tidak merubah pola sikap yang sudah mapan di mata konsumen. Misalnya: menciptakan kemasang gres pada alat kosmetik semoga lebih menarik.
Alat kosmetik dikemas itu merupakan pola usang yang sudah mapan (sudah lumrah atau hal biasa –masak iya ada alat kosmetik gak dikemas?-). Nah, perubahannya ada di kemasannya (bentuk kemasan, desain, warna dsb).
3. Inovasi terus menerus adalah penciptaan produk yang gres dan tidak ada kaitannya dengan produk lama. Misalnya: penciptaan komputer, penciptaan bilangan biner, penciptaan AC atau lemari es dsb.
Setelah membahas tahapan proses penemuan dan jenis-jenis penemuan kemudian apa saja contohnya dalam bidang ekonomi?
C. Contoh kreativitas dan penemuan dalam acara ekonomi di masyarakat
Meningkatkan kreativitas dan penemuan dalam acara ekonomi itu sebuah keharusan. Selain untuk meningkatkan laba dan daya saing juga memperlihatkan sesuatu yang lebih baik kepada konsumen. Dalam skala sosial, maka akan memperlihatkan masa depan yang baik bagi masyarakat, bangsa dan negara.
Contoh kreativitas dan penemuan dalam acara ekonomi misalnya:
Dari posisi sebagai pedagang atau produsen, misalnya:
a. Menawarkan barang baru,
b. Memberikan diskon pada dikala momen-momen tertentu,
c. Memberikan kontak servis dan layanan aduan konsumen bebas pulsa,
d. Menawarkan layanan pesan antar atau gratis ongkos kirim,
e. Memiliki barang yang memiliki ciri khas tersendiri, contohnya rasa, bentuk, kualitas dsb,
f. Membuat barang yang disesuikan dengan kemampuan pembeli,
g. Meneliti sikap konsumen sehingga pedagang bisa mengerti barang dan jasa apa saja yang paling banyak dibutuhkan,
h. Melakukan pengumpulan barang diubahsuaikan dengan usul pasar,
i. Menjamin barang yang diterima konsumen tidak cacat atau rusak. Boleh diganti jikalau rusak dsb.
Contoh kreativitas dan penemuan dalam acara ekonomi di kehidupan sehari-hari banyak sekali. Bisa panjang sekali jikalau harus ditulis. Nah, yang terpenting pada halaman ini kita bisa memahami proses penemuan dan jenis-jenis penemuan yang ada dikehidupan kita.
Sumber aciknadzirah.blogspot.com
0 Response to "Proses Penemuan Dan Jenis-Jenis Inovasi"
Posting Komentar