-->

iklan banner

Struktur Organ Daun

Struktur Organ Daun – Pada umumnya tumbuhan mempunyai daun yang bewarna hijau sebagai tempat berlangsungnya proses fotosintesis. Akan tetapi ada pula tumbuhan yang tidak mempunyai daun. Daun merupakan organ yang berasal dari jaringan meristem ujung suatu kuncup pada batang.


 Pada umumnya tumbuhan mempunyai daun yang bewarna hijau sebagai tempat berlangsungnya prose Struktur Organ Daun

Struktur Organ Daun


Daun tersusun atas tiga tipe sistem jaringan ialah epidermis, mesofil dan jaringan pembuluh. Nah, kita akan membahasnya satu persatu.


A. Epidermis Daun


Pada permukaan daun terdapat sel epidermis yang merupakan sel terluar. Sel epidermis terdapat baik di permukaan bawah (permukaan abaksial) maupun permukaan atas daun (permukaan adaksial). Sel epidermis tersusun secara rapat dimana pada dinding bab luarnya menebal secara tidak merata dan terlapisi oleh lapisan kutikula (Baca juga: Pengertian Sel).


Lapisan kutikula berfungsi untuk mengurangi penguapan akhir sinar matahari. Di lapisan ini terdapat stomata yang merupakan lubang tempat pertukaran udara dan pengaturan pada proses transpirasi. Stomata sanggup berada pada lapisan daun bab atas dan lapisan daun bab bawah atau pada bab atas saja. Nah, stomata ini sanggup berada karam pada sel epidermis daun, sejajar dengan sel epidermis atau berada di atas permukaan (menonjol).


Sel epidermis pada daun sanggup berubah atau bermodifikasi menjadi trikoma, sel kipas dan sel litokis. Trikoma sanggup berupa rambut pelindung atau rambut kalenjar. Sel kipas merupakan gugusan sel yang mempunyai ukuran besar (lebih besar daripada sel epidermis normal), mempunyai vakuola yang besar dan berdinding sel tipis. Sel kipas mempunyai fungsi sebagai pengatur penguapan pada dikala daun menggulung. Sedangkan sel litokis merupakan modifikasi epidermis yang mengandung sistolit dimana terdiri atas kristal kalsiumkarbonat.


 Pada umumnya tumbuhan mempunyai daun yang bewarna hijau sebagai tempat berlangsungnya prose Struktur Organ Daun

Macam-macam trikoma


B. Mesofil Daun


Mesofil berada di tengah daun dimana biasanya merupakan jaringan parenkim. Mesofil dibagi menjadi dua bab yakni:


1. Mesofil tiang (Palisade)


Mesofil tiang terdiri dari sel parenkim yang tersusun secara rapat dan mempunyai klorofil dalam jumlah banyak sehingga efektif untuk proses fotosintesis. Pada umumnya, tumbuhan mempunyai mesofil tiang pada permukaan atas daun saja namun ada pula tumbuhan yang mempunyai mesofil tiang pada permukaan atas dan bawah daun. Kepadatan sel pada mesofil tiang dipengaruhi oleh intensitas cahaya dimana pada tempat yang terkena sinar matahari akan mempunyai kepadatan yang lebih daripada tempat yang tidak terkena sinar matahari.


2. Mesofil Bunga Karang (spons)


Mesofil bunga karang terdiri dari sel parenkim yang bercabang-cabang dan tersusun secara renggang sehingga banyak terdapat ruang antar sel. Nah, banyaknya ruang antar sel ini memudahkan terjadinya pertukaran gas. Mesofil bunga karang mempunyai sel yang berdinding tipis serta mengandung sedikit kloroplas.


C. Berkas Pembuluh Angkut Pada Daun


Struktur organ daun yang terakhir ialah jaringan pembuluh yang terdapat pada tulang daun dan urat daun. Tulang daun berfungsi untuk menguatkan daun. Pada daun terdapat urat-urat halus yang mempunyai fungsi sebagai pembuluh nadi yang mengedarkan makanan hasil fotosintesis ke seluruh tubuh. Selain itu fungsi urat-urat ini juga sebagai kerangka daun. Jaringan pembuluh terdiri atas xilem dan floem.


(Baca juga: Jaringan pada tumbuhan)


[color-box]Ferdinand, Fictor P dan Moekti Ariebowo.2009.Praktis Belajar Biologi 2 untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Visindo Media Persada.

Rachmawati, Faidah dkk.2009.Biologi Untuk SMA/MA Kelas XI Program IPA. Jakarta: CV Ricardo.

Sri, Lestari Endang.2009.Biologi 2 Makhluk Hidup Dan Lingkungannya Untuk SMA/MA Kelas XI. Solo: CV Putra Nugraha.

Sumber gambar dari id.wikipedia.org dan edubio.info diakses tanggal 17 November 2015.

[/color-box]



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Struktur Organ Daun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel