-->

iklan banner

Cara Memperbaiki Komputer Laptop Tidak Dapat Shutdown Atau Dimatikan

Semua barang elektronik niscaya mempunyai masa pakai. Pun begitu dengan komputer desktop dan laptop. Digunakan hati-hati saja sanggup rusak, apalagi kalau sembrono? Sudah niscaya memperpendek usianya. Dan kerusakan yang sanggup saja terjadi misalnya tidak sanggup dihidupkan atau dimatikan / shutdown.


Kemarin interogator.com sudah bahas yang tidak sanggup dihidupkan. Agar lengkap, kali ini akan membahas cara yang tidak sanggup dimatikan. Dan cara ini sanggup diterapkan pada semua jenis komputer: desktop, laptop, notebook, all in one PC, dll. OS-nya terserah. Boleh Windows XP, Windows 7, Windows 8, ataupun Windows 10. Sedangkan mereknya apa saja bisa.



Cara memperbaiki komputer laptop tidak sanggup shutdown


Betul, suatu dikala komputer atau laptop sanggup saja mengalami dilema ini: diklik shutdown tetapi tidak mau mati. Bahkan walau dicoba matikan paksa dengan menekan tombol power, tetap saja tidak terjadi apa-apa. Walaupun mungkin mati, ternyata hanya restart saja.


Komputer yang tidak sanggup dimatikan dengan sistem shutdown tidak selalu diakibatkan virus. Yang paling banyak biasanya justru dilema software. Namun, tidak menutup kemungkinan disebabkan kerusakan hardware. Apapun itu, berikut beberapa cara untuk mengatasi atau memperbaikinya.


1. Perbaiki registry


Peran registry pada Windows sangat penting. Ibaratnya menyerupai daerah perintah buat sistem operasi itu sendiri. Bila eror, sanggup dipastikan Windows yang akan bermasalah. Salah satunya tidak sanggup dimatikan (turn off).


Memperbaiki registry eror sanggup dibilang gampang. Saya sendiri biasanya memakai aplikasi CCleaner. Caranya tinggal klik-klik doang. Dan sesudah diperbaiki, komputer atau laptop biasanya sudah sanggup di-shut down dengan normal.


2. Bersihkan dari file sampah


Cara selanjutnya yaitu membersihkan komputer laptop dari sampah-sampah. Maksud sampah di sini bukan debu, bungkus makanan, atau sebagainya. Melainkan file sampah menyerupai history browser, sisa-sisa hasil buka program/aplikasi, dan sejenisnya.


Aplikasi buat membersihkannya masih sama menyerupai di atas, pakai CCleaner. Kalau sudah menginstal, saya yakin Anda jadi tau bagaimana cara menggunakannya.


3. Uninstall aplikasi tidak penting/tidak diperlukan


Selain file sampah, kebanyakan aplikasi yang terinstal pun sanggup memberatkan kinerja komputer desktop maupun laptop. Bahkan, aplikasi yang tidak dibentuk dengan baik sanggup mendatangkan masalah. Salah satunya ya menciptakan komputer tidak sanggup di-shut down menyerupai yang sedang dibahas ini.


Untuk itu, bila komputer Anda mempunyai aplikasi yang sangat banyak, hapuslah sebagian yang tidak penting dan tidak dibutuhkan. Saat performa sudah terasa ringan kembali, cobalah matikan laptop untuk mengecek apakah sudah sanggup di-shut down dengan baik atau belum.


4. Membersihkan virus


Laptop tidak sanggup dimatikan mungkin saja disebabkan oleh virus. Beberapa kasus, virus menyerang registry sampai eror. Maka dari itu kalau cara-cara di atas sudah dilakukan tetapi belum berhasil, cobalah scan virus memakai antivirus. Setelah itu barulah coba shutdown. Oh ya, jangan lupa sesudah membersihkan, perbaiki dulu registry-registry. Caranya lihat poin satu di atas.


5. Matikan laptop secara paksa


Mematikan laptop yang benar memang dengan menekan hidangan Windows dan kemudian klik shutdown. Akan tetapi dalam masalah ini tidak bisa. Jadi, jalan satu-satunya mematikan dengan paksa. Cobalah tekan tombol power selama 15 detik. Kalau mati berarti berhasil. Sedangkan kalau gagal, eksklusif cabut baterai saja. Meskipun cara ini sangat ampuh, tetapi dihentikan menjadikannya sebagai kebiasaan.


Baca juga: Cara mematikan komputer laptop yang benar


6. Uninstall driver


Fungsi driver pada komputer memang penting. Salah satunya untuk menunjang performa. Namun, kalau ternyata salah satu driver tidak cocok dan justru mengakibatkan laptop tidak sanggup dimatikan, itu artinya harus menghapus/uninstall-nya.


Bila memang butuh jenis driver tersebut, cari saja lainnya yang sekiranya cocok dengan versi sistem operasi laptop yang Anda gunakan. Sudah uninstall tetapi belum sanggup shutdown, lakukan cara pada urutan nomor lima.


7. Instal ulang sistem operasi Windows


Jika dilema laptop tidak sanggup dimatikan lagi-lagi muncul, cobalah atasi dengan instal ulang sistem operasinya. Anda sanggup pilih Windows 7 atau Windows 8. Akan tetapi saran saya pilih yang terbaru, Windows 10. (Namun sesuaikan juga dengan spesifikasi komputernya).


Biasanya, dengan menginstal ulang OS, semua dilema akan teratasi (saran saya jangan hanya repair. Mengapa? Karena dalan waktu bersahabat dilema yang sama sanggup saja tiba lagi).


8. Ganti hardware yang bermasalah


Cara memperbaiki komputer atau laptop tidak sanggup dimatikan yang terakhir ini dengan mengganti hardware yang bermasalah. Baik proseseor, memori, atau hard disk kalau sudah rusak memang sanggup mempengaruhinya. Dan kalau ingin ganti, bila tidak sanggup melaksanakan sendiri, lebih baik serahkan saja ke daerah service resmi.


Selanjutnya baca: Nama bagian-bagian komputer dalam bahasa Indonesia


terms:

komputer tdak mau shot down
Sumber https://interogator.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Memperbaiki Komputer Laptop Tidak Dapat Shutdown Atau Dimatikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel