-->

iklan banner

Manfaat Flora Jakang Sebagai Pengobatan

Tanaman jakang atau dikenal pula sebagai  Manfaat Tanaman Jakang Sebagai Pengobatan
Tanaman jakang atau dikenal pula sebagai centipede plant (tanaman kelabang) dan tapeworm plant (tanaman cacing pita) merupakan flora berdaun unik yang terlihat ibarat ‘patah-patah’.

Salah satu flora penuh manfaat yang berasal dari Indonesia yaitu Jakang. Tanaman dengan nama ilmiah Muehlenbeckia platyclada (syn. Homalocladium platycladumini termasuk dalam keluarga Polygonaceae. Jakang memiliki nama lain ibarat kismis, puring jakang, centipede plant, tapeworm plant  hingga ribbon bush. Tanaman jakang ini biasanya ditanam sebagai flora pagar.


Tinggi flora berkisar antara 60 cm sampai 2 m. Batang utama flora berbentuk lingkaran silindris dan mempunyai banyak cabang. Daunnya tumbuh sepanjang 2 cm dan lebarnya bisa mencapai 1 cm berwarna hijau muda. Tanaman ini menghasilkan bunga berwarna kuning dan coklat serta buah yang berbentuk segitiga.


Baca juga: Tanaman Alang-Alang Sebagai Obat Tradisional


Tanaman jakang atau dikenal pula sebagai  Manfaat Tanaman Jakang Sebagai Pengobatan
Daun dan batang flora jakang banyak dimanfaatkan sebagai materi pengobatan tradisional.

Tanaman yang mempunyai sifat anti radang atau anti inflamasi ini berasa manis, sedangkan bab tangkai dan daunnya berasa asam. Manfaat jakang bagi kesehatan ini sanggup diperoleh dari tanamannya, baik kering maupun segar. Jakang dipercaya bisa mengobati paru-paru, abses, sakit tenggorokan, memar, batuk, koreng, bisul, bahkan gigitan binatang berbisa.


Untuk mengobati memar, Anda sanggup mencampurkan 60 gram jakang dengan satu sloki arak beras. Lalu diperas. Airnya sanggup diminum, sementara ampasnya bisa dibubuhkan pada bab badan yang memar.


Untuk mengobati gigitan binatang berbisa, ranting jakang dihaluskan dengan cara ditumbuk. Setelah halus, bubuhkanlah pada luka bekas gigitan binatang berbisa.


Sekian informasi mengenai flora jakang yang mempunyai manfaat bagi kesehatan, sebagai pengobatan tradisional. Kami juga menyediakan tanaman jakang yang bisa melengkapi flora obat Anda di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Manfaat Flora Jakang Sebagai Pengobatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel