-->

iklan banner

Perilaku Konsumen

Pengantar

Mengenali wacana sikap konsumen bisa dikatakan tidak mudah, setiap ketika konsumen selalu berpikir mengenai keputusan yang mereka ambil. Berbagai hal  yang mereka pertimbangan untuk memilih pilihan, mulai dari faktor harga, kualitas, daya beli konsumen, sampai dari segi kemampuan tim pemasaran untuk mempengaruhi pembeli supaya bersedia membeli barang atau jasa yang ia miliki pada ketika mereka membutuhkan. Hal menyerupai ini sangat penting untuk mengetahui sikap konsumen tersebut wacana :

  • Apa yang konsumen butuhkan
  • Dimana mereka mendapatkannya
  • Bagaimana cara membelinya
  • Seberapa banyak yang mereka butuhkan
  • Kapan mereka membeli dan
  • Alasan mengapa mereka membelinya

Dari ke enam pertanyaan diatas, alasan mengapa konsumen membeli merupakan pertanyaan yang paling sulit menemukan jawabannya, dikarenakan tidak gampang dilihat dan hanya dibenak mereka jawabannya. Melalui pertanyaan-pertanyaan diatas, perusahaan akan terbantu untuk memilih harga, mengembangangkan, taktik promosi yang dijalankan sampai cara mendistribusikan produk yang lebih baik.

Pengertian Perilaku Konsumen

Berikut sejumlah pengertian sikap konsumen berdasarkan beberapa ahli

Schiffman dan Kanuk (2010) : Prilaku konsumen yaitu sebagai prilaku yang diperlihatkan konsumen untuk menemukan, menggunakan, mengevaluasi serta menghabiskan produk & jasa yang mereka harapkan sanggup memuaskan mereka.

American Marketing Association mendefenisikan prilaku konsumen merupakan dinamika interaksi antara imbas & kesadaran , prilaku & lingkungan daerah insan melaksanakan pertukaran aspek aspek kehidupan.

Davis L. Loudon dan Albert J. Della Bitta (1984), defenisi prilikau konsumen merupakan proses dalam pengambilan keputusan & acara individu secara individu secara fisik  yang dibatkan dalam melaksanakan tindakan evaluasi, memperoleh, menggunakan, atau sanggup mempergunakan barat/jasa tersebut.

Gerald Zaltman dan Melanie Wallendorf (1979): pengertian prilaku konsumen merupakan tindakan-tindakan, proses & hubungan sosial yang dilakukan baik individu, kelompok dan organisasi dalam mendapatkan, memakai suatu produk ataupun lainnya sebagai bentuk pengalamanya dari produk, pelayanan serta sumber sumber lainnya.

Engel, Blackwell, dan Miniard (1995): suatu tindakan yang eksklusif terlibat dalam hal memperoleh, mengkonsumsi, menghabiskan produk dan jasa termasuk proses keputusan yang mendahului dan mengikuti tindakan ini.

Dari sejumlah pengertian sikap konsumen berdasarkan jago diatas, sanggup disimpulkan bahwa prilaku konsumen yaitu suatu tindakan-tindakan yang dilakukan baik itu individu, kelompok & organisasi yang bekerjasama dalam hal proses pengambilan keputusan untuk mendapatkan, memakai produk dan jasa, yang dipengaruhi lingkungan.

Faktor – faktor yang mempengaruhi sikap konsumen

Keputusan yang diambil konsumen untuk membeli produk dan jasa dipengaruhi beberapa faktor, faktor faktor tersebut  berbeda-beda dari setiap pembeli yang berbeda dan waktu pembeliannya dilakukan. Secara umum faktor yang mempengaruhi sikap konsumen dikelompokkan menjadi dua bagian:

  1. Kekuatan-kekuatan lingkungan, yang meliputi;
  • Budaya,
  • Sub budaya,
  • Kelas sosial,
  • Keluarga,
  • Situasional,
  • Nilai-nilai,
  • Norma dan
  • Variable-variable bauran pemasaran
  1. Faktor faktor individual, yang meliputi;
  • Persepsi,
  • Motiv,
  • Pengolahan informasi,
  • Pembelanjaan,
  • Sikap & keyakinan,
  • Pengalaman dan
  • Konsep diri

Manfaat dan pentingnya mengetahui sikap Konsumen

Anda sebagai produsen produk tentu sangat penting mengakaji prilaku konsumen sasaran anda. Hal tersebut mulai dari mempelajari psikologis konsumen, siapa konsumen anda, apa yang diharapkan konsumen anda, kapan mereka membeli, siapa yang mempunyai inisiatif tersebut, siapa yang memperlihatkan imbas konsumen untuk melaksanakan pembelian, siapa pengambil keputusan, siapa yang melaksanakan proses pembelian, siapa yang memakai produk sesudah mereka beli, alasan konsumen membeli produk tersebut, apa yang saja diketahui konsumen mengenai produk yang mereka beli, dan masih banyak lagi.

Selain diatas ada dua alasan penting mengkaji pentingnya prilaku konsumen,

  • Konsumen ditempatkan sebagai sentral perhatian dalam hal pemasaran yang melipuiti; mempelajari apa yang diharapkan & di inginkan konsumen pada ketika ini merupakan hal penting diketahui. Dengan memahami harapan konsumen akan menuntun pemasar pada pemasaran yang lebih sempurna dan efisien. Misalnya ketika ketika pemasar mengetahui bahwa konsumen yang menginginkan produknya hanya sebagian kecil dari suatu populasi, & dengan karateristik khusus, maka upaya pemasaran difokuskan pada kelompok tersebut.

Dengan memfokuskan diri pada upaya pemasaran yang tertarget, maka biaya promosi yang dikeluarkan akan lebih murah dan efisien.

  • Perkembangan industri perdagangan ketika ini memperlihatkan lebih banyak penawaran daripada permintaan. Peningkatan penawaran tanpa diikuti permintaan akan menjadikan banyaknya produk yang tidak terjual. Kelebihan penawaran ini disebabkan aneka macam faktor sepert kualitas barang yang tidak layak, tidak memenuhi apa yang dicari dan diharapkan konsumen, atau konsumen tidak mengetahui keberadaan daerah produk yang ditawarkan. Dari tiga faktor kelebihan penawaran diatas dua faktor pertama bekerjasama eksklusif dengan konsumen

Selain dua alasan diatas pentingnya mempelajari prilaku konsumen, Mowen (1995) memperlihatkan pendapatan mengenai manfaat mengetahui prilaku konsumen

  • Membantu manajemen jenjang atas dalam mengambil keputusan
  • Memberikan pengetahuan kepada para peneliti pemasaran atas dasar pengetahuan analisis konsumen
  • Membantu legistalor dan regulator dalam menciptakan aturan dan peraturan yang bekerjasama dengan pembelian dan penjualan
  • Membantu konsumen dalam pengambilan keputusan yang lebih baik.
Ruang Lingkup Prilaku Konsumen

Ruang lingkup prilaku konsumen akan dilanjutkan berikutnya

sumber:

  1. BAB II KAJIAN TEORI A. Perilaku Konsumen
  2. ilmu sikap konsumen – Universitas Brawijaya
  3. Perilaku Konsumen pdf

Sumber https://www.cekkembali.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perilaku Konsumen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel