8 Tips Cara Menciptakan Tabel Di Microsoft Word Yang Sempurna!
Membuat tabel di Microsoft Excel mungkin sudah biasa anda lakukan. Namun, bagaimana jikalau menciptakan tabel di Microsoft Word? Anda tepat tiba ke artikel ini sebab disini, anda akan menemukan cara menciptakan tabel di Microsoft Word yang tepat dan manis untuk laporan atau apapun dokumen yang anda buat.
1. Cara menciptakan tabel
Mari kita mulai dari dasarnya dulu. Cara tercepat dalam menciptakan tabel yaitu dimulai dari sajian Insert (1) > Table (2) dan tentukan berapa banyak kolom & baris yang ingin anda buat dan klik (3) untuk membuatnya menyerupai gambar diatas.
Jika kolom atau baris dirasa masih kurang sesudah anda menciptakan tabelnya, anda sanggup memakai tombol “+” di antara baris maupun kolom menyerupai animasi diatas.
Tips selanjutnya yaitu melaksanakan seleksi baris maupun kolom dengan cepat. Yang perlu anda lakukan ialah arahkan kursor anda ke area luar dari tabel. Untuk menyeleksi satu kolom, pastikan kursor anda berkembang menjadi kursor tanda panah kebawah berwarna hitam. Untuk menyeleksi baris, perhatikan kursor dengan arah kursor terbalik dari biasanya menyerupai animasi diatas.
Setelah anda melaksanakan seleksi, tentu anda sanggup melaksanakan pengubahan sesuka hati dengan banyak opsi yang diberikan Microsoft Word. Misalnya saja memperlihatkan warna terhadap baris, dengan cara klik sajian Design > Shading dan pilih warna yang anda inginkan.
TIPS: Klik icon menyerupai gambar untuk menyeleksi seluruh isi satu tabel
2. Mengkonversi teks ke tabel dan sebaliknya
Pernahkah anda mendapat data dalam bentuk teks dalam bentuk struktur Tabular dan anda ingin mengubahnya menjadi tabel? Anda sanggup melakukannya di Microsoft Word dan sanggup dilakukan hanya dalam 3 detik saja.
Langkah pertama ialah seleksi dulu seluruh data tabular yang anda miliki (1). Klik sajian Insert (2) > Table (3) > Convert text to Table… (4). Kemudian, anda sanggup diberikan opsi untuk memformat tabelnya. Jika sudah puas, klik saja OK. Maka balasannya akan menjadi menyerupai dibawah ini.
Terlihat pada gambar diatas bahwa data tabular anda telah berkembang menjadi tabel dan siap untuk anda ubah jikalau dirasa kurang.
Untuk melaksanakan hal yang sebaliknya, seleksi seluruh tabel (1) dan klik sajian Layout (2) dan klik Convert to Text (3).
Kemudian, silahkan pilih sesuai kemauan anda. Disini, saya memakai opsi “Commas” biar data dalam tabel di pisahkan dengan koma. Jika sudah, klik OK. Maka balasannya kembali menyerupai semula.
3. Memberikan nomor secara otomatis
Di Excel, anda sanggup memperlihatkan nomor secara otomatis dengan cara yang mudah. Anda sanggup melakukannya di Microsoft Word, namun dengan cara yang berbeda.
Seleksi kolom atau baris yang ingin anda berikan nomor, kemudian pada sajian Home, klik pada Bullets & Numbering dan klik opsi angka menyerupai animasi diatas.
4. Mengatur ukuran kolom dan baris
Dengan memakai Ruler, anda sanggup mengatur ukuran kolom dan baris dengan mudah. Ruler secara bawaan disembunyikan oleh Microsoft Word semenjak versi Office 2007. Untuk menampilkan Ruler di Microsoft Word, klik sajian View dan klik “Ruler”.
Untuk mulai mengatur ukuran kolom dan baris, silahkan klik tabel anda. Kemudian, anda sanggup menggeser ukuran kolom maupun baris dengan memakai Ruler menyerupai animasi diatas. Anda juga sanggup memakai garis-garis pada tabel untuk memperbesar atau memperkecilnya.
5. Mengubah kolom menjadi baris atau sebaliknya
Di Microsoft Excel, perintah “Transpose” menciptakan posisi kolom menjadi baris maupun sebaliknya. Ada beberapa situasi dimana anda harus menukar posisi kolom dan baris, sehingga cara ini harus anda pelajari untuk melaksanakan hal tersebut.
Namun, opsi transpose hanya dimiliki oleh Microsoft Excel saja, sehingga anda harus memindahkan tabel yang ada di Microsoft Word ke Excel untuk melakukannya.
Untuk melakukannya, copy dulu tabel yang ada di Microsoft Word ke Excel. Kemudian, anda copy atau cut tabel yang ada di Excel. Pada sajian Home, klik Paste dan pilih opsi “Transpose”.
Setelah anda melaksanakan transpose, copy kembali dan paste ke Microsoft Word anda.
6. Menggunakan ulang tabel yang telah anda buat
Jika anda sering sekali menciptakan tabel yang sama di dokumen yang sama maupun di dokumen lainnya, anda sanggup memakai fitur Quick Parts yang ada di Microsoft Word, sehingga anda tidak perlu repot-repot menciptakan ulang tabelnya.
Untuk melakukannya, pilih tabel anda. Kemudian, klik sajian Insert > Text > Quick Parts > “Save Selection to Quick Part Gallery…”. Kemudian, berikan info mengenai Quick Parts yang anda buat.
Jika ingin memakai Quick Parts, klik lagi sajian Insert > Text > Quick Parts dan eksklusif pilih. Anda juga sanggup mengklik “Building Blocks Organizer…” untuk melihat seluruh Quick Parts yang pernah anda buat.
7. Menambahkan caption pada tabel dan menggunakannya sebagai daftar isi tabel
Caption sangat berkhasiat untuk memperlihatkan judul terhadap tabel yang anda buat. Caranya sangat gampang menambahkan caption.
Seleksi seluruh tabel, kemudian klik kanan pada tabel dan klik “Insert caption”. Berikan nama caption dan jikalau sudah, klik OK. Maka tampilannya akan menyerupai diatas. Tentu anda sanggup mengatur format caption dengan gampang jikalau tampilannya dirasa tidak pas.
8. Copy dan Paste tabel untuk Email
Jika anda diminta untuk mengirimkan tabel yang telah anda buat di Microsoft Word melalui email, anda sanggup Copy dan Paste selayaknya anda memakai aplikasi Office lainnya. Hal ini sangat efektif, apalagi jikalau tabel anda miliki sangat kompleks dan membuatnya eksklusif lewat aplikasi Email sangat merepotkan.
Seperti terlihat pada gambar diatas, saya memakai aplikasi Mail di Windows 10. Saya sanggup dengan gampang Copy & Paste tabel yang saya buat di Microsoft Word ke aplikasi email. Bahkan, anda juga sanggup melakukannya di Email lain menyerupai Gmail dan Yahoo menyerupai gambar dibawah ini.
Cara menciptakan tabel di Microsoft Word telah anda pelajari
Tips-tips yang anda pelajari di artikel ini sangat bermanfaat biar anda sanggup menciptakan tabel lebih cepat dan lebih manis lagi, walau anda tidak memakai Excel. Lalu, apakah anda mempunyai tips lain dalam menciptakan tabel di Microsoft Word? Yuk bagikan pengalaman ada di kotak komentar dibawah.
Sumber aciknadzirah.blogspot.com
0 Response to "8 Tips Cara Menciptakan Tabel Di Microsoft Word Yang Sempurna!"
Posting Komentar