-->

iklan banner

Contoh Asimilasi Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh asimilasi yang dibahas di postingan ini sering disebutkan dalam pelajaran ilmu sosial. Asimilasi ialah perpaduan atau peleburan unsur-unsur kebudayaan yang berbeda menjadi satu bentuk budaya baru. Kadang kala orang galau membedakan mana asimilasi mana akulturasi. Kedua istilah tersebut memang sering dipakai secara bergantian.


Saya menyarankan untuk menghapal kata kuncinya supaya sanggup membedakan keduanya. Asimilasi menghilangkan unsur-unsur budaya lama, sedangkan akulturasi tidak. Itulah kunci perbedaan keduanya yang jamak diketahui.


Baca juga: Pengertian Budaya dan Unsur-Unsurnya







Jika merujuk pada pendapat tokoh kondang sosiologi Indonesia Soerjono Soekanto, asimilasi ialah proses sosial yang ditandai dengan adanya usaha-usaha mengurangi perbedaan-perbedaan yang terdapat antara orang-perorang atau kelompok-kelompok insan yang mencakup usaha-usaha untuk mempertinggi kesatuan tindakan, sikap, proses mental dengan memperhatikan tujuan dan kepentingan bersama.


Bagaimana perpaduan atau perjuangan mengurangi perbedaan itu terjadi? Untuk membantu menjawab pertanyaan ini, saya akan paparkan beberapa teladan asimilasi. Asimilasi sanggup terjadi pada level individu, kelompok, atau budaya kelompok yang lebih luas.


Contoh asimilasi yang dibahas di postingan ini sering disebutkan dalam pelajaran ilmu sosi Contoh Asimilasi dalam Kehidupan Sehari-Hari


Contoh asimilasi dalam sosiologi


√ Kawin campur


Pernikahan beda etnis atau ras merupakan salah satu teladan asimilasi. Anak yang dihasilkan dari proses kawin campur biasanya menawarkan peleburan warna kulit dan paras dari pasangannya. Misalnya orang Indonesia yang menikah dengan bule Amerika menghasilkan anak yang berparas belesteran. Asimilasi sendiri menekankan pada prosesnya. Jadi, kita sanggup menyebutkan bahwa anak blesteran ialah produk asimilasi, sedangkan kawin campur ialah proses asimilasi.






√ Singaporean English


Dikenal dengan bahasa Singlish, kata masyarakat Singapura kontemporer. Jika mendengar kebanyakan orang Singapura ngomong bahasa Inggris, kita sanggup mengira ada suatu kecacatan dalam logat atau dialeknya. Bahasa Inggris ialah bahasa yang paling banyak ditutur oleh masyarakat Singapura. Logat melayu Singapura yang kental berbaur dengan bahasa Inggris menjadi Singlish. Sebenarnya, tidak hanya orang Singapura, orang India misalnya, yang ngomong bahasa Inggris juga medok sekali logat Indianya. Bahasa Inggris medok ialah teladan asimilasi linguistik.


√ Asian American


Orang asia yang merupakan salah satu etnis minoritas di Amerika Serikat fasih berbahasa Inggris dan mengadopsi norma dan nilai yang berorientasi pada budaya Amerika. Kulit kuning yang dimiliki menciptakan orang lain gampang mengira bahwa ia orang Asia. Namun ia lebih bahagia mengidentifikasi dirinya sebagai orang Asia Amerika. Asian American, begitulah sebutan umumnya merupakan salah satu etnis minoritas yang berhasil melaksanakan proses asimilasi di Amerika Serikat.


√ Hari Minggu libur


Hari libur di Indonesia yang paling sering ialah hari Minggu. Jika kita mendengar istilah tamat pekan, maka yang muncul di pikiran ialah hari Sabtu dan Minggu. Sabtu sebagai awalnya, Minggu sebagai puncaknya. Mengapa hari Minggu libur? Kalo dipikir secara kritis, kita, pertama-tama harus sadar bahwa Minggu Libur ada sejarahnya. Minggu libur ialah hasil dari kesepakatan. Konon, tradisi Minggu libur berasal dari barat. Ya, saya sangsi kalo Minggu libur ialah budaya orisinil Indonesia. Minggu libur ialah teladan asimilasi.






√ Merayakan valentine


Tidak jauh beda dengan Minggu sebagai hari libur, ikut merayakan valentine di Indonesia sanggup dianggap sebagai proses asimilasi pada level individu. Ketika seseorang dari tanah Papua merantau ke Eropa, lalu ikut merayakan Halloween di sana, ia sedang melaksanakan proses asimilasi dengan kultur mayoritas masayarakat di sana. Halloween sendiri bukan murni dari Eropa, artinya proses penyesuaian kultur yang dilakukan oleh anak Papua menawarkan tahapan asimilasi yang berlapis-lapis. Ikut merayakan halloween, valentine, dan semacamnya dimanapun berada sebagai orang Papua merupakan teladan asimilasi pada level invidual.


Hampir sama dengan akulturasi, asimilasi dalam sosiologi sering dipakai untuk menjelaskan fenomena kelompok minoritas yang menyesuaikan diri dengan kultur, nilai, norma yang dianut mayoritas. Kaum imigran ialah salah satu subjek yang sering dilibatkan dalam studi mengenai proses asimilasi. Namun demikian, definisi sederhana dari asimilasi sebetulnya lebih luas dari penyesuaian kaum imigran terhadap budaya mayoritas setempat. Seperti yang sudah disampaikan di awal, asimilasi merupakan perpaduan, pencampuran, peleburan dari kultur yang berbeda menjadi kultur baru.


Baca juga: Contoh Akulturasi dalam Kehidupan Sehari-Hari



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh Asimilasi Dalam Kehidupan Sehari-Hari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel