-->

iklan banner

√ Inilah Jenis Alat Musik Dari Seluruh Dunia Yang Perlu Kau Tahu

Alat musik adalah suatu instrumen yang dibentuk atau dimodifikasi untuk tujuan menghasilkan musik. Pada prinsipnya, segala sesuatu yang sanggup menghasilkan bunyi dan dengan cara tertentu sanggup diatur oleh seorang musisi, sanggup disebut juga sebagai alat musik. Walaupun demikian, istilah ini umumnya diperuntukkan bagi alat yang khusus ditujukan untuk musik. Dan bidang ilmu yang mempelajari alat musik disebut organologi.


Sebelum mengetahui lebih dalam lagi mengenai organologi ada baiknya kita mengenal dulu banyak sekali macam alat musik yang ada di dunia. Berikut beberapa alat musik yang ada diseluruh dunia tersebut.


 


Alat musik benua Afrika


Alat musik adalah suatu instrumen yang dibentuk atau dimodifikasi untuk tujuan menghasilkan  √ Inilah Jenis Alat Musik dari Seluruh Dunia yang Perlu Kamu Tahu

sumber gambar: kembangpete.com


Udu


Udu merupakan alat musik perkusi yang dimainkan dengan cara ditabuh, alat musik ini berasal dari Nigeria, Afrika. Sebenarnya, Udu merupakan sebuah ember yang terdapat lubang di salah satu sisinya yang digunakan sebagai daerah untuk menyimpan air dan makanan. Selain, berfungsi sebagai daerah penyimpanan, Udu juga digunakan sebagai salah satu instrumen musik utama di banyak sekali negara di Afrika. Biasanya Udu terbuat dari tanah liat maupun bebatuan. Namun, pada umumnya Udu yang terbuat dari tanah liat sanggup menghasilkan bunyi yang lebih bagus, tetapi mudah pecah karena rapuh.


Kalimba


Kalimba atau yang disebut juga dengan thumb piano (piano jempol) yakni alat musik jenis perkusi versi modern, hasil penemuan dari alat musik tradisional afrika, yaitu mbira.


Mbira


Dalam musik Afrika, Mbira (Likembe, Mbila, piano Thumb ,Mbira Huru, Mbira Njari, Mbira Nyunga Nyunga, Karimbao atau Kalimba) merupakan alat musik yang terdiri dari papan kayu yang terhuyung kunci logam yang terpasang.


Marakas


Marakas atau dalam bahasa gila disebut juga sebagai Maracas, Maracax’a, Maraca’ Mbara’ka, di kategorikan dalam alat musik perkusi. Pada masa lampau instrumen ini dimainkan secara tunggal, biasanya sebagai media penyembuhan dalam banyak prosesi ritual hampir di seluruh Afrika, Amerika Selatan dan Karibia.


Djimbe


Djimbe atau yang disebut juga dengan Djembe merupakan salah satu alat musik perkusi ritmis yang paling terkenal diseluruh dunia. Menurut salah seorang peneliti alat musik, Djimbe merupakan hasil kreasi orang di Sierra Leone, Afrika. Menurut dia, cikal bakal dari Djimbe sendiri juga berakar dari Sangba.


Vuvuzela


Alat Musik Khas Afrika Vuvuzela sering menjadi topipembicaraan dan perdebatan / kontroversi. Vuvuzela merupakan alat musik khas Afrika yang awalnya terbuat dari tanduk Antelop atau Kudu. Alat musik ini sering digunakan sebagai alat untuk mengumumkan adanya upacara watak atau acara-acara meriah di Afrika Selatan.


 


Alat musik benua Eropa


Alat musik adalah suatu instrumen yang dibentuk atau dimodifikasi untuk tujuan menghasilkan  √ Inilah Jenis Alat Musik dari Seluruh Dunia yang Perlu Kamu Tahu

sumber gambar: suharto60.wordpress.com


Lyra


Alat musik Lyra mulai dikembangkan pada kurun ke-8, dan mendekati kesempurnaan pada kurun ke-14. Lyra sering dikenal dengan nama Rahmenharfe (Harpa berbingkai) sedangkan di Inggris dan Irlandia dikenal sebagai Chythara Anglica.


Leier


Leier dikenal sebagai penggerak gitar kurun ke-5, lalu mengalami penyempurnaan pada kurun ke-7/9 ke bentuk bundar (hampir sama dengan bentuk sekarang). Alat musik ini sering dikenal juga dengan nama Cythara Teutonica.


Psalterium


Alat musik ini pertama kali dikenal pada abad ke-9, yang juga merupakan sebagai bentuk awal dari Zither. Lalu sekitar kurun ke-13/14 berkembang lagi dengan prosedur alat pukul yang lalu lebih dikenal sebagai Clavicymbal.


Dudelsack


Dudelsack atau yang sering disebut juga seruling dengan tabung kulit hewan sebagai simpanan udara (seruling skotlandia).


 


Alat musik benua Asia


Alat musik adalah suatu instrumen yang dibentuk atau dimodifikasi untuk tujuan menghasilkan  √ Inilah Jenis Alat Musik dari Seluruh Dunia yang Perlu Kamu Tahu

sumber gambar: prayogandoet.blogspot.com


Gambus


Gambus merupakan alat musik petik yang berbentuk ibarat mandolin dan berasal dari Timur Tengah. Biasanya paling sedikit gambus dipasangi 3 senar dan paling banyak 12 senar.


Gendang


Gendang merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Indonesia. Gendang biasanya terbuat dari kayu berukuran sedang yang tengahnya dilubangi dan kedua sisinya ditutup memakai kulit sapi, kambing, ataupun kerbau. Selain itu, ada banyak sekali macam jenis gendang yang dikelompokkan menurut ukurannya.


Tabla


Tabla merupakan instrumen musik perkusi yang paling terkenal di India (dari keluarga membranofon). Alat musik ini biasa digunakan dalam musik klasik Hindustan serta dalam musik terkenal dan peribadatan.


Koto


Koto merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Jepang. Alat musik ini hampir ibarat dengan Zheng dari China, Yatga dari Mongolia, Gayageum dari Korea dan juga Djan Tranh dari Vietnam. Ukuran Koto sendiri sekitar 180 cm (71 inch) panjang, dan terbuat dari kayu Kiri (Paulownia tomentosa).


Yueqin


Nama lain dari Yueqin yakni gitar bulan, bulan-sitar, gekkin, la Qin atau laqin. Ini yakni alat musik tradisional yang berasal dari China. Legenda menyebutkan, jenis gitar ini sudah ada dari zaman dinasti Qin.


 


Alat musik dari benua Amerika


Alat musik adalah suatu instrumen yang dibentuk atau dimodifikasi untuk tujuan menghasilkan  √ Inilah Jenis Alat Musik dari Seluruh Dunia yang Perlu Kamu Tahu

sumber gambar: referensibisnis.com


Guiro


Alat musik guiro, multi guiro, torpedo merupakan ragam labu dan tiruan labu kering dengan aneka macam guratan pada kulit luarnya. Alat musik ini juga hampir ibarat dengan marakas yang berasal dari Peru.


Drum kayu dan kulit


Alat musik drum kayu dan kulit merupakan alat musik peningggalan dari suku indian aztek , maya, dan inca. Tak banyak isu yang saya dapatkan wacana alat musik ini, sebab kurangnya isu yang meng-explore tentang alat musik ini.


Claves


Claves merupakan alat musik yang terbuat dari pasangan kayu keras yang lalu dimainkan dengan cara saling di pukulkan antara satu dengan yang lainnya. Lebih ibarat dengan kentongan yang ada di Indonesia, bedanya alat musik ini nggak ada lubang resonansinya ibarat halnya kentongan.


Demikian yang sanggup saya sampaikan, biar sanggup bermanfaat dan menambah wawasanmu. Jangan lupa untuk membaca juga macam-macam alat musik ritmis.


 





Sumber https://carajuki.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Inilah Jenis Alat Musik Dari Seluruh Dunia Yang Perlu Kau Tahu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel