-->

iklan banner

Jurusan Teknik Bioproses

Jurusan Teknik Bioproses – Kali ini saya akan membahas sebuah prodi yang mungkin masih absurd untuk adik adik Sekolah Menengan Atas yang akan melanjutkan ke jenjang perkuliahan, yaitu “teknik bioproses”.


Apasih Teknik Bioproses itu?


Menurut Wikipedia, Teknik bioproses atau teknik biokimia (Bahasa Inggris: biochemical engineering) ialah cabang ilmu dari teknik kimia yang berafiliasi dengan perancangan dan konstruksi proses produksi yang melibatkan biro biologi. Agensia biologis sanggup berupa mikroorganisme atauenzim yang dihasilkan oleh mikroorganisme. Sebelumnya, bedakan antara Teknik Bioproses di Universitas Brawijaya, dengan Teknologi Bioproses di Universitas Indonesia. Walaupun sama sama “bioproses”, tetapi penggunaan kata “Teknik” dengan “Teknologi” tentu berpengaruh.


Apa aja beda antara Teknik Bioproses dengan Teknologi Bioproses?



  1. Teknologi Bioproses UI sudah punya lulusan, sedangkan Teknik Bioproses UB belum. Wajar, alasannya ialah UI udah lebih dulu punya Bioproses ketimbang UB. Saat ini, di UB gres ada 4 angkatan, yaitu angkatan 2010, 2011, 2012, dan 2013 (angkatan saya).

  2. Teknologi Bioproses UI masuk di Fakultas Teknik, sedangkan Teknik Bioproses UB masuk Fakultas Teknologi Pertanian. Apakah ini mengindikasikan bahwa Teknik Bioproses UB cenderung ke Pertanian? Tidak juga. Sampai ketika ini, detik ini, saya tidak menyentuh mata kuliah wacana pertanian sedikitpun. Sesungguhnya, teknik dan pertanian ialah hal yang tidak sanggup dipisahkan, mungkin itu salah satu alasan mengapa Teknik Bioproses Universitas Brawijaya dibawah naungan Fakultas Teknologi Pertanian.


Apa sajakah yang dipelajari di Teknik Bioproses?


Dari judulnya saja “teknik”, tentu banyak di Fisika. Kimia dan matematika juga harus kuat tentunya. Dan alasannya ialah Teknik Bioproses UB dibawah naungan Fakultas Teknologi Pertanian, kita juga berguru manajemen, bisnis, pokoknya hal hal yang berafiliasi dengan pertanian dan bagaimana me-manage hal tersebut. Tapi, jangan berkecil hati alasannya ialah Bioproses UB berada dibawah Fakultas Teknnologi Pertanian.


Akreditasi Fakultas Teknologi Pertanian di Universitas Brawijaya sudah ratifikasi internasional, bersama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Dan ratifikasi nasional sudah mengatakan grade “A”, yang artinya sangat baik. Jika dilihat dari kurikulum antara UB dengan UI, ada mata kuliah yang ada di TBP UB dan tidak ada di TBP UI begitupun sebaliknya. Seperti pada TBP UB, ada mata kuliah Robotika, sedangkan di TBP UI punya mata kuliah seni/olahraga. Mata kuliah yang ada di keduanya pun intinya sama, hanya beda penyebutan. Tapi ya, sesudah saya bandingkan, kayaknya TBP UB mata kuliah yang di tawarkan ‘Lebih Teknik’ di bandingkan TBP UI.


Prospek kerja lulusan Teknik Bioproses dengan Teknologi Bioproses


Lalu, apakah prosepek kerja lulusan Teknik Bioproses dengan Teknologi Bioproses, itu sama? Jelas berbeda. Teknologi Bioproses lebih ke Teknologi nya, menyerupai proses-prosesnya. Sedangkan Teknik Bioproses sanggup ke bab Teknologinya dan bab Keteknikannya. Kamu bahkan sanggup merambah dunia Perbengkelan alasannya ialah ada mata kuliah perbengkelan di semester 5. Kalau mau nyempil ke gizi dan pangan pun bisa, alasannya ialah ada mata kuliah kimia pangan. Mau ke teknik lingkungannya? Bisa, alasannya ialah TBP UB memiliki mata kuliah analisis lingkungan.


Demikian ulasan singkat wacana Jurusan Teknik Bioproses. Semoga bermanfaat ya. Kami tunggu kau untuk bergabung di jurusan ini. 🙂



Sumber https://halokampus.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jurusan Teknik Bioproses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel