-->

iklan banner

Kesulitan Dan Solusinya Dalam Mengelola Forum Kursus Komputer

Ada salah satu pembaca yang bertanya kepada kami, ihwal apa saja kesulitan dalam mengelola forum kursus computer, sayang pertanyaanya tidak spesifik, contohnya kesulitan dalam mendapat akseptor kursus, kesulitan dalam mengurus perizinan, kesulitan dalam mengelola manajemen lembaga. Untuk itu dalam artikel ini kami akan membahas beberapa kesulitan dalam mengelola forum kursus computer ini secara umum saja.

Ada salah satu pembaca yang bertanya kepada kami Kesulitan dan Solusinya Dalam Mengelola Lembaga Kursus Komputer

Berikut beberapa permasalahan yang sering dihadapi oleh pengelola yang gres menjalankan perjuangan kursus komputer. Baca hingga tuntas untuk menemukan solusi dari permasalahan yang mungkin sama dengan permasalahan pengelolaan forum kursus yang sedang anda kelola.

 Mengurus Izin Operasional Kursus

Mengurus izin operasional forum kursus tidak sulit, asal kelengkapan manajemen sudah sesuai, prosedurnya sesuai, maka perizinan pun akan segera diperoleh. Tapi faktanya banyak juga yang mengeluhkan sulitnya mengurus izin operasional tersebut.

Pada dasarnya setiap masyarakat mempunyai kesempatan yang seluas-lusnya untuk berpartisipasi dalam penyelenggaraan pendidikan, khususnya melalui aktivitas kursus.  Kursus sebagai salah satu satuan pendidikan pada jalur pendidikan nonformal sangat fleksibel dengan kebutuhan masyarakat dan tuntutan dunia usaha/industri.

Beberapa hal yang harus dipahami sebelum mengurus izin operasional tersebut antara lain;

A. Dasar Hukum
Dasar aturan penyelenggaraan forum kursus komputer ini adalah:

  • Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 ihwal Sistem Pendidikan Nasional
  • Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 ihwal Pemerintahan Daerah
  • Undang-undang Nomor 34 Tahun 2004 ihwal Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah
  • Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 ihwal Standar Nasional Pendidikan
  • Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 1998 ihwal Pembinaan Kursus dan Pelatihan Kerja
  • Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 261 /U/1999 ihwal Penyelenggaraan Kursus

B. Penerbitan Izin Kursus
Izin kursus diterbitkan oleh Bupati/Walikota atau Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota atas nama bupati/walikota, sebagai bentuk pemberian legalitas atas penyelenggaraan kursus di wilayah kerjanya.

C. Masa Berlaku Izin Operasional
Izin kursus berlaku 4 (empat) tahun dan sanggup diperpanjang kembali dengan mengajukan permohonan perpanjangan dengan melampirkan persyaratan-persyaratan yang berlaku.

Apabila forum yang mengajukan izin pendirian belum memenuhi persyaratan maka pemerintah kawasan sanggup menerbitkan surat terdaftar hingga forum tersebut memenuhi persyaratan untuk jangka waktu paling usang 6 (enam) bulan.

D. Persyaratan Mengajukan Izin Operasional
Izin penyelenggaraan kursus bagi forum perseorangan, kelompok orang, forum sosial/yayasan, perseroan terbatas harus melengkapi:

  1. Program dan isi pendidikan dalam bentuk struktur kurikulum
  2. Jumlah dan kualifikasi pendidik dan tenaha kependidikan
  3. Sarana dan prasaeana yang memadai baik jumlah dan kualitasnya
  4. Pembiayaan yang diuraikan dalam komponen biaya investasi, biaya personal (yang harus dikeluarkan oleh akseptor didik).
  5. Rencana sistem penilaian dan sertifikasi
  6. Rencana manajemen dan proses pendidikan dalam bentuk uraian manajemen pengendalian mutu dan metodologi pembelajaran
  7. Persyaratan lain mengenai perizinan kursus yang bersifat manajemen ditentukan oleh Pemda setempat

Izin penyelenggaraan kursus bagi tubuh perjuangan yang didirikan dalam rangka penanaman modal gila ditambah persyaratan berikut:

  • Kerjasama dengan forum kursus yang sudah mendapat ijin
  • Mendapatkan rekomendasi dari Departemen Pendidikan Nasional
  • Mendapatkan izin/keterangan penanaman modal gila dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan izin/keterangan dari Departemen Tenaga Kerja bagi yang memakai tenaga kerja asin

Ketentuan khusus:
Sekolah, akademi tinggi atau institusi lain yang menyelenggarakan kursus untuk masyarakat umum dengan memanfaatkan sarana/prasarana milik pemerintah sanggup diberikan izin kursus sepanjang tidak bertentangan dengan peraturan-perundangan yang berlaku.

E. Prosedur Pengurusan Izin
Untuk mengurus izin operasional kursus komputer, proseduralnya menyerupai ini:

  • Calon penyelenggara kursus mengajukan izin untuk setiap jenis kursus yang akan diselenggarakan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dengan melampirkan persyarata-persyaratan yang ditentukan.
  • Lembaga kursus yang telah memperoleh izin harus memperpanjang izin kursus selambat-lambatnya satu bulan sebelum izin kursus berakhir dengan melampirkan fotocopy izin penyelenggaraan kursus sebelumnya dan persyaratan lain sesuai ketentuan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota

F. Biaya Pengurusan Izin Operasonal Kursus
Untuk biaya pengurusan izin operasional forum kursus komputer, tidak akan sama sau kawasan dengan kawasan lainnya. Untuk itu mengenai berapa jumlah atau nominal untuk pengurusan mendapat izin operasional tidak bisa admin tuliskan disini. Alangkah baiknya bapak/ibu untuk menanyakannya ke pihak terkait di kawasan asal masing-masing.

G. Kesulitan dan Solusinya
Kesulitan yang umumnya dihadapi oleh mereka yang sedang mengurus izin operasional adalah; menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan, mengurusnya kemana / instansi apa, ketemu dengan siapa yang akan mengurusi berkas anjuran izin operasional, durasi waktu menunggu izin operasional terbit. Bagi yang sudah terbiasa mengurusi hal-hal menyerupai ini, tentu tidak terlalu sulit, tapi bagi pemula ini akan menguras energi. Solusinya yaitu dengan meminta pinjaman orang lain yang bisa menuntaskan urusan izin operasional tersebut, tapi untuk pembelajaran jangan menyerahkan 100% alias terima bersih, artinya anda harus ikut juga biar mengetahui prosesnya menyerupai apa, biar kedepannya anda paham proses mengurus izin operasional tersebut.

Solusi Pengelolaan Lembaga Kursus Komputer

Memenej forum sebaik mungkin itu penting, dan sebaik-baiak memenej forum kursus yaitu dengan sistem pengelolaan yang sudah dirancang sebaik mungkin semenjak forum kursus tersebut didirikan.

Apa saja yang harus dikelola di forum kursus komputer tersebut?

Sebagaimana forum pada umumnya, maka entitas yang dikelola intinya sama, yaitu SDM, prasarana, dan keuangan. SDM terdiri dari tenaga pengajar / pelatih dan staf administrasi. Prasarana terdiri dari gedung, listrik, perangkat komputer, modul, proyektor dan lain sebagainya. Keuangan terdiri dari pengelolaan uang masuk dan uang keluar.

Pengelolaan SDM
Untuk pengelolaan SDM, bagi forum yang gres berdiri tidaklah terlalu repot, alasannya yaitu biasanya belum melibatkan banyak staf. Hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan SDM antara lain:

a. Absen karyawan
b. Absen akseptor kursus
c. Jadwal instruktur
d. Jadwal akseptor kursus

Pengelolaan Sarana dan Prasarana
Untuk pengelolaan Prasarana, mencakup pengelolaan untuk pengadaan tempat, pengadaan dan perawatan komputer dan periperalnya, pengadaan materi berguru berupa modul kursus komputer, dan alat pendukung kegiatan berguru lainnya. Dalam pengelolaan sarana dan prasarana gotong royong terdiri dari 4 kegiatan yaitu, kegiatan pengadaan, kegiatan penyimpanan, kegiatan pemeliharaan dan satu lagi kegiatan inventarisir.

Untuk memudahkan pengelolaan prasarana biasanya dibuatkan buku pengelolaan seperti;

a. Buku laporan pengadaan sarana dan prasarana
b. Buku lapran penyimpanan sarana dan prasarana
c. Buu laporan pemeliharaan
d. Buku inventaris sarana dan prasarana

Bentuk laporan tersebut bisa anda cari sendiri formatnya di mesin pencari, atau anda bisa berkonsultasi dengan forum lain untuk mendapat format yang ideal mengenai bentuk dan format buku laporan tersebut. Bisa berupa buku manual, atau yang sudah terkomputerisasi, tapi untuk forum awal cukup memakai yang bentuk manual saja alasannya yaitu aset yang dikelola belum banyak dan masih bisa diselesaikan dengan cara yang manual.

Pengelolaan keuangan
Pengelolaan keuangan mencakup uang masuk, baik dari akseptor kursus maupun sumber lainnya, uang keluar yang dipakai untuk kebutuhan operasional forum kursus.

Untuk memudahkan pengelolaan keuangan biasanya dibuatkan buku kas, jurnal, dan buku laporan keuangan lainnya. Bentuk buku pengelolaan keuangan bisa berupa buku manual maupun yang sudah terkomputerisasi. Mengelola keuangan dengan sistem gosip akan lebih mudah, tetapi belum terlalu epektif bila keuangan yang dikelola masih sedikit, silahkan gunakan yang manual saja sebelum nanti ke yang terkomputerisasi.

Solusi Pengembangan Lembaga Kursus Komputer

Pengembangan merupakan bab penting dari pengelolaan lembaga, pengembangan yang baik akan menegaskan eksistensi forum dimata masyarakat dan akan menggambarkan kemajuan forum kedepannya.

Beberapa kesulitan dalam pengembangan forum pada umumnya, termasuk pada forum kursus komputer yang sedang kita bangkit adalah, pengembangan pada meningkatkan jumlah akseptor kursus, pengembangan pada profesionalitas instruktur, dan pengembangan forum untuk membuka kelas gres termasuk membuka cabang baru.

Diantara pengembangan yang disebutkan tadi, pengembangan bagaimana mendatangkan akseptor kursus yaitu hal penting yang harus diutamakan. Pada dasarnya pengembangan yang lainnya juga perlu diperhatikan dan saling berkaitan, tetapi sumber utama hidup matinya forum kursus itu yaitu ada atau tidaknya akseptor kursus, banyak atau tidaknya akseptor kursus.

Semakin banyak akseptor kursus maka akan semakin banyak pula pemasukan keuangan, dan ini akan kuat terhadap operasional dan pengembangan lainnya. Jika pemasukan sudah balance, maka untuk membuatkan yang lainnya juga akan lebih mudah, alasannya yaitu setiap pengembangan memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Baca Strategi Mempromosikan Usaha Kursus Komputer

Kesimpulan

Yang perlu diingat adalah, setiap kegiatan bisnis ada permasalahannya sendiri-sendiri. Kaprikornus jangan mengalah atau mengeluh dengan permasalahan, tapi segera carikan solusi terbaiknya. Pun dalam mengelola forum kursus komputer, apalagi yang gres memulainya, niscaya akan banyak hambatan dan persoalan. Kendala dan masalah tersebut yaitu bab dari pekerjaan yang setiap ketika ada, dan orang-orang yang terlibat dalam pengelolaan tersebut harus tau, mencar tau, dan action untuk menuntaskan hambatan yang sedang dihadapi. Selesaikan secara bersama, dengan tim, biar beban tidak terlalu berat. Semoga sukses untuk semuanya!


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kesulitan Dan Solusinya Dalam Mengelola Forum Kursus Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel