12 Tips Cara Mencar Ilmu Memakai Excel Dengan Cepat
Ingin tahu bagaimana cara berguru menggunakan Excel dengan cepat? Entah anda pengguna komputer gres atau lama, pastinya anda tahu Microsoft Excel. Ya, Excel merupakan salah satu bab dari Microsoft Office ibarat Word, PowerPoint, dan Access. Banyak sekali hal yang sanggup anda lakukan di Excel. Dan mempelajari Microsoft Excel mulai dari awal mungkin menjadi hal yang cukup sulit untuk anda.
Daftar isi:
- Wajib untuk diketahui
- 1. Perhitungan dasar
- 2. Kalkulasi cepat dengan Autosum
- 3. Otomasi data sederhana dalam sel
- 4. Memformat angka
- 5. Membuat tabel
- 6. Membuat Chart/Grafik
- 7. Menggunakan Format Cell
- 8. Menggunakan fungsi manual
- 9. Menggunakan Conditional Formatting
- 10. Menggabungkan 2 kolom atau baris
- 11. Menggunakan template untuk mempercepat anda dalam bekerja dengan Excel
- 12. Menggunakan add-in untuk menambah fungsionalitas Excel
- BONUS TIPS: Cara Print Excel Yang Sempurna
Artikel ini tersedia dalam bentuk PDF. Silahkan d0wnl0ad 12 Tips Cara Belajar Menggunakan Excel Dengan Cepat ketika ini juga. Anda juga diperkenankan untuk membaginya ke keluarga dan teman-teman anda.
Untuk itulah artikel ini hadir untuk membantu dan memperkenalkan anda cara berguru menggunakan Excel beserta cara pengoperasian Excel dengan cepat. Semua tips yang ditulis ini merupakan perintah dasar yang harus anda pahami, sehingga anda sanggup mengembangkannya lagi.
Istilahnya ibarat ini: “Untuk menghitung luas segitiga, volume kerucut, dan menghitung integral, maka kita memerlukan pengetahuan dasar matematika ibarat pertambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian”. Istilah tersebut akan kita pakai di artikel ini, sehingga sesudah anda selesai membaca artikel ini, diperlukan anda sudah menguasai dasar dalam menggunakan Excel dan siap berguru hal baru.
Langsung saja, ini beliau tips-tips cara berguru menggunakan Excel dengan cepat.
Wajib untuk diketahui
Sebelum anda mengikuti tips dibawah ini, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui. Bagi anda yang benar-benar gres dalam menggunakan Excel, silahkan perhatikan ini.
Excel merupakan aplikasi pengolah data dengan menggunakan tabel atau populer dengan nama Spreadsheet. Pada gambar diatas, ada 3 hal yang harus anda ketahui.
- Dari kiri ke kanan layar atau sebaliknya (Horizontal), hal tersebut dinamakan Baris. Baris di Excel diwakilkan dengan angka yang berurutan dari 1 dan seterusnya.
- Dari atas ke bawah layar atau sebaliknya (Vertikal), hal tersebut dinamakan Kolom. Kolom di Excel diwakilkan dengan huruf yang berurutan dari abjad A dan seterusnya.
- Jika anda mengklik ruang kosong di halamannya, hal tersebut dinamakan Sel. Sel di Excel diwakilkan dengan kombinasi kolom dan baris seperti A1, B2, D10, dan lain-lain. Jika D10, maka sel tersebut berada di kolom D dan pada baris 10.
Setelah anda mengerti, silahkan ikuti tips berguru Excel dibawah ini.
1. Perhitungan dasar
Excel memang ditujukan untuk mengolah data berupa angka yang sanggup anda tambah, ubah, dan manipulasi sesuai impian anda. Nah, mempelajari bagaimana cara menghitung di Excel merupakan langkah awal untuk mengerti konsep keseluruhan.
Di Excel, untuk menghitung angka dan memanipulasi data lainnya mempunyai istilahnya sendiri yaitu menggunakan “Fungsi”. Fungsi bisa dikatakan “rumus” agar angka yang keluar sesuai yang kita inginkan. Untuk menciptakan Fungsi, anda harus klik kotak yang tersedia di Excel dan ketik tanda “=” (sama dengan).
Misalnya anda ingin menghitung 5 + 5. Anda niscaya sudah tahu kalau balasannya 10, jadi formula lengkapnya adalah “5 + 5 = 10”. Di Excel, tanda “=” diketik terlebih dahulu, gres diikuti dengan rumusnya. jadi, untuk menampilkan hasil pertambahan, silahkan ketik di Excel “=5+5”. Setelah anda tekan enter, maka balasannya akan keluar.
Berikut tanda/operator yang sanggup anda gunakan untuk perhitungan dasar di Excel:
- “+” Untuk melaksanakan operasi pertambahan.
- “-” Untuk melaksanakan operasi pengurangan.
- “*” (Tanda bintang/SHIFT + 8) Untuk melaksanakan operasi perkalian.
- “/” (Garis miring) Untuk melaksanakan pembagian
Pengembangan dan Latihan: Sekarang anda tahu perhitungan dasarnya. Silahkan anda menciptakan perhitungan kompleks ibarat rumus luas kerucut maupun yang lainnya dengan menggunakan operator diatas. Anda juga sanggup menggunakan tanda kurung untuk memprioritaskan perhitungan. Contoh: (2+3) x 2 = 10.
2. Kalkulasi cepat dengan Autosum
Setelah anda mempelajari bagaimana perhitungan dasar di Excel, ini saatnya untuk anda mencicipi salah satu kekuatan Excel yaitu Autosum. Autosum disini merupakan fungsi yang sanggup anda gunakan untuk kalkulasi cepat tanpa perlu repot-repot mengetahui rumus perhitungannya.
Misalnya anda ingin menjumlahkan 10 angka di 10 sel dalam 1 kolom atau baris. Anda cukup menyeleksi semua sel tersebut dan klik Home > Autosum. Maka semua sel tersebut akan dijumlahkan ibarat gambar diatas.
Selain penjumlahan, anda juga sanggup menggunakan fungsi-fungsi lainnya pada menu Autosum seperti gambar diatas. Penjelasan untuk masing-masing fungsi tersebut yakni sebagai berikut:
- SUM: Penjumlahan
- Average: Mencari nilai rata-rata.
- Count Numbers: Mendapatkan jumlah sel yang diseleksi.
- Max: Mencari nilai paling besar.
- Min: Mencari nilai paling kecil.
Pengembangan dan Latihan: Silahkan anda coba seluruh fungsi yang ada di Autosum. Anda juga sanggup mencoba fungsi lainnya diluar dari Autosum.
3. Otomasi data sederhana dalam sel
Dua tips sebelumnya mengharuskan anda untuk memasukkan data ke dalam sel. Sekarang, mari kita berguru bagaimana cara otomasi data, sehingga kita tidak perlu harus terus menerus menambah data. Ambil studi masalah ibarat ini.
Anda mempunyai tabel dengan kolom ‘nomor’. Nomor tersebut pastinya berisi dari nomor 1 hingga berapapun jumlah barisnya. Jika anda mempunyai data yang banyak, apakah anda harus mengetik semua nomor tersebut? Untungnya, Excel mempunyai fitur yang sanggup menjawab hal tersebut.
Silahkan anda ketik 1 di sel pertama. Kemudian ketik 2 di bawah dari angka 1 tadi atau disamping kiri atau kanannya. Kemudian, blok dua angka tersebut dengan cara klik kiri dan tahan dari sel A1 dan geser ke sel A2 seperti pada gambar diatas. Setelah anda blok, nanti dipojok kanan bawah blok tersebut, akan ada kotak berwarna hijau. Silahkan anda klik dan geser kebawah. Untuk percobaan kali ini, silahkan anda geser hingga ke sel A5.
Setelah anda geser, maka balasannya akan jadi ibarat gambar diatas. Hal ini sanggup terjadi, alasannya yakni di sel A1 dan A2 masing-masing terisi 2 angka, yaitu angka ‘1’ dan angka ‘2’. Excel mengakibatkan kedua angka tersebut patokan dan menemukan pola bahwa angka ‘1’ dan angka ‘2’ merupakan angka yang ditambah 1 dimulai dari sel A1. Jadinya, A1 ditambah 1 menjadi 2. Setelah menemukan polanya, Excel secara otomatis menghitungnya lagi ketika anda geser kebawah dan semuanya akan bertambah 1 sesuai dengan angka dalam sel sebelumnya.
Bahkan, anda sanggup melaksanakan hal tersebut terhadap fungsi atau rumus. Ketika anda klik tahan dan drag ibarat cara sebelumnya di sel yang ada rumus, Excel secara otomatis menerapkan fungsi yang sama namun dengan sumber data yang berbeda.
Pengembangan dan Latihan: Silahkan anda menciptakan pola lainnya dengan menggunakan fitur otomasi sel ini. Misalnya, buatlah biar urutan datanya menjadi 1, 3, 5, 7, dll. Lalu, coba juga jikalau anda memasukkan abjad kedalamnya. Misalnya anda masukkan No. 1, No. 2, No. 3, dll. Lakukan juga kedalam baris, bukan hanya kolom ibarat pada tutorial ini.
4. Memformat angka
Format angka dibutuhkan jikalau anda memasukkan data dengan jenis yang berbeda. Misalnya 100% tentu berbeda dengan Rp. 100. Walaupun anda mengetikkan sama-sama angka “100”, penggunaannya berbeda. Di Excel, anda sanggup megubah format angkanya sesuai dengan yang diinginkan.
Silahkan anda blok terlebih dahulu angka yang akan diubah formatnya. Kemudian pada bagian “Number”, klik sajian gulir bawah yang bertuliskan “General”. Kemudian pilih format angka yang anda inginkan.
Hasilnya sanggup anda lihat ibarat gambar diatas. Ketika saya memilih “Currency”, maka secara otomatis Excel akan mengubah formatnya menjadi format Rupiah.
Pengembangan dan Latihan: Silahkan anda ubah formatnya menjadi Rp. 1.000.000,00 dengan menggunakan cara diatas. Kemudian, ubah juga satuan uangnya, contohnya gunakan dolar Amerika atau menjadi Yen Jepang. Gunakan juga format angka lainnya ibarat tanggal.
5. Membuat tabel
Tips lainnya untuk cara berguru menggunakan Excel dengan cepat yakni menciptakan tabel. Dengan menciptakan tabel, data yang anda berikan sanggup diorganisir di Excel lebih gampang lagi. Jangan menganggap bahwa dengan mengisi data di sel-sel di Excel, data tersebut sudah menjadi Tabel. Anda perlu memformatnya terlebih dahulu, layaknya tips sebelumnya.
Silahkan anda blok terlebih dahulu data tabel anda. Kemudian, akan ada tombol suplemen di pojok kanan bawah ibarat gambar diatas. Klik bagian “Tables” dan klik “Table”.
Setelah anda melaksanakan hal tersebut, maka tampilannya akan menjadi ibarat diatas. Dengan data yang sudah menggunakan format tabel ini, anda sanggup melaksanakan beberapa hal. Contohnya saja ketika anda klik tanda panah bawah terhadap “Daftar Buku”, maka anda sanggup menyortirnya berdasarkan huruf. Misal dari A ke Z atau Z ke A.
Pengembangan dan Latihan: Silahkan anda coba menciptakan tabel dengan data yang lebih kompleks. Misalnya ada kolom nomor dan juga ada perhitungan untung dan rugi serta rata-rata menggunakan fungsi/rumus di Excel. Dan coba anda buat data tersebut di sortir berdasarkan untung terbanyak.
6. Membuat Chart/Grafik
Sebuah data dalam tabel akan lebih menarik dilihat jikalau dibuatkan sebuah grafik. Karena tampilan visual tentunya lebih menarik daripada hanya sekedar data angka saja. Dengan Excel, anda sanggup menciptakan grafik dengan gampang dan pilihan grafiknya sangat lengkap.
Untuk menciptakan grafik, anda perlu menentukan data yang akan ditampilkan. Pada gambar diatas, anda sanggup melihat bahwa penulis mempunyai dua buah tabel. Ada tabel harga buku di sebelah kiri dan tabel penjualan di sebelah kanan. Disini, penulis ingin menciptakan grafik/chart yang menampilkan mana buku yang paling banyak memperoleh untung.
Silahkan anda pilih kolom “Daftar Buku” dan juga kolom “Total Untung”. Gunakan tombol CTRL biar anda sanggup menyeleksi atau memblok dua kolom tersebut. Jadinya, blok terlebih dahulu kolom daftar buku lalu tekan tombol CTRL dan blok lagi kolom total untung.
Setelah selesai memblok dua kolom tersebut, silahkan klik menu “Insert” dan lihat pada bagian “Charts”. Disini, penulis akan menggunakan opsi “Recommended Charts”, dimana Excel sudah menyediakan jenis grafik yang sesuai dengan data yang penulis blok atau seleksi.
Silahkan pilih jenis grafik yang ingin anda pakai. Jika berdasarkan anda kurang cocok, anda sanggup mengklik tab “All charts” untuk melihat semua jenis grafik. Jika sudah menentukan jenis grafiknya, klik Ok.
Jika sudah, maka tampilannya akan ibarat diatas. Anda sanggup melihat bahwa buku Harry Potter adalah buku yang paling banyak untungnya. Anda juga sanggup mengubah tampilan grafik dengan cara mengklik tombol “+” seperti gambar diatas. Untuk informasi lebih lengkap dari pengubahan data grafik, mengubah tampilan, dan lain-lain, anda sanggup kunjungi artikel yang lebih lengkap di cara menciptakan grafik ini.
Pengembangan dan Latihan: Silahkan anda buat grafik dengan data yang lebih kompleks. Silahkan anda tambahkan persentase kedalam untung yang ada. Coba juga grafik lainnya.
7. Menggunakan Format Cell
Tidak terasa sudah hingga tips yang ke-7 dalam mempelajari cara berguru menggunakan Excel dengan cepat. Dengan Format Cell, anda sanggup melaksanakan banyak sekali hal menarik untuk mengubah tampilan teks dalam sel. Misalnya saja, anda ingin mengubah tampilan hurufnya menjadi miring. Hal tersebut tentu sanggup dilakukan di Excel.
Caranya yakni blok atau seleksi saja sel yang ingin diubah. Kemudian, klik kanan dan klik “Format Cell”. Kemudian pada bagian “Alignment”, geser saja dengan menggunakan pointer mouse pada bagian “Orientation” seperti gambar diatas. Jika sudah, klik Ok.
Pengembangan dan Latihan: Silahkan anda coba banyak sekali opsi lainnya di Format Cell. Seperti memperlihatkan warna pada teks, mengubah font, dan masih banyak lagi.
8. Menggunakan fungsi manual
Sebelumnya, anda sudah mempelajari bagaimana menggunakan fungsi di Excel, yaitu dengan mencoba fungsi Autosum. Semua itu sanggup anda lakukan dengan hanya mengklik fungsi yang ada. Namun terkadang, ketika data di Excel kita sudah banyak dan kompleks, ada beberapa kondisi dimana menggunakan fungsi ibarat cara sebelumnya tidak efektif. Untuk itulah, Excel juga sudah membenamkan fitur dimana kita sanggup memasukkan fungsi secara manual.
Kita akan mulai menggunakan fungsi yang gampang dulu, yaitu fungsi untuk menambah data yang ada. Untuk hal tersebut, silahkan anda buat data angka dulu minimal 2 sel. Kemudian pada sel berikutnya, anda sanggup ketik “=sum(” (tanda tanda petik). Kemudian silahkan anda seleksi atau blok data yang akan ditambahkan. Pada gambar diatas, penulis menentukan semua data yang ada di A1 hingga A5. Jika sudah, tekan enter.
Hasil dari pertambahan akan eksklusif muncul. Rumus atau fungsinya pun akan terlihat ibarat pada gambar diatas. Penjelasannya yakni untuk memasukkan fungsi secara manual, anda perlu mengetikkan simbol “=”, diikuti dengan nama fungsinya. SUM disini yakni fungsi untuk menambahkan data. Setelah itu, beri tanda “()” dan anda sanggup menentukan data yang akan ditambahkan. Fungsi lengkapnya menjadi “=namafungsi(data_pertama:data_terakhir)” dan akan menjadi “=sum(A1:A5)”.
Perlu anda ketahui juga bahwa Excel sangat fleksibel. Studi kasusnya ketika data anda ternyata ada kesalahan, namun anda sebelumnya sudah menghitung data tersebut. Jangan khawatir, ketika anda mengubah data tersebut, secara otomatis jumlah dari data tersebut pun juga akan berubah. Contohnya pada gambar diatas, dimana penulis mengubah data yang ada di sel A5 berwarna kuning. Maka hasil pertambahannya pun akan berubah juga.
Pengembangan dan Latihan: Silahkan anda gunakan fungsi manual ini terhadap fungsi-fungsi lainnya. Misalnya fungsi rata-rata. Untuk rata-rata, gunakan “=average”.
9. Menggunakan Conditional Formatting
Dengan Conditional Formatting, anda sanggup mengolah data dengan tampilan yang lebih interaktif lagi. Misalnya anda sanggup menambahkan visualisasi mengenai persentase data. Untuk lebih jelasnya, lihat gambar dibawah ini.
Pada gambar diatas, penulis menambahkan 2 jenis Conditional Formatting. Yang pertama yakni penambahan bar dengan warna biru dan penambahan tanda panah yang memperlihatkan persentase mana yang turun ataupun naik. Visualisasi ibarat ini sanggup membantu kita untuk melihat secara cepat data mana yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan.
Untuk melaksanakan hal tersebut, cukup pilih saja data yang akan di ubah, lalu pilih opsi “Conditional Formatting”. Lalu, pilih format yang anda inginkan. Seperti pola diatas, penulis menggunakan format “Data Bars”. Hasilnya sanggup dilihat eksklusif di data yang sudah anda seleksi sebelumnya.
Pengembangan dan Latihan: Silahkan anda coba format lainnya seperti “Highlights Cell Rules”. Dengan opsi tersebut, anda sanggup menambahkan kondisi, contohnya data tersebut lebih tinggi atau lebih rendah.
10. Menggabungkan 2 kolom atau baris
Dari tips 1 hingga 9, anda sudah sanggup menciptakan tabel yang keren dan interaktif dengan chart atau diagram. Namun biasanya semakin kompleks sebuah tabel yang kita buat, pastinya kita berhadapan pada situasi dimana anda harus menggabungkan 2 kolom atau baris.
Jika anda lihat gambar diatas, tabel menjadi tidaklah rapi. Karena sel C4 dan C5 tidak menyatu, sel E4, F4, dan G4 juga tidak menyatu. Untuk menyatukannya sangatlah mudah.
Bisa anda lihat di animasi di atas, caranya yakni anda hanya tinggal seleksi 2 kolom/baris atau lebih. Kemudian klik tombol “Merge & Center”. Nantinya, sel C4 dan C5 akan menjadi satu. Anda sanggup melaksanakan hal yang sama terhadap yang lainnya dengan mudah.
Pengembangan dan Latihan: Coba anda atur supaya kolom atau baris yang sudah dijadikan satu teksnya menjadi rata tengah, baik vertikal maupun horizontal. Jika anda lihat di animasi di atas, teks “No.” hanya rata tengah secara horizontal saja, tidak vertikal.
11. Menggunakan Template untuk mempercepat anda dalam bekerja dengan Excel
Microsoft Excel mempunyai ratusan template siap pakai yang sanggup anda gunakan di banyak sekali kondisi maupun pekerjaan. Mulai dari mengatur kegiatan kerja, mengatur pemasukan dan pengeluaran uang, ketidakhadiran kerja, dan masih banyak lagi. Lalu, dimana anda sanggup menemukan template-template ini?
Ketika anda membuka Excel pertama kali, Excel secara otomatis memperlihatkan rekomendasi Template yang sanggup anda pakai ibarat gambar diatas. Atau jikalau anda sudah membuka sebuah worksheet Excel, anda sanggup dengan gampang menekan tombol CTRL + N untuk membuka sheet baru. Di kotak pencarian, anda sanggup mencari template sesuai impian anda.
Jika anda seorang manajer proyek, anda sanggup menemukan 10+ Template Excel Untuk Manajemen Proyek & Tracking yang sanggup menghemat banyak waktu anda.
Pengembangan dan Latihan: Silahkan anda coba menggunakan template lain. Jika pertama anda menggunakan template untuk mengatur pengeluaran dan pemasukan tiap bulan, silahkan coba untuk menciptakan daftar pekerjaan dalam bulan ini beserta waktu pengerjaannya dengan menggunakan template yang ada di Excel.
12. Menggunakan Add-in untuk menambah fungsionalitas Excel
Tips terakhir cara berguru menggunakan Excel dengan cepat yaitu menggunakan Add-in. Microsoft Excel bahu-membahu sudah sangat lengkap, sehingga semua yang anda pikirkan mengenai pengolahan data bahu-membahu sanggup anda lakukan jikalau anda mengetahui caranya. Namun jikalau dirasa anda memerlukan fitur tambahan, anda sanggup menggunakan Add-in di Store untuk Excel.
Silahkan anda susukan Store untuk Excel di menu “Insert” kemudian klik “Store”. Silahkan temukan apa yang anda inginkan. Misalnya saja penulis ingin memperlihatkan notasi wacana buku yang ada berupa informasi dari Wikipedia. Kemudian klik saja “Add” jika anda menemukannya.
Seperti gambar diatas, sanggup anda lihat ketika saya mengklik buku Harry Potter, Wikipedia memperlihatkan informasi mengenai buku tersebut.
Pengembangan dan Latihan: Silahkan anda coba add-in lainnya yang tersedia.
BONUS TIPS: Cara Print Excel Yang Sempurna
Setelah anda selesai menciptakan tabel yang cantik, lengkap, dan informatif dengan adanya diagram atau chart, kita juga perlu tahu bagaimana mengatur tabel biar sanggup di cetak dengan rapi dan sesuai dengan keinginan. Jika anda tidak tahu bagaimana caranya, penulis sudah menciptakan artikel khusus biar anda sanggup mencetak spreadsheet Excel anda dengan sempurna.
Lalu, bagaimana berdasarkan anda dengan artikel Cara Belajar Menggunakan Excel Dengan Cepat ini?
Selesai sudah artikel hari ini. Dengan mengimplementasikan tips-tips yang ada di artikel ini, anda akan siap menggunakan Excel ke jenjang yang lebih tingginya. Mengetahui dasarnya merupakan hal yang sangat penting. Jika anda mempunyai pertanyaan, silahkan tulis di kotak komentar. Setelah anda mempelajari dasar-dasar Excel, mungkin anda tertarik bagaimana Cara Cepat Membuat Sertifikat Di Microsoft Word Dengan Data Dari Microsoft Excel atau membuat formulir dan kuisioner online dengan Google Forms.
Jika anda tertarik dengan edisi berguru Microsoft Office lainnya, berikut beberapa yang sudah kami tulis:
- 10 Langkah Belajar Microsoft Word Tercepat Untuk Semua
- 10 Langkah Belajar PowerPoint Tercepat Untuk Semua
- Cara Menggunakan Microsoft Outlook Untuk Mengelola Email
Sekian artikel 12 Tips Cara Belajar Menggunakan Excel Dengan Cepat, semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa untuk berlangan dengan cara Like Facebook Windowsku atau berlangganan lewat Email.
Sumber aciknadzirah.blogspot.com
0 Response to "12 Tips Cara Mencar Ilmu Memakai Excel Dengan Cepat"
Posting Komentar