Cara Cepat Menciptakan Akta Di Microsoft Word Dengan Data Dari Microsoft Excel
Anda ingin menciptakan akta namun terkendala dengan jumlah data partisipan yang banyak atau waktu yang singkat? Jangan khawatir, sebab bergotong-royong Microsoft Word mempunyai fitur yang canggih yang sanggup menciptakan akta dengan cepat, bahkan dengan data yang jumlahnya ribuan.
Di artikel ini, anda akan mempelajari bagaimana cara menciptakan akta dengan waktu yang sangat singkat. Yang perlu anda persiapkan hanyalah data partisipan dalam bentuk tabel di Microsoft Excel. Setelah itu, biar Microsoft Word yang menuntaskan semuanya. Dalam artikel ini, penulis akan menciptakan akta kelulusan sarjana. Tentu saja, anda sanggup mengubahnya sesuai kenginan anda.
Langsung saja, ini beliau cara cepat menciptakan akta di Microsoft Word.
Mengunduh Desain Sertifikat
Jika anda tidak mempunyai desain untuk sertifikat, hening saja sebab Microsoft Word mempunyai banyak sekali template yang siap anda pakai.
Untuk mengunduh template sertifikat, silahkan buka Microsoft Word. Kemudian pada menu “New” dan di kotak pencarian template, silahkan ketik “certificate” dan tekan enter. Maka template sertifikat akan keluar. Pilih salah satu yang paling anda sukai.
Jika sudah anda pilih, silahkan klik “Create” untuk mengunduh template akta tersebut.
Mengubah teks sertifikat
Jika anda mengunduh template, maka sanggup dipastikan isinya memakai bahasa Inggris atau mempunyai konten yang berbeda dari yang anda inginkan. Silahkan anda ganti kata-kata yang ada di deskripsinya biar sesuai dengan keinginan.
Untuk akta yang penulis buat, penulis mempunyai data Nama Institusi, Nama Lengkap, dan Gelar. Jika anda perhatikan, akta yang sudah diubah mempunyai kolom “[nama_kolom]”. Nah, kolom tersebut yang nantinya akan kita ubah sesuai dengan data yang ada di Excel. Kemudian untuk isi sertifikat, silahkan sesuaikan dengan kebutuhan anda atau mengikuti menyerupai gambar diatas.
Menyiapkan data partisipan di Microsoft Excel
Seperti yang penulis katakan sebelumnya, anda membutuhkan data partisipan dalam bentuk Microsoft Excel biar gampang melakukannya. Untuk itu, persiapkan data-datanya.
Contoh datanya menyerupai pada gambar diatas. Jika anda ingin mencoba sesuai dengan artikel ini, anda sanggup mengunduh data mahasiswa ini. Jika anda mempunyai data sendiri, pastikan format tabelnya sudah benar menyerupai referensi diatas.
Menggunakan Mail Merge
Untuk menciptakan akta dengan data dari Microsoft Excel, kita akan memakai fitur Mail Merge yang ada di Microsoft Word. Tahap pertama, silahkan anda pilih jenis Mail Merge. Dalam tutorial ini, penulis menggunakan “Letters”.
Langkah selanjutnya ialah menentukan resipien. Resipien yang dimaksud disini ialah sumber data-datanya. Jika anda sudah membuatnya atau sudah mengunduhnya di artikel ini, klik “Use an Existing List…”. Kemudian, carilah file Excel-nya dan klik “Open”. Jika anda belum mempunyai datanya, silahkan buat di Excel atau mengklik “Type a New List…” untuk membuatnya pribadi di Word.
Langkah selanjutnya, Word akan mendeteksi Sheet berapa data-data tersebut berada. Jika anda hanya mempunyai satu data, maka tampilannya akan menyerupai diatas. Langsung saja klik “Ok”.
Mereferensikan kolom Excel dengan dokumen Word
Semua pengaturan Mail Merge sudah kita lakukan di tahap sebelumnya. Yang perlu anda lakukan ketika ini ialah merefensikan kolom yang ada di Excel di dokumen anda.
Kita akan mulai mengubah “[NAMA_INSTITUSI]” agar sesuai dengan yang ada di Excel. Blok kolom “[NAMA_INSTITUSI]”, kemudian klik “Insert Merge Field”. Pilih kolom yang sesuai menyerupai pada gambar diatas. Lakukan hal ini juga kepada semua kolom yang ada di akta anda.
Jika sudah, kolom yang sebelumnya tertulis “[NAMA_INSTITUSI]”, akan berubah menjadi “<<NAMA_INSTITUSI>>” seperti gambar diatas. Pastikan kembali semua kolom di akta anda sudah direferensikan menyerupai cara sebelumnya.
Melihat hasil Mail Merge
Jika anda sudah melaksanakan tutorial diatas, maka akta anda sudah selesai. Untuk melihat preview dari akta anda, silahkan klik “Preview Results”. Maka data semua kolom yang ada di akta anda akan berubah menyesuaikan data yang ada di Excel anda. Anda sanggup mengklik tanda panah kanan atau kiri untuk melihat data-data lainnya.
Jika anda sudah tamat melihat hasilnya, ada 3 hal yang sanggup anda lakukan.
- Edit Individual Documents: Disini, anda sanggup mengedit satu per satu dokumen hasil dari Mail Merge. Jika data di Excel anda mempunyai data mahasiswa sebanyak 100, maka akta untuk 100 orang tersebut akan pribadi dibentuk dan sanggup diubah di Microsoft Word.
- Print Documents: Mencetak salah satu dokumen atau keseluruhan dokumen. Pastikan tidak ada yang salah ketika ingin mencetak sertifikatnya.
- Send Email Messages: Mengirim dokumen tersebut melalui email.
Sebagai contoh, saya memakai opsi “Edit Individual Documents”. Maka karenanya menyerupai dibawah ini.
Bagaimana berdasarkan anda artikel Cara Cepat Membuat Sertifikat Di Microsoft Word Dengan Data Dari Microsoft Excel?
Bagaimana, sangat gampang bukan menciptakan sertifikat? Dengan kekuatan Mail Merge, anda sanggup menciptakan akta untuk ribuan orang menjadi lebih gampang dan dalam waktu yang sangat singkat. Jika anda mempunyai pertanyaan, silahkan ketik di kotak komentar dibawah.
Sekian artikel Cara Cepat Membuat Sertifikat Di Microsoft Word Dengan Data Dari Microsoft Excel, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk berlangganan Windowsku dengan cara Like Facebook kami atau berlangganan lewat email.
Sumber aciknadzirah.blogspot.com
0 Response to "Cara Cepat Menciptakan Akta Di Microsoft Word Dengan Data Dari Microsoft Excel"
Posting Komentar