-->

iklan banner

Cara Membersihkan Beling Helm Yang Buram Dan Tergores

Cara Membersihkan Kaca Helm – Salah satu kepingan paling penting dari helm motor yaitu beling helm atau sering disebut sebagai visor. Fungsinya yaitu untuk meningkatkan kenyamanan berkendara, dan melindungi wajah pengendara motor dari air hujan, debu, serta terik sinar matahari. Mengingat fungsinya sangat penting, tentu kita harus merawatnya semoga kondisinya tetap anggun dan nyaman digunakan ketika berkendara.




Perawatan beling helm cukup mudah. Masbro hanya perlu membersihkannya secara rutin, sehingga tidak ada kotoran yang melekat pada beling helm. Namun sering kali pengendara motor tak memperdulikannya dan tetap membiarkan beling helm kotor. Padahal hal tersebut dapat mengganggu visibilitas berkendara, sehingga beresiko mengakibatkan kecelakaan. Oleh sebab itulah masbro wajib membersihkan beling helm secara rutin, demi keselamatan dan kenyamanan.


Tips Membersihkan Kaca Helm Dengan Benar Salah satu kepingan paling penting dari helm motor yaitu beling helm atau sering disebut seb Cara Membersihkan Kaca Helm Yang  Buram dan Tergores


Cara Membersihkan Kaca Helm Dengan Cairan Pembersih


Sering kali beling helm yang tidak dirawat akan terlihat buram, sebab banyak debu yang menempel. Faktor lainnya yaitu sebab gas karbondioksida yang berasal dari asap kendaraan kemudian mengendap di beling sehingga menciptakan beling helm menjadi kotor. Apabila dibiarkan saja, maka usang kelamaan beling helm menjadi rusak dan tidak menutup kemungkinan menciptakan beling simpel tergores.


Banyak orang yang belum tahu cara membersihkan beling helm dengan baik dan benar. Perawatan yang salah juga beresiko menciptakan beling helm tergores. Tentu masbro tidak ingin mengalami hal yang sama. Oleh sebab itulah kami sudah menyiapkan gosip mengenai cara membershikan beling helm semoga kembali bening dan terhindar dari goresan. Nah untuk mengetahui ibarat apa caranya, silahkan masbro simak gosip otomotifo.com berikut ini.


1. Siapkan Alat & Bahan


Sebelum membersihkan beling helm, masbro harus terlebih dahulu menyiapkan beberapa alat dan materi yang diantaranya yaitu sebagai berikut :



  1. Kain halus untuk cairan pembersih

  2. Kaih halus untuk mengeringkan

  3. Wadah

  4. Obeng

  5. Cairan pembersih

  6. Air

  7. Kaca helm yang sudah buram


Agar hasilnya semakin maksimal, masbro dapat membeli Liquimoly Motorbike Visor Cleaner yang dibanderol sekitar 90 Ribuan. Kelebihan cairan tersebut yaitu sudah dilengkapi materi anti jamur, sehingga dapat membersihkan kotoran dan menghilangkan basil serta minyak yang melekat pada beling helm.


2. Lepaskan Kaca Helm


Setelah semua alat dan materi siap, selanjutnya masbro tinggal melepaskan beling helm atau visor dengan tujuan semoga mempermudah proses pembersihan. Cara melepasnya juga sangat mudah. Kita tinggal membuka baut yang terpasang pada kepingan samping menggunakan obeng yang sudah disiapkan. Masbro harus hati-hati ketika melepasnya dan pastikan tidak ada kepingan yang patah.


3. Cuci Kaca Helm


Cara membersihkan beling helm yaitu mencucinya dengan air. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan debu dan kotoran yang melekat pada permukaan beling helm. Apabila beling helm sudah menguning, maka lebih baik masbro terlebih dahulu merendamnya pada air sabun semoga kotoran yang melekat yang dapat dibersihkan dengan mudah.


4. Lap Menggunakan Kain Halus


Setelah beling helm dicuci hingga bersih, kemudian masbro mengelapnya dengan kain halus. Lakukan cara membersihkan beling helm tersebut hingga beling helm benar-benar kering. Pastikan pula kain yang digunakan mempunyai tekstur yang halus dan dapat menyerap air secara maksimal. Jangan hingga menggunakan kain kasar, sebab beresiko menciptakan beling helm tergores.


5. Berikan Cairan Pembersih


Langkah selanjutnya yaitu memperlihatkan cairan pembersih. Masbro dapat menggunakan Visor Cleaner ibarat yang kami sampaikan di atas menggunakan Hand Sanitizer yang harganya lebih murah. Kami sendiri lebih menyarankan menggunakan Visor Cleaner, sebab cairan pembersih tersebut telah mengadung anti basil yang beling helm tidak simpel terkena jamur dan menjadikannya lebih bening.


6. Lap Hingga Menyeluruh


Cara menggunakan cairan pembersih helm yaitu dengan cara menempatkannya pada kain halus, kemudian lap seluruh kepingan beling helm secara perlahan. Saat mengelap beling helm pastikan tidak ada debu atau kotoran yang menempel. Mengelapnya juga harus secara perlahan semoga tidak merusak beling helm.


7. Diamkan Beberapa Saat


Setelah mengelap beling helm dengan cairan pembersih, langkah selanjunya yaitu diamkan beberapa kemudian gunakan kain halus yang masih kering untuk mengelap sisa cairan pembersih helm hingga karenanya beling helm menjadi kinclong dan terbebas dari kotoran.


8. Ulangi Agar Hasilnya Maksimal


Seluruh kepingan beling helm harus dibersihkan, tak terkecuali kepingan dalam beling helm. Agar hasilnya maksimal, masbro dapat mengulangi beberapa langkah cara membersihkan beling helm yang kami sampaikan di atas. Pastikan tidak ada kotoran ataupun bekas cairan yang tersisa, sehingga beling helm dapat higienis sempurna.


9. Pasang Kembali Visor


Setelah beling helm benar-benar bersih, kemudian masbro kembali memang visor yang tadi sudah dilepas. Saat memasangnya harus hati-hati dan pastikan beling melekat pada kait yang disediakan, kemudian masukan baut untuk mengecangkannya. Setelah itu tingga masbro mencoba menggunakan helm yang sudah dibersihkan, dan cek kembali apakah masih ada kotoran yang melekat pada beling atau tidak.


Cara Menghilangkan Goresan di Kaca Helm


 Salah satu kepingan paling penting dari helm motor yaitu beling helm atau sering disebut seb Cara Membersihkan Kaca Helm Yang  Buram dan TergoresSering kali beling helm tergores sehabis dibersihkan. Biasanya hal ini terjadi sebab salah dalam proses mengelapnya. Kemungkinan besar kain yang digunakan merupakan kain berangasan dan menggosoknya terlalu keras, sehingga dapat menjadikan goresan. Selain itu, tabrakan paca beling helm juga dapat terjadi sebab terbentur ataupun terjatuh. Lalu bagaimana cara menghilangkan tabrakan tersebut ? Untuk mengetahuinya silahkan simak dibawah ini.



  1. Langkah yang pertama yaitu melepaskan beling helm

  2. Kemudian basuh helm dengan air sabun, kemudian membilasnya dibawah air yang mengalir semoga kotoran yang melekat dapat lebih cepat hilang.

  3. Nah untuk menghilangkan goresan, masbro dapat menggunakan amplas halus (1.500 – 2.200 SW), kemudian amplas secara perlahan kepingan yang tergores sambil diguyur air sabun atau air yang mengalir. Ulangi langkah tersebut hingga tabrakan berangsur-angsur menghilang.

  4. Proses pengamplasan akan menciptakan beling terlihat kusam. Sobat tak perlu khawatir, sebab beling helm dapat kembali mulus dengan cara menggunakan White Compound yang dioleskan pada kepingan beling helm yang kusam.

  5. White Compund yang digunakan lebih baik dioleskan terlebih dahulu pada kain katun yang halus kemudian poleskan pada kepingan beling yang kusam secara merata.

  6. Setelah cara membersihkan beling helm yang tergores di atas dilakukan, selanjutnya masbro tinggal membilasnya dengan air higienis kemudian keringkan dengan kain halus yang kering. Lalu pasang kembali visor apabila tabrakan sudah hilang.

  7. Penggunaan amplas bekerjsama cukup berbahaya, sebab tak semua beling helm mempunyai ketahanan yang sama. Sebelum melaksanakan hal itu, lebih baik masbro terlebih dahulu mengamplas sedikit di kepingan pojok beling helm untuk melihat apakah beling helm besar lengan berkuasa di amplas atau tidak.


Cara Membersihkan Kaca Helm Dengan Odol


 Salah satu kepingan paling penting dari helm motor yaitu beling helm atau sering disebut seb Cara Membersihkan Kaca Helm Yang  Buram dan TergoresApabila beling helm tidak cocok diamplas, maka kami sarankan untuk beralih menggunakan odol atau pasta gigi non gel. Cara membersihkan helm yang tergores menggunakan odol memang terdengar cukup aneh. Namun cara ini terbukti ampuh, asalkan tabrakan pada beling helm tidak terlalu dalam. Nah untuk mengetahui bagaimana prosesnya, silahkan simak cara membersihkan beling helm di bawah ini.



  1. Ada baiknya terlebih dahulu melepas beling helm semoga lebih simpel dibersihkan

  2. Pastikan odol yang digunakan merupakan pasta gigi non gel.

  3. Kemudian oleskan pasta gigi ke kepingan yang tergores dengan tangan ataupun lap bersih.

  4. Usap kepingan yang tergores searah dengan goresan, kemudian lakukan sedikit gerakan menekan-nekan semoga tabrakan dapat perlahan-lahan hilang

  5. Setelah itu diamkan beberapa ketika hingga pasta gigi mengering

  6. Kemudian bersihkan pasta gigi yang sudah mengering dengan hati-hati menggunakan air bersih, kemudian lap dengan kain kering hingga higienis dan bening

  7. Jika cara membersihkan beling helm di atas tidak majur, kemungkinan besar dikarenakan tabrakan terlalu dalam. Makara lebih baik membeli visor yang gres semoga nantinya dapat berkendara dengan nyaman

  8. Apabila tabrakan dianggap sudah hilang, maka selanjutnya pasang kembali visor ke helm


Cara Membersihkan Kaca Helm Dengan Minyak Kayu Putih


 Salah satu kepingan paling penting dari helm motor yaitu beling helm atau sering disebut seb Cara Membersihkan Kaca Helm Yang  Buram dan TergoresSelain dengan odol, masbro juga dapat menggunakan minyak kayu putih untuk membersihkan beling helm yang kusam ataupun buram. Cara menggunkannya hampir sama dengan menggunakan cairan pembersih lainnya. Namun untuk lebih jelasnya silahkan simak cara membersihkan beling helm dengan minyak kayu putih berikut ini



  1. Lepaskan visor

  2. Cuci terlebih dahulu beling helm dengan air sabun, kemudian bilas hingga bersih

  3. Setelah itu kita tinggal mengoleskan minyak kayu putih menggunakan kain katun yang halus

  4. Usapkan secara merata ke semua kepingan beling helm dan lakukan beberapa kali hingga karenanya beling helm menjadi bening

  5. Jika dirasa semua kotoran sudah hilang, maka selanjutnya tinggal memasang visor yang tadi dicopot

  6. Selain pada beling helm, masbro juga dapat menggunakan minyak kayu putih untuk membersihkan kepingan luar helm. Minyak kayu putih terbukti menciptakan helm terlihat kinclong, jadi masbro wajib mencoba cara membersihkan beling helm yang satu ini


Nah itulah bermacam-macam cara membersihkan beling helm yang dapat masbro lakukan dirumah. Selain membersihkan beling helm, masbro juga harus membersihkan semua kepingan helm dengan cara mencucinya. Proses mencuci helm motor juga sangat simpel dan masbro dapat melakukannya sendiri dirumah. Bagi yang gundah bagaimana cara membersihkan helm dengan baik dan benar, maka silahkan simak artikel berikut ini “Cara Mencuci Helm Sendiri“.
















Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Harga Helm Cargloss Harga Helm Cross
Helm Full Face murahHarga Helm MDS 

Bagi yang tak mau repot mencuci helm ataupun membersihkan beling helm juga dapat menggunakan jasa basuh helm yang mematok tarif selitar 15 Ribu hingga 30 Ribu Rupiah. Namun ada baiknya masbro melakukannya sendiri dirumah semoga hasilnya dapat maksimal. Helm yang higienis tentu akan terasa nyaman digunakan, jadi lakukanlah cara membersihkan beling helm di atas secara rutin semoga kebersihkan helm motor selalu terjaga.



Sumber https://www.otomotifo.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Membersihkan Beling Helm Yang Buram Dan Tergores"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel