-->

iklan banner

Cara Mengatasi Play Store Tidak Dapat Dibuka Di Hp Android

Semua hp Android niscaya punya aplikasi berjulukan Play Store. Melalui Play Store pengguna hp Android dapat instal aneka macam macam aplikasi di hpnya. Namun kadang ada saja duduk masalah di Play Store. Salah satu duduk masalah yang sering dialami pengguna hp Android yaitu Play Store tidak dapat dibuka. Selain itu, duduk masalah lain yang kerap dialami pengguna hp Android yaitu tidak dapat d0wnl0ad aplikasi dan konten di Play Store.


Jika aplikasi Google Play Store tidak dapat dibuka tentu akan menyulitkanmu untuk d0wnl0ad aplikasi. Lalu apa yang harus kau lakukan bila hal tersebut terjadi ? Mengatasi Play Store yang tidak dapat dibuka di hp Android bahu-membahu cukup mudah. Berikut ini, Sultan punya tips cara memperbaiki Google Play Store yang tidak dapat dibuka di hp.


Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka


Ada 4 cara mengatasi Google Play Store tidak dapat dibuka di hp Android. Sebelum mulai memperbaiki aplikasi Play Store di hp Android, coba restart hp kau terlebih dulu. Jika sehabis di-restart aplikasi Play Store tetap tidak dapat dibuka, coba 4 cara berikut ini:


1. Hapus Cache dan Data Play Store


Penyebab utama Play Store tidak dapat dibuka di hp Android yaitu alasannya yaitu ada duduk masalah pada aplikasi tersebut. Jika ada masalah, terkadang aplikasi tidak dapat dibuka sama sekali. Untuk memperbaiki duduk masalah tersebut dapat dengan membersihkan semua data dan cache di aplikasi Google Play Store. Bagaimana caranya:



  • Buka Setelan (Setting)

  • Masuk ke hidangan Apps/Aplikasi/Installed Apps/Aplikasi & Notifikasi

  • Lihat semua aplikasi

  • Temukan aplikasi “Google Play Store” kemudian klik

  • Tekan tombol Clear Data, Clear Defaults, atau Clear Cache.


Semua hp Android niscaya punya aplikasi berjulukan Play Store Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka di Hp Android


Setelah data dan cache dihapus, coba buka kembali aplikasi Play Store. Jika Play Store tetap tidak dapat dibuka, coba cara kedua berikut ini.


2. Periksa Setelan Tanggal dan Waktu


Hp Android yaitu perangkat yang dirancang serba tersinkronisasi. Tak hanya kontak dan aplikasi saja, namun juga tanggal dan waktu juga tersinkronisasi. Oleh alasannya yaitu itu, bila hp kau tetap tidak dapat buka Play Store coba cek setelan tanggal dan waktu. Caranya:



  • Buka Setelan (Setting)

  • Pilih Tanggal & Waktu (Date & Time)

  • Pastikan tanggal dan waktu sudah tersetting secara otomatis (Automatic)

  • Pastikan “Time Zone” (zona waktu) tersetting otomatis (Automatic).


Semua hp Android niscaya punya aplikasi berjulukan Play Store Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka di Hp Android


Biasanya permasalah Play Store tidak dapat dibuka alasannya yaitu setingan waktu di hp di setting secara manual. Untuk menghindari duduk masalah pada Play Store lebih baik setingan waktu hp diatur secara otomatis.


3. Hapus Pembaharuan Play Store


Setiap pembaharuan bukan berarti bebas dari bug. Bisa saja ada bug pada pembaharuan Play Store yang menciptakan aplikasi tersebut tidak dapat dibuka. Play Store yaitu salah satu aplikasi bawaan Google yang melaksanakan update atau pembaharuan secara otomatis. Karena update berlangsung otomatis, kau tidak akan menyadari kapan Play Store diupdate. Jika pembaharuan jadi penyebab Play Store tidak dapat dibuka, coba langkah berikut ini:



  • Buka Setelan (Setting)

  • Masuk ke hidangan Aplikasi/Aplikasi & Notifikasi

  • Temukan aplikasi Google Play Store

  • Tekan “Paksa Berhenti” (Force Stop)

  • Tekan tombol “Copot Pembaharuan” (Uninstal Updates).


Semua hp Android niscaya punya aplikasi berjulukan Play Store Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka di Hp Android


4. Hapus & Tambah Ulang Akun Google


Jika 3 cara di atas belum dapat mengatasi duduk masalah Play Store tidak dapat dibuka di hp, coba cara ini. Hapus (remove) akun Google dari hp Android kemudian masuk (log in) kembali. Jika kau punya lebih dari 1 akun, kau dapat coba log in dengan akun Google lain. Cara hapus akun Google dari Hp Android adalah:



  • Buka Setelan (Setting) di hp

  • Cari hidangan “Akun” atau “Akun Google

  • Klik “Google” kemudian pilih akun yang mau dihapus

  • Temukan opsi Hapus Akun di menu

  • Masukan sandi atau PIN bila diharapkan untuk menghapus akun Google.


Semua hp Android niscaya punya aplikasi berjulukan Play Store Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka di Hp Android


5. Factory Reset / Format Ulang Hp Android


Cara terakhir yang paling ampuh untuk mengatasi Play Store tidak dapat dibuka yaitu dengan factory reset atau format ulang hp Android. Perlu diingat, reset ulang hp Android akan menghapus semua data di dalam hp. Selain itu, semua data terkait akunmu di layanan Google juga akan dihapus. Untuk mengetahui cara factory reset dan format ulang hp Android kau dapat cek di sini.


Semua hp Android niscaya punya aplikasi berjulukan Play Store Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka di Hp Android


Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Download Aplikasi


Selain permasalahan Play Store tidak dapat dibuka, salah satu duduk masalah yang sering dialami pengguna Android yaitu Play Store tidak dapat d0wnl0ad dan instal aplikasi. Biasanya penyebab utama Play Store tidak dapat d0wnl0ad dan instal aplikasi yaitu alasannya yaitu memori internal hp penuh. Untuk mengatasinya sangat mudah. Kosongkan ruang penyimpanan internal hp dan coba instal aplikasi tersebut di Play Store.


Jika masih tidak bisa, coba hapus data dan cache Play Store ibarat cara nomor 1 di atas. Data dan cache yang terlalu penuh kadang menyebabkan eror sehingga menggangu proses d0wnl0ad dan instal aplikasi.


Play Store dapat dibilang aplikasi yang sangat penting di hp Android. Tanpa Play Store kita tentu kesulitan mencari dan instal aplikasi yang dibutuhkan. Sultan sudah menunjukkan tips cara mengatasi Play Store tidak dapat dibuka dan Play Store tidak dapat d0wnl0ad dan instal aplikasi. Semoga tipsnya berguna. Terima kasih.



Sumber https://hpsultan.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengatasi Play Store Tidak Dapat Dibuka Di Hp Android"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel