Contoh Soal Latihan Usbn Smp/Mts 2019 Dan Kunci Jawabannya Lengkap
Contoh Soal Latihan USBN SMP/MTs 2019 Dan Kunci Jawabannya Lengkap – Pada kesempatan kali ini kami akan mengembangkan ilmu mengenai contoh-contoh soal latihan USBN/MTs tahun 2019 beserta kunci jawabannya lengkap.

Mekanisme Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Tahun 2019
Mekanisme Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) jenjang SMP/MTs pada tahun 2019 ini telah memakai sistem komputer layaknya UNBK.
Sistem ujian yang menyerupai ini mempunyai tipe soal yang majemuk serta soal yang dikeluarkan oleh komputer pun bersifat random (acak). Maka, antara komputer yang satu dengan yang lainnya (disebelahnya) tidaklah sama.
Oleh alasannya itu, apabila ada yang menawarkan sebuah bocoran jawabannya (hanya bocoran jawabannya saja), hal tersebut patut kalian cek kembali, dan sesuaikan dengan soal-soal yang ada pada komputer tersebut.
Kumpulan Mata Pelajaran Soal USBN SMP/MTs 2019 Semua Mapel
Pada artikel ini kita akan membahasan beberapa soal USBN SMP/MTs yang kita ambil dari beberapa kumpulan soal dari tahun-tahun sebelumnya yang disertai dengan kunci tanggapan dan juga pembahasan soalnya.
Mata pelajaran yang akan kita bahas yakni mata pelajaran Matematik, Bahasa Indonesia dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
Contoh Soal USBN SMP/MTs Tahun 2019
Berikut ini ada beberapa referensi soal yang mungkin saja keluar pada soal USBN tingkat SMP/MTs :
PETUNJUK UMUM
1. Tulis nama pada sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti dan cermat.
3. Kerjakan terlebih dahulu soal yang dianggap paling mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan kepada pengawas.
Matematika
Berilah Tanda Silang (X) Pada Huruf A, B, C, atau D Pada Jawaban Yang Tepat!
1. Hasil dari (- 12) : 3 + 8 x (- 5) yakni ….
A. – 44
B. – 36
C. 28
D. 48
2. Beni menjumlahkan nomor-nomor halaman buku yang terdiri dari 96 halaman adalah
4.672. Ternyata terjadi kekeliruan, ada 1 halaman yang dihitung 2 kali. Halaman
berapakah itu?
A. 16
B. 18
C. 24
D. 36
3. Suatu pekerjaan sanggup diselesaikan oleh 15 pekerja dalam waktu 12 minggu. Jika
pekerjaan itu harus final dalam 9 minggu, banyak pekerja yang harus ditambah adalah
….
A. 3 orang
B. 4 orang
C. 5 orang
D. 20 orang
4. Hasil dari 2-3 x 2-2 = . . . .
A. – 32
B. – 2
C. 641
D.321
5. Rudi menabung pada sebuah bank sebesar Rp 800.000,00 dengan bunga 25% setahun.
Jika tabungannya kini Rp 950.000,00, maka usang ia menabung yakni … .
A. 9 bulan
B. 8 bulan
C. 6 bulan
D. 4 bulan
Kunci Jawaban:
1. Pembahasan:
(- 12) : 3 + 8 × (- 5) = – 4 + (-40)
= – 44
Maka jawabannya yakni (A)
2. Pembahasan:
Hasil dari 1 + 2 + 3 + 4 + … + 130
= 65 x (1 + 130) = 8515
Halaman yang belum dihitung yaitu:
: 8515 – 8497 = halaman 18
Maka jawabannya yakni (B)
3. Pembahasan:
15 pekerja → 12 minggu
a pekerja → 9 minggu
maka :
![]()
9a = 180, maka a = 20
Banyak komplemen pekerja yakni 20 – 15 = 5 orang.
Maka jawabannya yakni (C)
4. Pembahasan:

Maka jawabannya adalah (D)
5. 
Maka jawabannya yakni (A)
Bahasa Indonesia
Pilihlah tanggapan yang benar di antara pilihan A, B, C, dan D!
1. Cermatilah teks berikut!

Makna kata bercetak miring pada kutipan teks tersebut yakni …
A. Orang yang bertugas mengingatkan orang lain semoga selalu melaksanakan perbuatan
baik.
B. Orang yang bertugas membantu seseorang dalam menuntaskan masalah
pribadinya.
C. Orang yang menyebabkan timbulnya dorongan pada orang lain untuk melakukan
sesuatu.
D. Orang yang membangkitkan semangat seseorang semoga berasil dalam menjalankan
usahanya.
Bacalah kutipan teks berikut untuk menjawab soal nomor 2 dan 3!
Kelestarian Lingkungan Hidup
Lingkungan yakni sesuatu yang ada di sekitar insan yang sanggup memengaruhi kehidupan manusia. Lingkungan hidup yakni kesatuan ruang dengan benda dan kesatuan makhluk hidup termasuk insan terlibat di dalamnya. Manusia harus menyadari bahwa lingkungan merupakan sarana pengembangan hidup yang harus dijaga kelestariannya.
Dalam lingkungan hidup terdapat ekosistem, yaitu tatanan unsur lingkungan hidup yang merupakan kesatuan utuh menyeluruh dan saling memengaruhi dalam membentuk keseimbangan, stabilitas, dan produktivitas lingkungan hidup.
Lingkungan hidup sanggup dibedakan menjadi tiga, yaitu unsur hayati (biotik), unsur sosial budaya, dan unsur fisik (abiotik). Unsur hayati (biotik), yaitu unsur lingkungan hidup yang terdiri dari makhluk hidup, menyerupai manusia, hewan, tumbuhan dan jasad renik. Unsur sosial budaya, yaitu lingkungan sosial dan budaya yang dibentuk oleh
insan berupa sistem nilai, gagasan, dan keyakinan dalam sikap sebagai makhluk sosial. Unsur fisik (abiotik), yaitu unsur lingkungan hidup yang terdiri dari makhluk tak hidup, menyerupai tanah, air, iklim, udara dan lain sebagainya. Keberadaan unsur ini sangat besar bagi kelangsungan hidup segenap kehidupan di bumi.
2. Informasi yang sesuai dengan isi teks tersebut yakni ….
A. Tanpa adanya unsur lingkungan hidup, insan tidak hidup di bumi ini.
B. Unsur abiotik tidak terlalu kuat terhadap kelangsungan hidup manusia.
C. Unsur sosial budaya diciptakan oleh insan untuk kelestarian kehidupan di bumi.
D. Lingkungan hidup yang mencakup unsur biotik, sosial budaya, dan abiotik harus dijaga kelestariannya.
3. Simpulan isi teks tersebut yakni …
A. Manusia harus menjaga kelestarian lingkungan hidup.
B. Manusia sanggup memanfaatkan seluruh isi lingkungan hidup.
C. Seluruh unsur lingkungan hidup saling mempengaruhi demi kehidupan manusia.
D. Unsur biotik, sosial budaya, dan abiotik harus dimanfaatkan insan secara seimbang.
Cermatilah teks berikut kemudian jawablah soal nomor 4 dan 5!

4. Ide pokok teks tersebut yakni ….
A. manfaat jeruk nipis
B. kandungan jeruk nipis
C. adonan jeruk nipis
D. cara penggunaan jeruk nipis
5. Isi yang tersirat pada bab teks tersebut yakni ….
A. Jeruk nipis sanggup dicampur dengan zat lainnya
B. Jeruk nipis sanggup ditanam di pekarangan rumah
C. Jeruk nipis mempunyai khasiat untuk menjaga kesehatan
D. Jeruk nipis lebih berguna dibandingkan jeruk lainnya
Kunci Jawaban:
1. C
2. D
3. A
4. A
5. C
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Pilihlah tanggapan yang benar di antara pilihan A, B, C, dan D!
1. Perhatikan daftar sifat benda berikut!

Benda padat, cair dan gas berturut-turut adalah….
A. 1, 2 dan 3
B. 2, 3 dan 4
C. 4, 3 dan 2
D. 4, 2 dan 3
2. Perhatikan pernyataan berikut!
1. Nasi menjadi basi
2. Es mencair
3. Besi berkarat
4. Kaca pecah
5. Air menguap
Perubahan fisika dinyatakan pada nomor…
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 3 dan 5
C. 2, 3 dan 4
D. 2, 4 dan 5
3. Berikut ini yakni nama beberapa zat.
1. udara
2. gula pasir
3. air laut
4. air murni
5. emas
Diantara zat-zat tersebut yang termasuk adonan yakni … .
A. 1, dan 3
B. 2 dan 4
C. 4 dan 5
D. 1 dan 2
4. Dua kendaraan beroda empat A dengan B saling mendekati dari jarak 600 m. Mobil A bergerak lurus dengan kecepatan 10 m/s dan kendaraan beroda empat B bergerak dengan kecepatan 15 m/s. Jika kedua kendaraan beroda empat mulai bergerak pada waktu yang sama, kedua kendaraan beroda empat saling berpapasan pada detik ke ….
A. 20
B. 24
C. 30
D. 40
5. Pada benda yang mempunyai massa 4 kg bekerja gaya sebesar 8 newton, percepatan yang dialami benda tersebut adalah….
A. 0,5 m/s2
B. 2 m/s2
C. 4 m/s2
D. 12 m/s2
Kunci Jawaban:
1.C
2. B
3. D
4. D
5. A
Demikianlah pembahasan mengenai referensi soal latihan USBN SMP/MTs 2019 dan kunci jawabannya. Semoga bermanfaat …
Baca Juga:
Sumber aciknadzirah.blogspot.com
0 Response to "Contoh Soal Latihan Usbn Smp/Mts 2019 Dan Kunci Jawabannya Lengkap"
Posting Komentar