-->

iklan banner

Definisi Beserta Kiprah Tugas Pokok Seorang Skretaris Dalam Organisasi

Apa definisi dan kiprah pokok Sekretaris?. Tentu anda tidak abnormal dengan nama tersebut. Hampir pada semua organisasi mempunyai seorang sekretaris untuk keperluan organisasi. Peranan sekretaris juga tergolong penting pada sebuah organisasi.  Sebenarnya, apa dan siapakah sekretaris itu? Apa tugasnya?

Definisi Sekretaris:

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Sekretaris /sek-re-ta-ris/ yaitu orang (pegawai, anggota pengurus) yang diserahi pekerjaan tulis menulis, atau surat menyurat, dan sebagainya; penulis; panitera.

Sedangkan berdasarkan bahasa latin sendiri berasal dari kata “secretum” yang mana apabila diterjemahkan pada bahasa Indonesia artinya yaitu rahasia.

Beberapa pengertian yang disampaikan oleh para ahli, yakni C. L Barnhart sekretaris merupakan orang yang melaksanakan korespondensi, memelihara warkat dan lain sebagainya untuk organisasi ataupun perorangan; seorang kepala pejabat pemerintahan yang mengawasi serta memimpin sebuah depratermen pemerintahan tertentu; sebuah perabotan untuk meja tulis, sebuah meja dan rak buku diatasnya.

Maka dari beberapa definisi sekretaris diatas maka sanggup disimpulkan bahwa sekretaris yaitu seorang yang berada pada organisasi, sifatnya yaitu menyimpan diam-diam perusahaan, dan pekerjaannya kurang lebih yaitu berkaitan dengan administratif surat menyurat dan tulis menulis sebuah organisasi atau perusahaan.

Posisi Sekretaris:

Posisi sekretaris dalam organisasi amatlah penting. Pada sebuah organisasi, sekretaris biasanya terletak hampir disamping pemimpin atau dibawah pemimpin utama.

Tugas-Tugas Pokok Seorang Sekretaris:

#1 Tugas Rutin

Tugas rutin merupakan kiprah umum yang mana menjadi pekerjaan rutin untuk seorang yang mengemban kiprah sebagai sekretaris, yang mana dalam menjalankan kiprah rutin ini tidak perlu menunggu isyarat dari pimpinan. Hal ini meliputi:

  • Membukakan surat yang masuk untuk pemimpin/pimpinan
  • Menerima dikte
  • Menerima serta melayani tamu serta melaksanakan pertamuan/ bertamu dalam rangka mewakili pimpinan
  • Menerima serta melayani telepon dan juga melaksanakan telepon
  • Menata arsip ataupun surat menyurat

#2 Tugas Khusus

Tugas khusus disini artinya yaitu kiprah yang mana tidak dilakukan setiap hari. Tugas tersebut yaitu kiprah yang akan dilakukan apabila menerima isyarat khusus dari pimpinan kepada sekretaris, yang mana umumnya cara penyelesaiannya pun tergolong khusus.

Secara sederhana, kiprah khusus ini jarang dilakukan dan apabila diberikan harus dikerjakan dengan hati-hati dan sebaik-baiknya alasannya yaitu bersama-sama pekerjaan ini terdapat unsur kepercayaan. Anda sebagai seorang sekretaris yaitu menyimpan diam-diam perusahaan atau organisasi tersebut.

#3 Tugas Istimewa

Selanjutnya yaitu kiprah istimewa, Tugas itsimewa berbeda dengan kiprah khusus. Tugas istimewa hubungannya yaitu wacana keperluan pemimpin. Contoh dari kiprah ini contohnya yaitu menyiapkan peralatan kantor yang diperlukan oleh pemimpin. Selain itu, kiprah ini juga sanggup hadir dalam bentuk menjadi penghubung antara ketua dengan clien/relasi.

Simak juga ulasan terkait mengenai tips menentukan kawasan magang yang di gaji serta warta menarik lainnya wacana cara berguru berpikir kasatmata untuk mencapai karir sukses.

#4 Tugas keuangan

Apakah sekretaris juga menangani keuangan? bukankah itu merupakan kiprah dari seorang bendahara? Jawabannya adalah, ya. Untuk sebagian hal, kiprah keuangan juga diemban oleh sekretaris. Tugas keuangan yang biasanya diemban untuk sekretaris yaitu petty cash atau uang cadangan atau kas kecil. Tugas keuangan tersebut antara lain:

  • Menangani dilema menyerupai penarikan cek, penyimpanan uang pada forum keuangan bank, serta mengambil uang dari bank.
  • Membayarkan sejumlah tagihan rekening, pertolongan dana yang mana mengatas namakan ketua organisasi atau pemimpin serta pajaknya.
  • Melakukan persiapan catatan keuangan dalam sehari-hari, baik guna kepemimpinan serta penyediaan dana untuk keperluan dalam sehari-hari.

#5 Tugas Resepsionis

Selanjutnya, sekretaris juga bertugas sebagai resepsionis. Tugas-tugasnya antara lain:

  • Menerima telepon berikut menjawab panggilan telepon dan juga mencatat pesan
  • Mencatat kesepakatan untuk ketua
  • Melakukan penyusunan program kerja sehari-hari ketua
  • Menjadi peserta tamu yang akan bertemu dengan pemimpin

#6 Tugas dalam pertemuan bisnis

Apabila terdapat pertemuan bisnis, segala sesuatu wacana berjalannya pertemuan tersebut yaitu kiprah dari sekretaris tadi.

#7 Tugas Kreatif

Tugas kreatif merupakan kiprah yang mana hasil kreatif atau impian sendiri, dengan singkatnya yaitu keinginannya sendiri. Tugas ini dilakukan oleh seorang sekretaris berdasarkan inisiatif serta pertimbangan-pertimbangan yang dilakukannya, yang fungsinya tentu untuk meringankan beban pimpinannya. Contohnya seperti:

  • Menyusun perencanaan kerja
  • Mempelajari wacana kas kecil
  • Melakukan pemantapan terakit kepribadiannya sebagai seorang sekretaris
  • Melakukan efisiensi kerja
  • Dan lain sebagainya

Itulah beberapa definisi terkait sekretaris untuk sebuah organisasi serta tugas-tugasnya. Semoga artikel ini sanggup menunjukkan wawasan anda terkait klarifikasi apakah itu sekretaris dan bagaimana tugasnya dalam sebuah organisasi. Semoga artikel ini bermanfaat.


Sumber https://www.cekkembali.com

Related Posts

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Definisi Beserta Kiprah Tugas Pokok Seorang Skretaris Dalam Organisasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel