-->

iklan banner

Efek Sering Mencampur Materi Bakar Pada Kendaraan

Alasan kita sering mencampur materi bakar subsidi  Efek Sering Mencampur Bahan Bakar Pada Kendaraan


Alasan kita sering mencampur materi bakar subsidi (premium) dengan materi bakar non subsisdi (pertamax) yaitu untuk mengejar nilai oktan. Premium dengan nilai oktan 88 dan pertamax dengan nilai oktan 95, kalau dicampur akan menghasilkan nilai oktan 90-92 dengan harga yang lebih hemat dari pertamax.


Nah masalahnya adalah, bolehkah kita melaksanakan pencampuran materi bakar untuk kendaraan kita? Tentu saja jawabannya boleh guys. Tapi, kau sudah tau belum kira-kira efeknya apasih untuk kendaraan kamu. Yuk simak ulasannya dibawah ini.


Sebelum mengetahui efeknya, mungkin perlu diketahui dulu perbedaan premium dengan pertamax.


Premium: Bahan bakar minyak jenis distilat berwarna kekuningan yang jernih (tambahan pewarna dye), dan mempunyai nilai oktan atau Research Octane Number (RON) terendah diantara BBM kendaraan bermotor lainnya, Menghasilkan NOx dan Cox dalam jumlah banyak.


Baca Juga

Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat

5 Film Box Office Dengan Seri Terbanyak Sepanjang Sejarah

Apakah Kehidupan Sekolah DI Jepang Sama Seperi Yang Diceritakan Di Anime?

Alasan kita sering mencampur materi bakar subsidi  Efek Sering Mencampur Bahan Bakar Pada Kendaraan


via autogaya.com


Seperti dituliskan Mobilku.org dan Liputan6, kedua jenis Pertamax mempunyai 3 zat aditif pelengkap yang bermanfaat pada optimalisasi pembakaran pada mesin, antara lain:



  • Detergency, yakni zat aditif yang berfungsi untuk membersihkan logam dari kotoran. Mulai dari membersihkan tangki materi bakar, karburator/saluran injektor, klep intake, kepala silinder, dan ruang bakar.

  • Corrotion Inhibitor, merupakan salah satu elemen penghambat korosi (karat) pada bagian-bagian jalan masuk materi bakar yang terbuat dari besi.

  • Demulsifier, yang berfungsi sebagai pencegah terjadinya pengkristalan air dalam materi bakar. Kristal air kerap terjadi pada materi bakar yang hanya mempunyai kadar oktan 88, yang menciptakan pembakaran menjadi tak sempurna.


Jika dihitung Oktannya memang akan naik, tetapi fungsi dari pertamax menjadi tidak berfungsi secara maksimal. Meskipun demikian, pencampuran materi bakar berbeda RON tetap dapat dilakukan. “Kalo sesekali sih, gotong royong tidak terlalu bermasalah,” kata Herman, seorang mekanik, kepada VIVA.co.id.


 


Baca Juga :

Unik, Taxi Dengan Tema Teh Yang Memberikan Pelayanan Yang Menyegarkan

Kamu Kuliah di Malang? Coba Gabung 5 Komunitas Di Malang Yang Seru Ini

8 Tips Kecantikan Yang Perlu Kamu Tahu


Sumber https://bacaanku.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Efek Sering Mencampur Materi Bakar Pada Kendaraan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel