-->

iklan banner

Manfaat Daun Dan Bunga Serai

Cymbopogon citratus atau serai merupakan sejenis tanaman yang wanginya tidak disukai oleh serangga mirip nyamuk. Namun wanginya ini justru disukai oleh orang-orang. Terbukti flora yang biasa disebut sereh ini menjadi rempah andalan ibu-ibu dalam mengolah masakannya. Wangi yang dikeluarkan daun sereh pada ketika dicampurkan ke dalam kuliner benar-benar menggugah selera. Tanaman serei merupakan flora multifungsi lantaran termasuk dalam kategori tanaman penghasil bumbu masakan sekaligus tanaman obat.


tanaman yang wanginya tidak disukai oleh serangga mirip nyamuk Manfaat Daun dan Bunga Serai
Daun serai sanggup tumbuh rimbun dimana saja. Merupakan rempah andalan dalam banyak sekali kuliner Indonesia.

Dalam beberapa penelitian, ditemukan bahwa daun sereh mengandung minyak atsiri, antioksida, citral, antimikroba dan antibakteri yang berguna untuk kesehatan dan kecantikan.


Manfaat untuk kesehatan:



  • Mengobati sakit gigi

    Sakit atau nyeri pada gusi sanggup diringankan dengan berkumur-kumur memakai air rebusan daun sereh selama satu menit.

  • Meringankan keram pada ketika menstruasi

    Pada ketika menstruasi, perempuan sering mengeluh keram pada area perut atau pinggulnya. Hal semacam ini kadang mengganggu aktifitas. Makara untuk menguranginya, bisa dengan meminum air rebusan daun sereh pada pagi hari.

  • Anti kanker

    Daun serai mengandung senyawa citral. Citral merupakan zat anti kanker yang sanggup membunuh sel-sel jahat dan mempertahankan sel-sel sehat. Daun serai yang telah direbus meninggalkan zat cirtal direbusan airnya. Makara miumlah air rebusannya 2 kali sehari. Sebuah penelitian yang dilakukan University Gurion di Israel mengungkap bahwa 100 gram serai mengandung antioksidan tinggi pencegah kanker. Namun perlu ditekankan bahwa ramuan ini tidak menyembuhkan kanker secara otomatis. Hanya membatu menghambat penyebarannya.

  • Mengatasi perut kembung

    Bertambahnya gas atau angin didalam usus sanggup menjadikan perut kembung. Proses bertambahnya gas pada usus sanggup dicegah dengan kandungan yang terdapat pada daun serai. Caranya dengan mengkonsumsi teh daun serai pada ketika perut kembung. Selain itu bisa juga dengan pemakaian luar. Caranya dengan mengoleskan hasil tumbukan daun serai yang yang dicampur dengan minyak angin. Oleskan di area perut yang terasa kembung.


tanaman yang wanginya tidak disukai oleh serangga mirip nyamuk Manfaat Daun dan Bunga Serai
Teh daun serai mempunyai cita rasa unik dan beraroma wangi. Sangat bermanfaat jikalau diminum rutin.


  • Mengatasi hipertensi

    Hipertensi atau tekanan darah tinggi terjadi lantaran peredaran sirkulasi darah yang tidak berjalan normal. Daun serai bisa menormalkan sirkulasi darah di dalam tubuh sehingga bagus dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Caranya dengan merebus daun serai kemudian meminum air rebusannya. Bisa juga dengan meminum minuman dan memakan kuliner yang mengandung serai.

  • Pemberi nutrisi pada saraf

    Serai bersifat hangat. Oleh alasannya itu ketika mengkonsumsi serai jangan heran jikalau tubuh secara otomatis akan terasa hangat juga otot-otot terasa lemas. Hal ini berefek baik pada sistem saraf tubuh. Karena dengan melemasnya otot-otot, sistem saraf akan berfungsi dengan baik.

  • Mengatasi bisul kulit

    Infeksi pada kulit terjadi lantaran banyaknya jamur dan kuman yang bersarang pada kulit. Jamur, kuman dan basil sanggup dimusnahkan dengan senyawa antimikroba dan antibakteri. Senyawa-senyawa tersebut terkandung dalam daun serai. Makara jikalau mengkonsusmi daun serai, jamur juga kuman-kuman yang bersarang pada kulit akan mati bahkan bekasnya pun akan hilang.


Manfaat untuk kecantikan:


Selain mengatasi dilema kesehatan, daun serai juga bermanfaat untuk kecantikan wanita. Kandungan nutrisi mirip minyak atsiri dan antioksidan yang tinggi bisa melindungi kulit wajah dari sinar ultraviolet. Sama mirip kandungan yang terdapat di dalam jeruk nipis dan tomat. Hal ini menawarkan laba lantaran kulit wajah sanggup terhindar dari penuaan dini. Selain itu, ada beberapa macam kosmetik yang terbuat dari ekstrak daun serai, contohnya sabun wajah. Sabun serai berguna untuk menghilangkan jerawat beserta bekasnya, mengangkat flek-flek hitam, dan memberi kesejukan pada kulit wajah. Jika rutin dipakai maka kulit akan terasa lebih kencang dan halus.


tanaman yang wanginya tidak disukai oleh serangga mirip nyamuk Manfaat Daun dan Bunga Serai
Salah satu rujukan produk hasil olahan daun serai yang berguna merawat kulit wajah.

Manfaat daun serai bekerjsama sudah menjadi pengetahuan umum di lingkungan masyarakat. Namun pernahkah anda mendengar wacana bunga serai? apakah manfaatnya?


Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui bahwa serai mempunyai bunga. Karena serai yang berbunga memang sangat jarang ditemui. Ada informasi yang beredar bahwa serai berbunga selama 11 tahun sekali. Dan itu merupakan momen langka yang menciptakan bunga serai digadang-gadang mempunyai aura mistis yang kental. Bentuk bunga serai intinya mirip biji padi dan bertangkai mirip ilalang. Di dunia spiritual, bunga ini dianggap sebagai mustika alam yang mempunyai energi positif. Menurut beberapa hebat spiritual, energi juga aura kasatmata yang dipancarkan oleh bunga serai sanggup mendatangkan rezeki dan melancarkan hubungan asmara.


tanaman yang wanginya tidak disukai oleh serangga mirip nyamuk Manfaat Daun dan Bunga Serai
Bunga serai seringkali dibentuk menjadi watu mustika yang di beberapa kalangan dipercaya mempunyai aura magis. Batu mustika ini marak diperjual belikan dengan harga selangit.

Ketika serai berbunga, biasanya akan diadakan ritual penyambutan bunga. Jika dipikir secara logis memang agak susah diterima oleh nalar pikiran, namun setiap orang mempunyai perbedaan keyakinan akan hal-hal tertentu yang dianggapnya benar. Berbeda dengan daun serai yang bermanfaat secara medis, bunga serai justru mempunyai manfaat secara magis. Semuanya kembali kepada anda bagaimana meenggunakannya secara sempurna biar bisa mendapat manfaatnya.


tanaman yang wanginya tidak disukai oleh serangga mirip nyamuk Manfaat Daun dan Bunga Serai
Melihat flora serai yang berbunga merupakan sebuah fenomena langka.

Untuk koleksi flora yang sanggup dimanfaatkan ini, Anda bisa klik disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Manfaat Daun Dan Bunga Serai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel