-->

iklan banner

Pedoman Penulisan Skripsi

PENDAHULUAN

Tugas simpulan sarjana S1 merupakan karya ilmiah yang diwajibkan bagi mahasiswa  pada masa simpulan studinya sebagai kepingan dari kiprah yang harus dipenuhi dalam mencapai gelar Sarjana S.1, Tugas simpulan ini dilaksanakan atas bimbingan dari dosen atau pembimbing lain yang ditunjuk ketua aktivitas studi.

Pelaksanaan kiprah simpulan dibagi menjadi dua tahap:

  1. Tahap pembuatan
  2. Tahap penilaian

Dalam sistem kredit semester ini, kiprah simpulan sanggup dilakukan bersamaan dengan kegiatan pemenuhan jumlah satuan kredit (SKS) untuk sarjana S.1. Penilaian kiprah simpulan dilakukan sesudah seluruh persyaratan akademis terpenuhi.

1.1 Maksud dan Tujuan

Dengan mengerjakan kiprah simpulan diharapakan mahasiswa bisa merangkup dan mengaplikasikan semua pengalaman pendidikan untuk memecahkan kasus dalam bidang keahlian/bidang studi tertentu secara sistematis, logis, kritis, dan berbobot berdasarkan data/informasi yang akurat dan didukung  analisis  yang sempurna dan menuangkan dalam bentuk penulisan karya ilmiah

Mengerjakan kiprah simpulan merupakan salah satu syarat untuk menuntaskan studi  dalam aktivitas sarjana teknik yang mempunyai tujuan biar mahasiswa:

  • Mampu membentuk perilaku menta ilmiah
  • Mampu mengidentifikasi dan merumuskan kasus penelitian yang berdasarkan rasional tertentu yang dinilai penting dan bermanfaat ditinjau dari beberapa segi.
  • Mampu melaksanakan penelitian mulai dari penyusunan rancangan penelitian, pelaksanaan penelitian, sampaai pelaporan hasil penelitian dalam bentuk naskah kiprah akhir.
  • Mampu melaksanakan kajian secara kuantitatif dan kualitatif dan menarik kesimpulan yang terperinci serta bisa merekomendasikan hasil penelitiannya kepada pihak-pihak yang berkepentingan
  • Mampu mempersentasikan dan mempertahankan hasil kiprah simpulan di dalam lembaga ujian isan di hadapan tim dosen penguji.

 

1.2  PERYSARATAN PENGAJUAN TUGAS AKHIR

1.3  PROSEDUR PENGAJUAN TUGAS AKHIR

.14  MATERI DAN RUANG LINGKUP BAHASAN

Ruang lingkup bahasan yang harus ada dalam pengajuan proposal kiprah simpulan meliputi:

  1. Pendahuluan
  2. Latar belakang masalah
  3. Perumusan masalah
  4. Tujuan kiprah akhir
  5. Penelaahan masalah
  6. Metedologi
  7. Relavansi
  8. Jadual kegiatan

 1.5   Jangka Waktu Penyusunan

1.6   Bimbingan kiprah akhir

1.7   Pergantian judul/Dosen Pembimbing

  1. Dimungkinkan adanya pergantian judul dikarenakan:
  • Sulit mendapat data/buku/ materi perpustakaan.
  • Ketidakmampuan mahasiswa menyelesaiakan kiprah simpulan sesudah dinilai oleh dosen pembimbing
  • Batas waktu yang terlampaui ( Lebih dari 6 bulan)

2.  Judul gres yang telah disetujui bersama oleh bersama mahasiswa dan dosen pembimbing Harus di penilaian dan disahkan oleh Ketua Program Studi

  • Pergantian dosen Pembimbing:
  • Pergantian dosen pembimbing dimungkinkan dalam hal dosen pembimbing bergalangan sehingga mensugesti penyelesaian kiprah akhir.
  • Usulan pergantian dosen pembimbing harus di usikan kepada Ketua Program Studi berikut alasan-alasan disertai usulan dosen pembimbing baru.
  • Pergantian Dosen pembimbing harus disahkan oleh Ketua Program Studi.

 

1.8   Persyaratan Teknis

1.9   Perysaratan Tugas Akhir

1.10  Penilaian Akhir

 

 PROSEDUR PENYUSUNAN TUGAS AKHIR

  • Seteah memenuhi persyaratan akademis, maka mahasiswa gres di ijinkan untuk menempuh kiprah akhir. Mahasiswa mencari sendiri judul kiprah simpulan sesudah terlebih dahulu mengisi form TA-01.
  • Setelah mendapat Dosen pembimbing, lembar form TA-02 yang telah diisi harus segera diserahkan ke sekretariat aktivitas studi.
  • Membuat proposal kiprah simpulan dengan format menyerupai yang dijelas pada halaman 9
  • Proposal diserahkan ke sekretariat aktivitas studi beserta 3 buah kopiannya dan lampiran dengan:
  1. Lembar Kontrol Proposal (Form TA-01 dan TA-02)
  2. Transkip sementra dari sekretariat aktivitas studi
  • Pembahasan proposal dilakukan dalam rapat dosen, sesuai dengan bidang studi
  • Dalam rapat pembahasan proposal akan diputuskan :
  1. Disetujui atau tidak disetujui dan isi kiprah akhir
  2. Penunjukkan pembimbing I dan Pembimbing II
  • Tugas simpulan yang sudah disetujui tapi tidak didaftarkan pada semester yang ditentukan, kiprah simpulan tersebut dinyatakan batal dan mahasiswa yang bersangkutan wajib mengajukan proposal baru.
  • Proposal kiprah simpulan yang tidak disetujui dianggap gugur dan mahasiswa sanggup mengajukan proposal kiprah simpulan gres pada priode berikutnya.
  • Tugas simpulan yang sudah disetujui oleh pembimbing, wajib didaftarkan paling lambat satu ahad sebelum ujian skripsi/sidang pada semester yang sudah ditentukan.
  • Mahasiswa yang mendapat perpanjangan penyelesaian kiprah simpulan atau sudah ujian tidak lulus, diwajibkan mendaftarkan kembali kiprah simpulan dengan judul baru.

 

FORMAT PROPOSAL TUGAS AKHIR

Proposal Skripsi / kiprah simpulan hendaknya dibentuk secara realitas, komprehensif dan terperinci yang berisi hal hal berikut:

  1. Judul Tugas Akhir

Judul hendaknya dibentuk singkat tetapi cukup terperinci menggambarkan tema pokokdengan memperhatikan batasan kualitatif, kuantitatif dan saran.

  1. Latar Belakang Masalah

Setiap penelitian yang diajukan untuk kiprah simpulan harus mempunyai latar belakang kasus (aktual) yang diduga atau yang memang memerlukan pemecahan. Latar belakang timbulnya kasus perlu diuraikan secara terperinci dengan sejauh mungkin didukung oleh data atau kebijaksanaan sehat yang mantaf. Kejelasan latar belakang timbulnya kasus akan memudahkan perumusan masalah.

  1. Perumusan Masalah

Masalah yang akan dicari pemecahannya melalui penelitian yang akan diajukan untuk kiprah akhir, hendaknya dirumuskan dalam bentuk deklaratif atau dalam bentuk kalimat-kalimat pertanyaan yang tegas guna menambah ketajaman perumusan. Pada prinsipnya kasus yang akan dicari pemecahannya harus cukup terbatas ruang lingkupnya biar sanggup memungkinkan pengambilan kesimpulannya yang difinitif. Pengertian yang terbatas itu hendaknya ditetapkan dengan beriorentasi kepada prospek kegunaannya secara operasional. Bila kegunaan Operasionalnya hanya sanggup dicapai melalui perumusan-perumusan kasus yang agak luas (tidak terlalu terbatas), hendaknya diarahkan kepada bias tidaknya penelitian dengan kasus yang seluas itu dilaksanakan. Uraian perumusan kasus tidak perlu dalam bentuk pertanyaan.

  1. Tujuan Tugas Akhir

Hasil utama dalam kiprah simpulan yaitu data dan informasi yang berhasil disusun melalui kegiatan penelitian. Uraian dengan singkat mengenai tujuan dari kiprah akhir. Tugas simpulan sanggup bertujuan untuk menjaga, menguraikan, menerangkan, membuktikan, atau mendapatkan/menerapkan suatu gejala, konsep atau dugaan, atau menciptakan suatu prototip.

  1. Penelaahan Studi (Tinjauan Pustaka)

Usahakan pustaka yang baru, relevan dan asli, contohnya jurnal ilmiah. Uraian dengan terperinci kajuan pustaka yang menumbulkan gagasan dan yang mendasari penelitian yang akan dilakukan. Tinjauan pustaka menguraikan landasan, teori, temuan, dan bahasan penelitia lain yang diperoleh dari contoh yang akan dijadikan landasan yang melaksanakan kegiatan penelitian yang akan dijadikan kiprah akhir. Uraian dalam tinjauan pustaka ini diarahkan untuk menyusun kerangka aliran atau konsep yang akan digunakan dalam penelitian kerangka aliran itu harus utuh menuju kepada satu tujuan yang tunggal yaitu memperlihatkan jawan atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam perumusan masalah. Tinjauan pustaka mengacu kepada daftar pustaka.

  1. Metodologi

Uraikan metode yang digunakan dalam penelitian secara rinci. Uraian sanggup meliputi variable dalam penelitian, model yang digunakan, rancangan penelitian, teknik pengumpulan dan analisis data cara penafsiran dan pengumpulan hasil penelitian yang memakai metode kualitatif. Perlu juga dijelaskan pendekatan yang digunakan, proses pengumpulan dan analisis informasi, proses penafsiran dan penyimpulan hasil penelitian.

  1. Relavansi

Uraian secara singkat  tetapi terperinci macam macam gagasan kreatif dari hasil kiprah simpulan itu untuk di kontribusikan kepada bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dan/atau kepada pengembangan kelembagaan dan/atau Pembangunan. Atau menjadikan wangsit untuk mahasiswa lain.

  1. Jadual kegiatan

Hendaknya dikemukakan jenis-jenis kegiatan yang direncanakan serta jadwal waktunya (mulai dari persiapan, pengumpulan data, pengolahan data, hingga dengan menyusun laporan).

  1. Daftar pustaka

Daftar pustaka yaitu daftar dari pustaka yang digunakan dalam penyusunan proposal kiprah akhir. Penulisan daftar pustaka disusun urut berdasarkan huruf dan diberi nomor tersebut dicantumkan kalau ada isi dari pustaka tersebut yang dikutip

Nama penulis. “ judul Makalah atau judul Buku”, Nama Jurnal, Nomor/Volume jurnal, penerbit, Kota, Tahun Penerbitan.

  1. Thiang Anies H., Resmana “PetraFuz; Sistem Pengembangan Kendali Fuzzy Logic Berbasis Mikrokontroler MCS51”Prosiding Seminar Nasional Pemanfaatan Teknik Kendali dan Isntrementasi pada Pertanian, BPPT, Jakarta, 1998

 

BENTUK PENULISAN SKRIPSI 

Bentuk Laporan Penulisan Skripsi Fakultas Teknik Untuk Jenjang Akademik Strata Satu terdiri dari:

4.1 Bagian awal

Bagian awal terdiri dari:

1.  Halaman Kulit

  1. Halaman Judul
  2. Lembar pernyataan hasil karya sendiri
  3. Lembar pengesaha
  4. Lembar akreditasi perbaikan
  5. Kata pengantar
  6. Lembar pertanyaan persetujuan publikasi karya ilmiah untuk keperluan akademis
  7. Daftar Riwayat Hidup
  8. Abstrak ( dalam bahasa indonesia dan inggris)
  9. Daftar isi
  10. Daftar tabel (jika diperlukan)
  11. Daftar Gambar (jika diperlukan)
  12. Daftar Istilah (jika diperlukan)
  13. Daftar Rumus (jika diperlukan)
  14. Dafgar Lainnya (jika diperlukan)
  15. Daftar Lampiran (jika diperlukan)

4.2  Bagian Tengah

Bagian Tengah ini terdir dari :

  1. Bab I PENDAHULUAN
  2. Bab II TINJAUAN PUSTAKA
  3. Bab III LANDASAR TEORI
  4. Bab IV METODOLOGI PENELITIAN
  5. Bab V HASIL PEMBAHASAN
  6. Bab VI KESIMPULAN DAN SARAN

4.3  Bagian Akhir

Bagian Akhir terdiri dari:

  1. Daftar Pustaka
  2. Lampiran

Penjelasan secara terinci dari struktur penulisan skripsi sanggup dilihat sebagai berikut:

4.1.  Bagian Awal

Pada kepingan awal ini berisi hal hal yang bekerjasama dengan penulisan skripsi yakni sebagai berikut:

4.1.1.  Halaman Kulit

Sebagai halaman Terdepan yang pertama kali dibaca dari suatu karya tulis ilmiah, halaman ini harus sanggup memperlihatkan informasi singkat kepada pembaca perihal karya tulis ilmiah tersebut berupa judul, identitas penulis dan tahun pembuatan. Contoh Halaman kulit dilihat pada lampiran 1

4.1.2.  Halaman Judul

Ditulis sesuai dengan cover depan penulisan skripsi Standar Universitas Pamulang. Contoh ada pada lampiran 2

4.1.3. Lembar Pertnyataan Hasil karya sendiri

Halaman ini berisi pernyataan dari mahasiswa penyusun kiprah simpulan yang menyatakan kiprah simpulan yang disusun yaitu hasil karya sendiri. Contoh lembar Pernyataan sanggup dilihat pada lampiran 3

4.1.4. Lembar Pengesahan

Pada lembar akreditasi ini berisi tanda tangan pembimbing dan ketua aktivitas studii yang bersangkutan. Contoh  lembar pengesahaan sanggup dilihat pada lampiran 4. Lembar akreditasi dibentuk sebagai salah satu kelayakan mengikuti sidang skripsi.

4.1.5. Lembar Pengesahan Perbaikan

Pada lembar akreditasi perbaikan ini berisi tanda tangan penguji dan ketua aktivitas studi yang bersangkutan. Contoh Lembar Pengesahan perbaikan sanggup dilihat pada lampiran 5. Lembar akreditasi perbaikan dibentuk sesudah penulis dinyatakan lulus sidang skripsi dan telah menuntaskan perbaikan-perbaikan.

4.1.6. Kata Pengantar/Ucapan Terimakasih

Halaman Kata pengantar memuat pengantar singkat  atas goresan pena yang dibuat. Sedangkan halaman ucapan terimakasih memuat ucapan terimakasih atau penghargaan kepada pihak pihak yang telah membantu dalam pembuatan karya ilmiah dan penulisannya. Sebaiknya ucapan terimakasih atau penghargaan tersebut juga mencantumkan santunan yang mereka  berikan,  contohnya santunan dalam memperoleh masukan, data, sumber-sumber infotmasi, serta santunan dalam menuntaskan kiprah simpulan tersebut.

4.1.7. Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi karya Ilmiah Untuk kepentingan Akademis

Halaman ini berisi pernyataan dari mahasiswa penyusun kiprah simpulan yang memperlihatkan hak bebas royalti non langsung kepada universitas pamulang untuk menyimpan dan mempublikasikan karya kiprah kesudahannya melalui internet atau media lain bagi kepentingan akademis, Contoh Lembar pernyataan sanggup dilihat pada lampiran 6

4.1.8. Daftar Riwayat Hidup

Halaman ini berisi riwayat hidup dari penulis. Contoh daftar riwayat hidup sanggup dilihat pada lampiran 7

4.1.9. Abstrak (Dalam bahasa indonesia dan inggris)

Yakni berisi ringkasan perihal hasil dan pembahasan secara garis besar dari penulisan skripsi dan kalau memungkinkan, pengetikan untuk abnormal bahasa indonesia dan inggris diletakkan satu halaman. Dibagian bawah abnormal ditulis kata kunci diberikan dalam bahasa indonesia. Untuk abnormal dalam bahasa inggris, kata kunci diberikan dalam bahasa inggris (dicari padanan katanya). Semua istilah gila dicetak miring (italic) contoh abnormal sanggup dilihat pada lampiran 8.

4.1.10. Daftar Isi

Berisi semua Informasi secara garis besar dan disusun berdasarkan urut nomor halaman. Contoh daftar isi sanggup dilihat pada lampiran 9

4.1.11. Daftar tabel, Daftar gambar dan Daftar Lainnya

Daftar Tabel, gambar dan lainnya digunakan untuk memuat nama tabel, gambar dan lainnya yang digunakan dalam penulisan. Penulisan nama tabel, gambar dan lainnya memakai huruf besar di awal kata ( title case). Daftar notasi dan daftar abreviasi ditulis dengan huruf aslinya (tidak dibentuk capital ataupun lowercase). Contoh daftar tabel, gambar dan lainnya sanggup dilihat pada lampiran 10.

4.1.12. Daftar lampiran

Contoh dari daftar lampiran sanggup dilihat pada lampiran 11.

4.2   Bagian Tengah

BAB I PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Menguraikan perihal alasan dan motivasi dari penulis terhadap topic permasalahan yang bersangkutan. Lihat lampiran 2 TA.

1.2. Rumusan Masalah

Berisi kasus apa yang terjadi dan sekaligus merumuskan kasus dalam penelitian yang bersangkutan lihat lampiran 2 TA

1.3  Batasan Masalah

Memberikan batasan yang terperinci pada kepingan mana dari duduk kasus atau kasus yang dikaji dan kepingan mana yang tidak .

1.4  Tujuan Penelitian

Mengambarkan hasil hasil  apa yang bias dicapai dan diharapkan dari penelitian ini dengan memperlihatkan tanggapan terhadap kasus yang diteliti. Lihat  lampiran 2 TA

1.5  Manfaat Penelitian

Menjelaskan cara penelitian terhadap perkembangan pengetahuan  dan teknologi, institusi atau lembaga.

1.6  Metode Penelitian

Menjelaskan cara pelaksanaan kegiatan penelitian, meliputi cara pengumpulan data, alat yang digunakan dan cara analisa.

1.7  Sistematika Penulisan

Memberikan citra umum dari kepingan ke kepingan dari penulisan  skripsi.

 

BAB II. TINJAUAN PUSTAKA/LANDASAN TEORI

Menguraikan teori-teori yang menunjang penulisan / penelitian, yang bisa diperrkuat dengan memperlihatkan hasil penelitian sebelumnya.

BAB III. METOLOGI PENELITIAN

Menjelaskan cara pengembilan dan pengolahan data dengan memakai alat-alat analisis yang ada. Menjelaskan langkah perancangan alat dan teknik, detil skematik dan teknik pengujian.

BAB IV. HASIL DAN PEMBAHASAN

Membahas perihal keterkaitan antar faktor-faktor dari data yang diperoleh dari kasus yang diajukan kemudian menuntaskan kasus tersebut dengan metode yang diajukan dan menganalisa proses dan hasil penyelesaian masalah.

BAB V. KESIMPULAN DAN SARAN

Bab ini terdiri dari kesimpulan saja atau ditambahkan saran

  • Kesimpulan

Berisi tanggapan dari  kasus yang diajukan penulis, yang diperoleh penelitian.

  • Saran

Ditujukan kepada pihak-pihak terkait, sehubungan dengan hasil penelitian

4.3   Bagian Akhir

  • Daftar pustaka

Berisi daftar rujukan (buku, jurnal, majalah, dll) yang dipergunakan dalam penulisan. Contoh daftar pustaka bisa dilihat pada lampiran 12

  • Lampiran

Penjelasan aksesori sanggup berupa pembuktian persamaan, uraian, gambar, perhitungan, perhitungan, grafik atau tabel, yang merupakan klarifikasi rinci dari apa yang disajikan dibagian terkait sebelumnya.

 

5.  TEKHNIK PENULISAN SKRIPSI

5.1 Kertas

Sfesifikasi kertas yang digunakan

  • Jenis : HVS
  • Warna : Putih polos
  • Berat : Minimal 70 gram
  • Ukuran : A4 (21,5 cm x 29,7cm)

5.2  Pengetikan

  • Posisi Penempatan Teks Pada Tepi Kertas:
  • Batas Kiri : 4 cm
  • Batas Kanan : 3 cm
  • Batas Atas : 3 cm
  • Batas Bawah : 3 cm
  • Jarak spasi: 1,5 (Khusus ABSTRAKSI hanya 1 spasi)
  • Jenis huruf (font): Times New Rowman
  • Ukuran/Variasi huruf
  • Judul Bab : 14/ Tebal + Huruf  Besar
  • Isi : 12/ Normal
  • Sub Bab : 12/ Tebal setiap halaman

Setiap halaman pada naskah kiprah simpulan mulai abnormal hingga daftar pustaka huruf diberi “ auto teks” pada footer dengan goresan pena Universitas pamulang (Times New Rowman 10 poin cetak tebal). Ditulis pada proposal rata kanan (align right).

5.3  Penomoran

5.3.1  Penomoran Halaman

  • Bagian Awal, nomor halaman ditulis dengan angka romawi huruf kecil (i,iii,iii,iv….). Posisi ditengah bawah (2 cm dari bawah). Khusus untuk lembar judul dan Lembar pengesahan, nomor halaman tidak perlu diketik, tetapi tetap dihitung.
  • Bagian Pokok. Nomor halaman ditulis dengan angka latin. Halaman pertama untuk setiap awal kepingan di kepingan bawah tengah, sedangkan halaman lainnya dipojok kanan atas.
  • Bagian Akhir. Nomor halaman dibagian bawah tengan dengan angka latin dan merupakan kelanjutan dari penomoran pada kepingan pokok.

 

5.3.2  Penomoran Bab Serta subbab

  • Bab dinomori dengan memakai angka romawi
  • Subbab dinomori dengan memakai angka latin dengan mengacu pada nomor bab/subbab dimana kepingan ini terdapat .
    • ……………………( judul Bab)
    • ……………………(Judul Subbab)
    • ……………………(Judul Subbab)
    • ……………………(Judul sub-Babbab)
  • Penulisan nomor dan judul kepingan ditengah huruf besar, ukuran font 14.
  • Penulisan nomor dan judul seb kepingan dimulai dari kiri, dimulai dengan huruf besar, ukuran font 12, tebal.

5.4  Halaman Kulit – Pedoman penulisan skripsi

  • Halaman Kulit Tugas Akhir terbuat dari karton tebal dilapisi kertas dengan warna berikut:
  • Program Studi Teknik Mesin : Warna Hitam
  • Program Studi Teknik Elektro : Warna Biru Muda
  • Program Studi Teknik Kimia : Warna Coklat Tua
  • Program Studi Teknik Industri  : Warna Putih
  • Program Studi Teknik Perangkat lunak: Warna Merah Muda
  • Semua Huruf dicetak denga tinta kuning emas dengan spasi tunggal (line space = single) dan ukuran sesuai dengan contoh lampiran 1.
  • Pada halaman kulit muka tidak diperbolehkan diberi siku besi pada ujung-ujungnya.

5.5  Tabel/Gambar dan Lainnya

  • Judul gambar/grafik diketik dibagian bawah tengah dari gambar. Judul tabel diketik  disebelah atas tengah dari tabel
  • Penomoran tergantung pada kepingan yang bersangkutan, contoh: gambar 3.1 berarti gambar yang pertama ada di kepingan II

5.6  Daftar Pustaka

  • Ditulis berdasarkan Urutan penunjukan rujukan pada kepingan pokok goresan pena ilmiah
  • Ditulis berdasarkan kutipan-kutipan.
  • Menggunakan nomor urut, kalau tidak dituliskan secara alfabetik.
  • Nama pengarang Indonesia ditulis normal yaitu Nama depat+nama keluarga
  • Gelar tidak perlu disebutkan.
  • Setiap pustaka diketik dengan jarak satu spasi (rata kiri), tapi antara satu pustaka dengan pustaka lainnya diberi jarak spasi.
  • Bila terdapat lebih dari tiga pengarang cukup ditulis pengarang pertama saja dengan aksesori “et al’
  • Penulisan daftar pustaka tergantung jenis informasinya yang secara umum mempunyai urutan sebagai berikut:

Nama pengarang. Judul karangan (digaris bawah/tebal/miring), edisi.

Nama Penerbit. Kota penerbit. Tahun Penerbit.

  • Tahun terbit disarankan minimal 2000

5.7  Kutipan  

Dalam penulisan hasil penelitiian ilmiah biasanya dimasukkan kutipan-kutipan. Ada beberapa kutipan yakni sebagai berikut:

  1. Kutipan Langsung, Direct Quatation yang terdiri dari kutipan langsung pendek dan kutipan langsungg panjang. Kutipan langsung pendek yaitu kutipan yang harus persis sama degan sumber aslinya dan ini biasanya untuk mengutip rumus, peraturan, puisi, defenisi, pernyataan ilmiah dan lain- lain. Kutipan langsung pendek ini yaitu kutipan yang panjangnya tiga melebih tiga baris ketikan. Kutipan ini cukup dimasukkan kedalam teks dengan tanda petik diantara kutipan tersebut. Sedangkan kutipan yang panjangnya melebihi tiga baris ketikan dan kutipan harus diberi daerah tersendiri dalam alinea baru.
  2. Kutipan tidak Langsung ( Indirect Quatation) Merupakan kutipan yang tidak persis sama dengan sumber aslinya. Kutipan ini merupakan ringkasan atau pokok-pokok yang disusun berdasarkan jalan pikiran pengutip. Baik kutipan tidak lansung pendek maupun panjang harus dimasukkan kedalam kalimat atau alinea. Dalam kutipan tidak langsung pengutip dihentikan memasukkan pendapatnya sendiri.

Catatan kaki atau footnote yaitu perihal sumber karangan dan setiap mengutip suatu karangan harus dicamtumkan sumbernya. Kewajiban mencantumkan sumber ini untuk menyatakan penghargaan Kepada pengarang laiin yang menyatakan bahwa penulis meminjam pendapat atau buah pikiran orang lain. Unsur-unsur dalam catatan kaki meliputi : nama pengarang, judul karangan, penerbitan dan nomor halaman.

Ada dua cara dalam menempatkan sumber kutipan sebagai berikut:

  1. Cara ringkas yaitu: Menempatkan sumber kutipan dibelakang materi yang dikutip yang ditulis dalam tanda kurung dengan menyebutkan “ Nama pengarang, tahun penerbitan dan halaman yang dikutip
  2. Cara langsung yaitu menempatkan sumber kutipan langsung dibawah pernyataan yang dikutip yang dipisahkan dengan garis lurus sepanjang garis teks. Jarak antara garis pemisah dengan teks satu spasi. Jarak antara garis pemisah dengan sumber kutipan beliau spasi, dan jarak baris dari kutipan harus satu kutipan.
  3. Cara pengkodean yaitu mencamtumkan arahan pustaka yang sesuai dengan daftar pustaka yang digunakan.

Lampiran

Lampiran ini berisi data, gambar, tabel atau analisis dan lain lain yang sebab terlalu banyak, sehingga mustahil untuk dimasukkan kedalam bab-bab sebelumnya.

Hasil Penulisan Tugas Akhir.

  • Dijiliid berbentuk buka dengan jumah halaman paling sedikit 12 (dua belas) halaman tidak termasuk cover, halaman judul, daftar isi, kata pengantar dan daftar pustaka.
  • Dipresentasikan dan di usikan memakai Power Point dikala pelaksanaan Sidang Sarjana (S1) dihadapan para penguji sidang.
  • Diketik dengan memakai Program Software Pengolah kata. Misal : MS word.
  • Dicetak dengan printer (dianjurkan dengan LASER PERINTER).

 

Lihat juga


Sumber https://www.cekkembali.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pedoman Penulisan Skripsi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel