-->

iklan banner

Pengertian Kota Beserta Ciri-Ciri Dan Potensinya

Pengertian kota. Halo sahabat bangkusekolah.com, kali ini kita akan membahas mengenai pengertian kota. Kamu sudah tahu belum apa itu Pengertian Kota?


A. Pengertian kota


Sebenarnya, pengertian kota sanggup ditinjau dari banyak sekali sudut pandang sesuai dengan disiplin ilmu para hebat yang membahasnya. Untuk lebih jelasnya, yuk perhatikan beberapa pengertian kota berdasarkan para ahlinya.


Yang pertama ada Bintaro. Beliau mengungkapkan bahwa kota yaitu sebuah bentang budaya yang ditimbulkan oleh unsur-unsur alami dan nonalami dengan tanda-tanda pemusatan penduduk yang cukup besar dan corak kehidupan yang sifatnya heterogen dan materialistis dibandingkan dengan daerah belakangnya.


Lalu, berdasarkan Max Weber, kota yaitu suatu tempat yang penghuninya sanggup memenuhi hampir semua kebutuhannya di pasar yang ada di kota itu sendiri.


Menurut Northam, kota yaitu lokasi yang kepadatan penduduknya lebih tinggi dibandingkan dengan populasi (kepadatan umum). Penduduk pada lokasi atau tempat tersebut sebagian besar tidak tergantung pada sektor pertanian dan tidak juga pada kegiatan ekonomi primer. Lokasi tersebut menjadi sentra kebudayaan, administrasi, dan ekonomi bagi wilayah di sekitarnya.


Setelah itu, ada tokoh berjulukan Grunfeld. Dia menyebutkan bahwa kota merupakan suatu permukiman dengan kepadatan penduduk yang lebih besar daripada kepadatan wilayah nasional dengan struktur mata pencaharian nonagraris dan sistem penggunaan tanah yang beraneka ragam serta ditutupi oleh gedung-gedung tinggi yang lokasinya sangat berdekatan.


Ada Burkhad Hofmesiter, ia menyampaikan bahwa kota merupakan pemusatan keruangan dari tempat tingal dan tempat kerja insan yang kegiatan umumnya di sektor sekunder (industri dan perdagangan ) dan tersier (jasa dan pelayanan masyarakat) dengan pembagian kerja yang khusus yang pertambahan penduduknya sebagian besar disebabkan pemanis kaum pendatang serta bisa melayani kebutuhan barang dan jasa bagi wilayah yang jauh letaknya.


Kemudian, berdasarkan peraturan menteri dalam negeri nomor 2 tahun 1987 pasal 1, kota merupakan sentra pemukiman dan kegiatan penduduk yang mempunyai batasan manajemen yang diatur dalam perundang-undangan serta pemukiman yang telah memperlihatkan budpekerti dan ciri kehidupan perkotaan.


B. Ciri-ciri Kota


Kota mempunyai beberapa ciri-ciri, yaitu:


a. Ciri Fisik Kota


1) Ada banyan gedung perkantoran dan hiburan

2) Ada banyak gedung pemerintahan

3) Ada alun-alun

4) Ada tempat-tempat parkir kendaraan

5) Ada sarana olahraga

6) Ada open space yaitu daerah terbuka untuk paru-paru kota.

7) Ada kompleks perumahan penduduk yang terdiri daro slums area, permukiman masyarakat ekonomi lemah, sedang dan elite.


b. Ciri Masyarakat Kota


1) Hubungan Sosial bersifat gesselschaft

2) Ada segregasi keruangan

3) Norma-norma keagamaan tidak begitu ketat

4) Pandangan hidup masyaraka kota lebih rasional dibandingkan masyarakat desa


C. Potensi Kota


Mengingat kota sebagai sentra banyak sekali pelayanan bagi seluruh warga masyarakat maka banyak sekali potensi yang ada di dalamnya perlu diketahui.


Potensi kota yaitu sebagai berikut ini:

a. Potensi ekonomi

Ada banyak sekali kemudahan ibarat pasar, sentra perbelanjaan, tempat industri dan saran transportasi.

b. Potensi sosial

Ada banyak sekali kemudahan sepert tempat ibadah, rumah sakit, tempat hiburan, tubuh atau yayasan sosial dan organisasi sosial.

c. Potensi politik

Keberadaan aparatur kota yang menjalankan tugasnya dengan baik di dalam melayani masyarakat, partai politik, serta lembaga-lembaga politik lainnya.

d. Potensi budaya

Ditandai dengan adanya sarana pendidikan dan kesenian yang memperlihatkan semangat dan gairah hidup bagi warga kota.


D. Klasifikasi Kota


Berdasarkan jumlah penduduknya, kota sanggup dikelompokkan sebagai berikut, yaitu:

a. Kota kecil

Kota dengan penduduk berjumlah 20.000 – 50.000 jiwa.

b. Kota sedang

Kota yang penduduknya berjumlah 50.000-100.000 jiwa

c. Kota besar

Kota yang penduduknya berjumlah 100.000- 1.000.000

d. Kota metropolitan

Kota yang penduduknya berjumlah 1.000.000 – 5.000.000 jiwa.

e. Kota megapolitan

Kota yang penduduknya berjumlah lebih dari 5.000.000 jiwa.


E. Fungsi Kota sebagai Lokasi Pusat Kegiatan


Berdasarkan undang-undang N0.22 tahun 1999, kota merupakan sentra pemerintahan, sentra pendidikan, dan sentra informasi.


a. Kota sebagai sentra pemerintahan

Kota sebagai sentra pemerintahan artinya di kota tersebut banyak sekali pusat-pusat pengaturan atau pengendalian pemerintahan, baik di tingkat pusat, provinsi, maupun di kabupaten maupun kota.


b. Kota sebagai sentra pendidikan

Berdasarkan sejarah bangsa Indonesia, keberadaan sekolah-sekolah dimulai dari kota-kota besar. namun, sesudah Indonesia merdeka, pertumbuhan pusat-pusat pendidikan ada di suluruh pelosok tanah air. Hal tersebut biar sanggup dirasakan oleh masyarakat luas, tidak ibarat pada dikala masa penjajahan di mana yang boleh bersekolah hanyalah kau bangsawan.


c. Kota sebagai sentra informasi

Informasi yang cepat dan akurat sangat diharapkan untuk mendorong pembangunan wilayah perkotaan atau pedesaan. Jenis sumber info yang masuk ke desa sebagian besar berasal dari kora. Informasi yang berasal dari kota hingga ke desa melalui banyak sekali media baik media elektronik maupun media cetak ibarat internet, televise, radio dan majalah.


Setelah membaca pembahasan pengertian kota, ciri-ciri dan potensi kota, kini ada kiprah nih buat kamu. Coba sebutkan potensi kota tempat kau tinggal terhadap kemajuan bangsa Indonesia.



Sumber https://bangkusekolah.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Kota Beserta Ciri-Ciri Dan Potensinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel