-->

iklan banner

Penyebab Kendaraan Beroda Empat Tidak Dapat Distarter Dan Solusinya

Ada yang pernah mengalami kendaraan beroda empat tidak sanggup distarter ? Kami yakin semua pemilik kendaraan beroda empat pernah mengalami hal tersebut dan tak jarang ada yang kebingungan mencari solusinya. Padahal penyebab kendaraan beroda empat tidak sanggup distarter sangat sepele. Namun tak jarang masalahnya berasal dari komponen mesin yang otomatis membutuhkan perbaikan supaya kendaraan beroda empat kembali sanggup dihidupkan.




Mungkin banyak orang mengira bahwa penyebab kendaraan beroda empat tidak sanggup distarter yaitu problem aki. Namun aki bukan menjadi satu-satunya penyebab problem tersebut, sebab masih banyak penyebab lainnya. Nah untuk mengetahui apa saja penyebabnya, silahkan simak warta berikut ni.


Penyebab Mobil Tidak Bisa DistarterAda yang pernah mengalami kendaraan beroda empat tidak sanggup distarter  Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter dan Solusinya


1. Aki Tekor


Salah satu penyebab utama kendaraan beroda empat tidak sanggup distarter yaitu problem aki. Biasanya hal ini terjadi sebab aki tekor atau soak. Untuk mengatasi hal tersebut, masbro sanggup melaksanakan jumper aki yang caranya silahkan simak DISINI. Namun sering kali jumper aki hanya bersifat sementara, terutama bagi pengguna aki kering. Sedangkan untuk aki lembap sanggup terlebih dahulu disetrum supaya sumber daya aki sanggup kembali penuh.


Apabila sudah distrum, namun tetap tidak berpengaruh menyalakan mobil, maka masbro harus membeli aki baru. Harga aki kendaraan beroda empat juga bervariasi, mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Kami sarankan untuk menentukan aki kendaraan beroda empat dari merek-merek ternama , menyerupai Bosch, Yuasa, GS Astra, dll, supaya nantinya tahan usang dan tidak cepat tekor. Selain itu, pilihlah aki yang kapasitas dayanya sesuai dengan kebutuhan sistem kelistrikan mobil.


2. Dinamo starter rusak


Selain aki, salah satu komponen yang paling penting dalam menghidupkan kendaraan beroda empat yaitu Dinamo Starter. Fungsi komponen tersebut yaitu merubah energi listrik yang berasal aki menjadi energi mekanik (putar) memakai gaya elektromagnetik. Nah apabila dinamo starter rusak, maka kendaraan beroda empat tidak sanggup dihidupkan. Solusinya yaitu melaksanakan perbaikan pada komponen dinamo starter yang mengalami kerusakan.


Perbaikan dinamo starter lebih baik dilakukan oleh mekanik profesional. Apabila tidak sanggup diperbaiki, maka masbro harus membeli dinamo starter gres yang harganya sanggup melebihi 400 Ribu Rupiah, tergantung jenis kendaraan beroda empat yang masbro miliki. Nah untuk mencegah kerusakan dinamo starter, kami sarankan untuk selalu memanaskan kendaraan beroda empat dan jangan memaksa kendaraan beroda empat dihidupkan dikala kondisi aki soak.


3. Alternator Rusak


Alternator merupakan komponen kendaraan beroda empat yang berfungsi menyuplai listrik ke aki. Apabila komponen tersebut mengalami kerusakan, maka kendaraan beroda empat tidak sanggup distarter. Untuk mengecek kondisi altenator cukup gampang. Masbro sanggup melihatnya melalui panel istrument yang akan mengatakan gambar aki dikala kendaraan beroda empat dihidupkan. Nah apabila gambar aki menyala, berarti alternator bermasalah.


Sayangnya tak semua kendaraan beroda empat dilengkapi instrument cluster yang menampilkan gambar aki. Nah untuk mengetahui apakah penyebab kendaraan beroda empat tidak sanggup distarter sebab problem pada alternator yaitu dengan cara memakai voltmeter, kemudian tempelkan jarum plus dan minus ke ujung masing-masing alternator. Apabila arus listrik yang terlihat pada voltmeter dibawah 13 Volt, maka sanggup dipastikan bahwa alternator mengalami kerusakan.


4. Kunci Kontak Kendor Atau Rusak


Saat ini sudah banyak kendaraan beroda empat yang dilengkapi sistem penguncian keyless, sehingga tidak membutuhkan kunci mekanik untuk menghidupkan mesin. Namun bagi yang masih memakai kunci mekanik, maka kemungkinan besar problem yang menjadikan kendaraan beroda empat tidak sanggup distarter yaitu socket kunci kontak yang kendor sehingga tidak sanggup menyambungkan arus litrik antara kunci dengan pemantik mesin yang otomatis menciptakan kendaraan beroda empat tidak sanggup distarter.












Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Modifikasi AvanzaModifikasi Satria FU

Nah itulah beberapa problem utama yang sering kami menciptakan kendaraan beroda empat tidak sanggup distarter. Sebenarnya masih ada beberapa problem lainnya, menyerupai fuse starter yang putush, tekanan kompresi drop, sensor Injeksi mengalami kerusakan, time pengapian bergeser, sampai lupa tidak menginjak rem atau kopling yang otomatis akan menciptakan kendaraan beroda empat dengan transmisi manual tidak akan sanggup menyala. Sekian warta otomotifo.cm kali ini, semoga bermanfaat dan sanggup menjadi materi referensi.



Sumber https://www.otomotifo.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penyebab Kendaraan Beroda Empat Tidak Dapat Distarter Dan Solusinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel