-->

iklan banner

Pertumbuhan Ekonomi

Pengertian pertumbuhan ekonomi

Pertumbuhan ekonomi seringkali dikaitkan dengan kemajuan atau pencapain suatu negara dalam kurun waktu tertentu, akan tetapi itu merupakan bahasa awamnya, pengertian pertumbuhan ekonomi ialah kondisi prekonomian suatu negara untuk menuju yang lebih baik secara berkelanjutan/berkesinambungan dalam kurun waktu tertentu. Pertumbuhan ekonomi suatu negara sanggup dilihat dengan membandingkan peningkatan kapasitas ekonomi untuk memproduksi barang dan jasa, dibandingkan dari satu periode waktu ke periode sebelumnya.

Pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu indikator keberhasilan pembangunan di suatu perekonomian. Kesejahteraan dan kemajuan suatu perekonomian ditentukan oleh besarnya pertumbuhan yang ditunjukkan oleh perubahan output nasional. Adanya perubahan output dalam perekonomian merupakan analisis ekonomi jangka pendek

Menurut Adam Smith pemerintah mempunyai tiga fungsi utama dalam mendukung perekonomian yaitu (1) memelihara keamanan dalam negeri dan pertahanan; (2) menyelenggarakan peradilan; dan (3) menyediakan barang‐barang yang tidak disediakan oleh pihak swasta, menyerupai infrastruktur dan akomodasi umum. Pemerintah membutuhkan anggaran untuk menyelenggarakan fungsinya dengan baik dan prosedur penyelenggaraannya anggaran tersebut dilakukan melalui kebijakan fiskal. Kebijakan fiskal mencerminkan besaran, pertumbuhan, maupun struktur dari anggaran pemerintah yang dianut oleh suatu negara .

Sedangkan berdasarkan para hebat mendefenisikan pertumbuhan sebagai berikut

1. Prof. Meier dan Baldwin

Proses dimana pendapatan nasional (ekonomi riil) meningkat dalam waktu usang periode waktu”. Definisi ini menjelaskan tiga komponen pertumbuhan ekonomi. 1) proses, 2) pendapatan riil nasional , 3) jangka panjang

2. Menurut Benard Okun dan Richard W, Richardson, “

Peningkatan ekonomi yang berkelanjutan dalam hal kesejahteraan, yang tercermin dalam peningkatan arus barang dan jasa”.

Dari pengertian diatas sanggup disimpulkan, PE kemampuan suatu negara untuk menghasilkan barang dan jasa dalam periode waktu tertentu.

Karakteristik Ekonomi yang maju

  Sebuah ekonomi maju ditandai oleh kenaikan modal sumber daya, peningkatan efisiensi kerja, pengorganisasian produksi yang lebih baik di semua bidang, pengembangan sarana transportasi dan komunikasi, pertumbuhan bank dan forum keuangan lainnya, urbanisasi dan kenaikan tingkat hidup, peningkatan standar pendidikan dan impian hidup, akomodasi rekreasi yang lebih banyak dan pelebaran cakrawala mental orang-orang, dan sebagainya. Singkatnya, pembangunan ekonomi harus memecah kemiskinan penghalang atau bulat setan dan menghasilkan ekonomi yang menghasilkan dirinya sendiri bahwa pertumbuhan ekonomi menjadi mandiri. Karakteristik utama negara maju ialah sebagai berikut

  1. Sektor Industri Tinggi.
  2. Pertumbuhan Modal meningkat.
  3. Penggunaan Teknologi dan Keterampilan Produksi Tinggi.
  4. Pertumbuhan penduduk rendah.

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi

  1. Sumber Daya Alam

Faktor utama yang mempengaruhi perkembangan ekonomi suatu negara ialah alam sumber daya alam, menyerupai  kualitas tanah, kekayaan hutan, mineral dan sumber daya minyak, iklim yang baik  dll.

Untuk mendorong pembangunan ekonomi terus tumbuh, sumber daya alam yang berlimpah sangat penting. Meski sumber daya alam yang melimpah sangat penting akan tetapi itu saja tidak cukup, Negara kongo misalnya, negara yang melimpah dengan sumber daya alamnya, kenyataannya hingga kini negara tersebut di dera kemiskinan yang parah. Pemanfaatan sumber daya yang kurang baik merupakan faktor pemicunya. Bandingkan dengan negara menyerupai india dan jepang yang mempunyai sumber daya alam terbatas.

2. Perkembangan teknologi

kemajuan teknologi merupakan faktor yang sangat penting dalam memilih tingkat pertumbuhan ekonomi.

Perubahan teknologi penting dalam proses ekonomi pertumbuhan. Adam Smith, bapak ekonomi politik, pentingnya kemajuan teknologi dalam pembangunan ekonomi. Ricardo memvisualisasikan pertumbuhan pada ekonomi kapitalis saling kejar-kejaran antara kemajuan teknologi dan pertumbuhan populasi.

3 Pertumbuhan penduduk

Kualitas populasi penduduk yang baik sangat penting untuk mendukung laju perkembangan ekonomi.

Investasi dalam bentuk pendidikan dan medis dan sejenisnya Skema sosial lainnya sangat diinginkan. Menurut Peter Drucker: “Kebutuhan yang paling penting dengan cepat pertumbuhan industri ialah manusia. Orang siap menyambut tantangan ekonomi perubahan dan peluang di dalamnya. Orang-orang, di atas segalanya, yang berdedikasi pada pembangunan ekonomi negara mereka, dan standar kejujuran yang tinggi, kompetensi, pengetahuan dan kinerja.

4. Laju pertumbuhan penduduk

Pasokan tenaga kerja berasal dari pertumbuhan penduduk. Tapi pertumbuhan penduduk harus seimbang. Peningkatan populasi yang tinggi menghambat kemajuan ekonomi. Pertumbuhan pendudu tinggik hanya diinginkan di negara kurang berpenduduk.

5. Pembentukan Modal:

Melibatkan tanah, bangunan, mesin, listrik, transportasi, dan media komunikasi. Memproduksi dan memperoleh semua produk buatan insan ini disebut gugusan modal. Pembentukan modal meningkatkan ketersediaan modal per pekerja, yang merupakan rasio kekuatan / tenaga kerja lebih lanjut. Akibatnya, produktivitas tenaga kerja meningkat, yang pada alhasil menghasilkan peningkatan output dan peningkatan ekonomi.

6. Faktor Sosial dan Politik:

Faktor sosial kiprah penting dalam pertumbuhan ekonomi suatu negara. Faktor sosial melibatkan kebiasaan, tradisi, nilai dan kepercayaan, yang berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi hingga batas tertentu.

Misalnya, masyarakat dengan keyakinan dan takhayul konvensional menolak mengadopsi cara hidup modern. Dalam kasus menyerupai itu, menjadi sulit. Terlepas dari ini, faktor politik, menyerupai partisipasi pemerintah dalam merumuskan dan menerapkan aneka macam kebijakan, mempunyai kiprah utama dalam kemajuan dibidang ekonomi.

Cara Mengukur Laju Pertumbuhan Ekonomi

Adapun cara yang dipakai untuk mengukur pertumbuhan suatu sanggup dihitung memakai rumus sebagai berikut:

g = {(PDBs-PDBk)/PDBk} x 100%

• g = Tingkat pertumbuhan ekonomi (dalam persentase)
• PDBs = PDB riil tahun sekarang
• PDBk = PDB riil tahun kemarin.

Lihat juga

Sumber https://www.cekkembali.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pertumbuhan Ekonomi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel