-->

iklan banner

√ Supervisor Yaitu – Berikut Pengertian, Kiprah Dan Tanggung Jawab Spv

Supervisor Adalah – Apa itu supervisor? Pasti semua sudah pernah mendengar wacana supervisor atau biasa disebut SPV dalam struktur organisasi maupun suatu perusahaan, apalagi jaman kini sebuah café sudah mempunyai supervisor dan manajer di dalam struktur organisasinya. Dalam bahasa inggris SPV yakni supervise yang artinya mengawasi atau mengarahkan. Pengertian supervisor secara umum supervisor yakni jabatan yang bertugas menjadi pengawas dan pengarah. Berikut pengertian supevisior berdasarkan para ahli.


Pengertian Supervisor Menurut Para Ahli :


1. Menurut Sarwoto (1993)

Supervisor yakni seorang disuatu organisasi yang bertanggung jawab atas kiprah terhadap kelompoknya.


2. Menurut Raphael, R. Kavanaugh dan D. Ninemeire

Supervisor yakni seseorang yang bertanggungjawab atas pekerjaan anak buahnya.


3. Menurut Moekijat (1990)

Supervisor yakni anggota persahaaan yang bertanggung jawab atas pekerjaan anak buahnya kepada administrasi yang lebih tinggi.


 Pasti semua sudah pernah mendengar wacana supervisor atau biasa disebut SPV dalam strukt √ Supervisor yakni – Berikut Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab SPV


Dapat disimpulkan bahwa supervisor atau SPV adalah seorang yang mempunyai wewenang dari pejabat di atasnya untuk menawasi dan memberi perinah anak buahnya dalam melakukan pekerjaan. Tetapi setiap perusahaan kiprah supervisor mempunyai kiprah yang berbeda – beda dikarenakan setiap perusahaan mempunyai kebutuhan yang berbeda, selain itu kiprah supervisor tergolong sulit alasannya supervisor membawahi beberapa orang yang tentunya tidak gampang dalam mengatur kelompok kerja. Ada kiprah supervisor yang harus dilaksanakan sebagai berikut.


Tugas Supervisor Didalam Perusahaan :



  • Tugas supervisor yang pertama memberikan kebijakan perusahhan atau organisasi yang telah disepakati oleh penjabat diatasnya kepada anak buahnya.

  • Tugas supervisor yang kedua mengerjakan proyek, dan kiprah lainnya secara langsung.

  • Mengatur progress pekerjaan dan membagi kelompok yang dibawah wewenangnya.

  • Memberikan training kepada subordinatnya.

  • Memberikan breafing dan pembinaan kerja.

  • Mendisiplinkan karyawan yang ceroboh dalam menuntaskan pekerjaan.

  • Membat aktivitas kerja untuk beberapa waktu kedepan supaya berjalan sesuai rencana.

  • Memberikan Motivasi kepada staff.

  • Dan kiprah supervisor yang terakhir yaitu menjalankan dan menaati seluruh peraturan Perusahaan.


Selain mempunyai tugas, supervisor mempunyai tanggung jawab yang harus ditepati, tanggung jawab itu sendiri yaitu kewajiban atas pervuatan yang telah dilakukan dengan kesadaran. Kewajiban supervisor diantaranya.


Tanggung Jawa Supervisor :


1. Planning

Seorang supervisor harus merncanakan progress, kergiatan atau pekerjaan yang akan dilaksanakan beberapa waktu kedepan supaya sesuai sasaran yang ditentukan.


2. Ordanizing

Setelah merencanakan progress, kegiatan atau pekerjaaan kedepan seorang supervisor akan mengkordinasi kepada tim supaya dikerjakan sesuai dengan progress yang ditentukan.


3. Staffing

Setelah mengkordinasi, supervisor akan membagi kiprah kepada bawahannya supaya pekerjaan dikerjakan sesuai planning.


4. Directing

Setelah membagi kiprah kepada bawahan supervisor akan mengawasi dan mengarahkan pekerjaan supaya sesuai dengan planning awal.


5. Controling

Tanggung jawab supervisor yang terakhir yaitu mengkontrol staff bawahan dan pekerjaan supaya selalu berada pada planning yang sudah dibentuk di awal.


Ciri Ciri Supervisor :


1. Karakter yang pastinya seorang supervisor harus jujur dalam semua perbuatan dan bertanggung jawab atas apa yang sudah ia katakan.


2. Koperatif selain dari karkter seoran supervisor harus kooperatif. Supervisor harus apat menjalin kerjasama antar atasan maupun bawahan dan konsumen sekaligus.


3. Kompeten apabila seorang supervisor tidak kompeten dalam bidangnya tentu saja ia tidak sanggup mengerjakan pekerjaannya sesuai standart yang ada.


Baca juga : Perdagangan Internasional


Cukup lengkap bukan ulasannya ? Baikmya anda pertimbangkan dengan baik terlebih dahulu bila mendapat penawaran dari perusahaan untuk diangkat menjadi supervisor. apakah anda sudah siap dengan kiprah dan tanggung jawabnya ataukah belum. Setelah membaca ulasan tersebut semoga sanggup mampu menambah pengetahuan khususnya mengenai pengertian supervisor , kiprah dan tanggung jawabnya.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Supervisor Yaitu – Berikut Pengertian, Kiprah Dan Tanggung Jawab Spv"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel