Tips Menciptakan Dan Mempercantik Tabel Pada Microsoft Word

Membuat tabel di Microsoft Word dulunya sangat menjengkelkan sehingga kebanyakan orang melakukannya di Excel, kemudian memindahkannya (atau import) ke Word. Tabel dalam software Microsoft Word merupakan alat pemformatan yang penting, oleh alasannya yaitu itu, Microsoft Office membuatnya semakin gampang dalam proses menciptakan dan memformat tabel di Word untuk Office 365, Word 2019, Word 2016, dan Word 2013.
Dalam artikel ini akan dibahas beberapa tips dalam menciptakan dan mempercantik tabel dalam Ms. Word:
- Membuat tabel
- Menu layout & design
- Menetapkan posisi tabel
- Penggunaan penggaris (ruler)
- Konversi dari teks ke tabel (atau sebaliknya)
- Format Numbering
- Transpose
1. Membuat Tabel
Microsoft menyediakan setidaknya lima metode berbeda untuk menciptakan tabel: Grafik kotak-kotak, Insert Table, Draw Table, buat tabel Excel Spreadsheet gres ataupun yang sudah ada, and Quick Tables, ditambah opsi untuk mengubah teks yang ada menjadi sebuah tabel. Untuk memulai, buka dokumen Word kosong dari Halaman Utama / Baru. Posisikan kursor Anda di dokumen daerah Anda ingin tabel dimasukkan.a. Membuat tabel dari gambar kotak
Di bawah tab Insert, klik tombol Table.Kotak obrolan Insert Table akan terbuka, menampilkan pola kotak tabel serta opsi sajian lainnya di bawahnya. Untuk pola cara menggunakannya, tempatkan kursor Anda (tidak diklik) pada sel pertama di kisi dan geser ke bawah dan lagi hingga Anda menyorot empat kolom dan lima baris, kemudian klik sekali saja.

b. Insert Table
Klik Insert > Tables > Insert Table dari sajian dropdown. Dalam kotak obrolan Insert Table, masukkan jumlah kolom dan baris yang Anda inginkan. Di panel AutoFit Behavior, pilih Otomatis, atau klik panah bawah untuk menentukan ukuran lainnya. Anda juga sanggup menentukan AutoFit to content (menghasilkan kolom yang sanggup meluas dikala Anda menambahkan data) atau AutoFit to window (memperluas tabel semoga sesuai dengan ukuran dokumen).

c. Draw Table
Klik Insert > Tables > Draw Table. Kursor akan bermetamorfosis pensil, yang sanggup Anda drag ke bawah dan ke samping untuk menggambar kotak. Jangan khawatir perihal ukurannya; Anda sanggup merubahnya kapan saja.
Setelah kotak dibuat, posisikan kursor di dalam kotak dan gambar garis berulang-ulang untuk kolom dan baris (satu per satu). Jangan khawatir perihal garis yang bengkok, Ms Word akan meluruskannya dikala Anda menggambar.
Untuk menambah atau menghapus kolom dan/atau baris setelahnya, klik di dalam tabel, kemudian pilih tab Desain di bawah Table Tools. Klik tombol Draw Table untuk menambahkan atau melanjutkan menggambar garis dengan kursor pensil Anda, atau klik tombol Eraser untuk menghapus garis dengan kursor penghapus. Untuk menghapus garis, cukup klik garis tersebut dengan kursor penghapus, dan garis itu menghilang.

d. Excel Spreadsheet (dalam Ms. Word)
Klik Insert > Tables > Excel Spreadsheet. Anda sanggup terus memakai Excel dan sajian serta perintahnya, tetapi sehabis Anda memasukkan data, itu akan dikonversi ke grafik yang tidak sanggup diedit.
Jika Anda ingin menambah, menghapus, atau memodifikasi spreadsheet, cukup double klik pada tabelnya, atau sanggup juga dengan klik kanan di dalam tabel excel, pilih Objek Lembar Kerja dari sajian dropdown, kemudian klik Edit. Spreadsheet orisinil muncul kembali untuk diedit. Perhatikan sajian atas pada Word akan berubah kembali menjadi sajian Excel untuk diedit.

Apabila anda telah mempunyai data di file Excel tersendiri, anda juga sanggup memasukkannya ke dalam Ms. Word. cukup gunakan fungsi copy dan paste. Buka Excel, pilih data yang akan dicopy, pilih copy (Ctrl+C). Kemudian buka Word, posisikan kursor Anda di lokasi yang diinginkan, dan pilih Paste > Keep Source Formatting.
Opsi lain pada sajian obrolan Paste yaitu Merge Formatting, yang mengubah format teks semoga sesuai dengan file yang Anda copy
Selain itu, ada pilihan Keep Text Only, yang menempelkan teks tanpa garis-garis Excel, artinya Anda mungkin harus meluruskan kembali kolom dengan tab.

e. Quick Tables
Quick Tables yaitu templat tabel yang disediakan oleh Word. Untuk menggunakannya, klik Insert > Tables > Quick Tables, pilih template tabel dari sajian Quick Tables, kemudian modifikasi semoga sesuai dengan kebutuhan Anda.

^ Kembali ke Daftar Isi
2. Menu layout & design
Ada tiga opsi untuk memodifikasi dan / atau menghias tabel:1. Opsi Pertama: Gunakan Table Tools > Design — atau sanggup juga dengan — Table Tools > Layout pada menu.
2. Opsi Kedua: Klik kanan pada tabel dan gunakan sajian popup.
3. Opsi Ketiga: Gunakan shotcut keyboard, yang sanggup dilihat dikala Anda menekan tombol ALT pada keyboard Anda.
Semua metode ini cepat dan mudah, tetapi memakai kombinasi ketiganya akan selalu lebih cepat. Misalnya, gunakan mouse Anda untuk menyorot, kemudian klik kanan untuk menyalin dengan asisten Anda; kemudian panah ke bawah ke lokasi gres dan tekan CTRL-V untuk melekat dengan tangan kiri Anda.
Tab Layout memungkinkan Anda memodifikasi struktur tabel. Menu ini cukup jelas, dan Anda sanggup mengarahkan kursor ke fitur untuk mendapat penjelasan lebih lanjut.

Tab Desain adalah alat untuk menambahkan batas, bayangan, style, dan mengkustomisasi header kolom dan baris. Sorot tabel Anda, kemudian pilih Table Tools > Design > Table Styles, Shading, Border Styles, Borders, atau Border Painter (lihat grafik di bawah ini). Cukup mainkan saja fitur-fiturnya dan lihat apa yang terjadi. Jika Anda tidak menyukai fitur yang Anda tambahkan, cukup klik tombol Undo atau tekan CTRL-Z.

^ Kembali ke Daftar Isi
3.Menetapkan posisi tabel
Pertama, klik kanan pada tabel dan pilih Table Properties. Kotak obrolan Tabel Properties dipakai untuk kontrol data dan tampilannya, termasuk ukuran, alignment, dan indentasi tabel.Secara default, Word meletakkan tabel di rata kiri. Jika Anda ingin menempatkan tabel di tengah, pilih tab Table. Klik pada Alignment > Center.
Indent from left digunakan untuk mengontrol jarak tabel dari margin kiri.


Pilih Move with Text jika teks terkait pribadi dengan data tabel. Tabel secara vertikal disejajarkan dengan paragraf terkait di sekitarnya. Jika data tabel terkait untuk keseluruhan dokumen, Anda sanggup menghilangkan centang pada opsi Move with Text ini.
^ Kembali ke Daftar Isi
4.Penggunaan penggaris (ruler)
Mengubah ukuran tabel dan memposisikannya secara akurat yaitu sebuah seni tersendiri. Jika Anda membutuhkan pengukuran yang sempurna untuk mengukur baris dan kolom Anda — gunakanlah penggaris.
Gunakan Penggaris yang disediakan oleh Microsoft Word untuk Memosisikan Tabel. Arahkan mouse ke batas garis tabel. Ketika penunjuk panah ganda muncul, klik batas tersebut dan tekan tombol ALT. Microsoft Word akan menunjukkan pengukuran spesifik pada penggaris. Pindahkan baris dan kolom semoga sesuai dengan pengukuran Anda.
^ Kembali ke Daftar Isi
5. Konversi dari teks ke tabel (atau sebaliknya)
Fungsi-fungsi tabel juga sanggup menciptakan sebuah daftar/list jauh lebih gampang untuk diubahsuaikan dan bahkan ditata ulang kemudian. Sebagai contoh, yaitu mengubah daftar kontak klasik menjadi tabel, memakai daftar nama — pertama, tengah, terakhir — ditambah kota, negara bagian, wilayah, dan profesi masing-masing orang dalam daftar.Sejak lama, orang telah memakai tab untuk memisahkan bagian/bidang, menambahkan satu atau dua tab untuk mengakomodasi rangkaian data yang lebih panjang. Tetapi kalau Anda melaksanakan ini, ketika Anda mengonversi tabel menjadi teks, penempatan data akan menjadi amburadul dan mungkin salah tempat.
Dengan fitur Konversi Teks ke Tabel, Anda sanggup memisahkan bab (Nama, Kota, Negara, dll.) Dengan paragraf, tab, koma, atau huruf pemisah lainnya, tetapi hanya gunakan satu pemisah antara setiap bagian.

untuk merubah dari tabel menjadi text biasa, sanggup memakai cara, pertama, pilih tabel yang akan dikonversi, pilih sajian Layout > Convert to text.
^ Kembali ke Daftar Isi
6. Format Numbering
Microsoft Excel menciptakan pengisian urutan angka otomatis menjadi sangat mudah, namun dalam Microsoft Word tidak dan Anda mungkin harus memakai cara manual. Ada cara yang lebih sederhana daripada cara manual.Buat kolom gres untuk kolom nomor kalau belum ada. Pilih kolom dengan memposisikan mouse di atas kolom, hingga kursor bermetamorfosis panah hitam menghadap ke bawah, kemudian klik hingga seluruh baris pada kolom terpilih.

Dengan kolom yang dipilih, pilih sajian Home > Paragraph > Klik pada tombol Numbering yang diinginkan untuk memasukkan nomor otomatis.

Setelah itu urutan angka akan dimasukkan dalam kolom yang dipilih secara otomatis.
^ Kembali ke Daftar Isi
7. Transpose
Ada situasi di mana Anda harus mengubah baris menjadi kolom dan kolom menjadi baris. Satu skenario yang mungkin yaitu di mana jumlah kolom melebihi margin dalam sebuah halaman. Merubah kolom menjadi baris atau sebaliknya disebut transposisi.
Namun, Ms. Word belum mempunyai metode inbuilt untuk menangani hal ini. Microsoft menyarankan Anda untuk meng-copy-paste tabel Anda ke Microsoft Excel dan memakai perintah Transpose-nya. Tabel hasil transpose kini sanggup copy-paste kembali ke Microsoft Word.
^ Kembali ke Daftar Isi
___________________________________________
Daftar Pustaka:
Basu, Saikat. 2019. 8 Formatting Tips for Perfect Tables in Microsoft Word. https://www.makeuseof.com/tag/8-formatting-tips-perfect-tables-microsoft-word/
Sartain, JD. 2014. How to create and customize tables in Microsoft Word. https://www.pcworld.com/article/2459947/how-to-create-and-customize-tables-in-microsoft-word.html
Sumber http://indowhiz.blogspot.com
0 Response to "Tips Menciptakan Dan Mempercantik Tabel Pada Microsoft Word"
Posting Komentar