-->

iklan banner

Aspek Studi Kelayakan Bisnis Dan Tujuan Serta Langkah Melakukannya

Tidak banyak orang yang sadar perihal pentingnya memahami aspek aspek studi kelayakan bisnis sebelum pada balasannya memutuskan untuk benar benar melaksanakan bisnis tersebut.

Mungkin ketika ini anda ingin mendirikan sebuah bisnis tetapi masih ragu dikarenakan ada beberapa hal yang sedang anda pertimbangkan ibarat kesiapan materi baku, planning pemasaran, dan yang paling sering ialah terkait citra laba yang belum jelas.

Sebenarnya tidak perlu khawatir alasannya ialah hal yang anda rasakan itu juga banyak di alami oleh banyak orang. Dikarenakan alasan yang telah dikemukakan diatas itulah maka diharapkan sebuah penelitian yang ditinjau dari aneka macam aspek guna mengetahui kelayakan sebuah bisnis atau dalam hal ini disebut sebagai Studi kelayakan bisnis.

Studi kelayakan bisnis ialah sebuah studi yang mempunyai tujuan untuk melaksanakan penilaian apakah sebuah tindakan bisnis tersebut ialah rasional dari segi ekonomi maupun operasional.

Pertanyaan yang seringkali bekerjasama dengan studi kelayakan bisnis ialah “haruskah kita melanjutkan dengan planning tindakan yang lebih spesifik?”

Bukan hanya memilih apakah tindakan tersebut layak ataukah tidak tetapi juga dibentuk untuk memahami perihal resiko yang akan didapat dengan lebih baik serta mempersiapkan antisipasinya.

Yang perlu anda ketahui ialah studi kelayakan bisnis tidaklah sama dengan planning bisnis atau business plan.

Apabila pada sebuah planning bisnis terdapat fungsi perencanaan dan juga mendefinisikan terkait tindakan yang dibutuhkan untuk mewujudkan gagasan bisnis yang telah dimiliki, maka studi kelayakan bisnis hanya menyediakan penyelidikan mengenai sebuah fungsi tertentu dan memastikan apakah hal tersebut layak untuk dilakukan.

Meskipun dalam melaksanakan dua hal tersebut penting untuk dilakukan, tetapi planning bisnis gres sanggup dilakukan apabila bisnis telah dianggap layak.

Waktu yang tepat untuk melaksanakan studi kelayakan bisnis

Studi kelayakan bisnis umumnya dilakukan ketika seorang pebisnis harus menciptakan sebuah keputusan terkait kelanjutan perjuangan bisnis yang mereka jalankan.

Keputusan tersebut dilatar belakangi dengan beberapa kondisi yang bervariasi antara lain: perubahan lokasi bisnis, pembelian perangkat keras dan lunak yang baru, atau mungkin dalam perekrutan karyawan tambahan.

Tetapi meskipun begitu umumnya studi kelayakan bisnis dilakukan oleh orang yang sedang akan meluncurkan perjuangan baru.

Studi kelayakan bisnis sanggup menjadi inti dari sebuah perusahaan gres dikarenakan ia mempunyai kiprah penting dalam membantu pebisnis gres untuk lebih peka terhadap resiko resiko yang mungkin muncul kepermukaan pada masa mendatang, dan guna memilih apakah rencana-rencana tersebut layak untuk dilakukan.

Meskipun begitu, dalam garis besar studi kelayakan bisnis ialah sebuah instrumen yang tepat dalam rangka menilai situasi yang mempunyai imbas pada kepentingan ekonomi serta operasional.

Elemen inti didalam melaksanakan studi kelayakan bisnis

Berdasarkan studi Universitas Ciputra, ada enam elemen yang harus anda pelajari guna melaksanakan studi kelayakan bisnis.

Anda sanggup berfokus dengan meneliti satu elem dari enam untuk mengombinasikan elemen elemen lainnya.

  • Elemen Hukum – Ini merupakan elemen yang menyangkut dengan semua hal yang ada hubungannya dengan legalitas produk bisnis anda, dalam hal ini contohnya: akte pendirian, NPWP, Surat Tanda Perusahaan, dan lain sebagainya.
  • Elemen ekonomi dan juga budaya – Pada segi bidang ekonomi, akan dilakukan pertimbangan terkait apakah bisnis anda ini akan meningkatkan rata rata pendapatan perkapita, atau malah sebaliknya. Sedangkan pada segi budaya, akan dilakukan pertimbangan apakah bisnis anda ini mempunyai dampak yang baik kepada moral istiadat disekitar pendirian bisnis anda.
  • Elemen pasar dan pemasaran – Pada hal ini akan mengacu pada besarnya peluang pasar yang ada ibarat potensi pasar, jumlah konsumen potensial, daya beli masyarakat, segmentasi, sikap sikap kepuasan ekonomi, persaingan, dan lain sebagainya.
  • Elemen teknis dan teknologi – Elemen ini terdiri atas: pemilihan taktik produksi, planning kualitas produk, pemilihan teknologi, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan teknologi serta teknis yang akan dipakai pada suatu perusahaan.
  • Elemen manajemen – Elemen ini mempunyai hal yang sangat luas. Tetapi secara garis besar hal ini membicarakan terkait pembangunan dan pengembangan operasional suatu perusahaan. Mulai dari Manajemen sumber daya insan hingga perihal manajemen finansial perusahaan.
  • Elemen keuangan – yakni menyangkut besarnya modal dan juga sumber dana yang akan dikeluarkan dan terkait kapan modal tersebut sanggup kembali.

Simak juga ulasan terkait mengenai pengertian audit manajemen, tujuan, ruang lingkup dan kelemahannya serta info menarik lainnya perihal penerapan etika bisnis dan tanggung jawab sosial perusahaan.

Langkah dalam melaksanakan studi kelayakan bisnis

Didalam melaksanakan sebuah studi kelayakan bisnis, anda harus mengikuti beberapa langkah-langkah. langkah langkah tersebut antara lain:

#1 Melakukan pra analisa

Sebuah studi kelayakan bisnis sanggup memakan waktu yang lama. Tidak hanya waktu tetapi juga biaya yang dihabiskan.

Berdasarkan fakta tersebut maka penting bagi pelaku perjuangan untuk melaksanakan sebuah studi kelayakan bisnis untuk melaksanakan sebuah pra analisa.

Tahap ini dasarna ialah pra-penyaringan dari tindakan yang diajukan dan pengkajian apakah studi kelayakan bisnis ini layak untuk dilakukan meskipun menghabiskan banyak waktu serta biaya.

Contohnya sebelum pada balasannya anda melaksanakan studi tersebut ini dikarenakan ada pengakuisisi bisnis anda oleh perusahaan lain, maka dari itu anda sebaiknya melaksanakan pengecekan terlebih dahulu akan hal ini.

Apabila ternyata akuisisi itu tadi sangatlah beresiko, maka hal tersebut sanggup menjadikan perjuangan anda bangkrut, maka apabila demikian tidak ada lagi alasan untuk tetap menjalankan studi ini.

Pra analisis ini sendiri terdapat empat mekanisme yang harus dilakukan.

  • Pertama, anda harus menciptakan garis besar inspirasi atau agresi yang sanggup anda rencanakan. Artinya, anda harus menemukan apa saja yang ingin anda capai dan mengapa anda ingin mencapai hal tersebut.
  • Kedua, anda sebaiknya mengusut terlebih dahulu terkait kondisi pasar. Anda tentu saja ingin mendapat isu perihal jenis orang ibarat apa yang akan menjadi pelanggan setia anda kan?
  • Ketiga anda perlu mengetahui apa saja keunikan, karakter, keunggulan dan juga kelemahan dari bisnis yang anda miliki.
  • Keempat yang mana merupakan mekanisme terakhir, anda perlu memilih apakah ada resiko yang tidak sanggup diantisipasi terkait tindakan diatas.

Jangan lupa bahwa yang barusan anda lakukan hanyalah sebuah pra analisis guna mencicipi kondisi dari keseluruhan dari gagasan tersebut.

Oleh alasannya ialah itu, anda tidak perlu melaksanakan riset pasar yang amat mendetail alasannya ialah anda hanya perlu untuk memahami secara garis besar.

Apabila dalam melaksanakan pra analisis anda tidak menemukan sebuah hambatan yang amat berarti, maka anda sanggup melanjutkannya pada studi kelayakan bisnis selanjutnya.

#2 Membandingkan produk bisnis anda dengan produk bisnis lainnya

Tidak perduli apapun jenis produk anda apakah itu sebuah software maupun yang lainnya maka anda tetap perlu melaksanakan perbandingan dengan produk yang ibarat dan sudah ada pada pasar.

Dilakukannya perbandingan ini mempunyai tujuan untuk mengetahui seberapa baik kualitas produk yang akan anda tawarkan, baik dalam hal keunggulan maupun kelemahan.

Apabila produk anda ialah sebuah software, maka anda perlu mengetahui apakah software anda mempunyai resiko yang lebih kecil dibandingkan software kompetitor.

Apabila produk bisnis anda ialah suatu produk yang baru, maka studi ini akan berfokus perihal pemahaman apakah yang bekerjsama dicari oleh pelanggan dan apakah inspirasi yang anda miliki telah menjawab hal tersebut.

Selain itu, melaksanakan pembandingan produk anda dengan produk serupa akan memperlihatkan anda isu yang penting terkait asumsi terhadap jumlah kompetitor produk anda dan berapa usang mereka akan bertahan pada posisi tersebut.

Data ini sanggup dipakai untuk sebuah pola yang realistis guna mengharapkan produk bisnis anda sanggup mengambil sebagian besar wilayah pasar dari tentangan anda.

Baca juga tentang strategi penting dalam memasarkan produk untuk anak anak serta ulasan terkait mengenai manfaat dan tujuan diferensiasi produk juga keuntungannya.

#3 Mempelajari pasar lebih dalam

Setelah anda memastikan bahwa inspirasi anda mempunyai potensi yang cukup besar untuk dilakukan, maka yang harus anda lakukan selanjutnya ialah berguru sebanyak banyaknya terkait kondisi pasar daerah produk bisnis anda akan di edarkan.

Apakah kondisinya masih serupa ketika anda melaksanakan pra analisis ataukah telah mengalami perubahan? apabila memang telah berubah, apakah bisnis anda sanggup melaksanakan adaptasi?

Sebagai contoh apabila anda ialah seorang penjual selai strowberi, maka anda perlu untuk pergi kebeberapa penjual yang menjual hal serupa dan cobalah bertanya dimanakah mereka mendapat pasokan selai tersebut.

Anda perlu juga menanyakan apakah penjualan selai tersebut mempunyai efek terhadap keseluruhan binsisnya.

Atau mungkin anda sanggup bertanya pada para petani stroberi yang menjual stroberi olahan tersebut. Anda sanggup bertanya apakah menciptakan selai tersebut ialah pekerjaan sampingan atau malah sebaliknya, menjadi penghasilan utama?

Cara lain yang sanggup anda lakukan ialah dengan melaksanakan identifikasi terhadap toko toko lokal yang banyak menjual barang yang diproduksi secara lokal.

Anda perlu menemukan apakah ada barang terlaris yang mereka jual dan anda perlu menanyakan apakah ada kemungkinan situasi dimana mereka menjual lebih banyak dibandingkan hari hari biasa?

Apakah penjualan naik ketika demam isu liburan? Apakah justru hari libur menciptakan mereka mengalami pengurangan penjualan? inilah yang berkhasiat sebagai isu perihal seberapa mantapnya penjualan produk bisnis anda nantinya.

Melakukan survei terkait calon pembeli anda secara pribadi merupakan salah satu cara yang baik untuk mengetahui apakah bisnis anda sanggup diterima atau tidak.

Sebagai contoh, anda sanggup melaksanakan sebuah wawancara terhadap orang yang biasanya berbelanja perihal kebiasaan dan prefensi mereka dalam berbelanja.

Sebagai imbalannya, mungkin anda sanggup memperlihatkan sampel produk anda. Tidak hanya terbatas dengan survey langsung, anda juga sanggup melaksanakan pemasaran secara online lewat sosial media.

#4 Menghitung pengeluaran

Salah satu yang paling penting untuk kemudian menuntaskan studi kelayakan bisnis ialah dengan cara memperhitungkan pengeluaran.

Adapun jenis inspirasi ataupun jasa yang akan anda ajukan, berapa banyak pengeluaran yang nantinya akan keluar akan menjadi poin penting didalam memilih kelayakan.

Aturan pertama pada setiap bisnis yang berhasil ialah pengeluaran yang tidak lebih besar dari pendapatan. Maka dari itu, produk bisnis apapun yang anda tawarkan haruslah anda ketahui dampaknya terhadap pos keuangan dan apakah ia memberi dampak pula pada laba serta pendapatan bisnis anda.

#5 Meninjau kembali dan melaksanakan analisis data

Langkah terakhir ialah anda perlu melaksanakan peninjauan ulang dan melaksanakan analisis data yang selama ini telah anda kumpulkan.

Peninjauan kembali merupakan langkah yang penting dalam sebelum balasannya memperoleh kesimpulan.

Setelah mempelajari data yang telah anda dapatkan, anda perlu melihat sekitar kemudian anda harus mencoba menjawab pertanyaan yang ada seperti:

Apakah ada resiko yang belum anda sadari sebelumnya? Apakah terdapat perubahan kondisi pasar? Bagaimana perihal perubahan terkait kompetitor? Apakah situasi bisnis ini masih relevan dalam hal operasi dan juga situasi ekonomi?

Apabila memang terdapat perubahan, maka anda sanggup melaksanakan peninjauan ulang pada bab studi kelayakan tersebut.

Apabila telah melaksanakan peninjauan ulang, maka anda akan hingga pada tahap menciptakan keputusan terakhir.

Adanya studi kelayakan bisnis pada balasannya memperlihatkan anda jawaban yang terbaik, apakah anda perlu melanjutkan inspirasi bisnis anda selama ini ataukah membuang inspirasi dan berusaha menemukan inspirasi baru?

David E. Gumpert dalam bukunya menjelaskan terkait pentingnya dalam hal studi kelayakan bisnis. Apabila ternyata hasil studi tersebut tidak akurat, hal tersebut bukanlah sebuah kegagalan.

Menurutnya, meskipun hal tersebut nampak sebagai sebuah kegagalan, tetapi itu bukanlah kegagalan yang sesungguhnya. Kegagalan yang sesungguhnya ialah ketika anda telah menginvestasikan uang anda dan orang lain tetapi emudian hilang hanya alasannya ialah kecerobohan yang anda miliki. Centrausaha.com


Sumber https://www.cekkembali.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Aspek Studi Kelayakan Bisnis Dan Tujuan Serta Langkah Melakukannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel