-->

iklan banner

Cara Efektif Melaksanakan Penelitian Dengan Memakai Metode Ilmiah

Cara Efektif Melakukan Penelitian Dengan Menggunakan Metode Ilmiah – Apabila kita menginginkan sebuah tanggapan atas suatu problem pola saja problem ilmu sains dan yang lainnya secara sempurna dan akurat, maka yang kita perlukan salah satunya yaitu dengan memakai metode Ilmiah. Oleh lantaran itu, penting banget untuk diperhatikan dan dipahami secara mendalam ihwal konsep metode ilmiah ini.

Untuk itu eksklusif saja yuk kita ke pembahasannya, supaya bermanfaat !

Cara Efektif Melakukan Penelitian Dengan Menggunakan Metode Ilmiah  Cara Efektif Melakukan Penelitian Dengan Menggunakan Metode Ilmiah
Metode Ilmiah

Pengertian Metode Ilmiah

Metode ilmiah Merupakan set metodologi dan teknik sebuah keilmuan yang berusaha untuk mencari atau merevisi sebuah pengetahuan gres dengan sistem yang ketat pemeriksaan fenomena.

Suatu metode untuk mencari sebuah pengetahuan gres sanggup disebut sebagai pengetahuan ilmiah yang mana apabila melibatkan metode inkuiri yang menurut pengamatan rigor pada bukti empiris atau data terukur sesuai dengan prinsip daypikir yang berlaku. Eksperimen sebagai suatu mekanisme ilmiah ini mesti dilakukan untuk menguji sebuah hipotesis atau eksplanasi awal dari problem yang muncul. Oleh lantaran itu, eksperimentasi dinilai sangat penting sebagai salah satu instrumen utama dalam metode ilmiah.

Unsur-Unsur Metode Ilmiah

Unsur – unsur utama pada metode ilmiah ialah pengulangan empat langkah sebagai berikut:

  1. Karakteristik (pengamatan dan Pengukuran)
  2. Hiptesis yaitu: klarifikasi teoretis yang merupakan dugaan atas hasil pengamatan dan pengukuran.
  3. Prediksi (deduksi Logis dan Hipotesis)
  4. Eksperimen yaitu pengujian atas semua hal di atas

DNA/Contoh

Setiap langkah-langkah diigambarkan dengan memakai pola dari inovasi struktur DNA:

  1. DNA/Karakterisasi
  2. DNA/Hipotesis
  3. DNA/Prediksi
  4. DNA/Eksperimen

Pada Metode Ilmiah, Proses Berpikir Dilakukan Secara Terkontrol

Pada ketika melaksanakan metode ilmiah, proses berpikir harus dilaksanakan secara terkontrol. Maksudnya terkontrol disini yaitu dalam berpikir secara ilmiah itu dilakukan secara sadar dan terjaga. Maka apabila ada orang lain yang juga ingin menandakan kebenarannya sanggup dilakukan ibarat apa adanya. Seseorang yang berpikir ilmiah tidak akan pernah melakukannya dalam keadaan berkhayal atau bermimpi, atau bahkan mereka-reka saja, melainkan melaksanakan secara sadar dan terkontrol.

Langkah-Langkah Metode Ilmiah

Karena metode ilmiah dilakukan secara sistematis dan berencana, maka kita harus perlu memperhatika langkah-langkah yang harus dilakukan secara urut dalam pelaksanaannya.

Pada setiap langkah atau tahapan itu dilaksanakan secara terkontrol dan terjaga.

Adapun langkah-langkah dari suatu metode ilmiah ini ialah sebagai berikut:

  1. Merumuskan sebuah masalah.
  2. Merumuskan hipotesisnya.
  3. Mengumpulkan data-datanya.
  4. Menguji hipotesisnya.
  5. Merumuskan kesimpulannya.

Merumuskan Masalah

Berpikir ilmiah melalui metode ilmiah didahului dengan sebuah kesadaran akan adanya suatu masalah. Permasalahan ini kemudian harus kita rumuskan kedalam bentuk kalimat tanya. Dengan penggunaan kalimat tanya tersebut, maka dibutuhkan akan memudahkan orang yang melaksanakan metode ilmiah untuk mengumpulkan data yang dibutuhkannya, menganalisis data tersebut, kemudian menyimpulkannya.

Permusan problem ialah sebuah keharusan. Bagaimana mungkin memecahkan suatu permasalahan dengan mencari jawabannya jikalau masalahnya sendiri belum dirumuskan!

Merumuskan Hipotesis

Hipotesis ialah sebuah tanggapan sementara dari sebuah rumusan problem yang masih memerlukan pembuktian mendalam  menurut data yang telah dianalisis. Dalam metode ilmiah dan proses berpikir ilmiah, perumusan hipotesis sangat penting sekali.

Rumusan hipotesis yang terang sanggup membantu mengarahkan kita pada proses selanjutnya dalam sebuah metode ilmiah. Seringkali pada ketika melaksanakan sebuah penelitian, seorang peneliti kadang merasa semua data sangatlah penting. Oleh lantaran itu untuk mengatasi anggapan itu, melalui rumusan hipotesis yang baik akan memudahkan peneliti untuk mengumpulkan data yang benar-benar dibutuhkannya. Hal ini dikarenakan berpikir ilmiah dilakukan hanya untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya.

Mengumpulkan Data

Pengumpulan data merupakan tahapan yang agak berbeda dari tahapan-tahapan sebelumnya dalam sebuah metode ilmiah ini. Pengumpulan data dilaksanakan di lapangan. Seorang peneliti yang sedang menerapkan metode ilmiah ini perlu mengumpulkan data menurut hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya.

Pengumpulan data mempunyai tugas penting dalam metode ilmiah, alasannya berkaitan dengan pengujian hipotesis dan diterima atau ditolaknya sebuah hipotesis akan bergantung pada data yang telah dikumpulkannya.

Menguji Hipotesis

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa hipotesis ialah tanggapan sementara dari suatu permasalahan yang telah diajukan sebelmunya. Berpikir ilmiah intinya yaitu merupakan sebuah proses pengujian hipotesis.

Dalam acara atau langkah menguji hipotesis, peneliti tidak membenarkan atau menyalahkan sebuah hipotesis, namun diperbolehkan untuk mendapatkan atau menolak hipotesis tersebut. Karena itu, sebelum pengujian hipotesis dilaksanakan, peneliti harus terlebih dahulu memutuskan taraf signifikansinya. Semakin tinggi taraf signifikansi yang telah ditetapkan, maka akan semakin tinggi pula derjat kepercayaan terhadap hasil suatu penelitian.

Hal ini sanggup dimaklumi lantaran taraf signifikansi berafiliasi dengan ambang batas kesalahan suatu pengujian hipotesis itu sendiri.

Merumuskan Kesimpulan

Langkah paling tamat dalam berpikir ilmiah pada sebuah metode ilmiah ialah acara perumusan kesimpulan. Rumusan simpulan harus diubahsuaikan dengan problem yang telah diajukan sebelumnya.

Kesimpulan atau simpulan sanggup ditulis dalam bentuk kalimat deklaratif secara singkat namun jelas. Dan harus dihindarkan untuk menulis data-data yang tidak sesuai dengan problem yang telah diajukan, walaupun dianggap cukup penting.

Ini perlu ditekankan lantaran banyak peneliti yang sering terkecoh dengan temuan yang dianggapnya penting, namun pada hakikatnya tidak sesuai dengan rumusan problem yang telah diajukannya.

Demikianlah pembahasan kita mengenai Metode Ilmiah dan beberapa Penjelasannya. Semoga bermanfaat ya …

Baca Juga:


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Efektif Melaksanakan Penelitian Dengan Memakai Metode Ilmiah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel