Cara Memakai Rumus Fungsi Vlookup Beda Sheet
Cara memakai rumus fungsi Vlookup beda sheet (lembar kerja pada excel) pada prinsipnya sama saja, anda tinggal mengarahkan sheet yang menjadi referensi/acuan untuk menjawab kolom yang ingin di-isikan.
Dan sebelum melanjutkan goresan pena cara memakai rumus fungsi VLOOKUP beda sheet, kebetulan saya memakai Microsoft excel 2013. Bila anda memakai versi Ms. Excel lainnya seperti: excel 2007, 2010 dan yang terbaru 2016, tidak duduk kasus kok, semua sanggup digunakan.
Oke, untuk memudahkan anda lebih memahami contoh soal excel beda sheet, saya akan mengambil soal yang ada pada goresan pena saya sebelumnya yaitu cara memakai rumus excel pada fungsi vlookup dan hlookup.
Contoh Gambar soal sebelumnya menyerupai ini?
Pada gambar di atas, tabel utama untuk anda isi dan tabel bantu/referensi masih berada dalam satu lembar kerja.
Nah goresan pena kali ini…
Tabel akan dipisah yaitu : sheet1 yang merupakan tabel utama “Bagian operator” dimana anda harus mengisikan kolom kosong untuk dijawab.
Sheet 2 berisikan Tabel Bantu (Referensi), yang akan dipakai untuk menjawab soal/kolom-kosong yang ada di sheet pertama.
Sheet 2 ini berisikan Tabel gaji
Berikut ini gambarnya…
Lanjuuut ke cara pengisian kolom yang kosong…
#Mengisi Kolom Gaji Pokok Beda sheet
Untuk mengisi honor pokok, gunakanlah fungsi VLOOKUP, mengapa harus VLOOKUP? Karena kita akan mengambil datanya dari sheet 2, yaitu Tabel Gaji.. Dimana Gaji pokok itu didapatkan menurut golongannya, dan posisi data-data yang pada honor pokok itu berbentuk kolom bukan baris..
Ingat !!
VLOOKUP merupakan fungsi yang dipakai untuk pembacaan tabel berbentuk vertikal/tegak lurus
Penulisan fungsi Vlookup
=VLOOKUP(Nilai_kunci, letak_tabel, nomor_kolom)
Nilai kuncinya yaitu Golongan (Gol) terletak pada tabel “bagian operator” (sheet1). Nah nilai kunci ini harus ada juga di letak_tabel yang dipakai sebagai tabel referensi yaitu tabel honor (sheet2)..
Oke, langkah pertama..
Letakkan kursor di bawah kolom Gaji Pokok, atau Cell D5, kemudian ketikkan Fungsi VLOOKUP dan arahkan kursor ke cell Golongan (B5), menyerupai gambar berikut ini:
Sampai disini, proses pengerjaan belum selesai..
Silahkan, arahkan kursor ke sheet 2 untuk mengambil tabel_data dan nomor_kolom..
Blok Area di sheet 2, dari B3 hingga E5 untuk mengambil tabel data menyerupai gambar diatas, sehabis itu letakkan koma dan isi dengan angka 2 pada formula kafetaria (tempat mengisi penulisan rumus data), menyerupai berikut ini:
Setelah proses pengerjaan diatas telah selesai, silahkan tekan enter..
Maka hasil pengerjaan telah selesai, tinggal anda drag/copy ke bawah untuk mengisi kolom honor pokok dibawahnya…Tapiii? Hasilnya akan menjadi menyerupai ini:
Kenapa?
Karena pada ketika pengerjaan di sheet 2, Anda tidak memakai tanda dollar ($), yang berfungsi untuk mengabsolutkan data pembanding (kolom honor pokok pada tabel honor ) yang posisi datanya tetap…
Jadi sebelum anda menekan enter..tambahkan dollar diantara kolom (Huruf) $B$3 dan $E$5. Pemberian tanda dollar ($) akan lebih mudah/praktis dengan menekan tombol F4 pada keyboard sehabis memblok area B3:E5. Rumus lengkapnya menyerupai ini:
Jadi hasil keseluruhannya akan tampak menyerupai gambar dibawah:
Bila anda bertanya mengapa nomor kolom diisi dengan 2, pada penulisan hasil lengkap =VLOOKUP(B5,sheet!$B$3:$E$5,2)
Karena data tabel pembandingnya (tabel honor yang berada pada sheet2) bentuk/formatnya vertikal dan letak honor pokok yang dijadikan tabel referensi berada pada kolom ke 2 …Coba anda lihat gambarnya:
- Panah angka 1 : menunjukkan kolom pertama yaitu : kolom golongan
- Panah angka 2: menunjukkan kolom kedua yaitu: kolom honor pokok
- Panah angka 3 : menunjukkan kolom ketiga : kolom tunjangan
- Panah angka 4 : menunjukkan kolom keempat: kolom transportasi
Untuk Contoh Soal Excel berupa rumus penggabungan beberapa fungsi Vlookup, Hlookup, Mid, Left dan If.. Baca: cara memakai rumus kombinasi excel dengan contoh masalah soal
#Mengisi Tunjangan beda sheet
Proses pengerjaan untuk kolom tunjangan sama dengan waktu anda mengisi honor pokok, yang membedakan hanya indeks atau nomor kolomnya, dimana tunjangan berada pada kolom ketiga. Hasilnya menyerupai dibawah ini:
#Mengisi Transportasi beda sheet
Letakkan kursor di Cell F5 pada tabel honor pokok (sheet1), sehabis itu lakukan proses yang sama menyerupai anda mengisi honor pokok dan tunjangan. Yang berbeda yaitu nomor kolomnya, sesuai dengan tabel data yang ada pada Tabel Gaji (sheet2), posisi transportasi berada pada indeks ke 4. Hasilnya sanggup anda lihat, menyerupai berikut ini:
#Mengisi Total Gaji
Untuk total Gaji, anda tidak membutuhkan sheet 2, alasannya yaitu untuk mengisi total honor anda cukup memakai fungsi SUM untuk menjumlahkan total honor yang didapatkan oleh masing-masing karyawan. Caranya, Letakkan kursor di cell G5, kemudian ketikkan =SUM(D5:F5).
Hasil keseluruhan dari pengerjaan VLOOKUP beda sheet menyerupai dibawah ini:
Untuk memudahkan pembacaan/penyebutan nilai mata uangnya, seperti: 1000000 (satu juta) menjadi 1,000,000, anda sanggup memakai format number pada excel. Blok semua nilai mata uang yang telah anda kerjakan dari D5 hingga G9, kemudian klik coma style.
Setelah anda mengklik tanda koma, otomatis nilai mata uangnya berubah, misal: 1000000 menjadi 1,000,000.00. Dua angka dibelakang merupakan decimal, jikalau anda merasa tidak perlu untuk menggunakannya atau ingin menghilangkannya, silahkan klik decrease decimal, sehingga alhasil menjadi 1,000,000. Bila ingin kembali menggunakannya?Anda cukup memakai increase decimal.
Hasil keseluruhan dengan memakai comma style, menyerupai ini:
Oke, untuk penggunaan vlookup beda sheet saya cukupkan hingga disini, untuk mengisi pajak dan honor bersih, silahkan baca kelanjutanya pada tulisan: cara memakai fungsi HLOOKUP beda sheet.
Update 10 Desember 2018: Untuk mendapat bahan goresan pena VLOOKUP beda sheet, dan kebetulan telah saya gabungkan dengan HLOOKUP, anda sanggup mend0wnl0adnya disini.
Oh ya, bagi anda yang ingin membuat/menggunakan VLOOKUP dan HLOOKUP pada satu sheet yang sama untuk pengerjaan… Gaji pokok, kolom tunjangan, transportasi, total gaji, pajak dan honor bersih.
Silahkan dibaca: cara memakai rumus pada fungsi vlookup dan hlookup ms.excel
Sumber aciknadzirah.blogspot.com
0 Response to "Cara Memakai Rumus Fungsi Vlookup Beda Sheet"
Posting Komentar